Nasihat Dan Tips Dari Al Qur An Agar Anak Selalu Mendoakan Orang Tua


Ridha Allah SWT ada dalam ridhanya orang tua, kemarahan Allah SWT ada pada kemarahan orang tua. Do’a orang tua menembus langit.
Munajat keduanya kepada sang Pemilik dunia dan seisinya selalu mengalir setiap hari. Dari lima waktu salat dan waktu sepertiga malamnya. Tidak pernah henti.
Terkadang, keduanya marah sebab perilaku kita. Namun, marahnya adalah salah satu bentuk kasih sayangnya.
Karena sesungguhnya, tidak ada orang tua baik yang marah kepada anak dengan alasan duniawi dan keegoisan saja.
Orang tua selalu menginginkan kebaikan putra-putrinya, walau terkadang keinginan orang tua bukanlah menjadi keinginan kita secara mutlak.
Namun ketahuilah, bahwa memberikan kebahagian untuk keduanya dengan menahan ego kita adalah hal mulia yang dapat seorang anak lakukan.
Sebagai contoh, saat kita menentukan pilihan jurusan kuliah. Sebagian dari kita memiliki orang tua yang cenderung merekomendasikan jurusan ini atau jurusan itu untuk anaknya.
Itulah keinginan orang tua yang mungkin sudah mereka rencanakan sejak pertama kali pernikahan mereka. Mendambakan anaknya untuk menjadi seorang dokter, ahli agama, arsitek, dosen atau bahkan astronot sekalipun.
Dan pada kenyataannya, saat anak yang mereka besarkan itu dewasa, anak tersebut memiliki keinginan sendiri yang berbeda dengan orang tuanya.
Coba kita bayangkan apa yang orang tua kita rasakan, mungkin kecewa, mungkin bahagia dengan bergumam “Anakku sudah besar, ia sudah mampu menentukan pilihannya sendiri”.
Namun tidak dipungkiri, kekecewaan pasti menghampiri hatinya. Lalu apa yang harus kita lakukan? Alangkah baiknya jika kita mencoba untuk mengikuti dan mencintai pilihan orang tua.
Jika itu sangat menyulitkan, maka cobalah untuk berdiskusi dengan baik dan sopan dengan orang tua.
Bahagikanlah orang tua dengan cara kita selagi keduanya masih hidup atau sudah tiada. Karena membuat keduanya bahagia sebab kita, itu akan menjadi pahala dan hal yang mulia.
Waktu terus berlalu, anak tumbuh menjadi orang hebat. Sibuk dengan pekerjaan, jarang menghubungi orang tua yang sudah lanjut usia, menjenguknya saat tertentu saja atau bahkan saat keduanya sakit saja. Naudzubillah. S
emakin banyak mengubungi, menjenguk dan berbagi cerita dengan orang tua akan menambah keberkahan hidup dan ketengan hati kita.
Dan satu hal terpenting yaitu mendoakan keduanya. Sejak kecil sampai akhir hayat kita. Jangan pernah berhenti. Karena sebab keduanya, kita hadir di dunia dengan izin Allah SWT.
Allah SWT berfirman dalam al-Quran surat al-Ahqaf ayat 15:
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ “Kami telah memerintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada orang tuanya. Ibunya telah mengandung dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah juga, mengandung dan menyapihnya sampai selama tiga puluh bulan. Sehingga apabila ia telah dewasa dan mencapai empat puluh tahun maka berdo’alah “ya Allah, tunjukilah aku (berikan aku ilham) untuk mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku, dan supaya aku mengerjakan amal salih yang Engkau ridhai, dan berilah kebaikan kepadaku dan kepada anak cucuku, sesungguhnya aku bertaubat kepadamu dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.
Do’a tersebut termaktub dalam al-Qur’an sebanyak dua kali. Salah satu lainnya disebutkan dalam surat al-Naml ayat 19, do’a yang keluar dari lisan Nabi Sulayman.
Hal tersebut menunjukkan bahwa betapa pentingnya do’a tersebut. Tercatat dua kali dari kisah dua hamba Allah SAW yang berbeda.
Imam Ibnu al-Jauzy mengatakan bahwa ada beberapa pendapat ulama tafsir terkait sebab turunnya ayat ini.
Salah satunya yaitu dari Imam Atha’ meriwayatkan bahwa saat berumur 40 tahun, Abu Bakar berdo’a dengan lafadz ayat tersebut. Kemudian Allah SWT mengabulkan do’a Abu Bakar.
Orang tua Abu Bakar masuk Islam dan putra serta putri Abu Bakar juga masuk islam. Karena maksud dari “nikmat” dalam do’a tersebut adalah nikmat iman dan islam. Kemudian, menurut Hasan al Basri ayat ini turun secara umum.
Al-Qurthubi menjelaskan dalam kitabnya al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an yang masih merupakan riwayat dari ‘Atha’ bahwa suatu hari Rasulullah Saw dan Abu Bakar hendak pergi ke Syam untuk berdagang.
Saat itu, Rasulullah SAW berusia 20 tahun dan Abu Bakar berusia 18 tahun. Kemudian, keduanya singgah di suatu tempat yang ada pohon bidara (al-sidrah) -Sebagian orang meyakini bahwa pohon tersebut saat ini ada di tengah gurun di Yordania- Rasulullah SAW mengistirahatkan tubuhnya berteduh di bawah pohon tersebut.
Kemudian, Abu Bakar bertanya tentang agama kepada seorang Rahib (pendeta). Rahib tersebut justru berbalik bertanya “Siapakah laki-laki yang berteduh di bawah pohon?” Abu Bakar menjawab “Beliau Muhammad ibn Abdillah ibn Abdil Muthalib”.
Terkejutlah Rahib saat mendengar jawaban Abu Bakar. Lalu menimpali “Ini lah Nabi Allah SAW, tidak ada seorang pun yang berteduh di sana lagi setelah Nabi Isa”.
Abu Bakar semakin mantap dan percaya kepada Nabi SAW saat mendengar ucapan Rahib, dan Abu Bakar berazam untuk tidak akan meninggalkan Nabi SAW.
Pada saat umur 40 tahun, Nabi SAW mendapat risalah kenabian, Abu Bakar mempercayai hal tersebut dan mengimaninya, sedang umur Abu Bakar di saat itu adalah 38 tahun.
Dua tahun kemudian, Abu Bakar menginjak usia yang ke 40 tahun dan berdo’a, memohon kepada Allah SWT dengan do’a berlafadzkan ayat di atas.
Lalu, apakah harus menunggu dewasa dan mencapai umur 40 tahun untuk mendo’akan orang tua dengan do’a tersebut?
Tidak, dalam kitab al-Tahrir wa al-Tanwir karya Muhammad Thahir ibn ‘Asyur menjelaskan bahwa isyarat dewasa di sini menunjukkan bahwa pada saat mencapai usia dewasa, seseorang akan disibukkan oleh banyak hal, pekerjaan, anak, suami, istri dan hal-hal lain yang dapat melupakan hubungannya dengan orang tua.
Pada saat usia 40 tahun seseorang akan lebih peka untuk memperbaiki dan memperbagus taubatnya kepada Allah SWT. Ibn Abbas juga menambahkan bahwa batas usia dewasa adalah 18 tahun, berlandaskan riwayat dari ‘Atha’ sebelumnya.
Sehingga, ayat ini mengandung nasihat bahwa saat dewasa pun kita tidak boleh mengurangi kebaktian kita kepada orang tua sedikit pun, salah satu caranya yaitu dengan membaca do’a:
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ “ya Allah, tunjukilah aku (berikan aku ilham) untuk mensyukuri nikmatMu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku, dan supaya aku mengerjakan amal salih yang Engkau ridhai, dan berilah kebaikan kepadaku dan kepada anak cucuku, sesungguhnya aku bertaubat kepadamu dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.
Muhammad Thahir ibn ‘Asyur menambahkan dalam kitabnya bahwa nasihat yang terkandung dalam ayat tersebut adalah supaya kita sebagai seorang anak tidak hanya sibuk dengan hajat kita sendiri, berdo’a untuk kepentingan sendiri dan lupa untuk mendo’akan orang tua.
Mendo’akan orang tua adalah salah satu dari amalan yang tidak akan terputus pahalanya walaupun terhalang dengan kematian, dan Allah SWT akan mengabulkan do’a tulus seorang anak untuk kedua orang tuanya.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/nasihat-dan-tips-dari-al-quran-agar-anak-selalu-mendoakan-orang-tua/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
3 Tips Merawat Kesehatan Wajah Pria Agar Selalu Terlihat Segar

3 Tips Merawat Kesehatan Wajah Pria Agar Selalu Terlihat Segar

papar berkaitan - pada 26/10/2018 - jumlah : 147 hits
Jika Anda membaca artikel di situs https www niveamen co id panduan perawatan kulit wajah local id rawat kulit pria nivea men maka akan menjumpai banyak fakta menarik Para pria yang selama ini terkesan tak peduli dengan kesehatan kulit waja...
Berniat Beli Speaker Bluetooth Ini Tips Nya Agar Dapat Speaker Bagus Dan Murah

Berniat Beli Speaker Bluetooth Ini Tips Nya Agar Dapat Speaker Bagus Dan Murah

papar berkaitan - pada 31/10/2018 - jumlah : 134 hits
Setiap kali berbelanja tentu saja kita ingin mendapatkan produk produk yang berkualitas dan awet serta tahan lama tapi berharga murah bukan Namun sayang tidak mudah menemukan produk produk yang berkualitas dan dijual dengan harga murah atau...
Tips Merawat Burung Kacer Agar Tetap Sehat Dan Berkicau Merdu

Tips Merawat Burung Kacer Agar Tetap Sehat Dan Berkicau Merdu

papar berkaitan - pada 2/11/2018 - jumlah : 140 hits
Burung kicau adalah salah satu burung yang paling populer di Indonesia karena memiliki suara yang merdu dan enak untuk didengar Tidak hanya itu penampilannya yang gagah membuat para pecinta burung kicau jatuh cinta dan berniat untuk memilik...
Tips Rumah Sentiasa Kemas Ibu Tak Stres Walau Pun Anak Ramai Masih Kecil Ibu Ini Kongsikannya Yang Penting Kerjasama

Tips Rumah Sentiasa Kemas Ibu Tak Stres Walau Pun Anak Ramai Masih Kecil Ibu Ini Kongsikannya Yang Penting Kerjasama

papar berkaitan - pada 16/10/2018 - jumlah : 198 hits
Kemas rumah bukan tugas ibu sahaja Jika anak masih kecil anda perlu bijak untuk melatih anak anak membantu Tips yang dikongsikan ibu ini bernas dan praktikal untuk digunapakai terutama sekali bagi ibu yang mempunyai anak ramai Lazimnya bila...
Seawal Dalam Pantang Selalu Berborak Dengan Bayi Boleh Merangsang Otak Anak Jadi Bijak

Seawal Dalam Pantang Selalu Berborak Dengan Bayi Boleh Merangsang Otak Anak Jadi Bijak

papar berkaitan - pada 1/11/2018 - jumlah : 189 hits
Jika anda ingin melahirkan anak yang bijak anda perlu mula merangsang otak anak sejak bayi lagi Bagaimana caranya Cuba lakukan kaedah ini bersama bayi anda Cara ini bukan sahaja boleh menggalakkan fungsi otak bayi bahkan juga dapat merapatk...
Tips Merawat Kacer Agar Rajin Bunyi Dan Tidak Kembung

Tips Merawat Kacer Agar Rajin Bunyi Dan Tidak Kembung

papar berkaitan - pada 1/11/2018 - jumlah : 162 hits
Kacer adalah salah satu burung dengan kemampuan berkicau yang baik Ia pun memiliki skill dan mental yang baik terutama dalam bertanding di kontes Akan tetapi tidak semua burung memiliki skill tersebut Maka dari itu pemilik Kacer harus melat...
Tips Agar Lovebird Tetap Sehat Dan Tampil Prima

Tips Agar Lovebird Tetap Sehat Dan Tampil Prima

papar berkaitan - pada 13/10/2018 - jumlah : 92 hits
Lovebird adalah salah satu hewan peliharaan yang belakangan mulai digandrungi Ia memiliki corak dan warna bulu yang indah serta memiliki suara yang indah juga Banyak breeder yang melakukan budidaya burung ini tujuan mereka melakukan ini ada...
Tips Cerdas Bagimu Membeli Tv Agar Hemat

Tips Cerdas Bagimu Membeli Tv Agar Hemat

papar berkaitan - pada 1/11/2018 - jumlah : 93 hits
Belakangan ini banyak sekali orang orang yang mencari TV untuk memenuhi perabotan rumah tangga Maklum saja TV merupakan salah satu barang elektronik yang mampu memberikan hiburan sekaligus membuka wawasan kita terhadap berita berita yang di...
Tips Agar Murai Batu Cepat Ngeplong

Tips Agar Murai Batu Cepat Ngeplong

papar berkaitan - pada 19/10/2018 - jumlah : 107 hits
Ada Berbagai macam macam cara agar Murai Batu cepat ngeplong Akan tetapi beberapa breeder hanya menggunakan cara cara tertentu saja untuk digunakan Sedangkan untuk cara itu sendiri adalah cara yang melingkupi pemberian pakan pelatihan serta...
Takbir Dari Belantara

Sering Diludahi Dan Dipukul Istri Pria Ini Malah Berdoa Begini Sedih Sekali

Cuba Anda Lihat Jumlah Like Antara Menteri Dan Pengarah Kesihatan

Sepatutnya Tiada Lagi Budaya Ziarah Selepas Hari Raya Pertama

Salam 1 Syawal 1441h Biar Raya Pkp Kasih Sayang Tetap Ada

Sabah Govt Urged To Call Off Unduk Ngadau Beauty Pageant

Majoriti Mp Pkr Akan Menyokong Azmin

New Covid 19 Cluster Detected At Kl Construction Site With 44 Cases



Mewah Inilah Kereta Milik Pemain JDT Safawi Rasid

Selain Rayyan Nakhaie Inilah Wajah Seorang Lagi Anak Siti Nordiana Yang Ramai Tak Tahu

3 Falsafah Perang China The Art of War Zaman Moden

Info Dan Sinopsis Drama Nasi Kerabu Untuk Che Abe Slot Akasia

Info Dan Sinopsis Drama Alergi Mamat Romantik TV Okey


Koleksi Air Tangan Resepicikmatahariku Sempena Fasa Pkp Pkpb Dan Juga Fasa Ramadan 1441 2020

Instagram Sticker Support Small Business Di Instagram

Prisoners Tears Flowed Through The Tribulation

Senjata Pelik Orang Asli Di Madagaskar

Drama Runi Solah Lakonan Zareef Yusof Nik Adam Mika

Cara Penyediaan Susu Halia Untuk Buang Angin Dalam Badan