Mui Sumut Belum Darurat Covid Pria Ibadah Tetap Di Masjid


Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut) menyatakan umat Islam khususnya laki-laki di Sumut tetap ke masjid untuk beribadah karena kondisi daerah ini belum darurat wabah virus corona (Covid-19).
“Kita tetap ke masjid untuk beribadah karena saat ini kondisi Sumut belum begitu darurat. Tapi ada syaratnya, hanya laki-laki diperbolehkan salat jemaah di masjid, entah itu tarawih, salat Jumat, salat lima waktu,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Sumut Akmaluddin Syahputra, Jumat (17/4).
Bagi wanita dan anak-anak di Sumut diharapkan salat di rumah. Akmaluddin juga mengingatkan orang yang pergi ke masjid harus mengenakan masker.
Sedangkan untuk jarak shaf salat, fatwa MUI Sumut memutuskan tidak ada perubahan, sesuai tata cara salat jemaah yang benar.
Aklamudin menambahkan pada setiap salat, MUI juga menganjurkan untuk membaca doa Qunut Nazillah baik saat berjemaah maupun sendirian.
“Karena kita tidak tahu siapa yang terpapar Covid-19. Bisa saja Anda sendiri tetapi tidak ada gejala. Jadi, memakai masker hukumnya mubah. Kalau untuk shaf tidak ada perubahan, tetapi jangan terlalu rapat,” katanya.
Masih terkait tata cara salat, MUI Sumut tidak mengharamkan penggunaan handsanitizer dengan syarat alkohol yang digunakan untuk pembersih tangan tersebut berasal dari alkohol kimiawi, bukan khamar.
MUI Sumut juga mengeluarkan fatwa terkait kepengurusan BKM. Isi fatwa adalah menganjurkan BKM membersihkan masjidnya sesuai protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.
“BKM boleh menggunakan dananya untuk keperluan pembelian barang-barang pembersih sesuai protokol kesehatan pemerintah seperti sabun, hand sanitizer dan lainnya. Juga diperbolehkan memberikan uang transport kepada imam atau ustaz,” tutur Akmaluddin.
Terkait puasa, MUI Sumut memutuskan tidak ada perubahan. Hanya saja ada pengecualian untuk medis dan paramedis yang bekerja menangani Covid-19.
“Bagi medis dan paramedis tetap wajib berniat puasa, tetapi bila dalam prosesnya seperti di siang hari mendapat kesulitan, dia boleh berbuka, tetapi dia harus tetap menggantinya setelah Ramadan,” ujar Akmaluddin.
Kemudian masalah zakat. Fatwa MUI Sumut menyatakan zakat harus disegerakan pembayarannya. Zakat fitrah, misalnya, harus dibayar di awal Ramadan atau zakat harta yang nisabnya sudah sampai.
“Keputusan MUI Sumut ini dikeluarkan pada 15 April 2020 setelah melalui tiga persidangan,” paparnya.
Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) RI menerbitkan surat edaran nomor 6 tahun 2020 panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1441 H atau 2020 di tengah pandemi Covid-19.
Dalam surat edarannya, Kemenag mendorong agar pelaksanaan ibadah sunnah salat tarawih dilakukan individu atau berjemaah di rumah.
Kegiatan membaca Alquran atau tilawah juga diminta untuk dilakukan di rumah masing-masing. Selain itu, diminta agar meniadakan kegiatan buka bersama yang mengumpulkan banyak orang.
Kemudian, pelaksanaan Salat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjemaah, baik di masjid atau di lapangan ditiadakan.
Sumber: cnnindonesia.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/mui-sumut-belum-darurat-covid-pria-ibadah-tetap-di-masjid/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jubir Covid 19 Bulan Ramadan Jalani Ibadah Bersama Keluarga

Jubir Covid 19 Bulan Ramadan Jalani Ibadah Bersama Keluarga

papar berkaitan - pada 22/4/2020 - jumlah : 263 hits
Menurutnya hal ini mencegah terjadinya kontak dengan orang lain Bahkan sampai tertular Covid 19
Misteri Belum Terjawab 3 Wartawan Didakwa Cuba Dedah Wabak Covid 19 Pada Dunia Masih Gagal Dikesan

Misteri Belum Terjawab 3 Wartawan Didakwa Cuba Dedah Wabak Covid 19 Pada Dunia Masih Gagal Dikesan

papar berkaitan - pada 17/4/2020 - jumlah : 289 hits
Keberadaan dan nasib tiga orang wartawan yang cuba untuk memberitahu kepada dunia mengenai keadaan sebenar wabak di Wuhan sebelum ini masih tidak diketahui dan hilang daripada pandangan umum sejak dua bulan yang lalu lapor Daily Mail Menuru...
Covid 19 Arab Saudi Umum Tiada Solat Tarawih Di Seluruh Masjid Untuk Ramadan Kali Ini

Covid 19 Arab Saudi Umum Tiada Solat Tarawih Di Seluruh Masjid Untuk Ramadan Kali Ini

papar berkaitan - pada 15/4/2020 - jumlah : 362 hits
Kementerian Hal Ehwal Islam Arab Saudi mengumumkan bahawa tidak akan ada sebarang solat terawih yang akan dilakukan di semua masjidnya pada bulan Ramadan bagi tahun ini Sebaliknya kerajaan menyarankan agar rakyatnya menunaikan solat terawih...
Belum Ada Bukti Saintifik Terowong Sanitasi Berkesan Atasi Covid 19

Belum Ada Bukti Saintifik Terowong Sanitasi Berkesan Atasi Covid 19

papar berkaitan - pada 13/4/2020 - jumlah : 1251 hits
Belum ada bukti saintifik terowong sanitasi berkesan atasi COVID 19Pusat Kajian Klinikal dan Kajian Klinikal Malaysia akan kaji keberkesanan terowong sanitasi Belum ada bukti saintifik terowong sanitasi berkesan atasi COVID 19Belum ada bukt...
Dibuka Rekrutmen Perawat D3 Dan S1 Darurat Covid 19 Masa Tugas 3 Bulan

Dibuka Rekrutmen Perawat D3 Dan S1 Darurat Covid 19 Masa Tugas 3 Bulan

papar berkaitan - pada 18/4/2020 - jumlah : 245 hits
Senyumperawat com Dalam rangka menghadapi keadaan darurat Pandemi Covid 19 dibuka rekrutmen perawat D3 dan S1 The post appeared first on
Belum Ada Keputusan Rasmi Penangguhan Ibadah Haji Tahun Ini

Belum Ada Keputusan Rasmi Penangguhan Ibadah Haji Tahun Ini

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 348 hits
PELAKSANAAN IBADAH HAJI BAGI TAHUN 1441H BERSAMAAN 2020M1 Pelaksanaan ibadah haji adalah pekara penting dalam merealisasikan Rukun Islam Wabak COVID 19 yang melanda dunia pada ketika ini turut memberi kesan kepada Arab Saudi yang menghentik...
Covid 19 Ibadah Haji Belum Ada Keputusan Rasmi

Covid 19 Ibadah Haji Belum Ada Keputusan Rasmi

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 241 hits
Zulkilfli Mohamad Al Bakri Foto ihsan The Star PUTRAJAYA 8 April Semua pihak disaran menunggu kenyataan rasmi kerajaan Arab Saudi berkenaan isu urusan mengerjakan ibadah haji pada tahun ini Menteri di Jabatan Perdana Menteri Senator Datuk D...
Ibadah Haji Kerajaan Arab Saudi Belum Keluar Kenyataan Rasmi

Ibadah Haji Kerajaan Arab Saudi Belum Keluar Kenyataan Rasmi

papar berkaitan - pada 9/4/2020 - jumlah : 295 hits
Dr zulkifliKerajaan Arab Saudi belum mengeluarkan kenyataan rasmi berhubung pelaksanaan ibadah haji tahun ini kata Menteri di Jabatan Perdana Menteri Senator Datuk Seri Dr Zulkifli Mohamad Al Bakri Katanya beliau telah mengadakan perjumpaan...
Muhammadiyah Jangan Ngotot Tarawih Di Masjid Saat Wabah Covid 19

Muhammadiyah Jangan Ngotot Tarawih Di Masjid Saat Wabah Covid 19

papar berkaitan - pada 23/4/2020 - jumlah : 345 hits
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meminta masyarakat tak ngotot menyelenggarakan shalat tarawih berjamaah di masjid dalam situasi pandemi Covid 19 ini Semestinya umat Islam berpikir dan bertindak dengan mempertimbangkan kepentingan y...
Rm15 11bil For 270 Entrepreneurship Programmes In 2024

Malaysia Unicef Study Highlights The Stark Realities Of Poverty In Malaysia

Clarify E Invoicing To Ease Hawkers Worries Govt Told

Drama Kiblat Ke Syurga

Raya Dikampung

Hukum Mengerjakan Solat Sunat Istisqa Sedangkan Hujan Telah Turun

Bersatu Sedang Tidur

Sarawak Spouse Visa Not Valid For Widowed Divorced Men From Peninsula



Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal


Mimin Adam Bersederhana Di Raya 2024

Mahathir Meroyan Orang Melayu Tidak Mahu Undi Parti Proksinya Di Kkb

3 Top Rated Things To Do In Jakarta

Mengapa Ayat Al Qadr Diturunkan Hikmah Lailatul Qadar Di Penghujung Ramadhan

Savour Malaysia Tour Packages Provided By Malaysian Aviation Group

Lepak Makan Aneka Diy Mee Segera Di Restoran Maggie Queue 24 Jam