Moneytory Fitur Baru Jenius Untuk Mencatat Pemasukan Dan Pengeluaran Harian


Sebagai salah seorang lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak Jurusan Akuntansi, cukup paham dengan istilah pencatatan cash flow sebagai cara untuk melihat pergerakan arus uang masuk dan keluar di dalam sebuah perusahaan.
Pencatatan cash flow ini cukup penting untuk dibuat karena kondisi keuangan perusahaan dapat selalu dipantau secara harian, mingguan, dan bulanan. Akan tetapi, meskipun pencatatan cash flow dianggap sangat penting tenyata masih banyak juga para pemilik usaha tidak menerapkannya.
Memang tidak dapat dipungkiri bagi sebagian pemilik usaha (termasuk Blogger Borneo sendiri), aktivitas catat mencatat ini masih dianggap sepele. Apalagi jika sifat usahanya milik sendiri atau baru belajar menjalankan usaha, pasti malas rasanya.
MoneyTory Fitur Baru Jenius Melihat kondisi ini, Jenius sebagai salah satu perusahaan startup yang sudah cukup berkembang di Indonesia mencoba untuk memfasilitasi akan kebutuhan para pemilik usaha tersebut dengan membuat fitur baru bernama MoneyTory.
Nah, sebelum bicara lebih jauh mengenai fitur baru ini, Jenius melalui Instagram Story melakukan riset kecil yang diikuti oleh 2.619 orang responden.
Dari hasil riset ini diketahui ternyata 6 dari 10 orang mengaku tidak terbiasa mencatat cash flow pribadi dengan alasan malas/ribet (40,5%), lupa (31%), bingung/tidak terbiasa (16,1%), belum menemukan cara yang efektif (6,3%), dan merasa tidak punya cukup waktu untuk melakukan pencatatan finansial (3,9%).
Ide Munculnya MoneyTory Ide mengenai adanya fitur MoneyTory ini muncul ketika Wahyu Pratomo (Jenius Co.Creators) pun mengaku kesulitan untuk tetap konsisten dalam mencatat cash flow pribadinya. Dia pun sempat mengutarakan idenya pada tim Jenius, apakah memungkinkan adanya inovasi yang bisa bikin pencatatan keuangan yang bisa langsung tercatat secara otomatis.
Pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata sebelum ide tersebut diutarakan, menurut Anggraeni Arief Widjaja (Digital Banking Product & Value Proposition Head, Bank BTPN), tim Jenius sudah memikirkannya. Namun demikian, semua masukan dan saran dari Co.Creators tetap diterima dan ditampung dalam misi pengembangan inovasi fitur baru ini kedepannya.
Hingga pada akhirnya, fitur MoneyTory ini dibuat dan tim Jenius turut mengundang beberapa Co.Creators (termasuk diantaranya Wahyu Pratomo) untuk melakukan beta testing. Alhamdulillah setelah menerima berbagai masukan dan penyesuaian, MoneyTory pun diluncurkan secara resmi.
Dengan adanya fitur Moneytory, para pengguna aplikasi Jenius bisa melakukan tahap awal dalam perencanaan keuangan, yaitu pencatatan cash flow, yang nantinya bakal jadi sumber data yang bisa mereka analisis untuk perencanaan keuangan. Ketika sudah tahu arus kas pribadi, pengguna bisa mendapatkan informasi yang nantinya bisa dianalisis untuk spending, investasi, dan sebagainya.
Fungsi Fitur MoneyTory Dalam sesi YouTube Live nya, Pramudono Adhi Kumoro (Digital Banking Product Specialist, Bank BTPN) melakukan demo penggunaan fitur MoneyTory. Terdapat dua informasi utama pada fitur tersebut, yaitu pemasukan dan pengeluaran.
Di halaman utama, para pengguna bisa melihat jumlah pemasukan dan pengeluaran beserta grafik persentase sesuai kategori, selisih pemasukan dan pengeluaran, juga highlight yang berisi tren pengeluaran yang menampilkan grafik pengeluaran sesuai tanggal juga nominalnya.
Setiap transaksi online dan offline yang digunakan dengan Saldo Aktif dan m-Card bakal mengubah data pengeluaran di MoneyTory sesuai kategori secara otomatis. Kalaupun ada transaksi yang sesuai terkategori yang ada, datanya akan tercatat ke bagian Belum Terkategori dan bisa langsung disesuaikan.
Masalah Umum Pengusaha Pada kesempatan yang sama, Budi Raharjo (Director dan Co-founder OneShildt Financial Planning) mengungkapkan bahwa masalah yang sering ditemui adalah sebagian orang baru sadar pentingnya pencatatan keuangan setelah mengalami kondisi finansial yang tidak sehat.
Padahal untuk mewujudkan kondisi finansial yang sehat, hal mendasar yang perlu dilakukan adalah mengetahui cash flow yang dimulai dengan pencatatan finansial. Menurutnya, pada umumnya masalah keuangan terjadi bukan karena penghasilan yang kurang, melainkan masalah cash flow.

Dengan adanya MoneyTory, setidaknya pengguna lebih gampang memonitor cash flow-nya, jadi tidak ada alasan lagi tidak mencatat karena sudah dilakukan secara otomatis. Adanya fitur ini pun bisa membuat habit baru untuk para penggunanya dalam mengatur keuangan karena sangat penting memiliki cash flow yang baik.
Kalaupun masih bermasalah, butuh waktu memperbaikinya, dan itu bisa dilakukan pelan-pelan sampai kondisi finansialnya menjadi sehat. Dari profil mencatat keuangan yang chaos, sampai tidak terasa menjadi orderly.
Kisah Keuangan Berbeda “Sekarang teman-teman Jenius bisa menggunakan MoneyTory—money story. Tiap orang punya cerita keuangan yang berbeda, tapi masalah yang sama, yaitu bagaimana me-manage keuangan. Intinya, fitur ini hadir untuk bantu nasabah lebih bijak dalam mengelola keuangan,” papar Anggraeni Arief Widjaja.
Menurut Wahyu Purnomo mewakili para Co.Creators, “Moneytory sangat membantu saya dan teman-teman. Paling keren sih fitur ini masih satu aplikasi, jadi gak perlu instal yang lain karena sudah otomatis… sangat simpel. Kalau secara personal, saya sih suka lihat grafik persentasenya. MoneyTory bukan sekadar money story, tapi juga money history.”
Selain MoneyTory, Jenius telah mengembangkan berbagai fitur inovatif dari hasil kokreasi dan kolaborasi dengan masyarakat digital savvy Indonesia, antara lain Flexi Cash, Jenius untuk Bisnis, dan Pilihan Saldo Mata Uang Asing.
Sebagai salah satu pelopor life finance solution dan perbankan digital di Indonesia, Jenius berkomitmen untuk terus berinovasi melalui proses kokreasi dalam menyediakan berbagai fitur yang relevan sesuai kebutuhan masyarakat digital savvy Indonesia. (DW)



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/fitur-baru-jenius-moneytory/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=fitur-baru-jenius-moneytory

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kfc Perkenal Spicy Chick N Go Baru Ala Ayam Gunting Untuk Rm4 90 Je Murah Sedap

Kfc Perkenal Spicy Chick N Go Baru Ala Ayam Gunting Untuk Rm4 90 Je Murah Sedap

papar berkaitan - pada 28/6/2020 - jumlah : 656 hits
Excited betul kami apabila mendapat tahu KFC telah memperkenalkan menu terbaru mereka iaitu Spicy Chick N Go yang telah tular di media sosial Memang tidak hairan kenapa menu baru ini telah mendapat sambutan hangat kerana ayam goreng ini sam...
Meriam Peninggalan Kerajaan Aceh Bakal Jadi Situs Wisata Baru Di Aceh Barat

Meriam Peninggalan Kerajaan Aceh Bakal Jadi Situs Wisata Baru Di Aceh Barat

papar berkaitan - pada 29/6/2020 - jumlah : 322 hits
Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Barat memastikan tiga unit meriam diduga peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam yang ditemukan di Desa Arongan Kabupaten Aceh Barat akan dijadikan situs sejarah baru
Langkah Baru Tun Dr Mahathir Meyakinkan Betul Kah Meyakinkan Hang Ni Dapat Mana Title Dr Ni

Langkah Baru Tun Dr Mahathir Meyakinkan Betul Kah Meyakinkan Hang Ni Dapat Mana Title Dr Ni

papar berkaitan - pada 28/6/2020 - jumlah : 225 hits
Rakyat Malaysia sekali lagi dikejutkan dengan langkah Tun Dr Mahathir yang sukar dibayangkan sebelum ini menamakan Dato Seri Shafie Apdal sebagai calon Perdana Menteri PH 2 0 Analisis saya Tun Dr Mahathir menggunakan strategi mengetengahkan...
Kembali Tertinggi Jatim Laporkan 330 Kasus Baru Hari Ini

Kembali Tertinggi Jatim Laporkan 330 Kasus Baru Hari Ini

papar berkaitan - pada 28/6/2020 - jumlah : 177 hits
Kendati demikian Yurianto mengaku kalau ada 20 provinsi yang melaporkan kasus di bawah 10 Sementara itu ada 9 provinsi tak melaporkan adanya penambahan
Pertemuan Hamzah Anwar Perikatan Nasional Bakal Terima Sekutu Baru

Pertemuan Hamzah Anwar Perikatan Nasional Bakal Terima Sekutu Baru

papar berkaitan - pada 28/6/2020 - jumlah : 208 hits
Apa yang menarik Mahathir berjaya juga meletakkan Mukhriz diposisi yang penting dalam memastikan legasinya dapat dikekalkan Pelbagai kenyataan politik diantara kerajaan pembangkang terus mewarnai arena politik tanah air Ini menunjukkan baha...
Istana Ungkap Alasan Baru Rilis Video Jokowi Tegur Keras Menteri

Istana Ungkap Alasan Baru Rilis Video Jokowi Tegur Keras Menteri

papar berkaitan - pada 29/6/2020 - jumlah : 243 hits
Video arahan keras Presiden Jokowi kepada jajarannya itu berselang 10 hari dipublikasikan setelah Sidang Kabinet Paripurna berlangsung secara tertutup pada 18 Juni 2020
Pandangan Tokti Berkenaan Khalid Keldai Baru Madey

Pandangan Tokti Berkenaan Khalid Keldai Baru Madey

papar berkaitan - pada 29/6/2020 - jumlah : 187 hits
KHALID TERUS CEMARKAN DIRI SENDIRICara Kahlid Samad untuk merapatkan barisan dalam PH terutamanya mengeratkan semula hubungan Mahathir dengan Anwar dengan mengungkitkan pengampunan Anwar oleh Yang diPertuan Agong adalah sebagai jasa Mahathi...
Gelombang Baru Bagi Ancaman Panik Akan Menyelubungi Pasaran Kewangan Gambaran Keseluruhan Mata Wang Eur Dan Gbp

Gelombang Baru Bagi Ancaman Panik Akan Menyelubungi Pasaran Kewangan Gambaran Keseluruhan Mata Wang Eur Dan Gbp

papar berkaitan - pada 29/6/2020 - jumlah : 222 hits
Berikutan daripada peningkatan baru dalam kes jangkitan coronavirus pihak berkuasa Texas dan Florida mengembalikan beberapa langkah kuarantin yang sebelumnya telah dihapuskan di mana menyebabkan tindak balas negatif di pasaran saham S P 500...
High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

The Evolution Of Adult Entertainment

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim

What You Should Know About New Construction Plumbing



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Masak Lemak Ikan Bawal Cermin Dengan Belimbing Buluh

Utilizing Crowdfunding For Business

Pemandu E Hailing Pengguna Muslim Wajiib Abaikan Grab Kenyataan Media Ppim 26 04 2024

Selamat Bersara Contoh Ucapan Hari Persaraan Poster

Juyaya Semun Ngintu Gawai Chord

Bahaya Kemiskinan By Dr Hm Rakib S H Pekanbaru Riau