Momen Peringatan Hari Buruh Memulai Kisah Mengawali Langkah


Hari ini, Sabtu Tanggal 1 Mei 2021 merupakan hari libur nasional. Diperingati sebagai Hari Buruh atau biasa juga disebut sebagai “May Day“. Melihat kisah awal mulanya peringatan Hari Buruh dimasukkan ke dalam salah satu hari libur di Indonesia, sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan Indonesia.
Menurut Wikipedia Indonesia, peringatan Hari Buruh sebenarnya berawal dari kisah perjuangan para buruh di negara-negara kapitalis seperti Eropa Barat dan Amerika Serikat. Di beberapa negara, salah satu diantaranya Indonesia, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan.
Pada awal abad ke-19, perkembangan kapitalisme industri di kedua negara yang baru saja disebutkan diatas berubah secara drastis. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.
Sejarah Hari Buruh Begitu panjang kisah mengenai perlawanan para buruh ini berujung pada Kerusuhan Haymarket yang terjadi pada tanggal 1 Mei 1886. Pada saat itu, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari.
Empat hari kemudian, di tanggal 4 Mei 1886 aksi demonstran semakin besar dan meluas. Para polisi Amerika Serikat pun mengambil tindakan tegas dengan menembaki para demonstran. Diperkirakan ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati.
Sebenarnya sebelum peristiwa 1 Mei 1886 ini terjadi, di berbagai negara lain juga sedang terjadi aksi pemogokan buruh yang menuntut perlakukan yang lebih adil dari para pemilik modal.
Berdasarkan latar belakang ini, maka Federation of Organized Trades and Labor Unions menjadikan tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada Kongres 1886.
Hari Buruh di Indonesia Sekarang bagaimana dengan peringatan Hari Buruh di Indonesia?
Masih merujuk pada sumber referensi yang sama, Hari Buruh di Indonesia mulai diperingati pada tahun 1920. Tidak penjelasan detail mengenai kisah peringatan pertama ini.
Selanjutnya di tahun 1970, Ibarruri Aidit (putri sulung D.N. Aidit) sewaktu kecil bersama ibunya pernah menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional di Lapangan Tian An Men RRC.
Menurutnya pada peringatan tersebut menurut dia hadir juga Mao Zedong, Pangeran Sihanouk dengan istrinya Ratu Monique, Perdana Menteri Kamboja Pennut, Lin Biao (orang kedua Partai Komunis Tiongkok) dan pemimpin Partai Komunis Birma Thaksin B Tan Tein.
Sempat Dicekal Sejak masa pemerintahan Order Baru, Hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia. Hal ini disebabkan gerakan buruh pada saat itu memiliki keterkaitan dengan gerakan komunis.
Semasa Soeharto berkuasa, aksi untuk peringatan May Day masuk kategori aktivitas subversif karena May Day selalu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Padahal hal ini sebenarnya tidak berdasar.
Di beberapa negara lain yang sebagian besar menganut ideologi nonkomunis, bahkan juga yang menganut prinsip antikomunis, mereka juga menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Labour Day dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.
Setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan hari libur, setiap tanggal 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan demonstrasi di berbagai kota. Dan memang selama peringatan tersebut tidak pernah terjadi kerusuhan.
Tidak Lagi Menjadi Buruh Pada kalimat judul diatas Blogger Borneo menggunakan kalimat “Memulai Kisah, Mengawali Langkah”. Sengaja tulisan ini dipublikasikan bertepatan dengan peringatan Hari Buruh karena sekarang Blogger Borneo tidak berstatus sebagai seorang buruh lagi.
Setelah kurang lebih 2 (dua) tahun berstatus buruh di sebuah perusahaan, pada akhirnya Blogger Borneo memutuskan untuk keluar atas dasar beberapa pertimbangan. Meskipun sebenarnya terasa berat karena sudah banyak kisah tercipta sepanjang perjalanan, pilihan terbaik harus tetap diambil.
Di pertengahan Ramadhan 1442 Hijriah ini, Blogger Borneo kembali memulai semua kisahnya dari awal. Mengumpulkan kembali peluang-peluang yang dulu sempat teracuhkan dan mencoba menjalani apa yang pernah dijalani sebelumnya dari awal.
Banyak pelajaran dan hikmah Blogger Borneo ambil dari kisah perjalanan hidup ini, semoga dapat memberikan motivasi sekaligus menginspirasi bagi siapa saja yang membacanya. Dua kata yang cukup melekat di dalam benak untuk saat sekarang ini adalah TUHAN dan DOSA. Selamat Hari Buruh bagi para buruh di seluruh dunia. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/momen-peringatan-hari-buruh/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Selamat Hari Buruh 2021

Selamat Hari Buruh 2021

papar berkaitan - pada 2/5/2021 - jumlah : 281 hits
Selamat Hari Buruh 2021 Alhamdulillah masih bernyawa Harini merupakan hari buruh So kebanyakan pekerja bercuti pada hari ini kecuali untuk yang berniaga Kebiasaannya mereka buka perniagaan kerana time nih la masyukkk Lagi lagi hujung minggu...
Kisah Puasa Hari Ke 8

Kisah Puasa Hari Ke 8

papar berkaitan - pada 21/4/2021 - jumlah : 214 hits
Assalamualaikum KONON KONON semalam nak berbuka di Mutiara Hotel setelah percubaan untuk menempah slot berbuka pada Sabtu lepas gagal Tu la yang membawa diri sampai ke hahaha Terkejut jugak apabila diberitahu bufet ramadhan di Mutiara cuma ...
Sya Ir Syahdu Kisah Anak Yatim Di Hari Raya Bersama Rasulu

Sya Ir Syahdu Kisah Anak Yatim Di Hari Raya Bersama Rasulu

papar berkaitan - pada 5/5/2021 - jumlah : 277 hits
TANGISAN ANAK YATIM YANG AYAH TIRINYA KEJAM DUHAIRMATA INI TAK TERASA BEDERAI
Demo Hari Buruh Ini Tujuh Tuntutan Aliansi Solidaritas May Day Kalimantan Barat

Demo Hari Buruh Ini Tujuh Tuntutan Aliansi Solidaritas May Day Kalimantan Barat

papar berkaitan - pada 2/5/2021 - jumlah : 176 hits
Memperingati Aliansi Solidaritas May Day Kalimantan Barat menggelar aksi turun ke jalan dan menyampaikan aksi dari Panggung Rakyat dan Mimbar bebas di Bundaran Digulis Untan Jalan Ahmad Yani Kecamatan Pontianak Tenggara Kalimantan Barat pad...
Bersempena Hari Buruh Sudah 19 Tahun Kini Masa Untuk Semak Semula Sistem Gaji Penjawat Awam Kata Cuepacs

Bersempena Hari Buruh Sudah 19 Tahun Kini Masa Untuk Semak Semula Sistem Gaji Penjawat Awam Kata Cuepacs

papar berkaitan - pada 2/5/2021 - jumlah : 267 hits
May 1 2021 Presiden Cuepacs Adnan Mat berkata Skim Saraan Malaysia untuk penjawat awam yang dilaksanakan pada 2002 kini sudah lapuk PETALING JAYA Kongres Kesatuan Pekerja Dalam Perkhidmatan Awam menyeru Putrajaya supaya mengemas kini sistem...
Pengunjuk Rasa Kecam Kekerasan Aparat Pada Hari Buruh

Pengunjuk Rasa Kecam Kekerasan Aparat Pada Hari Buruh

papar berkaitan - pada 2/5/2021 - jumlah : 212 hits
Sejumlah elemen yang terlibat dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat memprotes intimidasi atau kekerasan yang diduga dilakukan aparat keamanan pada aksi Hari Buruh Sabtu kemarin Mereka menyoroti provokasi dan pengadangan yang terjadi terhadap m...
Kasus Bansos Covid 19 2 Penyuap Juliari Batubara Dengarkan Tuntutan Hari Ini

Kasus Bansos Covid 19 2 Penyuap Juliari Batubara Dengarkan Tuntutan Hari Ini

papar berkaitan - pada 19/4/2021 - jumlah : 231 hits
Ardian Iskandar Maddanatja didakwa menyuap Menteri Sosial Juliari Peter Batubara sejumlah Rp1 95 miliar Sementara Harry Van Sidabukke didakwa karena menyuap senilai Rp1 28 miliar
Awani Ringkas Kadar R Naught Catat Penurunan Pada Ahad Fasa Kedua Pick Bermula Hari Ini

Awani Ringkas Kadar R Naught Catat Penurunan Pada Ahad Fasa Kedua Pick Bermula Hari Ini

papar berkaitan - pada 19/4/2021 - jumlah : 216 hits
Ikuti rangkuman berita utama yang menjadi tumpuan sepanjang hari di Astro AWANI menerusi AWANI Ringkas SUBSCRIBE now Astro Awani https www youtube com c astroawani sub confirmation 1 Astro AWANI LIVE https www astroawani com video terkini S...
Paket Tour Taman Simalem Resort 5 Hari 4 Malam

Paket Tour Taman Simalem Resort 5 Hari 4 Malam

papar berkaitan - pada 19/4/2021 - jumlah : 255 hits
Paket Tour Taman Simalem Resort 5 Hari 4 Malam 5H4M Taman Simalem Resort Merupakan Paket Tour Taman Simalem Resort 5 Hari 4 Malam 5H4M Taman Simalem Resort Menawarkan Program Tour Seru Ke Destinasi Hits Di Sumut Termasuk Agro Tour Hunting S...
The Evolution Of Adult Entertainment

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Fahmi Fadzil Perlu Beri Penjelasan Bukan Beri Alasan

Pm Akan Umum Sspa Terbaik Pernah Diperkenalkan Kerajaan

Prof As Dakwa Tak Selamat Kunjungi Malaysia Selepas Sebar Propaganda Sokong Zionis



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Brauninhas House By Pablo Lanza Arquitetura In Itu Brazil

Banteras Isu 3r Manivanan Cadang 10 Langkah Percepat Siasatan Polis

Analysis Harapan S Uphill Battle To Defend Kuala Kubu Baharu

Kkb By Election Will Be A Confidence Vote For The Anwar Administration

Azmin Pledges To Tell All On May 11