Menteri Nadiem Guru Di Papua Punya Paradigma Transformasi Pendidikan




Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim optimistis untuk kemajuan pendidikan di Provinsi Papua Barat. Nadiem memuji para guru di provinsi tersebut yang dinilainya memiliki paradigma Merdeka Belajar untuk melakukan transformasi pendidikan.


Merdeka Belajar adalah kebijakan yang dicanangkan Mendikbud untuk mendukung esensi dari kebebasan berpikir. Dalam kunjungannya ke Papua Barat, Mendikbud meninjau 13 lokasi, antara lain, 10 sekolah baik negeri maupun swasta, Sanggar Seni Nani Bili, kampung adat Malaumkarta, dan Cagar Budaya Kubu Pertahanan Jepang.


Baca Juga: Mendikbud Minta Industri Serap Lulusan SMK


“Saat saya bertemu guru-guru dan kepala sekolah di Papua, mereka punya dasar paradigma Merdeka Belajar, mereka punya keinginan untuk lebih baik, dan itu adalah yang terpenting dalam transformasi pendidikan,” kata Nadiem saat berada di SMP YPK Syaloom, kota Sorong, Papua, Jumat (12/2/2021), dikutip dari siaran pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Minggu (14/2/2021) malam.


Kunjungan Mendikbud didampingi staf khusus presiden asal Papua, Billy Mambrasar dan anggota Komisi X DPR, Robert Joppy Kardinal. SMP YPK Syaloom menjadi lokasi terakhir kunjungan kerja mendikbud beserta jajaran Kemdikbud, antara lain, Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Iwan Syahrir, dan Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Sjamsul Hadi.


“Jadi tugas Kemdikbud adalah menetaskan potensi, agar para kepala sekolah dan guru di Papua Barat dapat berinovasi dan difasilitasi untuk memajukan anak-anak Tanah Papua,” kata Nadiem.


Baca Juga: Mendikbud Berkomitmen Memajukan Adat dan Budaya Papua Barat


Dalam kunjungannya ke SMK Negeri 3 Kota Sorong, Nadiem juga mendorong pentingnya pola pikir kewirausahaan bagi siswa. “SMK yang unggul bukan yang hanya berpikir tentang sistem pendidikan, tapi juga kewirausahaan. Buatlah produk hebat dan menjual. Dengan begitu kita bisa menghasilkan SDM yang inovatif,” katanya.


Sementara itu, stafsus presiden Billy Mambrasar menilai, Mendikbud bisa memanifestasikan perintah Presiden Joko Widodo untuk pembangunan Papua, khususnya sumber daya manusia di Papua.


“Kita bisa melihat kinerja Kemendikbud di tengah pandemi Covid-19, mereka kerja cepat, kreatif, dan tepat,” ujar Billy.


Baca Juga: Mendikbud Dorong Sekolah di Papua Gabung Sekolah Penggerak


Billy berpendapat, kebijakan mendikbud sudah tepat untuk menetapkan bantuan operasional sekolah (BOS) sesuai indeks harga dan kemahalan, sehingga Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat akan memperoleh dana BOS lebih tinggi dari provinsi lainnya.


Dia juga menceritakan langkah Mendikbud saat berkunjung ke Pulau Soop dimana sejumlah anak kesulitan mengakses transportasi ke sekolah.


“Tepat pada saat itu juga, Mas Menteri menyumbang sebuah kapal dan muncul ide kreatif dengan membuat sistem transportasi agar guru dan anak anak bisa jalan bersekolah dengan bantuan pemerintah,” kata Billy.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/02/menteri-nadiem-guru-di-papua-punya.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+bagibagi%2FcFXc+%28bagibagi.info%29

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pdpr Menteri Pendidikan Mesti Cari Jalan Sediakan Komputer Tefelon Pintar Hassan Karim

Pdpr Menteri Pendidikan Mesti Cari Jalan Sediakan Komputer Tefelon Pintar Hassan Karim

papar berkaitan - pada 4/2/2021 - jumlah : 56 hits
POSTED BY AMIR WRLRMenteri Pedidikan Malaysia bertanggungjawab menyediakan peranti kemputer riba mahu pun telefon pintar bagi pelajar pelajar yang memerlukan di sepanjang pelaksanaan Perintah Kawalan Pergerakan Ahli Parlimen Pasir Gudang Ha...
Buka Sekolah Menteri Pendidikan Flip Flop

Buka Sekolah Menteri Pendidikan Flip Flop

papar berkaitan - pada 21/2/2021 - jumlah : 67 hits
POSTED BY AMIR WRLRFebruary 21 2021IpohmaliAku takda masalah sekolah nak dibuka Tapi bukan soal Sekolah itu dibuka Tetapi bagaimana Kementerian Pendidikan mengatur hala tuju dan mengurus jadual persekolahan dan Pembelajaran aku rasa ini kal...
Menteri Pendidikan Tiada Hala Tuju Yang Jelas Gagal Memahami Rakyat

Menteri Pendidikan Tiada Hala Tuju Yang Jelas Gagal Memahami Rakyat

papar berkaitan - pada 20/2/2021 - jumlah : 58 hits
February 20 2021 KEBODOHAN MENTERI PENDIDIKAN MEMAHAMI RAKYAT Aku takda masalah sekolah nak dibuka Tapi bukan soal Sekolah itu dibuka Tetapi bagaimana Kementerian Pendidikan mengatur hala tuju dan mengurus jadual persekolahan dan Pembelajar...
Gagal Total Nadiem Makarim Menteri Jokowi Paling Layak Diganti

Gagal Total Nadiem Makarim Menteri Jokowi Paling Layak Diganti

papar berkaitan - pada 6/2/2021 - jumlah : 51 hits
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim adalah anggota kabinet yang paling layak diganti jika Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet jilid II Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia ...
Guru Masuk Kampung Orang Asli Hantar Modul Pdpr

Guru Masuk Kampung Orang Asli Hantar Modul Pdpr

papar berkaitan - pada 4/2/2021 - jumlah : 63 hits
Oleh Guru SK Putra menghantar modul PdPR kepada murid Orang Asli yang tidak dapat belajar secara dalam talian NSTP Abnor Hamizam JELEBU Sekumpulan guru dari Sekolah Kebangsaan Putra Simpang Durian di sini sanggup meredah perjalanan sejauh 8...
Polda Maluku Dan Papua Barat Koordinasi Terkait Dugaan Penjualan Senpi

Polda Maluku Dan Papua Barat Koordinasi Terkait Dugaan Penjualan Senpi

papar berkaitan - pada 22/2/2021 - jumlah : 51 hits
Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M Roem Ohoirat mengatakan pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Polda Papua Barat serta Polres Bintuni terkait penangkapan seorang tersangka yang membawa senjata api dan amunisi dari Kota Ambon
Videografis Awal Tahun Mencekam Di Papua

Videografis Awal Tahun Mencekam Di Papua

papar berkaitan - pada 22/2/2021 - jumlah : 87 hits
OPM atau disebut juga Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata KKSB telah menelan banyak korban sejak Januari hingga pertengahan Februari ini Berikut adalah daftar sejumlah peristiwa konflik di Papua yang terjadi awal tahun ini
Demi Anak Kena Berbaik Vie Shantie Melawat Anak Eizlan Yusof Yang Baru Lahir Dipuji Netizen

Syukur Allah Lindungi Anak Anakku Suami Anak Negatif Covid 19 Nora Danish Luah Rasa Syukur

Bosses And Consumers In Two Minds Over Another Lockdown

2 Caught At Bentong Toll With Photocopied Interstate Travel Forms

Moh Found Serious But Temporary Post Vaccination Side Effects Says Adham

Negara Negara Di Afrika Dengan Hampir Semua Penduduknya Beragama Islam

Song Joongki Pilih Vincenzo Sebagai Drama Paling Seronok Dibintanginya

Lirik Om Pim Pa Trio Sikumbang



Kisah Hubungan Segi Tiga Bill Gates Melinda Gates dan Wanita Kedua

Sejarah Jenama Maggi Pelopor Produk Mi Segera Terkemuka

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Forensik Astro Citra

5 Filem Tentang Ibu Yang Menakutkan

Kenapa Kapal Terbang Meninggalkan Garisan Asap Putih di Udara


Kisah Inspirasi Cikgu Nurlailam Binti Mustaffa Yang Tercalon Dalam Anugerah Guru Inspirasi Mcdonald S 2021

Telemovie Takdir Yang Tertunda

Pkp Di Seluruh Negara Raya 2021 Hancur Berkecai

29 Ramadan Laksa Penang

Takkan Main Letup Je Jom Kenali Nama Nama Mercun

Tak Lepas Roadblock Van Putih Patah Balik Siap Pasang Lagu Raya Guna Speaker