Mengungkap Mitos Pintu Dunia Bawah Tanah Yang Menganga


Puluhan tahun silam, penduduk di Yakutia mendengar suara sangat keras: bum! Sebidang tanah sangat luas ambles. Kawah rakasa terbentuk. Sejak itu pula, warga tak berani mendekati kawah tersebut.

Tanah ambles itu diberi nama Kawah Batagaika, atau juga disebut dengan “pintu dunia bawah tanah”. Sejak terbentuk, warga sekitar sering mendengar dentuman dan gemuruh. Suara yang bagi warga sekitar sungguh misterius.



Belakangan, diduga kuat suara dentuman itu berasal dari tanah yang runtuh ke dalam jurang sedalam 120 meter. Kini, gemuruh sesekali masih terdengar di jurang yang yang menganga sepanjang 1 kilometer itu.

Kawah Batagaika terbentuk mulai 1960-an. Sebelum terbentuk, hutan di atasnya digunduli. Tanah kemudian ambles. Kenaikan temperatur membuat amblesan tanah semakin parah, sebab permafrost atau lapisan es di dalam tanah mencair.

Tak hanya itu, banjir bandang yang terjadi pada 2008 membuat penurunan tanah semakin menjadi-jadi. Sejak peristiwa itu tercatat tanah di kawah yang terletak di Siberia, wilayah Republik Shaka, ini turun 15 sentimeter tiap tahunnya.

Rahasia Bumi Terungkap



Penduduk lokal boleh saja hidup dengan kisah-kisah misterius itu. Tapi tidak dengan para ilmuwan, mereka menganggap Kawah Batagaika sebagai laboratorium alam yang bisa mengungkap ancaman perubahan iklim terhadap permafrost.

Dan sebuah penelitian baru-baru ini dilakukan untuk mengetahui usia lapisan-lapisan tanah yang dibekukan oleh waktu menjadi permafrost, selain itu juga untuk mengumpulkan contoh tanaman dan tanah.

Hingga sekarang, lapisan-lapisan tanah di Kawah Batagaika itu diyakini berusia 120.000 tahun. Tapi Profesor Julian Murton dari Universitas Sussex yang meneliti wilayah di dekat Desa Batagai, Distrik Verkhoyansk, --berjarak 676 kilometer dari Yakutsk, Ibukota Republik Shaka– menyatakan usia lapisan-lapisan tanah itu adalah 200.000 tahun.

“Proyek ini memungkinkan kami membandingkan data dengan objek yang sama di Greenland, China, Antarctica. Data tanah kuno dan tumbuhan akan membantu kami untuk menyusun ulang sejarah Bumi,” kata Murton, dikutip Dream dari Siberian Times.



Muston mengaku terkejut sekaligus bersemangat karena bisa mengetahui bahwa usia lapisan tanah yang diambil dari sampel itu 200.000 tahun. “Kami menemukan beberapa lapisan tanah yang terkubur. Dua dari lapisan ini terlihat sangat menjanjikan,” kata dia.

“Mereka menunjukkan bahwa ribuan tahun yang lalu iklim di sekitar wilayah Verkhoyansk sama dengan saat ini, dan mungkin lebih panas,” tambah Murton.

Para peneliti mengambil sampel berupa sisa-sisa pohon untuk mengetahui jenis hutan yang tumbuh di wilayah itu. Mereka juga mengambil sampel endapan untuk mengetahui jenis tanah yang mendominasi kawasan ini pada zaman kuno.

“Karena berupa lapisan es, membeku, kelestarian organik sangat bagus,”ujar Murton.

Penelitian ini disebut sebagai studi percontohan pada situs “paling penting” di dunia untuk mempelajari permafrost. Contoh-contoh yang diambil para ilmuwan akan diteliti lebih detail diInstitute of Physicochemical and Biological Problems in Soil Science di Pushchino, dekat Moskow, Rusia.

Murton menambahkan, sebenarnya depresi thermokarst bisa diamati di bagian utara Kanada. Namun Batagaika dua sampai tiga kali lebih dalam.



Temuan Mengejutkan Lainnya

Sementara, Direktur Research Institute of Applied Ecology of the North, Gregory Savvinov, mengatakan, pada tahun 1960-an ada jalan antara Desa Batagai dan beberapa fasilitas industri. Hutan itu ditebang dan menyebabkan terbentuknya kawah tersebut.

“Dalam beberapa tahun terakhir, dengan latar belakang perubahan iklim, karena pemanasan, jurang terbentuk dengan ukuran kawah,” ujar Savvinov.

Pada tahun 2009 bangkai kuda masa Holocene - berusia sekitar 4.400 tahun dan bangkai mumi betis bison, mammoth, dan rusa, juga ditemukan di sini.

Daerah ini menjadi salah satu tempat terdingin di planet ini, dan menjeri wilayah terdingin di dunia yang ditinggali manusia, selain wilayah Oymyakon.

Sumber: http://www.dream.co.id

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://luagan-ilmu.blogspot.com/2016/07/mengungkap-mitos-pintu-dunia-bawah.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kisah 1 Keluarga Yang Menunggu Hari Kiamat Pilih Hidup Di Ruang Bawah Tanah Selama 9 Tahun

Kisah 1 Keluarga Yang Menunggu Hari Kiamat Pilih Hidup Di Ruang Bawah Tanah Selama 9 Tahun

papar berkaitan - pada 18/10/2019 - jumlah : 146 hits
Ini kisah nyata dari sebuah keluarga di Belanda Satu keluarga yang menghabiskan waktu selama sembilan tahun di bawah tanah menunggu kiamat ditemukan kepolisian Belanda setelah anak laki laki tertuanya muncul di bar setempat Seorang pria ber...
Bank Dunia Ungkap Sumber Masalah Ri Terjebak Di Negara Berpenghasilan Menengah Bawah

Bank Dunia Ungkap Sumber Masalah Ri Terjebak Di Negara Berpenghasilan Menengah Bawah

papar berkaitan - pada 3/10/2019 - jumlah : 54 hits
Bank Dunia melaporkan bahwa urbanisasi atau perpindahan masyarakat dari desa ke kota ternyata belum berdampak positif di Indonesia terutama terhadap tingkat kesejahteraan Padahal saat ini separuh dari warga Indonesia sudah tinggal di perkot...
Api Keluar Dari Bawah Tanah Penduduk Anggap Ianya Fenomena Alam Luar Biasa

Api Keluar Dari Bawah Tanah Penduduk Anggap Ianya Fenomena Alam Luar Biasa

papar berkaitan - pada 28/9/2019 - jumlah : 145 hits
Penduduk Ringinsurup Desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo Jawa Timur dikejutkan dengan kerjadian berupa api dari bawah tanah milik seorang penduduk disituKejadian ini menjadi viral sejak seminggu lalu dan mula tersebar Penduduk s...
Utusan Malaysia Akan Kembali Di Bawah Tan Sri Syed Mokhtar

Utusan Malaysia Akan Kembali Di Bawah Tan Sri Syed Mokhtar

papar berkaitan - pada 15/10/2019 - jumlah : 154 hits
Sebelum ini kita mendengar ura ura berkenaan pembelian Utusan Malaysia oleh Tan Sri Syed Mokhtar Al Bukhary dan kini ternyata ianya benar setelah Berita Harian Singapura ada melaporkan tentang penjualan sebanyak 70 peratus kepentingan Dilof...
Abang Tampar Adik Sampai Jatuh Nyaris Ajal Bawah Kereta

Abang Tampar Adik Sampai Jatuh Nyaris Ajal Bawah Kereta

papar berkaitan - pada 15/10/2019 - jumlah : 46 hits
Tindakan seorang abang yang menampar adiknya berusia dua tahun mengundang cemas apabila kanak kanak itu hampir terkorban di atas jalan raya Kejadian yang berlaku di bandar Tongren Guizhou pada 6 Oktober yang lalu telah berjaya dirakam melal...
Kes Ltte 2 Ahli Parlimen Dap Akan Cabar Ahli Parti Ditahan Bawah Sosma

Kes Ltte 2 Ahli Parlimen Dap Akan Cabar Ahli Parti Ditahan Bawah Sosma

papar berkaitan - pada 15/10/2019 - jumlah : 228 hits
Adun DAP G Saminathan dan P Gunasekaran ditahan atas dakwaan mempunyai kaitan dengan LTTE KUALA LUMPUR Ahli Parlimen DAP Ramkarpal Singh dan RSN Rayer akan mewakili empat ahli parti itu termasuk dua Adun yang ditahan baru baru ini atas dakw...
Usd Cad Menunjukkan Ke Arah Bawah

Usd Cad Menunjukkan Ke Arah Bawah

papar berkaitan - pada 15/10/2019 - jumlah : 145 hits
Salam pedagang yang saya hormati Kali ini saya akan menunjukkan cadangan jangka panjang kepada instrumen seperti USD CAD Apa yang menarik dalam instrumen ini sekarang Pertama sekali data pengangguran dari Kanada telah dikeluarkan jumaat lep...
Vape Hanya Larang Bawah 18 Tahun Saja

Vape Hanya Larang Bawah 18 Tahun Saja

papar berkaitan - pada 15/10/2019 - jumlah : 70 hits
Larangan vape tanpa nikotin bawah 18 tahun kekalKL Akta baharu bagi mengawal pasaran vape atau rokok elektronik menggunakan cecair tanpa nikotin kekal memperuntukkan larangan penjualan kepada individu bawah 18 tahun Dasar tiada kompromi ker...
Di Bawah Ph Kelantan Akhirnya Terima Bayaran Secara Terus

Di Bawah Ph Kelantan Akhirnya Terima Bayaran Secara Terus

papar berkaitan - pada 17/10/2019 - jumlah : 193 hits
Bayaran dibuat dalam bentuk wang ehsan atas faktor perundangan tetapi perkiraannya berasaskan lima peratus hasil petroleum kata menteri kewangan
Bekas Suami Datuk Seri Vida Selamat Bernikah Mengejutkan Rupa Rupanya Ini Wanita Yang Jadi Isteri Barunya

4 Perkara Tentang Sedekah

Mahadir Nak Syafi E Afbdal Jadi Piem

Hiburan Mak Pernah Cakap Kalau Dia Mati Jangan Datang Kubur Penyanyi Zynakal Akui Dirinya Bukan Anak Yang Baik

10 Kata Kata Indah Dalam Bahasa Melayu Yang Jarang Didengari

Anak Pelakon Kena Dakwa

Nabil Zamanhuri Beku Chord

3 Cara Ampuh Mengirimkan Tulisan Ke Tim Redaksi Berita



Senarai Lagu Tugasan Konsert Akhir Big Stage 2020 Minggu 8

Keputusan Markah Peserta Konsert Separuh Akhir Big Stage 2020 Minggu 7

5 Selebriti Terkenal Yang Kini Bergelar Pendakwah Berpengaruh

Kisah Kecintaan Nazi Pada Kopi Tanpa Kafein

Masih Relevankah Pelajar Dimasukkan ke Sekolah Asrama


Emas Izhar Tulangkata B Heart

Sakit Zynnakal Ft Yonny Boii

Mimpi Kclique Ft Aliff

Matematik Bukan Sekadar Persamaan Bahasa Yang Unik Untuk Dipelajari

Pirane Sabah Belum Muktamad Krisis Baru Terkobek

Acid Reflux Symptoms In Cats