Mengenal Wawan Game Pasien Gangguan Jiwa Yang Seperti Sedang Bermain Game Online


Dua jempol IS (32) tak henti-henti bergerak seperti sedang scroll bayangan layar handphone di depan dadanya. Kepala plontosnya hampir selalu merunduk dengan dua mata terpaku ke arah dada.
Pria asal Tasikmalaya, Jawa Barat itu sudah tiga bulan dirawat di Yayasan Jamrud Biru, Bekasi Timur, lembaga rehabilitasi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), bersama 115 ODGJ lain.
“IS diantar dari PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) Gerak Cepat Bersama ke Yayasan Jamrud Biru dengan kondisi fisik memprihatinkan dan keadaan mentalnya lumayan parah,” ujar Suhartono, pemilik Yayasan Jamrud Biru ketika ditemui Kompas.com, Kamis (18/7/2019).
“Dia enggak ngeh sekeliling, saraf motoriknya kayaknya sudah rusak,” kata Suhartono.
Saat ditemui Kompas.com, IS atau yang dikenal sebagai Wawan Game tak pernah beranjak dari kursinya. Selama berjam-jam, ia tetap diam, kecuali jari-jari tangannya yang senantiasa bergerak-gerak layaknya pemuda yang sedang gandrung gim online.
Tak heran, ia dijuluki Wawan “Game”. Bahkan, dalam daftar pasien lantai dasar di Yayasan Jamrud Biru, namanya ditulis sebagai “Iwan Game” pada urutan ke-25.
Sebelumnya, sebuah video yang merekam perilaku Wawan yang terus menggerakkan tangannya seolah-olah memegang game console, beredar di media sosial. Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun Instagram @info.biasa.
View this post on Instagram
A post shared by INFO BIASA (@info.biasa) on Jul 15, 2019 at 12:46am PDT

Wawan Game rupanya mengidap skizofrenia karena alasan lain. Sri Pudjiawati, dari LSM Gerak Cepat Bersama yang telah menjadi perawat Wawan sejak 2016 memastikan bahwa Wawan tidak kecanduan game online. Dia telah mengalami rentetan trauma yang menyebabkannya dipasung di rumah selama belasan tahun.
“Dia pasif, kalau tidak kami pindahkan, atau lakukan kegiatan, dia enggak akan berpindah. Untuk pembinaan, pasien lain untuk futsal atau senam akan ikut,” kata Suhartono.
“Kalau Wawan enggak. Enggak kami gerakkan, dia enggak akan gerak,” imbuhnya.
Saat Kompas.com berbincang dengan Suhartono, Wawan setia pada posisinya. Masker selalu melekat di wajahnya untuk membendung air liur yang kerap merembes dari bibirnya. Beberapa kali ia diajak bicara wartawan. Namun dia tak merespons.
“Efek obat dulu. Dulu dia ngamukan, dihajar obat malah jadi seperti robot enggak punya emosi. Dia enggak akan pernah bilang ‘aduh!’. Diajak ngomong juga dia enggak ngejawab,” kata Suhartono.
Pada sekitar pukul 11.30 WIB, seluruh warga binaan Yayasan Jamrud Biru berkumpul di halaman di bawah naungan tenda. Para petugas yayasan hilir-mudik membawa piring, gelas, dan panci. Waktu makan siang datang.
Dari seluruh pasien, yang hampir semuanya berkepala plontos, Wawan termasuk satu dari antara beberapa pasie yang tak mengambil makanan mereka sendiri. Ia perlu disuapi.
“Susah kalau Wawan enggak disuapin, berantakan, kalau disuapin baru makan. Makannya lama, harus sabar,” kata Suhartono sembari menyuapi IS setelah meniup-niup menu nasi dan sop ayam siang itu.
Beberapa butir nasi berjatuhan dari bibirnya yang tak dapat mengatup rapat kala mengunyah. Butuh waktu 40 menit lebih bagi Wawan menghabisi menu siang itu.
Semakin Sehat
Suhartono mengingat-ingat momen saat Wawan pertama kali menginjakkan kakinya di Yayasan Jamrud Biru. Kondisi fisiknya memprihatinkan. Wawan diduga malnutrisi.
“Kalau enggak salah sekitar April 2019 datang. Sakit lama di rumahnya saya enggak tahu berapa lama. Yang jelas diantar ke sini dalam kondisi sudah sakit begini, kurus, pucat. Alhamdulillah Allah kasih dia sehat sekarang,” tutur Suhartono.
“Perubahan sudah agak banyak sekarang, sudah agak isi badannya, tinggal perbaikan mentalnya. Saat datang berat badannya 23 kilogram. Kami kasih makan nutrisi, vitamin, kami  rutinkan makan yang sehat. Alhamdulillah sudah 34 kilogram,” imbuhnya.
Para petugas yayasan tampak menaruh perhatian pada Wawan ketika Kompas.com dan beberapa awak media lain mengunjungi Yayasan Jamrud Biru. Sejumlah pasien yang sudah hampir sehat beberapa kali menyambangi Wawan, tanpa diminta, untuk mengantar gelas berisi minuman saat Wawan makan siang. Sekali-sekali, Suhartono melakukan terapi pada jari-jari Wawan yang tak mau diam.
“Ada beberapa yang kami lakukan. Ada terapi saraf, totok, dan juga terapi ramuan air kelapa, pembinaan agama. Walaupun dia tidak merespons tapi pelan-pelan kami didik agar dia mengerti,” jelas Suhartono.
Pria 43 tahun itu kemudian mempraktikkan salah satu bentuk terapi yang ia terapkan pada IS . Ia menarik tangan IS hingga tubuh kurusnya berdiri. Kedua tangannya dipisahkan sambil dipijit.
“Nih, ini ngelawan, nih, dia,” kata Suhartono.
“Kami tarik tangannya pelan-pelan. Kami coba pijit, kegiatan lain kami ajak muter, keliling panti. Kalau pagi, jari tangannya saya kasih beban 2-3 kilogram untuk dia pegang, walaupun ditaruh lagi benda itu. Kami gerakkan seperti senam,” ujar dia.
Hingga saat ini, Wawan masih perlu dimandikan oleh petugas yayasan. Ketika mandi, kata Suhartono, tangan Wawan tak lagi bergerak-gerak seperti sedang scroll layar handphone.
Akan tetapi, ketika hendak tidur, tangan Wawan tak ikut rebah. Sekilas, persis seperti orang-orang yang tak bisa lepas memelototi media sosial dari layar gawai sesaat sebelum tidur, padahal tubuh sudah rebah.
Saat hendak tidur selepas makan siang, misalnya, perlu bantuan pasien lain yang hampir sembuh untuk merebahkan tubuh Wawan. Pasien tersebut juga berulang kali harus mencekal tangan Wawan yang kembali mengangkat sambil menggerakan jari.
Karena tak ditemani seseorang yang punya kesabaran tingkat tinggi hingga ia terlelap, Wawan pun bangun dan kembali duduk. Tangannya masih dan terus seperti itu.
“Dia itu tetap gitu waktu mau tidur, mesti kami jagain di sampingnya baru tidur,” tutur Suhartono.
Sumber: kompas.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/mengenal-wawan-game-pasien-gangguan-jiwa-yang-seperti-sedang-bermain-game-online/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Demi Bermain Game Online Tiga Pemuda Di Deli Serdang Nekat Curi Sepeda Motor

Demi Bermain Game Online Tiga Pemuda Di Deli Serdang Nekat Curi Sepeda Motor

papar berkaitan - pada 25/7/2019 - jumlah : 243 hits
Tiga pemuda ditangkap polisi karena diduga telah melakukan pencurian sepeda motor di Tanjung Morawa Deli Serdang Sumut Dua di antaranya mengaku melakukan tindak pidana itu untuk mendapatkan uang yang digunakan untuk main game online di waru...
Siapa Sangka Is Pernah Dipasung Belasan Tahun Sebelum Dikenal Sebagai Wawan Game

Siapa Sangka Is Pernah Dipasung Belasan Tahun Sebelum Dikenal Sebagai Wawan Game

papar berkaitan - pada 19/7/2019 - jumlah : 199 hits
Warganet sempat dibikin heboh oleh video viral yang menampilkan seseorang dengan gangguan jiwa berkepala plontos yang menggerak gerakan jarinya seolah sedang memainkan handphone di tangannya Kepalanya terus menunduk seakan menghadapi layar ...
Viral Kecanduan Main Game Di Hp Pemuda Ini Alami Gangguan Kejiwaan Hingga Direhabilitasi

Viral Kecanduan Main Game Di Hp Pemuda Ini Alami Gangguan Kejiwaan Hingga Direhabilitasi

papar berkaitan - pada 16/7/2019 - jumlah : 149 hits
Belakangan ini viral seorang pria alami gangguan kejiwaanlantaran kecanduan main game Pria yang alami gangguan kejiwaan akibat kecanduan main game di hapebahkan harus direhabilitasi di panti jiwa Kecanduan main game di hape memang mengakiba...
Penderita Gangguan Jiwa Mengamuk Lukai 3 Orang Dan Rusak 1 Rumah Di Jayawijaya

Penderita Gangguan Jiwa Mengamuk Lukai 3 Orang Dan Rusak 1 Rumah Di Jayawijaya

papar berkaitan - pada 25/7/2019 - jumlah : 105 hits
Gilanya bukan gila biasa sebab mengarah ke kriminal terus Makanya harus diamankan kata Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya di Wamena
Sedang Pesan Roti Bakar Motor Driver Ojek Online Di Samarinda Nyaris Dicuri Maling

Sedang Pesan Roti Bakar Motor Driver Ojek Online Di Samarinda Nyaris Dicuri Maling

papar berkaitan - pada 13/7/2019 - jumlah : 200 hits
Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16 30 WITA tadi Sri mendapatkan orderan Go Food berupa roti bakar di Jalan Biawan
Diduga Idap Gangguan Jiwa Pria Asal Padang Ceburkan Diri Ke Laut

Diduga Idap Gangguan Jiwa Pria Asal Padang Ceburkan Diri Ke Laut

papar berkaitan - pada 21/7/2019 - jumlah : 189 hits
Ketika itu Busra sedang menumpang KMP Sabuk Nusantara 110 saat dalam pelayaran pada Sabtu jelang pagi sekitar pukul 05 15 WIB
Jana 4 Angka Sebulan Dengan Bermain Game

Jana 4 Angka Sebulan Dengan Bermain Game

papar berkaitan - pada 11/7/2019 - jumlah : 364 hits
Student Jana 4 Angka Sebulan Dengan Bermain GameSeriously admin baru tahu ni main game boleh jana income sehingga 4 angka sebulan Banyak tu huhu Tak sangka den hahaKalau korang memang kaki game terutama game strategy atau arcade tentu koran...
Akibat Terlalu Kerap Bermain Handphone Budak Terpaksa Jalani Pembedahan Kerana Matanya Tidak Berfungsi Secara Serentak

Akibat Terlalu Kerap Bermain Handphone Budak Terpaksa Jalani Pembedahan Kerana Matanya Tidak Berfungsi Secara Serentak

papar berkaitan - pada 27/7/2019 - jumlah : 345 hits
Ibu bapa perlu mengawal penggunaan gajet pada anak anak kerana ia boleh memudaratkan kesihatan terutamanya penglihatan nbsp Dalam kes terbaru di Thailand Dachar Nuysticker Chuayduang berkongsi mengenai insiden yang menimpa anak perempuannya...
Towards More Comprehensive Pension Reform

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Berebut Kasih

Reaching Out

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Makanan Perlis Paling Popular

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Tafsir Mimpi Gajah



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


3 Sebab Kenapa Kashmir Menjadi Pilihan Traveler Malaysia

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Jetama Taja Sabah Fc Rm5 Juta Musim Ini

Legoland Malaysia Resort Empowers Teachers And Students To Conquer The Legoland School Challenge 2024

Prk Kkb Pertandingan Parti Atau Pertandingan Kaum

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia