Mengenal Siapa Sebenarnya Orang Pegunungan Papua Dengan Warisan Nilai Nilai Kebudayaannya


Oleh Dr. Socratez S.Yoman

A. Pendahuluan

Jujur saja, penulis sebagai anak asli Papua yang lahir dan dibesarkan di lingkungan orang-orang pegunungan, saya tidak menerima 100%, karena selama ini penguasa pemerintah Indonesia dan aparat TNI-Polri mengkriminalisasi kami dan kami dibuat seperti tidak punya martabat dan nilai-nilai kebaikan dalam kebudayaan kami.

Dalam berbagai kesempatan di media cetak, elektronik: TV, Radio dan dalam sambutan-sambutan resmi serta pengarahan, kami orang pegunungan dikambing-hitamkan, direndahkan martabat kami dan kami dibuat manusia-manusia yang tidak ada nilai dan martabat sebagai manusia.

Dengan tepat dan sempurna Dr. George Junus Aditjondro mengaminkan dan membenarkan kejahatan penguasa penjajah Indonesia dalam menghilangkan nilai kebudayaan Papua, lebih khusus kebudayaan orang-orang pegunungan.

"Pada saat penjajah tidak bisa lagi meniadakan penduduk jajahannya secara fisik, dia kemudian mengeliminir mereka secara kultural, dengan mengatakan bahwa kebudayaan mereka lebih rendah. Jadi mitos tentang koteka, Zaman Batu dan lain-lain itu, memang senjaga dipupuk karena mendukung cara berpikir penguasa" (hal. 197). "...kekayaan kultural yang memperkuat identitas kepapuaan sengaja dimatikan dan warga pendukungnya diintimidasi dan diteror agar ia meninggalkan jati dirinya (hal.107)" (Sumber: Cahaya Bintang Kejora, 2000).

Karena masalah ini, tulisan ini merupakan pertanggugjawaban iman, moral dan ilmu penulis sebagai Orang Asli Papua yang berasal dari pegunungan. Melalui narasi ini, penulis ingin menyampaikan kepada:

"PENGUASA PEMERINTAH INDONESIA, APARAT KEAMANAN TNI-POLRI-BRIMOB HARUS BERGURU DAN BELAJAR KEPADA ORANG ASLI PAPUA, LEBIH KHUSUS ORANG PEGUNUNGAN

Mengapa saya mengatakan Penguasa Pemerintah Indonesia, TNI-Polri dan BRIMOB harus berguru dan belajar kepada Orang Asli Papua, lebih khusus Orang gunung?

Kami mempunyai kekuatan nilai-nilai ketulusan, kebenaran, kejujuran, keterbukaan, kasih, kedamaian, rela berkorban dan pengampunan serta keberanian demi nilai KEMANUSIAAN dan KESAMAAN DERAJAT.

Orang-orang Asli Papua dari pegunungan tahu, sadar dan mengerti dan percaya bahwa manusia merupakan gambar dan rupa Allah sehingga kemanusiaan dan martabat setiap manusia HARUS dihormati. Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita..." (Kejadian 1:26).

Seperti Pastor Frans Lieshout, OFM mengakui:

"Saya sendiripun belajar banyak dari manusia Balim yang begitu manusiawi. Saya masih mengingat masyarakat Balim seperti kami alami waktu pertama datang di daerah ini. Kami diterima dengan baik dan ramah, tetapi mereka tidak memerlukan sesuatu dari kami, karena mereka sudah memiliki segala sesuatu yang mereka butuhkan itu. Mereka nampaknya sehat dan bahagia, ...Kami menjadi kagum waktu melihat bagaimana masyarakat Balim hidup dalam harmoni...dan semangat kebersamaan dan persatuan...saling bersalaman dalam acara suka dan duka..." ( Sumber: Kebudayaan Suku Hubula Lembah Balim-Papua, 2019, hal. 85-86).

Sumber ini dikutip pandangan seorang misionaris yang hidup lama dengan orang gunung. Dengan tujuan memperbaiki dan meluruskan pemahaman keliru dan miring para penguasa Indonesia dan TNI-Polri terhadap Orang Asli Papua dari Pegunungan.

B. Peristiwa 23 September 2019 di Wamena Bertolak Belakang

Hemat saya, jika demonstrasi damai melawan ujaran RASISME di Wamena itu dikawal dengan baik, kita sangat bisa menghindari konflik dengan korban nyawa dan harta benda. Tetapi, demonstrasi damai itu dihadapi dengan kekerasan penembakan, maka emosi dan kemarahan dipihak demonstran dibangkitkan dan terjadi pembalasan spontan dengan pembunuhan dan pembakaran pada 23 September 2019 terjadi di Wamena. Kejadian yang memilukan hati ini sangat kita sesalkan bersama. Karena pembunuhan terhadap orang-orang tidak bersalah itu SANGAT...SANGAT...SANGAT bertentangan dan berlawanan nilai-nilai luhur kebudayaan orang-orang Papua gunung.

"Karena itu dalam dan melalui tulisan ini, atas nama masyarakat dari gunung saya menyampaikan permohonan maaf dari dasar hati saya yang terdalam kepada saudara-saudara non Papua dan kaum Muslim yang meninggal maupun luka-luka.

Saudara-saudara, ketika Anda datang ke rumah kami, honai kami atau tanah leluhur kami di Papua, lebih khusus di Lembah Balim, kami sudah terima Anda semua dan kami sudah sambut dipaha kami. Kami hidup bersama, hidup harmoni dan damai, saling mengasihi dan saling menopang sudah bertahun-tahun. Anda adalah saksi. Anda telah mengukir sejarah hidup bersama kami. Kami tidak pernah dan belum pernah marah dan mengusir Anda. Kami kasih tanah kami dengan cara Anda membeli.

Waktu Anda ke kampung-kampung, kami makan ubi bersama, kami duduk cerita dan tertawa bersama, kami sama-sama tidur dalam honai kami. Di sana Anda tidak temukan OPM, di sana Anda tidak temukan orang jahat. Anda melihat manusia-manusia bermartabat yang penuh dengan kasih sayang dan persaudaraan. Anda disapa dan dipeluk seperti saudara-saudara kandung. Kami tidak pernah melihat Anda rambut lurus,kami belum pernah membedakan Anda Muslim. Kami melihat Anda manusia sama seperti kami.

Kadang-kadang kami bergurau dengan Anda yang Muslim: " Hei ko (kamu) makan daging babi ini, di sini tidak ada yang lihat kau (kamu) to?" Karena gurauan segar dan tulus seperti itu, kita sudah membangun rasa persaudaraan yang kuat diantara.

Sering Anda bilang malam-malam mau kembali ke Wamena dari kampung kami, kami ijinkan Anda kembali ke Wamena kota. Tetapi, Anda tidak pernah ketemu OPM dan orang-orang jahat. Anda terlindung dan terjaga sampai tiba di Wamena.

Pada saat pagi hari Anda kembali datang menjemput kami, kami bertanya, apakah ada OPM tahan, interogasi dan siksa Anda? Anda menjawab dan mengatakan: "Di sini tidak ada OPM. Semua orang baik dengan saya kok."

Kalau tulisan ini dibaca oleh anak-anak Non Papua, terutama Muslim yang lahir dan besar di Pegunungan, penulis meminta untuk tambahkan dan juga membagikan secara luas. Supaya Anda dan kami sama-sama sampaikan kepada penguasa Indonesia, aparat TNI-Polri dan semua orang Indonesia bahwa Anda semua salah dan keliru menilai dan merendahkan martabat kami.

C. Memang sungguh Aneh, tapi memang kenyataan yang terjadi

Norma-norma/nilai-nilai kebudayaan Orang Asli Papua, terutama orang pegunungan ialah dilarang keras membunuh anak-anak, perempuan, orang-orang tua, orang-orang lumpuh dan dilarang membunuh pemimpin. Pembunuhan terjadi harus dengan dasar yang jelas, dilarang keras dan tidak boleh membunuh orang sembarang tanpa ada dasar atau alasan kuat.

Dalam buku berjudul: Kita Meminum Air Dari Sumur Kita Sendiri digambarkan dengan jelas.

"Orang Lani dalam hidupnya tidak boleh membunuh orang secara sembarangan. Membunuh orang harus mempunyai alasan yang jelas dan dasar yang jelas pula." (Yoman, 2010, hal. 94).

Apa yang terjadi pada 23 September 2019 adalah perbuatan terkutuk, biadab dan tindakan tidak manusiawi. Memang diakui jujur, di Tanah ini sepertinya banyak Orang Asli Papua yang dibantai penguasa pemerintah Indonesia, TNI-Polri selama 58 tahun sejak tahun 1961. Pembantaian dan pembunuhan keji terhadap OAP jarang dan tidak pernah ada reaksi keras dari saudara kita Indonesia. Mereka membisu dan diam 1000 bahasa. Namun, ketika saudara-saudara kita dari luar Papua dibunuh, langitpun ikut runtuh. Tetapi, itu realitas hidup Orang Asli Papua yang dianggap MONYET menurut ukuran Indonesia, tetapi bukan menurut ukuran TUHAN Allah.

D. Sebanyak 1.315 Orang Non Papua dan Mayoritas Muslim Dilindungi dan Diselamatkan

Nilai-nilai luhur kebudayaan seperti : Kebaikan, ketulusan, kejujuran, kebenaran kebersamaan, kedamaian, kasih, dan rela berkorban, nilai kemanusiaan dan kesamaan derajat yang dimiliki dan diwariskan oleh Orang Asli Papua yang berasal dari gunung dan Gereja-gereja di Papua terbukti pada demonstrasi melawan RASISME yang terjadi pada tanggal 23 September 2019 di Wamena. Aksi demonstrasi damai ini dilakukan oleh siswa dan pelajar di Wamena karena adanya ucapan RASISME oleh salah seorang ibu guru SMA PGRI Wamena.

Beberapa orang bersaksi bahwa aksi tanggal 23 Sepetember 2019 itu terjadi secara spontanitas dan murni dari siswa dan pelajar, tidak ditunggangi dari pihak manapun. Dan kekacauan ini meledak secara tiba-tiba dan tak terencana, karena semua orang terutama masyarakat umum tidak tahu dan tidak mendengar informasi tentang aksi demo damai oleh siswa dan pelajar ini.

Dalam peristiwa ini terjadi pembakaran ruko, kios, mobil, motor, bengkel dan beberapa tempat usaha.

Warga pendatang ditolong, dilindungi dan dijamin kenyamanan oleh Orang Asli Papua dan para pendeta. Mereka dilindugi di rumah, di dalam gedung gereja, di kandang atau ternak babi.

Tempat usaha seperti ruko, kios dan beberapa rumah juga dikarang untuk dibakar. Sebagai tanda larang, Orang Asli Papua memotong daun pisang dan menempelnya di gedung tersebut bahkan beberapa pendeta dan masyarakat berdiri di pintu rumah para pendatang sehingga anak-anak sekolah tidak membakar gedung atau ruko atau kios itu.

Berikut jumlah pendatang atau Non Papua yang dilindungi oleh pendeta dan Orang Asli Papua.

1. Bapak Namigak Kogoya, anggota jemaat gereja Baptis Wesaroma Pikhe melindungi dan selamatkan 15 orang warga Muslim, tidak termasuk anak-anak kecil. Mereka di sembunyikan di kamar rumah dan kamar mandi beberapa jam.

2. Bapak Pendeta Des Tabuni (Gembala Sidang Gereja GKII "Allah Ninom" ia selamatkan dan melindungi 20 orang dewasa, tidak termasuk anak-anak kecil. Mereka disembunyikan di rumahnya dan di kamar mandi.

3. Bapak Yason Yikwa ( Gembala Sidang gereja baptis Panorama Pikhe, selamatkan dan melindungi saudara/i nonpapua sebanyak 250 orang, tidak termasuk dengan anak-anak kecil. Mereka dilindungi di kompleks dan di dalam gereja Baptis panorama pikhe.

4. Ibu Anike Gombo, selamatkan dan sembunyikan saudara/i nonpapua di rumahnya sebanyak 20 orang.

5. Bapak Epius Yigbalom, anggota jemaat baptis Wesaroma Pikhe sembunyikan sebanyak 100 orang dewasa termasuk dengan anak-anak kecil. Mereka di lindungi dan disembunyikan di rumahnya.

6. Bapak Simet Yikwa, S.Th, selamatkan dan melindungi 230 orang nonpapua (pendatang). Mereka di lindungi dan diamanakn di dalam Gereja Baptis Wesaroma Pikhe, tidak termasuk dengan anak-anak kecil.

7. Bapak Nakason Yikwa dan Hengky Yikwa selamatkan dan melindugi 150 orang nonpapua. Mereka diamankan dan disembunyikan di rumahnya.

8. Ibu Alfrida Hubi selamatkan dan lindungi 30 orang nonpapua atau pendatang di rumahnya. Mereka di sembunyikan di kandang atau ternak babi. Alfrida Hubi adalah seorang perempuan anak dari kepala Desa/Kampung Dokopku.

9. Gembala, Badan Pelayan Jemaat dan Anggota Jemaat Gereja Baptis Walani Yafet Wakur selamatkan dan lindungi di rumah da dikompleks gereja Baptis.

10. Jemaat dan gembala gereja baptis Agamua selamatkan dan lindungi hampir 500an orang ( data lengkap akan menyusul). Mereka di sembunyikan di Halaman Kepala kampung. Mereka dilindungi beberapa titik, sebagian di gereja Katolik dan sebagian besar di Pak Marian.

11. Beberapa tempat belum ditanyakan dan ambil data.

Mereka yang disembunyikan dan dilindungi itu diungsikan di Polres Jayawijaya dan Kodim 1702 Jayawijaya.

Melihat dari tulisan ini, penulis merekomendasikan kepada teman-teman Muslim yang tergabung dalam Jihad ke Papua, lebih baik, lebih terhormat, lebih adil dan lebih bermartabat TANYAKAN kepada Saudara-Saudara MUSLIM yang sudah lama hidup dan tinggal di Papua dan lebih khusus di pedalaman. Supaya Anda mendapat informasi yang benar, jujur dan bertanggungjawab. Anda jangan menerima informasi dari orang-orang atau lembaga yang mempunyai kepentingan di Papua.

E. Kesimpulan

1. Orang Asli Papua dari gunung adalah orang-orang cinta damai, pejuang keadilan, kesamaan hak dan martabat manusia.

2. Penguasa pemerintah Indonesia, TNI-Polri dan Brimob selama ini sangat keliru dengan melabelkan orang gunung radikal. Tapi, fakta pada 23 September 2019 MERUNTUHKAN semua penilaian miring selama.

3. Saudara-saudara Kaum Muslim di seluruh Indonesia, kami Orang Asli Papua bukan musuh Saudara-Saudara Muslim. Kami sudah membuktikan bahwa kami Pelindung dan Penjaga Saudara-Saudara Muslim. Kami Sahabat, Teman dan Saudara Anda. Kami bukan MUSUH Anda.

5. Gereja-gereja di Papua, termasuk Gereja Baptis Papua adalah tempat yang paling aman, nyaman, damai dan adil bagi Saudara-saudara Muslim. Anda tidak menjadi Kristen ketika dilindungi oleh Gereja-gereja. Kami hargai agama Anda. Kami menjaga dan melindungi Saudara-Saudara Muslim karena KEMANUSIAAN.

Doa dan harapan penulis, supaya semua orang mengerti dengan benar dan jujur, siapa sesungguhnya orang Papua pegunungan.

Tuhan Yesus memberkati kita semua..

Ita Wakhu Purom, Selasa, 9 Oktober 2019.

Penulis: Presiden Badan Pelayan Pusat Persekutuan Gereja-gereja Baptis Papua.
Nomor Kontak: 08124888458

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/10/mengenal-siapa-sebenarnya-orang.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
150 Kios Di Pegunungan Bintang Papua Terbakar Akibat Ulah Sekelompok Pemuda Mabuk

150 Kios Di Pegunungan Bintang Papua Terbakar Akibat Ulah Sekelompok Pemuda Mabuk

papar berkaitan - pada 27/9/2019 - jumlah : 152 hits
Pemuda pemuda itu menggelar pesta minuman keras di Pasar Mabilabol Distrik Oksibil selanjutnya melakukan perusakan meja penjual pinang
Tragedi Papua Dokter Dibakar Balita Dikampak Kepalanya 32 Tewas

Tragedi Papua Dokter Dibakar Balita Dikampak Kepalanya 32 Tewas

papar berkaitan - pada 29/9/2019 - jumlah : 237 hits
Tragedi Papua pada 23 September 2019 menyisakan derita mendalam bagi keluarga dan masyarakat Indonesia Betapa tidak pembantaian yang dilakukan oleh kelompok teroganisasi terbilang sadis dan tidak manusiawi Hal itu sesuai dengan temuan Komis...
Kita Semua Waspada Dan Menghindri Konflik Horizontal Antara Orang Asli Papua Dengan Pendatang

Kita Semua Waspada Dan Menghindri Konflik Horizontal Antara Orang Asli Papua Dengan Pendatang

papar berkaitan - pada 28/9/2019 - jumlah : 185 hits
Oleh Gembala Dr Socratez S YomanKita semua perlu menyadari dan mengerti bahwa selama 58 tahun sejak 1961 2019 yang ada di West Papua ialah kekerasan dan kejahatan Negara Pemerintah dan aparat keamanan TNI Polri menindas rakyat Papua dengan ...
Kapolda Papua Riau Dan Sultra Dicopot

Kapolda Papua Riau Dan Sultra Dicopot

papar berkaitan - pada 28/9/2019 - jumlah : 169 hits
Mutasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST 2569 IX KEP 2019 ter tanggal Jumat Surat itu ditandatangani AS SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri S
Lihat Aksi Arie Kriting Orasi Di Depan Istana Bicara Tentang Papua

Lihat Aksi Arie Kriting Orasi Di Depan Istana Bicara Tentang Papua

papar berkaitan - pada 28/9/2019 - jumlah : 151 hits
Kerusuhan berujung korban jiwa di Papua menjadi keprihatinan berbagai pihak Salah satunya dirasakan Arie Kriting Pria asli Wakatobi ini menaruh perhatian terhadap isu isu yang terjadi di Papua
Gedung Dprd Papua Barat Dibakar Massa 45 Anggota Dewan Dilantik Di Lapangan

Gedung Dprd Papua Barat Dibakar Massa 45 Anggota Dewan Dilantik Di Lapangan

papar berkaitan - pada 29/9/2019 - jumlah : 150 hits
Lantaran gedung DPRD Papua Barat dibakar massa beberapa waktu lalu pelantikan 45 anggota dewan terpilih pada Pemilu Serentak 2019 akan dilaksanakan di Lapangan Borarsi Manokwari Sekretaris DPRD Papua Barat Marthinus Amuruf di Manokwari menu...
Benny Wenda Harap Pemerintah Indonesia Izinkan Petinggi Pbb Kunjungi Papua Barat

Benny Wenda Harap Pemerintah Indonesia Izinkan Petinggi Pbb Kunjungi Papua Barat

papar berkaitan - pada 30/9/2019 - jumlah : 203 hits
Perdana Menteri Vanuatu Charlot Salwai Tabimasmas mendesak para pemimpin dunia untuk membantu warga Papua Barat Hal ini disampaikannya dalam sidang Majelis Umum PBB yang diselenggarakan di New York sepanjang pekan ini
Hadir Di Markas Pbb Tokoh Separatis Papua Benny Wenda Diusir

Hadir Di Markas Pbb Tokoh Separatis Papua Benny Wenda Diusir

papar berkaitan - pada 30/9/2019 - jumlah : 209 hits
Tokoh Separatis Papua Benny Wenda mendatangi markas besar PBB di New York Ia berniat menghadiri Sidang Majelis Umum PBB guna menyuarakan isu pelanggaran HAM di Papua Sayang upayanya ditolak PBB
Vanuatu Angkat Isu Papua Di Pbb Indonesia Sebut Negara Itu Dukung Separatis

Vanuatu Angkat Isu Papua Di Pbb Indonesia Sebut Negara Itu Dukung Separatis

papar berkaitan - pada 30/9/2019 - jumlah : 196 hits
Pemerintah Indonesia menuding motif Vanuatu mengangkat isu Papua ke Perserikatan Bangsa Bangsa bukan dilatari kepedulian terhadap hak asasi manusia Tapi kepentingan negara itu mendukung gerakan separatis di Indonesia
Pet Expo Midvalley 2024

All Cheers For 1q 2024 Gdp Growth Of 4 2 But Sustaining That Pace Is Tricky And Highly Challenging

Speed Read Rsd S Nitrous Fueled Bmw R18 Drag Bike And More

Tajuk Utama Minggu Ini Ytl Power Euforia Gabungan Axiata Inflasi Rendah Gdp 1q Wajib

Cara Buat Kad Guru Malaysia Online Dan Cara Dapatkan Sijil Guru Malaysia

Kenapa Bini Aku Tak Cantik

Menyamar Polis Samun Warga Asing Penjawat Awam Antara 4 Ditahan

Iranian President Raisi Feared Dead As Helicopter Wreckage Found



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bunga Salju Slot Tiara Astro Ria

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia


Iykyk Beauty Roadshow Anjuran Guardian Tampilkan 76 Jenama Yang Membentuk Trend

Doubletree By Hilton Presents Signatures Across The State A Makan Kitchen Showcase

Nandos Peberet Selamanya

Khasiat Lobak Putih

Transit Aliran Automatik Di Putrajaya Percuma Selama Tiga Bulan

Rumah Terbuka Wld Raya 2024