Mengenal Disentri Dan Obat Disentri Untuk Anak


Disentri merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang sistem pencernaan kita. Disentri dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Namun, pada anak-anak, disentri bisa menjadi penyakit yang cukup serius sehingga harus segera diberi obat disentri yang aman untuk anak-anak.
Meski sudah tidak asing didengar, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui tentang penyakit disentri ini. Padahal, mengetahui tentang penyakit ini sangat penting agar ketika anak Anda mengalami disentri, bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. Jika terlambat mendapatkan penanganan, disentri pada anak-anak dapat menyebabkan kondisi yang fatal. Maka dari itu, orang tua harus tahu dan peduli dengan penyakit ini.
1. Penyebab dan Gejala Disentri Disentri adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan (usus). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menempel pada makanan (jajanan) yang dikonsumsi oleh anak-anak. Bakteri yang masuk ke sistem pencernaan akan menimbulkan diare yang berlendir dan juga berdarah. Sekilas, penyakit ini memang sulit terdeteksi karena gejala awal disentri hampir mirip dengan diare. Namun, jika tidak segera ditangani dengan tepat, anak akan kehilangan cairan tubuh yang bisa mengancam jiwanya.
1.1 Gejala Disentri pada Anak-anak Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, disentri ditandai dengan diare yang mengandung lendir dan darah. Namun bukan hanya itu saja, ada beberapa gejala lain yang tampak pada anak-anak, di antaranya:
Demam: Suhu tubuh anak meningkat. Tenesmus: Rasa nyeri yang luar biasa pada bagian perut yang melilit. Diare yang berlebihan dapat menimbulkan tenesmus, yang ditandai dengan rasa nyeri yang luar biasa pada bagian perut. Nyeri ini biasanya sulit terdeteksi oleh orang tua karena anak-anak belum bisa menjelaskan kondisi tubuhnya dengan pasti. Namun, akibat rasa sakit yang ditimbulkan, anak-anak sering menjadi cengeng, rewel, dan menunjukkan berbagai ekspresi lain yang kadang membuat orang tua bingung. Selain itu, tenesmus sering menimbulkan demam, yang membuat orang tua semakin panik.
2. Cara Mengobati Disentri pada Anak Untuk penyakit yang cukup serius ini, orang tua harus memberikan obat disentri yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya, obat yang diberikan adalah antibiotik untuk membunuh bakteri atau kuman penyebab disentri. Yang perlu diperhatikan, jangan pernah memberikan obat untuk disentri tanpa melalui pemeriksaan dokter. Pemberian obat yang tidak tepat justru akan membuat bakteri semakin kuat dan sulit disembuhkan.
2.1 Perawatan di Rumah Selama pengobatan berlangsung, orang tua juga bisa memberikan perawatan untuk anak di rumah. Anak yang mengalami disentri harus mendapatkan perlakuan khusus dari orang tua, dengan memperhatikan pola makan dan apa saja yang boleh dimakan sesuai petunjuk dokter.
Makanan terbaik untuk anak-anak yang menderita disentri adalah makanan dengan tekstur yang lunak. Makanan lunak sangat membantu mempermudah proses pencernaannya, sebab kondisi usus saat itu masih luka dan belum bisa bekerja keras untuk mencerna makanan padat. Selain itu, jangan lupa memberikan makanan yang mengandung protein tinggi untuk mempercepat penyembuhan.
Selanjutnya, beri perhatian penuh pada anak-anak selama masa penyembuhan. Jangan lupa untuk selalu mengontrol perkembangan anak, terutama pada fesesnya. Perhatikan dengan seksama apakah feses masih berdarah atau sudah kembali normal. Jika selama beberapa hari belum ada perubahan yang berarti, sebaiknya lakukan pemeriksaan kembali pada dokter keluarga Anda.
Dengan mengetahui lebih dalam tentang disentri dan cara mengatasinya, orang tua bisa lebih siap menghadapi penyakit ini jika menyerang anak-anak. Tetap waspada dan segera konsultasikan ke dokter jika anak menunjukkan gejala-gejala disentri.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.vellimarwan.com/mengenal-disentri-dan-obat-disentri-untuk-anak/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Lesti Kejora Hamil Anak Kedua Sengaja Rahasiakan Hingga Hari Ulang Tahun Rizky Billar

Lesti Kejora Hamil Anak Kedua Sengaja Rahasiakan Hingga Hari Ulang Tahun Rizky Billar

papar berkaitan - pada 30/7/2024 - jumlah : 83 hits
Tak menyangka jika kabar bahagia itu adalah kado ulang tahunnya Billar sempat merespons Kok bisa karena saking syoknya
Webinar Penyusuan Terbesar Syoknya Susukan Anak Kembali Nantikan Sabtu Ini

Webinar Penyusuan Terbesar Syoknya Susukan Anak Kembali Nantikan Sabtu Ini

papar berkaitan - pada 31/7/2024 - jumlah : 54 hits
Buat kali yang keempat Pa Ma akan menganjurkan webinar penyusuan terbesar Syoknya Susukan Anak yang bakal berlangsung Sabtu 3 Ogos ini Webinar penyusuan terbesar ini sememangnya sudah sebati dengan Pa Ma khusus untuk memberi ilmu dan pended...
Anak Muda Banyak Terkena Penyakit Jantung Dokter Ungkap Penyebabnya

Anak Muda Banyak Terkena Penyakit Jantung Dokter Ungkap Penyebabnya

papar berkaitan - pada 30/7/2024 - jumlah : 76 hits
Dokter spesialis jantung membeberkan alasan anak muda banyak terserang penyakit jantung
Ini Pesan Tegas Kasad Jenderal Maruli Kepada Anak Buah Yang Maju Pilkada

Ini Pesan Tegas Kasad Jenderal Maruli Kepada Anak Buah Yang Maju Pilkada

papar berkaitan - pada 30/7/2024 - jumlah : 96 hits
Simon Petrus Kamlasi Staf Khusus Kasad saat ini masuk dalam bursa Pilkada NTT
Anak Ada Ekzema Ini List Sayur Buah Kena Elak Makan

Anak Ada Ekzema Ini List Sayur Buah Kena Elak Makan

papar berkaitan - pada 31/7/2024 - jumlah : 87 hits
Anak ada ini list sayur dan buah kena elak makan Ada 13 sayur dan buah yang bahaya untuk ekzema Maknanya jika dimakan oleh penderita ekzema boleh flare up Anak Ada Ekzema Ini List Sayur Buah Kena Elak Makan Siapa sangka ada sayur dan buah y...
Mahu Anak Lebih Fokus Pada Pelajaran

Mahu Anak Lebih Fokus Pada Pelajaran

papar berkaitan - pada 1/8/2024 - jumlah : 66 hits
Assalamualaikum Doktor Saya seorang ibu Apakah kebaikan minyak ikan untuk anak saya yang berumur 10 tahun Perlukah saya memberikannya pada anak saya untuk meningkatkan pembelajaran dia Terima kasih WALAIKUMUSALAM Minyak ikan mempunyai manfa...
Contoh Ucapan Tahniah Sempena Pencapaian Pengantin Baru Kelahiran Anak

Contoh Ucapan Tahniah Sempena Pencapaian Pengantin Baru Kelahiran Anak

papar berkaitan - pada 31/7/2024 - jumlah : 79 hits
Kita seringkali mengucapkan tahniah untuk meraikan pelbagai pencapaian dan peristiwa penting khususnya buat rakan dan keluarga terdekat Ditambah pula dengan kemudahan teknologi seperti media sosial dan chat ucapan ucapan selamat ini boleh d...
Speed Read A Bonkers 1 700 Cc Single Cylinder Chopper And More

Bian Gindas Cinta Biru Chord

Tuntutan Palesu Sprm Siasat Tuntutan Banyak Sangat Palesu Zaman Din Ni

Hilton Honors Rolls Out Exclusive Dining Offers Across Malaysia

Isu Gisb Biar Kerajaan Tentukan

Permohonan Bantuan Budi Ipt Sabah One Off Rm1500 Rm2000

Cheah Liek Hou Pemenang Pingat Emas Badminton Para 2024

Pensyarah Dihargai


echo '';
10 Fakta Biodata Reedzwann Penyanyi Lagu Tercipta Satu Senyuman Cinta Pandang Pertama Yang Terpalit Kemalangan

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Uncle Bos Mama Slot Megadrama Astro Ria

Hamba Laut Masalah Perhambaan Asia Tenggara Yang Meruncing

Biodata Bella Khan Bella Khann Personaliti TikTok Founder Produk Vigorous Hair Tonic

Bagaimana Perkongsian Ilmiah Media Sosial Buatkan Kita Semakin Kurang Cerdik


Moving To A New Home In Chicago Here S Why Bernard Movers Should Be Your First Call

Budak 14 Tahun Rebah Maut Ketika Main Bola Sepak

Doorgift Kenduri Mini Pouch Bag

Akmal Jawab Dap Malulah Anak Jantan Kalau Orang Jual Kita Tidak Beli

Gerakan At Crossroads

Zaid If Teresa Kok Is Guilty Of 3r Incitement So Is Religious Minister Na Im Who Triggered It