Mendaki Gunung Arjuno Lalu Hilang Jejaknya Selama 6 Bulan Faiqus Ditemukan Tinggal Tulang Belulang


Malang nian nasib Faiqus Syamsi, remaja siswa SMKN 5 Surabaya ini. Dia tiba-tiba menghilang selama berbulan-bulan sejak mendaki Gunung Arjuno.
Enam bulan setelah pendakian itu, dia ditemukan tinggal tulang belulang.
Sewaktu minta izin berangkat mendaki Gunung Arjuno, Faiqus Syamsi mengatakan kepada ibunya dirinya akan membikin heboh.
Namun Faiqus Syamsi tidak menjelaskan kata heboh yang dimaksudkan kepada ibunya sampai ia ditemukan tinggal tulang belulang di Gunung Arjuno.
“Kalau pamit, iya pamit liburan, mendaki juga sesuai perizinan. Hanya sebelum pergi, dia bilang ke ibunya mau membuat heboh,” kata paman korban Nanang di rumah duka Jalan Kendangsari XV Surabaya, Sabtu (6/4/2019).
Keluarga mengaku Faiqus Syamsi yang juga anak bungsu dari dua bersaudara itu pamit akan berlibur bersama enam teman sekolahnya.
“‘Nanti saya mau bikin heboh, Bu’. Tidak ada permintaan, hanya bilang begitu,” kata Nanang menirukan ucapan Faiqus Syamsi.
Keluarga sempat tak mengerti maksud perkataan remaja 17 tahun itu.
Hingga kemudian tiga hari setelah pendakian, pada 19 Desember 2018, keluarga mendapat kabar Faiqus Syamsi hilang dari rombongan.
Kabar hilangnya pendaki yang merupakan siswa SMKN 5 Surabaya ini sempat beredar.
Petugas SAR Surabaya bersama tim relawan dikerahkan untuk mencari remaja 17 tahun dengan ciri-ciri kaus putih, celana hitam dan bersepatu abu-abu itu.
“Waktu itu dari data perizinan ada sekitar 439 pendaki artinya kondisi di sana musim pendakian, ramai memang,” kata Nanang yang juga anggota relawan pendakian yang membantu mencari korban.
Sekitar tiga bulan sejak kabar hilang tersebut, tubuh Faiqus Syamsi ditemukan hanya kerangka kaki dan tangan di lokasi Lembah Kidang.
Tak Libatkan Penunjuk Jalan
Nanang juga menuturkan, perjalanan Faiqus Syamsi dan rombongan tujuh remaja ke gunung yang berada di Pasuruan itu dibagi menjadi dua tim.
Faiqus Syamsi merupakan ketua tim dari rombongan kedua bersama dua temannya. Sementara tiga lainnya berada di tim lain dan satu orang menjaga tenda.
“Mereka sama-sama tidak pernah ke Gunung Arjuno sebelumnya, setahu saya dia pernah mendaki di Penanggungan,” kata Nanang, pamak korban di rumah duka Jalan Kendangsari XV Tenggilis Surabaya, Sabtu (6/4/2019).
Saat berada di Gunung Arjuno, diceritakan Nanang, keponakannya diduga terperosok saat akan mendaki ke puncak.
“Yang saya sesalkan mereka mendaki tanpa seseorang yang pengalaman. Tidak mengajak penunjuk jalan,” katanya.
Setelah keberangkatan pada 16 Desember 2018, Faiqus Syamsi dikabarkan hilang tanpa jejak di sekitar Lembah Kidang Gunung Arjuno.
Ditemukan Pendaki Lain
Pencarian korban Faiqus Syamsi, siswa SMKN 5 Surabaya yang hilang saat mendaki Gunung Arjuno ditemukan pendaki. Hal tersebut diungkap keluarga korban setelah tiga bulan kabar duka hilangnya remaja asal Kendangsari XV Surabaya.
“Gunung Arjuno sempat ditutup karena ada badai. Dibuka, ada pendaki naik mereka juga tersesat dan menemukan tulang. Ga jadi naik, turun lapor ke pos,” kata paman korban, Nanang di rumah duka, Sabtu (6/4/2019).
Dari laporan tersebut, tim menuju Lembah Kidang dan mendapatkan tulang belulang dari tulang kaki dan tangan.
“Tulang betis dan tangan. Kalau badan semua tidak ada,” kata Nanang.
Faiqus Syamsi ditemukan setelah hilang selama tiga bulan di Gunung Arjuno.
Jenazah korban hanya ditemukan tulang dan beberapa helai kain yang masih melekat identik dengan pakaian korban.
Dari keluarganya, anak bungsu dua bersaudara ini dikenal sebagai sosok yang periang kerap bermain dengan anak-anak di sekitar tempat tinggalnya.
“Dia itu bukan anak pendiam, ceria, setahu saya dia pintar,” kata Syafi, paman korban.
Shock saat tahu jasad korban tinggal tulang. Suasana duka menyelimuti keluarga Faiqus Syamsi (17), siswa SMKN 5 Surabaya yang tewas di Gunung Arjuno.
Rumah duka di Jalan Kendangsari XV Surabaya dipenuhi ratusan pelayat, Sabtu (6/4/2019).
Kerabat, guru-guru sekolah hingga rekan-rekan korban datang berziarah ke rumah duka.
Keluarga korban Nanang mengatakan, keluarga mendapatkan kabar ditemukannya korban untuk kemudian berangkat ke pos perizinan Gunung Arjuno, Kamis (4/4/2019) sore.
Setelah melengkapi proses identifikasi jenazah keponakannya dibawa ke RS Bhayangkara Porong.
“Dimakamkan tadi malam sekitar pukul 01.30 WIB, di pemakaman Kendangsari dekat sini,” kata Nanang di rumah duka, Sabtu (6/4/2019).
Selama 108 hari, keluarga korban mengaku masih mencari dan berharap putra bungsunya ditemukan.
“Sebelum ditemukan kami usaha, inisiatif mencari dari relawan sampai menanyakan segala cara ingin tahu keadaannya,” kata Nanang.
Kesedihan ayah korban Mohammad Najib dan Dumi Supartiwi tak tertahan saat kabar putranya ditemukan, namun Faiqus Syamsi hanya tulang belulang.
Keluarga mengatakan hanya tulang kaki betis dan tangan korban ditemukan dengan beberapa kain yang identik pakaian korban.
“Mohon maaf, ayah dan ibunya masih syok. Anaknya ditemukan tulang ada yang masih melekat kain tapi terkoyak ga karuan,” kpungkas Nanang.
Tinggal Tulang Belulang
Lebih dari 100 hari menghilang, jasad Faiqus Syamsi (17), siswa SMKN 5 Surabaya, akhirnya ditemukan, Jumat (5/4/2019).
Faiqus Syamsi hilang saat mendaki Gunung Arjuno pada 18 Desember 2018. Tim SAR gabungan menemukannya hanya tinggal tulang belulang di atas Lembah Kijang dan di bawah Puncak Bayangan.
Titik penemuan rangka tak jauh dari lokasi terakhir remaja asal Jalan Kendangsari XV/VI Surabaya tersebut, hilang kontak.
-Faiqus Syamsi, siswa SMKN 5 Surabaya yang hilang di Gunung Arjuno pada Desember 2018-
Farid Kurniadi, komandan tim pencarian, saat dikonfirmasi Jumat malam mengatakan, di lokasi ditemukannya korban, ditemukan atribut pakaian dan peralatan yang dibawa korban saat mendaki gunung.
“Keluarga memastikan jika kerangka itu milik Faiqus Syamsi,” kata Farid.
Di lokasi penemuan, tim hanya menemukan 2 tulang yakni tukang kaki dan tulang tangan.
“Tim sempat mencari tulang tengkorak dan tulang lainnya hingga 100 meter dari lokasi penemuan, namun tidak menemukan apa-apa,” jelasnya.
Informasi adanya tulang manusia itu kata Farid, diperoleh dari pendaki yang turun dari Gunung Arjuno, Kamis (4/4/2019) sore.
Pendaki tersebut mengambil gambar tulang-tulang tersebut lalu melaporkan ke pos informasi, lalu diteruskan ke Basarnas.
Jumat (5/4/2019) malam, tulang belulang berhasil dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Porong Sidoarjo dan sudah diserahkan kepada keluarganya.
Faiqus Syamsi dinyatakan hilang sejak 18 Desember 2018. Dia terpencar dengan beberapa rekannya saat akan menuju puncak Gunung Arjuno.
Korban bersama 6 rekannya memulai pendakian pada Minggu (16/12/2018), dari pintu masuk Pos Tretes, Kabupaten Pasuruan.
Tim SAR gabungan melakukan pencarian hingga 10 hari setelah korban dinyatakan hilang namun nihil.
Pada 26 Desember 2018, pencarian resmi dihentikan hingga mendapatkan petunjuk tentang keberadaan korban.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/mendaki-gunung-arjuno-lalu-hilang-jejaknya-selama-6-bulan-faiqus-ditemukan-tinggal-tulang-belulang/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pesan Terakhir Faiqus Syamsi Sebelum Hilang Dan Ditemukan Hanya Tulang Di Gunung Arjuno

Pesan Terakhir Faiqus Syamsi Sebelum Hilang Dan Ditemukan Hanya Tulang Di Gunung Arjuno

papar berkaitan - pada 8/4/2019 - jumlah : 317 hits
Faiqus Syamsi sempat berpesan kepada ibunya sebelum hilang dan ditemukan hanya rangka di Gunung Arjuno Faiqus Syamsi izin kepada ibunya mendaki gunung dan ingin membuat heboh Suasana duka menyelimuti rumah Faiqus Syamsi siswa SMKN 5 Surabay...
Ini Pesan Aneh Faiqus Syamsi Kepada Ibunya Sebelum Hilang Di Gunung Arjuno Dan Ditemukan Tulangnya Saja

Ini Pesan Aneh Faiqus Syamsi Kepada Ibunya Sebelum Hilang Di Gunung Arjuno Dan Ditemukan Tulangnya Saja

papar berkaitan - pada 9/4/2019 - jumlah : 227 hits
Seorang pelajar SMKN 5 Surabaya Faiqus Syamsi ditemukan tersisa tulang setelah menghilang 100 hari di Gunung Arjuno Jawa Timur Faiqus Syamsi ditemukan pendaki lain pada Kamis Dilansir dari Surya co id Faiqus Syamsi dinyatakan menghilang sej...
Fakta Faiqus 100 Hari Menghilang Di Gunung Arjuno Kronologi Tersisa 2 Tulang Hingga Pesan Terakhir

Fakta Faiqus 100 Hari Menghilang Di Gunung Arjuno Kronologi Tersisa 2 Tulang Hingga Pesan Terakhir

papar berkaitan - pada 8/4/2019 - jumlah : 252 hits
Seorang pelajar SMKN 5 Surabaya Faiqus Syamsi ditemukan tersisa tulang setelah menghilang 100 hari di Gunung Arjuno Jawa Timur Faiqus Syamsi ditemukan pendaki lain pada Kamis Dilansir dari Surya co id Faiqus Syamsi dinyatakan menghilang sej...
Nur Umaisarah Sameon Menceritakan Apa Terjadi Ketika Dia Hilang Secara Misteri Selama 19 Hari Di Gunung Tahan

Nur Umaisarah Sameon Menceritakan Apa Terjadi Ketika Dia Hilang Secara Misteri Selama 19 Hari Di Gunung Tahan

papar berkaitan - pada 4/4/2019 - jumlah : 511 hits
Artikel dibawah dipetik daripada keratan suratkhabar tempatan Siapa masih ingat lagi satu kes hilang di Gunung Tahan melibatkan seorang wanita berusia 21 tahun yang pernah menggemparkan negara satu masa dahulu Wanita itu bernama Nur Umaisar...
Huawei Malaysia Menawarkan Jaminan Selama 18 Bulan Untuk Siri Huawei P30

Huawei Malaysia Menawarkan Jaminan Selama 18 Bulan Untuk Siri Huawei P30

papar berkaitan - pada 2/4/2019 - jumlah : 255 hits
Huawei Malaysia hari ini bakal melancarkan Huawei P30 secara rasminya untuk pasaran tempatan Harga jualannya masih belum diumumkan buat masa ini tetapi lebih awal daripadanya Huawei kini mengatakan Huawei P30 dan Huawei P30 Pro akan ditawar...
Hilang Usai Simulasi Patroli Di Hutan Tnbt 12 Siswa Smk Ditemukan Lemas

Hilang Usai Simulasi Patroli Di Hutan Tnbt 12 Siswa Smk Ditemukan Lemas

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 237 hits
Para siswa itu melakukan praktik industri dengan simulasi patroli perlindungan dan pengamanan hutan di TNBT sejak Selasa pukul 09 00 Wib Namun mereka tidak kembali ke basecamp pukul 13 00 Wib
Hilang Mandi Di Sungai Pekerja Migas Ditemukan Tewas Di Kolong Jembatan

Hilang Mandi Di Sungai Pekerja Migas Ditemukan Tewas Di Kolong Jembatan

papar berkaitan - pada 5/4/2019 - jumlah : 264 hits
Keterangan diperoleh dari keluarga Hendri dini hari tadi Hendri diduga pergi mandi di pinggir sungai di belakang rumahnya Tidak lama orang tuanya pun terbangun melihat pintu dapur terbuka
Ini Kontribusi Indonesia Selama Tiga Bulan Di Dean Keamanan Pbb

Ini Kontribusi Indonesia Selama Tiga Bulan Di Dean Keamanan Pbb

papar berkaitan - pada 30/3/2019 - jumlah : 225 hits
Indonesia telah mendorong berbagai pembahasan isu mulai dari Palestina terorisme hingga krisis Venezuela kata Direktur Jenderal Kerjasama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Febrian Ruddyard memaparkan capaian triwulan RI di DK PBB
Dua Turis Asing Diduga Tersesat Saat Mendaki Gunung Agung

Dua Turis Asing Diduga Tersesat Saat Mendaki Gunung Agung

papar berkaitan - pada 14/4/2019 - jumlah : 266 hits
Ketua Pasebaya Agung I Gede Pawana mengaku sangat menyayangkan terhadap ulah WNA yang terus melakukan pendakian ke puncak Gunung Agung Menurutnya peringatan terhadap pendakian sudah sering dilakukan
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Gsk Raya Open House Dan Minggu Imunisasi Sedunia

Malayia S Forex Trading Landscape Opportunities And Challenges

Tukar Kanta Mata Untuk Melihat Seni Politik Anwar

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

The Dab 1a A Limited Edition Electric Production Motorcycle From France



Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023


Terkahwin Adik Beradik Sendiri Tanpa Sengaja Apa Status Anak Sumbang Mahram

6 Ciri Harimau Jadian

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

Ukraine Approaching Total Collapse

Police Probe Chaos Incident Outside Mosque In Penang

Budaya Pot Luck Jimat Kos Makanan Lebih Banyak Pilihan