Materi Biologi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas 12 Bab 1 Lengkap Part 1


Pernahkah Anda berpikir bagaimana biji tomat dapat menjadi tanaman yang rimbun dan banyak buahnya? Selain itu, bagaimana seorang anak yang baru lahir dapat menjadi besar? Semua itu merupakan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada makhluk hidup tersebut.

Apa itu pertumbuhan dan perkembangan? Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan dapat terjadi pada makhluk hidup? Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada makhluk hidup?

Faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup? Semua pertanyaan tersebut dapat Anda ketahui jawabannya setelah mempelajari materi berikut ini


Definisi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk HidupPertumbuhan dapat diartikan'sebagai proses bertambahnya ukuran (seperti volume, massa, dan tinggi) pada makhluk hidup. Pertumbuhan bersifat irreversible (tidak dapat balik). Contoh terjadinya pertumbuhan adalah bertambahnya tinggi batang dan jumlah daun. Pertumbuhan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Pertumbuhan pada tumbuhan tidak terbatas pada usia asalkan kebutuhannya terpenuhi, sedangkan pada hewan dan manusia pertumbuhan bersifat terbatas karena pada usia dewasa pertumbuhan hewan dan manusia akan berhenti.

Adapun perkembangan merupakan proses perubahan bentuk menuju kedewasaan pada makhluk hidup. Perkembangan ditandai dengan mulai berfungsinya alat-alat perkembangbiakan. Perkembangan pada makhluk hidup, ditandai dengan adanya proses kedewasaan. Perkembangan bersifat sistematis, progresif, dan berkesinambungan. Artinya proses perkembangan terus terjadi sampai makhluk hidup tersebut mati. Selain itu, perkembangan tidak dapat dinyatakan dalam ukuran jumlah, panjang, maupun berat.

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan
1. Fase Pertumbuhan dan Perkembangan pada TumbuhanPertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terjadi melalui beberapa fase, yaitu:

a. Perkecambahan Perkecambahan adalah proses perubahan flsiologi biji dari bentuk dorman ke bentuk semai setelah melalui perkembangan sedemikian rupa, ditandai dengan pembentukan radikula, kaulikulus dan plumula. Syarat terjadinya perkecambahan adalah berakhirnya ' masa dormansi biji. Dormansi biji merupakan suatu kondisi biji yang masih hidup tetapi tidak aktif, berada dalam kondisi kering (kelembapannya kurang) dan tidak dapat (gagal) berkecambah selama periode waktu tertentu karena faktor internal biji.

Berdasarkan posisi kotiledonnya, perkecambahan dikelompokkan menjadi perkecambahan
epigeal dan perkecambahan hipogeal.
1. Perkecambahan epigeal
Merupakan perkecambahan yang ditandai dengan terangkatnya kotiledon ke atas permukaan tanah. Perkecambahan epigeal ditemukan pada tanaman kacang hijau . dan kacang kedelai.

2. Perkecambahan hipogeal
Merupakan perkecambahan yang ditandai dengan tertinggalnya kotiledon di dalam tanah. Perkecambahan hipogeal ditemukan pada tanaman kacang kapri.

b. Pertumbuhan Primer Pertumbuhan primer dapat menyebabkan tumbuhan bertambah tinggi atau panjang dan hal itu terjadi pada semua tumbuhan. Jaringan khusus yang mengalami pertumbuhan dengan cara pembelahan dan pembesaran sei, disebut meristem.

Pertumbuhan primer terjadi karena adanya aktivitas meristem apikal. Meristem apikal terdapat pada ujung batang dan ujung akar. Terdapat tiga daerah dalarn meristem apikal, yaitu daerah pembelahan, pemanjangan (elongasi), dan diferensiasi.

c. Pertumbuhan Sekunder Pertumbuhan sekunder disebabkan oleh aktivitas meristem lateral. Meristem lateral ini berupa kambium vaskuler (biasa disebut kambium saja) dan kambium gabus. Proses pertumbuhan sekunder dimulai dari aktivitas kambium vaskuler.

Sel-sel kambium vaskuler terletak di antara xilem dan floem. Sel-sel kambium vaskuler melakukan pembelahan ke arah luar membentuk floem sekunder, dan ke arah dalam membentuk xilem sekunder. Pembelahan sel-sel kambium vaskuler menghasilkan pertambahan diameter batang. Lingkungan memengaruhi aktivitas kambium. Pada musim kemarau, kambium tidak aktif.

Walaupun aktif, kambiUm hanya akan membentuk seI-sel xilem berdiameter sempit. Ketika air dalam jumlah banyak, kambium akan membentuk seI-sel xilem dengan diameter besar.

Perbedaan ukuran diameter ini akan menyebabkan terbentuknya lingkaran-lingkaran pada penampang melintang batang. Lingkaran-lingkaran tersebut dinamakan lingkaran tahun. Lingkaran tahun dapat digunakan untuk menentukan umur suatu pohon dengan melihat jumlah lingkaran tahunnya.

Adapun kambium gabus merupakan jaringan pelindung yang menggantikan fungsi jaringan epidermis yang rusak/mati. Pada lapisanperidermis jaringan kambium gabus terdapat felogen yang bersifat meristematis. Aktivitas felogen mengakibatkan pembelahan ke arah dalam membentuk feloderma dan ke arah luar membentuk felem.

Demikianlah postingan Materi Biologi Kelas 12 BAB 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Lengkap - Part 1, Semoga bermanfaat salam sukses untuk Sahabat semua. Untuk sahabat semuanya yang membutuhkan materi lanjutan dari BAB ini Sahabat bisa langsung menuju postingan Materi Biologi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas 12 BAB 1 Lengkap - Part 2.

Materi Biologi Kelas 12 di Blog ini Lengkap dari Semester 1 dan 2, dari BAB 1 sampai BAB 10, jadi jangan sampai ada materi biologi yang tertinggal untuk di baca yah Sahabat semua.

Sumber : https://administrasingajar.blogspot.com/ & https://www.mediabisnis.co.id

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://hematinternet.blogspot.com/2021/12/materi-biologi-pertumbuhan-dan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Materi Biologi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas 12 Bab 1 Lengkap Part 3

Materi Biologi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas 12 Bab 1 Lengkap Part 3

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 114 hits
Selamat datang kembali Sahabat Administrasingajar semua kami akan berbagi mater biologi khususnya kelas 12 materi Biologi Kelas 12 di Blog ini lengkap dari Semester 1 dan 2 dari BAB 1 sampai BAB 10 yaitu Pertumbuhan dan Perkembangan Metabol...
Materi Biologi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas 12 Bab 1 Lengkap Part 2

Materi Biologi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas 12 Bab 1 Lengkap Part 2

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 130 hits
kami akan berbagi mater biologi khususnya kelas 12 Postingan ini adalah lanjutan dari postingan Materi Biologi Kelas 12 BAB 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Lengkap Materi Biologi Kelas 12 di Blog ini lengkap dari Semester 1 dan 2 dari BAB 1 ...
Gula Punca Pertumbuhan Dan Perkembangan Jerawat

Gula Punca Pertumbuhan Dan Perkembangan Jerawat

papar berkaitan - pada 7/12/2021 - jumlah : 248 hits
Gula Punca Pertumbuhan Dan Perkembangan JerawatMakanan yang tinggi karbohidrat termasuk makanan dan minuman manis dikaitkan dengan pertumbuhan jerawat dengan lebih banyak Makanan yang mempunyai indeks glisemik tinggi meningkatkan gula darah...
102 910 182 Penduduk Indonesia Sudah Jalani Vaksinasi Covid 19 Dosis Lengkap

102 910 182 Penduduk Indonesia Sudah Jalani Vaksinasi Covid 19 Dosis Lengkap

papar berkaitan - pada 12/12/2021 - jumlah : 127 hits
Meskipun sudah mendapat vaksin Covid 19 masyarakat tetap harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19
Update Pembahsan Lengkap Ciri Ciri Pithecanthropus Erectus

Update Pembahsan Lengkap Ciri Ciri Pithecanthropus Erectus

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 243 hits
Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Di Indonesia ialah salah satu negeri yang banyak mempunyai sejarah menimpa manusia purba salah satunya ialah yang tersebar dengan luas pada era dulu Pengetahuan ini didapatkan pada dikala temuan menimpa...
Berkas Perkara Lengkap Tersangka Kebakaran Lahan Pt Bmi Segera Disidang

Berkas Perkara Lengkap Tersangka Kebakaran Lahan Pt Bmi Segera Disidang

papar berkaitan - pada 14/12/2021 - jumlah : 150 hits
PT BMI menyebabkan kerusakan lingkungan seluas 94 66 hektare di Desa Jambai Makmur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak pada Maret 2020
Berikut Ini Penjelasan Lengkap Terkait Susu Untuk Anak Usia 1 Tahun

Berikut Ini Penjelasan Lengkap Terkait Susu Untuk Anak Usia 1 Tahun

papar berkaitan - pada 9/12/2021 - jumlah : 225 hits
Untuk membantu tumbuh kembang anak yang berusia kurang lebih 1 tahun maka dibutuhkan jenis susu formula yang berbeda Oleh karena itu banyak sekali yang beredar di pasaran bahwa susu formula untuk anak pada usia tersebut sangat beragam Lalu ...
Sop Krismas Benar Kunjungan Keluarga Bagi Individu Lengkap Vaksinasi

Sop Krismas Benar Kunjungan Keluarga Bagi Individu Lengkap Vaksinasi

papar berkaitan - pada 18/12/2021 - jumlah : 155 hits
BERNAMA Persembahan koir di gereja dibenarkan dengan mematuhi SOP penjarakan fizikal Kehangatan perayaan Krismas mula dirasai di pusat beli belah ibu negara Persembahan koir di gereja sempena Hari Krismas dibenarkan dengan syarat perlu mema...
Airasia Santan Menu Baru Harga

Koleksi Kad Pokemon Dilelong Rm330 000

Ulu Tiram Attack Suspect Not Ji Member Initial Link Made Due To Father S Past Says Igp

Muslims Rebuke Rais Yatim S No No To Sarawak S Proposal Of Conducting Friday Sermons In English

Yuka Kharisma Cinta Indah Buat Kanda Chord

Apa Jadi Serangan Balai Polis Johor S Pura Ini Komen Pas

Resepi Sos Hijau Vietnamese Rolls

Apakah Sebaik Baiknya Manusia



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Alah Dah Tak Laku Orang Tak Mau Dengar Pun Fitnah Ko

Malas Baca Jadi Bodo

Teresa Kok Terkejut Terima Surat Ugutan Bunuh Dan Dua Butir Peluru

Isu Uitm Kerajaan Kena Berani

Ragam Pelik Kucing

15 Breathtaking Mediterranean Powder Room Ideas From Classic To Modern