Manfaat Terapi Musik Untuk Kesehatan Mental


Apakah anda suka mendengarkan musik? Tahukah anda, jika musik tidak hanya bisa dirasakan keindahan nadanya. Akan tetapi, musik bisa bermanfaat menjadi terapi untuk kesehatan mental seseorang yang memiliki gangguan Kesehatan mental.
Anggapan tentang pendapat yang menyatakan jika musik dapat menyehatkan jiwa bukanlah isapan jempol belaka. Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan masalah kejiwaan tertentu bisa disembuhkan melalui terapi musik.
Terapi musik sendiri merupakan program terapi yang dijalankan oleh terapis yang kompeten dengan menggunakan musik sebagai sarana penyembuhan seseorang yang mengalami gangguan Kesehatan mental.
Terapi musik yang harus dijalankan oleh seseorang berbeda-beda. Ada yang mulai dari mendengarkan musik, bernyanyi, menari, hingga menciptakan musik itu sendiri.
Diketahui jika terapi musik ini sudah terbukti secara klinis mampu membantu menangani masalah kejiwaan yang berhubungan dengan penyakit emosional, kognitif, hingga masalah sosial.
Manfaat Terapi Musik Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi ini sangat membantu seseorang yang kesulitan mengekspresikan diri lewat kata-kata. Adapun manfaat lain dari terapi musik ini akan dijelaskan lebih detail sebagai berikut.
Menjalankan terapi musik bukan hanya berguna untuk menyalurkan perasaan terpendam. Akan tetapi memiliki manfaat yang lebih dari itu. Sebuah penelitian menunjukkan ada manfaat lain yang bisa didapatkan seseorang ketika mengikuti terapi musik, yaitu:
Menghilangkan Kecemasan dan Rasa Mengganjal Didalam Pikiran Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum melakukan operasi memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak melakukannya.
Karena pasca operasi, orang yang kembali mendengarkan musik juga cenderung tidak merasakan ketidaknyamanan sehingga membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dibanding mereka yang tidak melakukannya.
Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Diketahui jika mendengarkan musik atau bernyanyi juga dapat meningkatkan kemampuan fisik, psikologis, kognitif, dan emosional Anda. Jadi, tidak heran bila terapi musik juga akan membuat proses penyembuhan Anda dari penyakit tertentu menjadi lebih cepat dari biasanya.
Dapat Mengembalikan Kemampuan Berbicara Dalam menjalankan terapi musik sangat dianjurkan untuk penderita stroke atau cedera otak traumatis yang menyerang otak kiri alias bagian otak yang mengatur kemampuan berbicara. Faktanya membuktikan jika seseorang yang pernah tertembak di bagian otak terbukti dapat kembali berbicara setelah 2 tahun menjalani terapi musik ini.
Membantu Mengurangi Efek Samping Terapi Kanker Jika anda baru saja menjalankan terapi kanker, maka anda disarankan untuk mengikuti terapi musik. Ini dikarenakan mendengarkan musik juga dihubungkan dengan pengurangan tingkat kecemasan pada penderita kanker yang menjalani kemoterapi dan radioterapi.
Seperti yang diketahui, menjalankan kemoterapi adalah hal yang menyakitkan. Sementara, terapi musik dapat mengurangi mual dan muntah yang biasanya dirasakan pasien kemoterapi. Sehingga pasien akan merasa lebih rileks.
Dapat Membantu Membangkitkan Memori Dengan mendengarkan musik lawas sangat berguna bagi penderita demensia karena dipercaya dapat membangkitkan ingatan sebelumnya. Dengan menjalankan terapi musik bagi penderita demensia juga dapat mengurangi agitasi, membantu komunikasi, dan meningkatkan koordinasi fisik.
Akan tetapi, untuk menjalankan terapi musik, anda harus lebih dulu berkonsultasi dengan ahlinya. Karena butuh penanganan khusus untuk terapi musik bagi mereka yang memiliki gangguan Kesehatan mental. Sehingga anda tidak bisa sembarangan.
Jika anda bingung dan tidak tahu harus kemana, maka halodoc hadir sebagai jawaban kecemasan anda. Anda bisa berkonsultasi dengan mudah. Karena di halodoc terdapat banyak ahli psikologi terpercaya yang bisa membantu anda.
Jadi, itu dia berbagai manfaat dari terapi musik untuk Kesehatan mental. Jadi, sekarang anda sudah paham kan betapa pentingnya menjaga Kesehatan mental. Hidup lebih sehat dengan selalu berpikir positif. Stay happy, stay positive thinking. Selamat mencoba! (ADV)



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/manfaat-terapi-musik-untuk-kesehatan-mental/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Psbb Ekonomi Dan Kesehatan

Psbb Ekonomi Dan Kesehatan

papar berkaitan - pada 19/5/2020 - jumlah : 241 hits
Saya bisa memahami jika ada Tenaga Medis yang kecewa dengan Rencana Pemerintah yang akan Melonggarkan PSBB karena Para NaKes merasa lelah dan tidak dihargai oleh Masyarakat yang masih banyak Meremehkan Virus Covid 19 ini Jumlah Penderita Po...
Bioskop Drive In Jakarta Disebut Akan Ikuti Protokol Kesehatan Covid 19

Bioskop Drive In Jakarta Disebut Akan Ikuti Protokol Kesehatan Covid 19

papar berkaitan - pada 17/5/2020 - jumlah : 182 hits
Masyarakat DKI Jakarta akan menikmati Bioskop Drive In pada Juni 2020 di mana masyarakat bisa menikmati suguhan film layar lebar cukup dari dalam mobil saja Ini diharapkan dapat mengobati kerinduan para penikmat film setelah bioskop di ibu ...
Tenaga Medis Soroti Perilaku Warga Yang Sepelekan Imbauan Protokol Kesehatan

Tenaga Medis Soroti Perilaku Warga Yang Sepelekan Imbauan Protokol Kesehatan

papar berkaitan - pada 16/5/2020 - jumlah : 198 hits
Menurutnya pemerintah pusat maupun daerah harus sadar akan tantangan berat dalam menyadarkan pola perilaku masyarakat atas kesehatan termasuk bahaya penyebaran virus Covid 19
Pemerintah Relaksasi Psbb Belum Dilakukan Protokol Kesehatan Masih Diterapkan

Pemerintah Relaksasi Psbb Belum Dilakukan Protokol Kesehatan Masih Diterapkan

papar berkaitan - pada 20/5/2020 - jumlah : 166 hits
Indikator keberhasilannya adalah seberapa banyak bisa mengendalikan penambahan kasus baru yang nantinya juga mampu mengendalikan kasus kematian
Nunggak Bpjs Kesehatan Kini Terancam Denda Rp30 Juta

Nunggak Bpjs Kesehatan Kini Terancam Denda Rp30 Juta

papar berkaitan - pada 21/5/2020 - jumlah : 290 hits
Peserta BPJS Kesehatan yang menunggak pembayaran iuran akan diberhentikan kepesertaannya sementara Bahkan dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali atau setelah membayarkan iuran peserta wajib membayarkan denda untuk tiap p...
Jubir Covid 19 Tak Ada Larangan Beli Baju Lebaran Asal Patuhi Protokol Kesehatan

Jubir Covid 19 Tak Ada Larangan Beli Baju Lebaran Asal Patuhi Protokol Kesehatan

papar berkaitan - pada 22/5/2020 - jumlah : 220 hits
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid 19 Achmad Yurianto menegaskan tak ada larangan bagi masyarakat untuk membeli baju Lebaran Asalkan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan
Skenario Pt Kai Sambut New Normal Penyesuaian Tarif Hingga Protokol Kesehatan

Skenario Pt Kai Sambut New Normal Penyesuaian Tarif Hingga Protokol Kesehatan

papar berkaitan - pada 22/5/2020 - jumlah : 189 hits
Direktur Utama PT Kereta Api Indoensia Didiek Hartantyo membuka kemungkinan akan menaikkan tarif saat New Normal demi selamatkan pendapatan KAI karena dampak covid 19 Dengan adanya pembatasan penumpang okupansi kereta hanya 50 persen maka d...
Serahkan Bantuan Alat Kesehatan Erick Tohir Minta Emil Bangun Kemandirian Industri

Serahkan Bantuan Alat Kesehatan Erick Tohir Minta Emil Bangun Kemandirian Industri

papar berkaitan - pada 22/5/2020 - jumlah : 148 hits
Bantuan yang diberikan berupa 7 000 alat rapid test 20 unit ventilator non invasive 38 000 buah coverall 10 000 pasang sarung tangan medis 50 000 buah masker bedah 10 000 buah masker N95 dan 10 ton beras
Iuran Bpjs Kesehatan Dinaikkan Jokowi Dibatalkan Ma Kini Dinaikkan Lagi

Iuran Bpjs Kesehatan Dinaikkan Jokowi Dibatalkan Ma Kini Dinaikkan Lagi

papar berkaitan - pada 13/5/2020 - jumlah : 167 hits
Presiden Joko Widodo menandatangani Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan Dalam Perpres itu Jokowi menaikkan kembali iuran BPJS Kesehatan setelah oleh Mahkamah Agung k...
Apalah Nasib Rumah Kg Sri Makmur Dirobohkan Rakyat Jadi Gelandangan

Cara Claim Baucar Buku Madani 2024 Rm100 Serta Senarai Buku Cadangan Madani 2024

Boboiboy Galaxy Windara

Speed Read The 50 000 Supreme Ducati Streetfighter V4 S And More

Wan Rosdy Pahang Menjadi Perintis Dengan Menubuhkan Sekretariat Perantau Anak Felda Pahang

Talita Sepahkan Satu Rumah Anak Raja Ilya Susun Tisu Tandas Buat Tower

Segenggam Kekuasaan Jili 3 By Dr Haji Muhammad Rakib S H M Ag Dosen

Ousted 7 Say They Were Waiting For Bersatu S Reply To Queries



Biodata Sofea Shra Personaliti TikTok Terkenal

10 Fakta Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah 2024 Yang Ramai Tak Tahu Gandingan Pelakon Erysha Emyra MK K Clique Siaran TV3 Malaysia Tonton

5 Tanggapan Buruk Tentang Penjawat Awam Yang Susah Nak Dilupakan

5 Faktor Paling Menakutkan Golongan Ibu Bapa Dalam Abad ke 21

Bandar Kantubek Lokasi Terbesar Tapak Pelupusan Bakteria Berbahaya Dunia


Insyaf Menjelang Ajal Introspeksi Untuk Diri Sendiri

Innovative Pool Repair Solutions For Modern Pools

Terkejut Hasil Pancingan Peti Besi Berisi Duit Hampir Rm500 000

Umno Mula Mati Zaman Dr Mahathir

Chelsea Menamakan Enzo Maresca Sebagai Pengurus Baharu

Pasaran Saham China Ditutup Campuran Dengan Indeks Shanghai Jatuh