Kondisi Gas 3 Kg Langka Siapa Yang Harus Disalahkan


“Hanya untuk Masyarakat Miskin”
Tulisan berwarna putih ini dapat dilihat secara jelas di satu sisi tabung gas kapasitas 3 kilogram ini. Entah sejak kapan tulisan ini ada di tabung tersebut, Blogger Borneo tidak tahu pasti. Yang pasti dulunya hanya ada logo Pertamina, tidak ada tulisan tambahan lainnya.
Tabung Gas 3 Kg, lebih dikenal sebagai Tabung Gas Melon karena warnanya hijau seperti buah melon, dulunya ada karena menjadi bagian dari program pemerintah yaitu konversi minyak tanah ke gas. Masih ingat di rumah orang tua dulu, kami masih memiliki 2 (dua) buah kompor minyak tanah merek “Butterfly”.
Masih cukup terkenang juga bagaimana dulu sewaktu kecil, Blogger Borneo pergi membeli minyak tanah di pangkalan yang letaknya tidak terlalu jauh. Biasa membelinya pakai ken plastik 1 kilogram, terkadang juga menggunakan plastik bening. Kadang-kadang pakai sepeda, kadang-kadang jalan kaki juga.
Seiring perjalanan waktu, keberadaan minyak tanah mulai langka dan pemerintah mulai memutar otak untuk menggunakan gas sebagai alternatif. Hingga pada akhirnya, program konversi pun diberlakukan dengan mekanisme subsidi.
Kondisi Gas 3 Kg Langka Nah, karena pada saat itu Tabung Gas bisa dianggap barang mahal dimana rata-rata penggunanya memiliki tingkat ekonomi cukup mapan maka solusi terbaik yang bisa diambil adalah membuat kemasan yang lebih kecil dengan harga jual diberikan subsidi. Lalu muncullah tabung gas kecil kapasitas 3 kilogram berwarna hijau yang sekarang dikenal sebagai Tabung Gas Melon.
Alhamdulillah pada saat baru mulai berumah tangga sekitar 13 tahun lalu, ketika Blogger Borneo dan istri baru pindah dan menempati rumah di kawasan Pondok Indah Lestari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, kami memutuskan menggunakan Tabung Gas 12 Kilogram warna biru yang merupakan tabung gas pertama dari Pertamina.
Belajar dari Pengalaman Meskipun pada awalnya sempat galau memilih mau menggunakan tabung gas yang 12 kg atau 3 kg, akhirnya Blogger Borneo tetap menggunakan tabung gas 12 kg. Padahal waktu itu masih belum ada tulisan “Hanya untuk Masyarakat Miskin”, bahasanya hanya tabung gas bersubsidi.
Image: AntaraFoto.Com Belajar dari pengalaman sebelumnya, bagaimana pada saat itu kondisi stok minyak tanah yang bahasanya juga bersubsidi untuk masyarakat “miskin” pada akhirnya mengalami kekurangan juga, menjadi faktor utama kenapa tetap berpegang teguh pada pilihan Tabung Gas 12 Kg.
Memang jika dilihat secara hitungan, harga gas untuk kemasan tabung 12 kilogram dengan 3 kilogram itu berbeda. Ya namanya juga subsidi, tentulah lebih murah. Namun sebenarnya permasalahan selama ini bukan di mekanisme subsidinya melainkan di jalur distribusi dan regulasi pendukungnya.
Mental Subsidi Pada kenyataannya, setelah program konversi ini diberlakukan dan berjalan, justru banyak fakta di lapangan yang memperlihatkan bahwa pengguna tabung gas melon ini berasal dari keluarga yang mapan secara ekonomi. Ini dilihat dari tampak luar lho ya.
Jika dilihat dari definisi subsidi, sebenarnya pemandangan yang seharusnya terlihat adalah bagaimana masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah datang ke pangkalan atau warung-warung yang menjual sambil menenteng sebuah tabung gas berwarna hijau.
Image: Facebook.Com Tapi justru faktanya untuk saat sekarang ini adalah ketika kondisi antrian mengular seperti tampak dibawah ini, tampak diantaranya para pemilik usaha rumah makan dengan banyak langganan juga ikut mengantri. Dan dari tentengannya dapat dilihat berapa jumlah tabung dibawanya, 5 tabung cuy.
Melihat kondisi seperti itu, Blogger Borneo hanya bisa berkata dalam hati “Apa ga salah tu orang, punya usaha tapi mentalnya subsidi. Padahal jatah itu bisa untuk 4 orang yang benar-benar butuh untuk memenuhi kebutuhan dapur keluarganya”. Benar-benar miris…
Usaha Mikro Kategori Miskin??? Dalam sebuah status yang Blogger Borneo publish di media sosial, komentar pro dan kontra pun bermunculan. Dan ternyata beberapa diantaranya yang notabene pemilik usaha skala Mikro langsung memberikan argumentasinya bahwa mereka menggunakan tabung gas 3 kilogram tersebut bukan karena miskin tapi karena butuh subsidinya agar biaya operasionalnya bisa diminimalisir.
Oke, dalam kondisi ini Blogger Borneo menganggap komentar mereka ini wajar adanya dan tidak perlu diperdebatkan lagi karena bakal ga selesai ujung pangkalnya. Tapi sebenarnya status tersebut dibuat karena melihat tulisan “Hanya untuk Masyarakat Miskin” di tabung gas melon tersebut. Ya Allah…
Mungkin akan berbeda bahasanya jika di tabung tersebut tulisannya “Tabung Gas Bersubsidi, Khusus Masyarakat Ekonomi Menengah Kebawah.” sepertinya akan lebih enak membacanya. Langsung teringat tulisan atau ucapan itu adalah do’a, jadi setiap membaca tulisan tersebut kok rasanya gimana ya.
Siapa yang Salah??? Sekali lagi Blogger Borneo menyatakan bahwa tulisan ini masuk dalam kategori OPINI, jadi jangan merasa baper begitu selesai membacanya ya. Masing-masing orang punya sudut pandang. Dan seperti apa yang sudah dituliskan diatas bahwa tulisan dan ucapan berulang itu bisa menjadi do’a.
Sekarang siapa yang salah sebenarnya??? Apakah si pembuat tulisan tersebut di tabung gasnya, atau si pengguna tabung gas yang sebenarnya mampu tapi bermental subsidi, atau para pengatur kebijakan mengenai alur distribusi dan regulasi pelaksana serta pengawasannya seperti apa.
Blogger Borneo yakin mekanisme subsidi ini jika diterapkan secara tepat dan tegas, Insya Allah akan menjadi bermanfaat bagi masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan. Semoga kita tidak menjadi miskin hanya karena menggunakan tabung gas yang terdapat tulisan “Hanya Untuk Masyarakat Miskin” di satu sisinya. Amin Ya Allah… (DW)
 
 


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/kondisi-gas-3-kg-langka/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Anak Bungsunya Kesusahan Saat Sekolah Online Anji Ketika Harus Terapi Daring Sulit Sekali

Anak Bungsunya Kesusahan Saat Sekolah Online Anji Ketika Harus Terapi Daring Sulit Sekali

papar berkaitan - pada 30/7/2020 - jumlah : 278 hits
Salah satu penyanyi kenamaan Tanah Air Anji Manji belakangan ini kerap menjadi perbincangan publik Musisi berusia 41 tahun itu kembali menyita perhatian usai mengeluhkan sistem sekolah online Sejak adanya pandemi virus corona baru Pemerinta...
Gegara Pakai Baju Pendukung Gibran Kader Pks Solo Harus Kehilangan Jabatan

Gegara Pakai Baju Pendukung Gibran Kader Pks Solo Harus Kehilangan Jabatan

papar berkaitan - pada 31/7/2020 - jumlah : 225 hits
Berbeda pandangan atau pendapat bukan hal yang tabu dalam sebuah partai politik Namun berbeda pandangan dengan apa yang telah digariskan partai tentu memberi konsekuensi tersendiri Adalah Didik Hermawan yang harus rela dicopot jabatannya se...
Dianggap Kasus Pribadi Novel Harus Kembalikan Biaya Pengobatan 3 5 M Ke Negara

Dianggap Kasus Pribadi Novel Harus Kembalikan Biaya Pengobatan 3 5 M Ke Negara

papar berkaitan - pada 30/7/2020 - jumlah : 167 hits
Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia Fuadul Aufa mendesak novel Baswedan untuk mengembalikan biaya pengobatannya senilai 3 5 miliar yang diambilkan dari dana kepresidenan Permintaan tersebut disampaikan Fuadul Aufa setelah melihat fak...
Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis

Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis

papar berkaitan - pada 28/7/2020 - jumlah : 125 hits
Tindak pertama mulailah dengan marketing yang kecil dan punya kepastian laris Bisnis model ini umumnya adalah marketing yang sudah pasti punya konsumen dan pasar dalam jelas Bisnis ini rata rata berhubungan dengan distribusi ataupun sekedar...
Istana Presiden Jokowi Ingatkan Industri Pers Harus Sehat Dan Terlindungi

Istana Presiden Jokowi Ingatkan Industri Pers Harus Sehat Dan Terlindungi

papar berkaitan - pada 26/7/2020 - jumlah : 208 hits
Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menjelaskan sejumlah insentif yang diberikan pemerintah kepada industri pers berdasarkan pertimbangan peran media sangat penting dalam demokrasi Presiden Jokowi ingin industri pers sehat dan terlindungi
Hnw Polisi Harus Adil Usut Pembakaran Poster Habib Rizieq

Hnw Polisi Harus Adil Usut Pembakaran Poster Habib Rizieq

papar berkaitan - pada 31/7/2020 - jumlah : 205 hits
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Hidayat Nur Wahid ikut angkat bicara mengenai insiden pembakaran poster Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab Menurut dia polisi harus bertindak tegas dalam mengusut kasus ini HNW sapa...
Najib Harus Berkorban Demi Bn Selepas Sabitan Kes Rasuah Kata Penganalisis

Najib Harus Berkorban Demi Bn Selepas Sabitan Kes Rasuah Kata Penganalisis

papar berkaitan - pada 31/7/2020 - jumlah : 165 hits
PETALING JAYA Seorang penganalisis politik berkata Najib Razak harus berkorban demi Barisan Nasional dengan tidak menawarkan dirinya bertanding pada pilihan raya untuk kelangsungan gabungan pelbagai kaum itu Noor Sulastry Yurni Ahmad dari U...
Keberhasilan Polri Tangkap Djoko Tjandra Harus Jadi Vitamin Untuk Temukan Harun Masiku

Keberhasilan Polri Tangkap Djoko Tjandra Harus Jadi Vitamin Untuk Temukan Harun Masiku

papar berkaitan - pada 1/8/2020 - jumlah : 282 hits
Keberhasilan Polri menangkap terpidana kasus hak tagih Bank Bali Djoko Tjandra sejatinya harus menjadi asupan vitamin semangat bagi aparat penegak hukum untuk menangkap buronan di KPK yaitu Harun Masiku Begitu yang ditegaskan Direktur Legal...
Bukan Saya Seorang Yang Penat Dr Noor Hisham Akui Penat Memerangi Covid 19 Namun Perjuangan Harus Diteruskan

Bukan Saya Seorang Yang Penat Dr Noor Hisham Akui Penat Memerangi Covid 19 Namun Perjuangan Harus Diteruskan

papar berkaitan - pada 1/8/2020 - jumlah : 239 hits
Selama lebih kurang 7 bulan berperang melawan wabak COVID 19 Ketua Pengarah Kesihatan Datuk Dr Noor Hisham Abdullah mengaku bahawa dirinya penat Bukan saya seorang yang penat tetapi kita semua penat katanya Mana tidaknya beliau mengadakan s...
Poster Hari Ibu 2024 Contoh Poster Dengan Background Menarik

Viral Mengajak Youtuber Cantik Korea Selatan Ke Hotel Pegawai Kanan Kementerian Digantung Tugas

Jenazah Siti Hawa Mohamad Isa Selamat Dikebumikan Mangsa Lemas Kereta Terjunam Dalam Tali Air

Pinup Casino Peru Casino En L Nea Pin U

Asyraf Claims Ph Victory In Kuala Kubu Baharu

Santri Di Lamongan Diduga Dianiaya Temannya Korban Diikat Hingga Dibanting Ke Lantai

Everyman Tracker Build Pt 7 Custom Pipes Panels And More

Selamat Hari Ibu



Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka


Ht House By 007studio In Ha Tinh Vietnam

Ben Nathan Kebahagiaanmu Chord

Dunstan Piyet Jayau Kumang Gawai Chord

Footballer Faisal Raring To Regain His Fitness After Acid Attack

Recommended Types Of Aquatic Exercises For Senior Citizens

Terkuburkah Impian Lihat Guru Sokong Kerajaan Madani