Komunitas Niqab Squad Dan Tekad Hapus Stigma Buruk Wanita Bercadar


Cadar kini semakin banyak menjadi pilihan wanita Indonesia untuk berpenampilan.
Para wanita yang tergabung dalam Niqab Squad pun membuktikan cadar bukan halangan untuk bekerja. Yuk kenalan dengan komunitas Niqab Squad.
Niqab Squad adalah komunitas yang terdiri dari kumpulan wanita mengenakan niqab atau cadar dari berbagai macam latar belakang dan profesi.
Ada yang bekerja sebagai kepala sekolah, fotografer, perancang busana hingga dokter. Pencetus dari komunitas ini adalah Indadari Mindrayanti.
Inda menceritakan ide awal membentuk komunitas Niqab Squad terjadi pada 2016 saat sedang mengobrol dengan desainer bercadar Diana Nurliana.
Mereka merasa diperlukan wadah untuk silaturahmi wanita bercadar yang kini jumlahnya semakin banyak.
“Ambu (diana) yang menjadi orang yang menyemangati saya ketika bercadar. Diana yang terlebih dahulu sudah memakai cadar. Dan ketika melihat banyak wanita di luar sana yang bercadar seperti saya dan Diana. Jadi ya sudah kita bikin aja komunitas,” jelas Indadari saat dijumpai Wolipop di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat baru-baru ini.
Wanita 36 tahun itu menjelaskan tujuan ia membentuk komunitas bercadar atau niqab untuk merangkul wanita-wanita berniqab maupun yang belum berniqab.
“Namanya hijrah itu kan susah, jadi kita kalau bareng-bareng itu kan lebih mudah dan kami menfasilitasi,” jelas Indadari.
Pemilihan nama Niqab Squad yang lebih kekinian sengaja dipilih Indadari. Selain itu, pada saat itu komunitas dengan nama depan hijab sudah banyak digunakan.
“Karena aku berniqab ya sudah aku pilih namanya niqab aja. Nama itu kita sering dibully karena memang lebih diterima masyarakat di luar dan orang awam sekalipun. Biar lebih ear catchy, lebih beda aja gitu,” ucap ibu dua anak ini.
Sejak berdiri pada 2016 hingga kini, Niqab Squad semakin berkembang.
Menuru istri dari Andre Saddam ini, anggota Niqab Squad jumlahnya sudah hampir 5.000 orang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Ada juga anggota yang tinggal di Malaysia dan Taiwan.
Yang semakin membuat Indadari bersyukur, Niqab Squad juga bisa diterima di mancanegara.
“Alhamdulillah nama Niqab Squad juga diterima sampai ke luar negeri. Mereka jadi tahu ada komunitas bercadar di Indonesia dari namanya Niqab Squad, yang rutin nanyain kegiatan kita itu dari New York Times, ramai banget minta liputan kegiatan kita, dari Jepang, Belanda, Australia, dan Malaysia mereka rutin nanyain kabar Niqab squad. Jadi bisa lebih berdakwah lebih luas kalau pakai nama yang universal. Dan karena target kita itu menjadi cahaya ditempat yang gelap. Bukan menjadi cahaya ditempat yang sudah terang,” ungkap Indadari panjang lebar.
Indadari dan para anggota Niqab Squad selalu membuka kesempatan untuk wanita bercadar lainnya atau yang belum bercadar untuk menjadi bagian komunitas mereka.
Biasanya jika ada orang baru yang ingin membuat komunitas Niqab Squad di tingkat lokal, akan ada proses wawancara dengan yang bersangkutan.
“Diinterview dulu visi misinya harus disamakan. Pertama mereka bikin medsos, grup Whats App, begitu sudah ramai lalu buat gathering. Nah, dari situ mereka saling kenalan. Sambil menggaet member baru setiap tahun, mereka bikkin gathering untuk sosialisasi,” tutur pemilik dari brand Muslimah by Indadari itu.
Saat gathering anggota Niqab Squad digelar, para anggota akan mendengarkan kajian.
Selain itu momen tersebut juga menjadi ajang untuk saling menyemangati satu sama lain untuk konsisten berhijrah.
Desainer Diana Nurliana yang juga pendiri Niqab Squad menambahkan, memang tujuan gathering adalah agar para anggota yang sudah berhijrah selalu semangat menjalankan hijrahnya.
“Ada banyak cerita yang lucu dan menyedihkan. Ternyata kita nggak sendiri. Kita suka merasa kita sendiri akhirnya patah semangat. Kalau ketemu gitu akhirnya lebih semangat. Kita juga ada divisi kajian, keterampilan, karena ada yang jago masak, ada yang anak SMA,” cerita wanita lulusan Jurusan Psikologi Pendidikan Universitas Islam As-Syafiiyah itu.
Diana berharap dengan hadirnya Niqab Squad juga bisa membuka pikiran orang lain.
Wanita bercadar tidak selalu kaum ekstrimis atau istri teroris tapi sama seperti wanita lainnya.
“Aku pengen mengenalkan cadar ini menjadi sunnah yang dipakai istri Rasullullah bukan sesuatu yang menakutkan. Dengan ini kalian tetap bisa berprestasi, melakukan aktivitas apa pun. Percaya dengan melakukan ini pasti akan jadi kebaikan. Pengen ngajak orang-orang jangan skeptis ya karena sering memperlihatkannya seperti itu. Isu teroris pakai niqab, kalau sudah pesakitan baru cadaran. Masyarakat sudah mendengarnya negatif. Kita pengen mencoba mengubah pandangan itu,” harapnya.
Sumber: detik.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/komunitas-niqab-squad-dan-tekad-hapus-stigma-buruk-wanita-bercadar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
10 Ciri Ciri Wanita Baik Untuk Pasangan Hidup

10 Ciri Ciri Wanita Baik Untuk Pasangan Hidup

papar berkaitan - pada 31/10/2019 - jumlah : 113 hits
Berbagi 10 Mampu memiliki sosok wanita yang baik sebagai pendamping hidup merupakan dambaan setiap pria dan mungkin saja anda yang membaca info ini Wanita yang tepat adalah wanita yang bisa membuatmu bertumbuh menjadi pria yang lebih baik B...
Kecemburuan Aisyah Apabila Ramai Wanita Ingin Mengahwini Rasulullah Saw

Kecemburuan Aisyah Apabila Ramai Wanita Ingin Mengahwini Rasulullah Saw

papar berkaitan - pada 31/10/2019 - jumlah : 75 hits
SOALAN Saya pernah mendengar satu hadith dimana Sayyidatina Aisyah R Anha cemburu kerana ramainya wanita yang menawarkan diri mereka untuk dikahwini oleh Nabi Muhammad SAW Boleh disyarahkan hadith tersebut JAWAPAN Firman Allah SWT Dan mana ...
Wanita Cemas Minyak Keluar Tanpa Henti

Wanita Cemas Minyak Keluar Tanpa Henti

papar berkaitan - pada 31/10/2019 - jumlah : 64 hits
Nampaknya masih ramai yang tak tahu dan tak perasan yang wujudnya butang kecemasan untuk hentikan minyak petrol keluar di semua stesen minyak Ini dapat dilihat apabila tersebar satu video menunjukkan seorang wanita dalam keadaan cemas apabi...
2 Wanita Dijatuhkan Hukuman Mati Selepas Didapati Bersalah Mengedar Dadah

2 Wanita Dijatuhkan Hukuman Mati Selepas Didapati Bersalah Mengedar Dadah

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 47 hits
Dua wanita dihukum gantung sampai mati oleh Mahkamah Tinggi di Pulau Pinang selepas didapati bersalah mengedar dadah jenis heroin dan monaacetylmorphines seberat 294 9 gram tiga tahun lepas Hakim Datuk Akhtar Tahir menjatuhkan hukuman itu t...
Ribuan Wanita Di Blora Pilih Bercerai Dan Jadi Janda Tak Kuat Ditinggal Lama Suami Merantau

Ribuan Wanita Di Blora Pilih Bercerai Dan Jadi Janda Tak Kuat Ditinggal Lama Suami Merantau

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 20 hits
Ditinggal suami merantau kebanyakan istri merasa merana Bahkan ia bertekat mengajukan permohonan perceraian Belum genap setahun jumlah perceraian di wilayah Kabupaten Blora Jawa Tengah yakni hingga Oktober 2019 sudah mencapai 1 795 kasus Be...
Wanita Maut Dipanah Petir Di Belakang Rumah

Wanita Maut Dipanah Petir Di Belakang Rumah

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 45 hits
Panahan petir dilihat di Kuala Lumpur Ogos 2018 Seorang Seorang wanita maut dipanah petir ketika berada di belakang rumahnya di Kampung Baru Permatang Pauh Pahang semalam Foto oleh Azneal IshakPEKAN 1 Nov Seorang pesara Majlis Ugama Islam d...
Saya Hanya Melukis Pada Kasut Wanita Ini Dapat Dm Daripada Syed Saddiq

Saya Hanya Melukis Pada Kasut Wanita Ini Dapat Dm Daripada Syed Saddiq

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 53 hits
Saya hanya lukis pada kasut Gadis ini Dapat DM daripada Syed Saddiq Pada mula niatnya hanya mahu mencari duit lebih bagi menampung perbelanjaan ketika melanjutkan pengajian di institusi pengajian tinggi dengan memuatnaik hasil kerja tangann...
Viral Pengantin Wanita Asal Sulbar Meninggal Akibat Kelelahan Saat Resepsi Sang Suami Menangis Pilu

Viral Pengantin Wanita Asal Sulbar Meninggal Akibat Kelelahan Saat Resepsi Sang Suami Menangis Pilu

papar berkaitan - pada 31/10/2019 - jumlah : 11 hits
Nasib malang menimpa pengantin baru Ardiwansyah Tato dan Nurmadina Belum genap seminggu menjalani bahterah rumah tangga Ardiwansyah Tato harus kehilangan sang istri Awan hitam kini tengah menyelimuti hatinya Diketahui pada Kamis lalu ia dan...
Wanita Paling Subur Di Dunia Dilarang Hamil Lagi Sudah Punya 44 Anak Di Usia 36 Tahun

Wanita Paling Subur Di Dunia Dilarang Hamil Lagi Sudah Punya 44 Anak Di Usia 36 Tahun

papar berkaitan - pada 31/10/2019 - jumlah : 45 hits
Seorang wanita asal Uganda disebut sebut sebagai wanita paling subur di dunia Mariam Nabatanzi telah melahirkan 44 anak hingga usianya menginjak 36 tahun Kini ia dilarang untuk punya anak lagi oleh dokter Seperti yang dilansir The Sun Maria...
Panas Diana Isteri Baru Sultan Kelantan

Penjelasan Sebenar Replika Keris Gergasi Di Pintu Utama Uiam Diturunkan

Wow Shuib Pernah Putus Asa Tiga Perniagaan Gagal Kurma Sampai Berulat Kopi Pun Tak Jual

Mary Kay Pulak

Aliff Aziz Dah Bebas Ibu Berterima Kasih Kepada Yang Mendoakannya

Seperti Dijangka Hakim Mengarahkan Najib Bela Diri Dalam Kes Src International Atas Alasan Wujud Kes Prima Facie

Raikan Cinta Amy Syafiq

Doa Meminta Aafiyah Di Dunia Dan Akhirat



Berbaloikah Pakai Helmet Full Face Untuk Pandu Motorsikal Kapcai

Siapa Lebih Kurang Ajar Alyah Jawab Dakwaan Biadab Pulang Awal Sewaktu Konsert GV6

7 Makanan Harian Yang Boleh Merosakkan Buah Pinggang Sekiranya Berlebihan

6 Filem Bajet Rendah yang Mempunyai Kutipan Melebihi RM 1 Billion

Kenapa Serangan Strok Dan Jantung Kerap Berlaku Dalam Bilik Air


Foto Menari Isu Lapuk Syed Saddiq

Ada Mata Memerhati Lakonan Kamal Adli Rashidi Ishak Dan Zeera Azizi

Nazrey Johani Iman Mutiara 2019

9 Resepi Aneka Kuih Talam Yang Sedap Belaka Pasti Menggiurkan Tekak

Wallet Codes Launches Mobile Legends Diamonds At Level Up Play

Mesin Basuh Toshiba Aw A820mm Tak Berpusing Ganti Drain Motor Rosak