Kisah Unik Sugiri Jafar Saat Menulis Lagu Tanda Tanya Cinta


Setiap karya lagu biasanya memiliki cerita tersendiri yang menjadi latarbelakangnya terlahir. Lagu Tanda Tanya Cinta yang ditulis oleh Sugiri Jafar dan menjadi single perdana bagi Hendra Musisi juga memiliki kisah yang unik.
Saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Sabtu (16/11/2019), Sugiri Jafar mengatakan, “Awal tahun 2016 waktu saya mengalami demam. Malamnya saya jadi susah tertidur. Tiba-tiba saya mendapat inspirasi untuk menulis lagu Tanda Tanya Cinta, langsung saya tulis secara spontan, cepat, dan tanpa editing. Tidak lebih dari lima menit saya kelar menulisnya.”
“Penggalan liriknya dari isi kitab Nizham Al Islam (peraturan hidup dalam Islam) karya Syekh Taqiyuddin An-Nabhani, ulama dari Palestina. Dan juga tulisan-tulisan dari Syekh Hasan Al Bana. Dari kitab tersebut diserap pertanyaan mendasar tentang akidah. Dari mana manusia berasal? Untuk apa manusia hidup, dan akan ke mana manusia setelah hidup di dunia? Lirik lagu Tanda Tanya Cinta juga saya perkaya dengan inspirasi dari lirik lagu Muhasabah Cinta, lagunya edCoustik, juga dari lirik lagu I’tiraf dari Abu Nawas, dan Berserah dari Taufik Batisah, penyanyi Singapura,” kata Sugiri, musisi asal Jatinagor, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.
Sugiri Jafar, Musisi Indonesia. (Dok. Istimewa) Lagu Tanda Tanya Cinta yang ditulis Sugiri Jafar dan dinyanyikan oleh Hendra Musisi ini dirilis pada hari Jumat 8 November 2019 di Streaming Hub IslamicTunes.
“Rencana awalnya saya akan duet dengan Hendra Musisi. Atas saran dari Abah Haji Rozman dari Loonaq Records sebagai produsernya, baiknya lagu Tanda Tanya Cinta dibawakan secara  solo oleh Hendra Musisi, yang pernah menjadi finalis pada Festival IslamicTunes 2018. Saya menerima saran tersebut tentu karena saya menilainya memiliki kepribadian yang saleh, sekalian sebagai bentuk dukungan saya kepada Hendra yang belum penah merilis lagu solo. Selain itu saya juga punya keyakinan pada kemampuan olah vokal Hendra untuk dapat menyanyikannya dengan baik, mengingat tingkat kesulitan membawakan lagu ini cukup tinggi,” kata Sugiri Jafar.
(dari kiri) Hendra Musisi, dan Sugiri Jafar, dua Musisi Indonesia. (Dok. Istimewa) Sugiri Jafar juga mengatakan, “Lagu ini ada pesan agar kita selalu muhasabah diri dengan amalan kita. Sudah seberapa banyak pahala dan dosa yang telah kita perbuat? Bagaimana dengan salat kita? Apakah ibadah kita sudah layak diterima Allah? Dan lagu ini juga mengingatkan kita agar tidak sombong dengan amal baik yang kita lakukan, dan teruslah meningkatkan kualitas ibadah kita, sebagai wujud syukur atas nikmat usia yang masih Allah berikan.”
“Menurut saya, agar kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya dapat dengan cara bergabung dengan organisasi dakwah, agar bisa memfilter perilaku kita, dan membangun semangat kita untuk berubah menjadi lebih baik. Juga dengan cara mendekati guru, ustadz, ulama, dan orang-orang saleh, serta gemar bersilaturahmi, berkenalan, bersahabat dengan siapa pun dari berbagai lapisan sosial, profesi, dan juga orang-orang sukses, agar kita termotivasi dan optimis untuk sukses. Selain itu juga membiasakan diri membaca Alquran, dan salat malam. Selanjutnya dengan minta doa dari orangtua, guru, sahabat, dan orang yang menyayangi kita. Dan jalani hobi positif secukupnya, berkarya, dan bekerja, yang bermanfaat untuk diri dan sesama,” kata Sugiri Jafar.
Sugiri Jafar, Musisi Indonesia. (Dok. Istimewa) Selain itu Sugiri Jafar mengatakan, “Untuk penggarapan aransemen musik lagu Tanda Tanya Cinta, saya tidak ada permintaan khusus pada arrangernya, Fadly Sutyarahman. Saya hanya menyampaikan emosional lagunya, suasana lagu tentang seseorang di malam hari sedang beribadah malam, salat, zikir, dan muhasabah diri. Memang saya sengaja, agar arrangernya berkreativitas bebas tanpa dibebani konsep yang detail dari saya. Yang paling utama lagu ini bisa memiliki karakter yang kuat,  dan tidak meniru konsep musik nasyid yang sudah ada.”  
“Kekuatan Lagu Tanda Tanya Cinta juga ada pada liriknya yang berbicara tentang muhasabah diri, maknanya sangat mendalam, tapi mudah mengalir dinikmati, karena tidak banyak kiasan puitis, agar mudah dicerna pesannya. Nada lagunya mudah merasuk ke pikiran, agar melekat di ingatan pendengar. Aransemen musiknya berkarakter, menyatu dengan liriknya,” kata Sugiri Jafar.
Sugiri Jafar, Musisi Indonesia. (Dok. Istimewa) Selama menekuni karir musiknya, selain lagu Tanda Tanya Cinta, lagu yang ditulis Sugiri Jafar dan telah dirilis adalah Udah Putusin Aja (adaptasi dari buku Udah Putusin Aja karya Ustadz Felix Siauw), Sambutlah Aku di Batas Waktu, dan Merantau (Pejuang Mimpi).
“Lagu ini termasuk lagu balada, musiknya slow menyayat hati, musiknya grande, berbeda dengan karya lagu saya sebelumnya yang cenderung nge-beat,” kata Sugiri Jafar. (*)
The post Kisah Unik Sugiri Jafar Saat Menulis Lagu ‘Tanda Tanya Cinta’ appeared first on IslamicTunesNews.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.islamictunesnews.com/kisah-unik-sugiri-jafar-saat-menulis-lagu-tanda-tanya-cinta/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=kisah-unik-sugiri-jafar-saat-menulis-lagu-tanda-tanya-c

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kehadiran Kumpulan Dolfin Di Pulau Pinang Cetus Tanda Tanya Netizen

Kehadiran Kumpulan Dolfin Di Pulau Pinang Cetus Tanda Tanya Netizen

papar berkaitan - pada 16/11/2019 - jumlah : 373 hits
Tular satu rakaman memaparkan kehadiran dolfin yang dipercayai dirakam di laut berdekatan dengan jambatan Pulau Pinang baru baru ini Menerusi satu perkongsian yang dimuat naik oleh seorang pengguna Twitter bernama itu sekumpulan dolfin ters...
Fam Keluarkan Senarai Akhir 20 Pemain B 22 Tiada Kelibat Wan Kuzain Timbul Tanda Tanya Netizen

Fam Keluarkan Senarai Akhir 20 Pemain B 22 Tiada Kelibat Wan Kuzain Timbul Tanda Tanya Netizen

papar berkaitan - pada 23/11/2019 - jumlah : 452 hits
Persediaan skuad kendalian Datuk Ong Kim Swee bagi menghadapi temasya Sukan SEA 2019 di Filipina dilihat hampir selesai setelah beliau telah menyenaraikan senarai 20 pemain Pemain pemain yang terpilih untuk menggalas cabaran di Filipina dih...
Kisah Para Pilot Mendadak Pingsan Hingga Meninggal Saat Menerbangkan Pesawat

Kisah Para Pilot Mendadak Pingsan Hingga Meninggal Saat Menerbangkan Pesawat

papar berkaitan - pada 18/11/2019 - jumlah : 210 hits
Tak hanya insiden pilot batik air yang pingsan inilah pilot maskapai lain yang pingsan dan meninggal saat menerbangkan pesawat
Lirik Lagu Menangkah Cinta Erra Fazira

Lirik Lagu Menangkah Cinta Erra Fazira

papar berkaitan - pada 20/11/2019 - jumlah : 461 hits
Menangkah Cinta Erra FaziraLirik Lagu Menangkah Cinta Erra FaziraMemang cinta pernah berbungaDengan dia yang sering memujaJanji menyulam mimpi yang samaMenikmati bahagiaDalam detik berganti waktuMusim terus berlalu pergiDia dan aku terus be...
Belajar Dari Kisah Cinta Epic Keanu Reeves Menemukan Sosok Yang Tepat Memang Perlu Waktu

Belajar Dari Kisah Cinta Epic Keanu Reeves Menemukan Sosok Yang Tepat Memang Perlu Waktu

papar berkaitan - pada 9/11/2019 - jumlah : 236 hits
Usia yang tak lagi muda bukan alasan untuk memilih seadanya Semua orang berhak mencari yang terbaik baginya
Kisah Seorang Lelaki Miskin Berkahwin Perempuan Cantik Ini Buktikan Cinta Sejati Itu Tak Ternilai Harganya

Kisah Seorang Lelaki Miskin Berkahwin Perempuan Cantik Ini Buktikan Cinta Sejati Itu Tak Ternilai Harganya

papar berkaitan - pada 7/11/2019 - jumlah : 667 hits
Cinta itu melibatkan perasaan dan tindakan ianya tidak semudah mengucapkan I LOVE YOU Cinta itu bukan satu ungkapan yang manis yang perlu diperkatakan tapi ia juga lebih kepada tindakan kita kepada orang yang kita cinta Jadi jom kita selong...
6 Tanda Kalau Dia Adalah Pasanganmu Yang Tepat Bukan Cuma Modal Sayang Dan Cinta Saja

6 Tanda Kalau Dia Adalah Pasanganmu Yang Tepat Bukan Cuma Modal Sayang Dan Cinta Saja

papar berkaitan - pada 3/11/2019 - jumlah : 296 hits
Cinta yang menggebu gebu dan sayang yang luar biasa pun nggak menjamin dia pasangan yang tepat
Kisah Kakek Diwisuda Pada Usia 85 Tahun Murid Saat Di Smp Jadi Dosen Di Kelas

Kisah Kakek Diwisuda Pada Usia 85 Tahun Murid Saat Di Smp Jadi Dosen Di Kelas

papar berkaitan - pada 20/11/2019 - jumlah : 191 hits
Walau usia telah senja tidak menyurutkan niat kakek ini untuk menyelesaikan kuliahnya di sebuah perguruan tinggi La Ode Muhamad Sidik seorang kakek berusia 85 tahun di Kota Baubau Sulawesi Tenggara berhasil menyelesaikan kuliah program stra...
Gerindra Akan Tanya Soal Pemekaran Papua Saat Rapat Komisi Ii Dengan Mendagri

Gerindra Akan Tanya Soal Pemekaran Papua Saat Rapat Komisi Ii Dengan Mendagri

papar berkaitan - pada 6/11/2019 - jumlah : 124 hits
Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad mengatakan pihaknya akan mengkritisi soal rencana pemekaran Papua Pasalnya kebijakan ini tidak sesuai dengan kondisi keuangan Indonesia
Lesson In Economics From Hawkers Rebellion

Too Soon To Tell Analyst Says On Mipp S Prospects In Pn

Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Govt Opposition Should Agree On Redelineation Formula Says Bersatu Man

Kuala Kubu Baharu Of Fortress On Estuary And Lee S Legacy

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Malayia S Forex Trading Landscape Opportunities And Challenges

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities



Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023


Meet Studio Your New Favorite Way To Develop Wordpress Locally

Buat Apa Jika Terseliuh

Lafaz Zikir Hari Jumaat Dan Selawat Nabi Serta Fadhilatnya

Apa Itu Istighfar

21 Amazing Mother S Day Gifts For The Food Lover

Kelam Kabut Semua Buat Sendiri Daler Yusof Kongsi Pengalaman Urus Isteri Pertama Kali Berpantang Di Malaysia