Kisah Nyata Dibalik Film True Story



Berdasarkan kasus nyata dari terdakwa pembunuhan dan seorang wartawan yang dipermalukan, 'True Story' mengungkap bahwa 'menyatakan kebenaran' bisa menjadi sebuah konsep licik. Lebih baik untuk tetap berpegang pada fakta-fakta.
Apakah kebenaran merupakan hal aneh dari fiksi? Mungkin itulah yang terjadi dalam kasus film 'True Story' yang baru saja dirilis April 2015 lalu, film yang diangkat dari kasus nyata Christian Longo, seorang yang dituduh telah membunuh istri serta ketiga orang anaknya, dan Michael Finkel, seorang wartawan yang telah dipermalukan karena identitasnya telah dipalsukan oleh Chistian Longo. Film yang disutradarai oleh Rupert Goold dan dibintangi oleh James Franco yang berperan sebagai Christian Longo dan Jonah Hill sebagai Finkel, dibuat berdasarkan pada buku yang disusun oleh Michael Finkel (berjudul True Story: Memoir, Mea Culpa) yang menceritakan mengenai kasus yang terjadi serta keterlibatan pribadi sang penulis dengan si pelaku utama. Meskipun pada awalnya Michel Finkel mengaku bahwa ia menulis buku ini untuk sekedar mengungkapkan fakta kebenaran dari apa yang telah terjadi, tapi kebenaran tentu dapat menjadi sebuah konsep yang licik. Jadi lebih baik untuk tetap berpegang pada fakta-fakta.  Pertama, Michael Finkel tidak terlalu berpegang pada akurasi dalam hal pelaporan berita. Meskipun ia telah berusaha agar sesuai dengan yang diharapkan oleh New York Times Magazine dengan mengubah konsep tulisan seperti di awal 30-an, wartawan ini ternyata tetap harus menanggung cerita yang ia tulis di tahun 2001 mengenai pekerja anak di Mali. Dalam laporan penyelidikan dari perbudakan yang terjadi di perkebunan kakao di negara Afrika Barat tersebut, Michael Finkel menemukan kenyataan yang jauh lebih kompleks. Editornya di Times Magazine akhirnya mengusulkan agar is lebih fokus pada perjalanan hidup seorang anak laki-laki di sebuah desa miskin yang dipekerjakan di perkebunan itu.Masalahnya, ternyata tak ada sumber tunggal yang bisa menjadi sumber laporan Michael dalam menceritakan kisah ini. Akhirnya, Michael memutuskan untuk melakukan wawancara dengan sejumlah buruh dengan subyek cerita tetap berpegang pada sebuah nama sebenarnya dari seorang anak yang telah ia sebutkan sebelumnya. Cerita itu pun akhirnya dipublikasikan hingga terlihat jelas ketidaksesuaian. Michael Finkel pun akhirnya mendapatkan kritik keras dari publik dan ... dipecat.

Saat sebuah pintu tertutup, ada jendela yang terbuka. Mungkin itulah yang terjadi saat di awal tahun 2002 lalu, Michael mendapat telepon dari rekannya sesama wartawan yang bertanya mengenai kausu yang saat itu masih asing bagi dirinya. Tepat sebelum Natal di tahun 2001, mayat dua anak ditemukan mengambang beberapa kaki dari tepian pantai, dimana pergelangan kaki mereka diikat pada sarung bantal yang telah diisi dengan bongkahan batu. Keduanya diidentifikasikan sebagai dua anak Christian Longo, dimana yang satu bernama Zachery, usia 4 tahun, dan Sadie, usia 3 tahun. Beberapa hari kemudian, istri Christian yang bernama Mary Jane dan putrinya yang masih berusia 2 tahun juga ditemukan di sebuah teluk yang berlokasi dekat tempat kejadian pertama. Keduanya diketahui telah dicekik sebelum dimasukan ke dalam koper lalu dibuang ke dalam air. Pencarian Christian Longo membawa FBI memasuki wilayah Cancun, Meksiko, dimana Christian saat itu memperkenalkan dirinya sebagai Michale Finkel, penulis untuk New York Times. Ia mengaku saat itu tengah tertarik untuk menulis tentang orang-orang yang tengah dipenjara.
Ternyata Christian Longo selama ini telah banyak membaca dan menggemari tulisan Michael Finkel di Times, National Geographic Adventure dan Sports Illustrated. Itulah sebabnya ia memilih mengaku sebagai Michael yang berprofesi sebagai wartawan. Ia pun setuju (sesuai saran pengacaranya) untuk memungkinkan Michale Finkel melakukan wawancara terhadap dirinya, hingga kemudian keduanya mulai melakukan panggilan telepon minguan, menulis surat dan melakukan pertemuan beberapa kali. Keduanya pun mulai saling mengnal pribadi masing-masing, meskipun jelas Michale tidak melakukan pembunuhan terhadap siapapun. Tapi dalam 'True Story' jelas diakuinya bahwa "Saya telah berbohong berkali-kali untuk meningkatkan kepercayaan diri saya, untuk memperoleh simpati, untuk membuat diriku tampak tak biasa."
Penyamaran yang dilakukan oleh Christian Longo jelas membuat Michael Finkel berada dalam posisi memalukan. Meskipun riwayat kehidupan Christian Longo saat sebelum terjadinya aksi pembunuhan tampak biasa, tapi kehidupan muda Christian Longo ternyata telah dihiasi dengan sejumlah catatan buruk mengenai pelanggaran, penipuan dan pencurian. Christian lalu memutuskan untuk menikah dengan seorang gadis bernama Mary Jane yang saat itu masih berusia 19 tahun dan berharap kehidupannya setelah menikah bisa mengalami kemajuan. Tapi apa yang didapat oleh Christian ternyata tak sesuai dengan harapannya. Bisnis yang dijalaninya harus terpuruk. Ketika ia tak lagi mendapat ijin mengemudi, ia membuat SIM palsu, lalu mendatangi sebuah dealer mobil di Ohio, melakukan test drive dan membawa kabur mobil tersebut. Ketika tak dapat membayar gaji karyawannya, ia memalsukan cek kliennya sebesar $ 17.000 lalu membuat kartu kredit dengan mengata-namakan ayahnya. Ia pun lalu ditangkap, kehilangan perusahaannya dan dikucilkan dari lingkungan. Dalam masa percobaan tahanan, Christian akhirnya membawa istri dan anak-anaknya pergi menuju Oregon, hingga akhirnya ia membunuh mereka seluruhnya.
Christian Longo tidak mau mengaku, bahkan sejak awal ia berdalih tidak bersalah, dia diam membisu terhadap semua dakwaan atas pembunuhan yang telah dilakukannya. Dan meskipun ia menceritakan kisah hidupnya kepada Michael Finkel, tapi ia tetap tak mau mempertanggungjawabkan perbuatannya atas pembunuhan yang telah terjadi. Kemudian ia mengaku bersalah atas pembunuhan istri dan anak bungsunya, tapi tak bersalah atas kematian dua anaknya yang lain. Pada persidangan di tahun 2003, ia menjelaskan bahwa telah mengetahui kebohongan yang dilakukan oleh istrinya, Mary Jane, yang telah melakukan tindak kriminal terhadap kedua anaknya, Zachery dan Sadie, dengan membunuh lalu membuang jasadnya. Ia juga mengetahui bahwa istrinya telah berusaha juga untuk membunuh Madison, anak bungsu mereka. Ketika Christian mengetahui dua anaknya telah tiada dan anak bungsunya terluka parah, ia memutuskan untuk mencekik Mary Jane sekaligus mengakhiri hidup anak bungsunya tersebut. Juri tampak tak bergeming, mereka tetap pada keputusan bahwa Christian bersalah dan menjatuhkan putusan hukuman mati terhadapnya.

Kisah ini memang tak berakhir disini. Buku yang ditulis Michael Finkel akhirnya terbit di tahun 2005. Pada tahun 2009, Christian Longo menghubungi penulis buku 'Oregon’s Death Row' dan mengatakan bahwa ia ingin menceritakan pengakuan yang sebenarnya. Dalam pengakuannya tersebut, Christian mengaku bahwa saat itu ia sudah tak mampu lagi berperan sebagai seorang suami dan ayah bagi keluarganya. Ia mengaku memang telah membunuh seluruh keluarganya, mencekik Mary Jane saat bercinta, dan menenggelamkan anak-anaknya. Dia mengatakan bahwa ia sekarang telah siap menjalani eksekusi dan ingin menyumbangkan organ tubuhnya.
Sayangnya, Michael Finkel menemukan fakta, eksekusi dengan cara suntikan mematikan yang akan dijalani oleh Christian dapat membuat organ tubuh yang akan disumbangkan menjadi tak lagi berfungsi. Mengetahui hal itu, Christian pun akhirnya membuat sebuah organisasi yang bernama GAVE (Gifts of Anatomical Value from the Executed) dengan tujuan mengubah metode eksekuis untuk memungkinkan pengambilan organ tubuh dari seseorang yang menjalani eksekusi mati. Dia pun bahkan menuli sepotong catatan kecil untuk New York Times mengenai niatnya untuk menyumbang organ tubuh. Kini, seperti halnya Michael Finkel, Christian pun bisa jujur mengatakan bahwa ia telah menulis untuk surat kabar New York Times.
 
sumber: Biography

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://tumarima.blogspot.com/2015/07/kisah-nyata-dibalik-film-true-story.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
8 Film Hollywood Ini Menginspirasi Perbuatan Kriminal Di Dunia Nyata Pengaruhnya Gede Banget

8 Film Hollywood Ini Menginspirasi Perbuatan Kriminal Di Dunia Nyata Pengaruhnya Gede Banget

papar berkaitan - pada 5/11/2021 - jumlah : 226 hits
Terbaru adalah kasus Joker di Jepang yang baru heboh beberapa waktu belakangan Ngeri banget
Hiburan Aziz M Osman Akui Tak Kisah Ada Syarat Pilih Pelakon Ikut Jumlah Followers Di Media Sosial

Hiburan Aziz M Osman Akui Tak Kisah Ada Syarat Pilih Pelakon Ikut Jumlah Followers Di Media Sosial

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 226 hits
Pelakon serta pengarah hebat Aziz M Osman mendedahkan dirinya tidak mempunyai sebarang masalah apabila pihak stesen televisyen meletakkan syarat untuk mengambil pelakon berdasarkan jumlah pengikut di media sosial 1 bulan laluFauziah Latiff ...
Kisah Misteri Dan Realiti Hidup Farid Diana

Kisah Misteri Dan Realiti Hidup Farid Diana

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 149 hits
Kemesraan Farid Diana bersama dua anak mereka iaitu Muhammad dan Nur Aurora Apabila Farid Kamil meluahkan rasa dengan berkata Allah telah memberikan jalan cerita hidup saya semakin hari semakin Blog ini memberikan perkongsian tentang isu se...
Saya Tak Kisah Kalau Kongkong Anak Nanti Dia Tertekan Reaksi Bapa Mangsa Budak Basikal

Saya Tak Kisah Kalau Kongkong Anak Nanti Dia Tertekan Reaksi Bapa Mangsa Budak Basikal

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 106 hits
Fatoni tidak terlalu mengongkong anaknya kerana bimbang remaja itu tertekan Fatoni JOHOR BAHRU Seorang bapa kepada remaja berbasikal yang cedera dalam kemalangan di Jalan Lingkaran Dalam pada awal pagi semalam berkata beliau tidak terlalu m...
Inilah Kisah Pengemis Buta Yang Selalu Hina Rasulullah

Inilah Kisah Pengemis Buta Yang Selalu Hina Rasulullah

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 115 hits
Kisah yang mengharukan kali ini adalah kisah Pengemis buta Yang selalu menghina Rasulullah SAW Dari kisah ini terdapat tampilan pribadi Rasulullah SAW yang sesungguhnya ia meninggalkan sebuah kesan yang sangat dalam yang tidak akan bisa ter...
Kisah Duit Syiling Dan Batu

Kisah Duit Syiling Dan Batu

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 141 hits
TINGG Wang syiling itu jatuh di hadapan seorang lelaki yg sedang asyik membancuh simen Melihat logam kecil itu tangan lelaki itu terhenti melakukan kerja Tidak menunggu lama tangannya segera mengutip syiling itu dan dimasukkan ke dalam poke...
Kisah Wali Allah Yang Solat Di Atas Air

Kisah Wali Allah Yang Solat Di Atas Air

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 136 hits
Assalamualaikum dan selamat sejahtera ini ada satu kisah yang menarik yang boleh di kongsi bersama tentang kisah seorang wali Allah yang solat di atas Air Semoga kisah ini dapat di jadikan teladan kepada kita semua Nak dijadikan cerita pada...
5 Kisah Pelik Tapi Benar

5 Kisah Pelik Tapi Benar

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 183 hits
5 Kisah Pelik Tapi Benar Kisah pelik kebiasaannya ramai mengganggapnya pelik kejadian seumpama itu tidak pernah dilihat lagi sebelum ini Kejadian pelik sememamngnya membuatkan seseorang itu teruja untuk mengetahuinya Sebagai contoh mengenai...
Kisah Kehebatan Sultan Muhammad Al Fatih

Kisah Kehebatan Sultan Muhammad Al Fatih

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 124 hits
Muhammad II juga dikenali dengan Muhammad al Fatih iaitu daripada kata terbitan al fath seperti Surah al Fatihah beerti surah pembukaan atau Pembuka yang besar yang dilahirkan pada 30 Mac 1432 di Edirne dan meninggal dunia pada 3 Mei 1481 d...
Igp Chief Editor Of English Portal To Be Questioned Over Forest City Casino Claim

8 Tip Tingkatkan Sales Homestay Anda

Cara Memasarkan Homestay Anda

Dapatkan Porsche Design Honor Magic6 Rsr Di Honor Experience Store Terpilih Pada 5 Mei

Overcoming Funding Challenges

Samsung Knox Empowering Consumer Security In The Galaxy A55 5g

Dr Zaliha Terus Kunci Mulut Berkaitan Titah Adendum Minta Rujuk Ulasan Pm

Moisturizer Terbaik 2024 Tekstur Water Based 9 Kebaikan Yang Sesuai Untuk Semua Jenis Kulit



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Lima Gandingan Makanan Hebat Untuk Pemakanan Sihat Dari Susan Bowerman

Nasi Briyani Kukus Padu Sedap Uii Percuma Ayam Briyani Untuk Ibu Mengandung Patutla Ramai Beratur Beli

Experience The Bee Heat Ac Difference Experience Superior Comfort

Dua Lelaki Warga Asing Empat Lari 70 Meter Sahaja

Bekas Pemain Import Liga M Antara Ditahan Dalam Op Kutip

Huawei Pura 70 Series