Kisah Nabi Muhammad Saw Lengkap Dari Lahir Hingga Wafat




PENDIDIKAN

Kisah Nabi Muhammad SAW Lengkap dari Lahir hingga Wafat


Sebagai umat Islam, tentu saja kita wajib mengetahui tentang kisah Nabi Muhammad Saw. Kisah kehidupan beliau bukan hanya untuk dibaca atau didengarkan saja, tetapi dapat dijadikan contoh dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kisah hidup Rasulullah Saw. memang penuh dengan hikmah. Meskipun beliau seorang nabi dan rasul pilihan Allah, hidupnya tidak lantas selalu bahagia dan mudah. Beliau juga tetap menerima cobaan dan tantangan dalam berdakwah menyebarkan agama Islam.

Kesabaran, kegigihan, dan semangat beliaulah yang harus kita jadikan inspirasi dalam menjalani kehidupan yang lebih baik, kehidupan yang diridai oleh Allah Swt..

Meskipun kisah hidup beliau sudah banyak kita dengar, tetapi masih ada juga beberapa di antara kita yang belum pernah mengetahui kisah Rasulullah secara lengkap.

Oleh karena itu, marilah kita kembali membaca kisah Nabi Muhammad Saw., sang rasul penuntun umat, dari beliau dilahirkan hingga wafat.

Kisah Kelahiran dan Masa Kecil Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad Saw. dilahirkan di Mekkah pada tahun 570 M, yaitu pada tahun yang sama ketika Raja Abrahah dari Yaman melakukan penyerbuan ke Mekkah dengan maksud untuk menghancurkan Kakbah. Tahun tersebut juga dinamakan sebagai Tahun Gajah karena pasukan penyerang Raja Abrahah menggunakan gajah sebagai tunggangannya. Para ulama menyepakati bahwa tanggal lahir Nabi Muhammad Saw. jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal.

Enam bulan sebelum dilahirkan, ayah Nabi Muhammad Saw. yang bernama Abdullah wafat. Setelah dilahirkan, sesuai dengan tradisi bangsa Quraisy pada masa itu, Muhammad kecil kemudian diasuh dan disusui oleh Halimah binti Dzuaib As-Sa’diyah hingga beliau berumur dua tahun.

Setelah selesai masa pengasuhan Halimah, ibunda sang nabi, yaitu Aminah, kembali menjemput dan membawa beliau ke Madinnah. Pengasuh nabi yang baru bernama Ummu Aiman. Sayangnya, nabi kemudian menjadi seorang yatim piatu saat dirinya berusia 6 tahun setelah ibu Nabi Muhammad Saw. meninggal karena sakit.

Nabi kemudian diasuh oleh kakeknya, Abdul Muthalib hingga usianya 8 tahun. Sepeninggal kakeknya, nabi dibesarkan oleh pamannya, Abu Thalib. Pada usia 9 tahun, nabi sudah diajak berdagang oleh pamannya hingga ke negeri Syam (Suriah).

Ketika sedang berada di kota Basrah, rombongan pedagang Abu Thalib berjumpa dengan pendeta Nasrani yang bernama Buhaira. Pendeta tersebut lalu memberitahukan kepada Abu Thalib bahwa keponakannya itu memiliki tanda-tanda kenabian. Buhaira berpesan kepada Abu Thalib untuk senantiasa menjaga Muhammad, karena kelak, dia akan menjadi rasul terakhir yang sudah ditakdirkan oleh Allah Swt.

Kisah Pernikahan Nabi Muhammad dengan Khadijah

Sejak usia belia, Nabi Muhammad terkenal dengan julukan Al-Amin. Al-Amin artinya adalah orang yang dapat dipercaya. Gelar ini diperoleh karena beliau selalu jujur dalam berdagang. Beliau tidak pernah menutup-nutupi dagangannya yang rusak, kondisi barang dagangannya selalu beliau tunjukkan kepada para pembelinya tanpa berbohong.

Karena gelar inilah, Khadijah binti Khuwailid yang merupakan seorang janda dan saudagar kaya raya tertarik untuk mempekerjakan beliau. Khadijah kemudian memercayakan pengaturan bisnisnya kepada Nabi Muhammad Saw.. Khadijah sangat terkesan ketika baginda nabi membawakan keuntungan berdagang yang berkali lipat jumlahnya.

Kedekatan di antara keduanya kemudian terus berlanjut. Bukan hanya terkait masalah berniaga saja, tetapi keduanya juga jatuh hati. Meskipun Khadijah merupakan seorang janda berusia 40 tahun, Nabi Muhammad Saw. yang pada waktu itu berusia 25 tahun tidak keberatan untuk menikahi Khadijah.

Kerasulan dan Kisah Turunnya Wahyu Pertama

Menginjak usia 40 tahun, Muhammad ditetapkan oleh Allah Swt. sebagai seorang nabi dan rasul. Hal ini ditandai dengan diturunkannya wahyu pertama oleh Allah Swt. lewat perantara Malaikat Jibril ketika sang nabi sedang berada di Gua Hira.

Wahyu pertama yang turun kepada nabi adalah surah Al-Alaq ayat 1-4 yang berbunyi:

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Dengan turunya wahyu tersebut, Muhammad telah resmi menjadi seorang nabi dan rasul. Maka dari itu, beliau juga berkewajiban untuk berdakwah dan menyampaikan kebenaran dari Allah Swt kepada seluruh umatnya.

Beliau kemudian melakukan dakwah pertamanya secara sembunyi-sembunyi. Adapun orang-orang yang pertama kali menjadi pengikut baginda Rasullah dalam dakwah secara sembunyi-sembunyi ini adalah istri beliau, Khadijah, sahabat beliau, Abu Bakar Al-Shiddiq dan Zaid bin Haritsah, pengasuh beliau, Ummu Aiman, sepupu beliau, Ali bin Abu Thalib, dan seorang budak, Bilal bin Rabah. Orang-orang yang pertama kali memeluk Islam ini juga sering disebut sebagai As-Sabiqun al-Awwalun.

Setelah tiga tahun menjalankan dakwah secara diam-diam, turun perintah dari Allah SWT lewat surah Al-Hijr ayat 94 yang memerintahkan nabi untuk berdakwah secara terang-terangan. Ayat tersebut berbunyi:

“Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik.”

Kisah Nabi Muhammad Saw. Melakukan Isra Mi’raj dan Mendapat Perintah Salat

Peristiwa luar biasa ini terjadi di tahun kesebelas kenabian Muhammad Saw.. Tahun ini juga biasa disebut sebagai tahun kesedihan, karena pada tahun ini, Abu Thalib dan Khadijah wafat.

Untuk menghibur nabi Muhammad Saw. yang sedang bersedih, Allah kemudian mengutus malaikat Jibril untuk mendampingi nabi melakukan perjalanan Isra Mi’raj. Isra adalah perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, sedangkan Mi’raj merupakan perjalanan Rasulullah dari Masjidil Aqsa naik ke langit ketujuh.

Di langit ketujuh inilah, Rasulullah mendapatkan perintah salat 5 waktu yang wajib dikerjakan oleh seluruh umat Islam.

Kisah Nabi Muhammad Saw. Hijrah ke Madinnah

Akibat perlakuan para penduduk Mekkah yang kasar terhadap para pemeluk Islam, timbullah gagasan untuk hijrah. Hijrah ini juga sebagai langkah awal Rasulullah dalam menyebarluaskan agama Islam ke seluruh jazirah Arab.

Umat Islam dari kota Mekkah, termasuk Nabi Muhammad Saw. kemudian hijrah ke kota Yastrib pada tahun 622 M. Kota tersebut kemudian dikenal sebagai Madinnah atau Madinatun Nabi yang berarti Kota Nabi. Di Madinnah pula, Rasulullah mewujudkan sistem pemerintahan Islam atau kekhalifahan.

Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Baginda Nabi Muhammad Saw. wafat pada bulan Juni 632 M atau pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijriyah dalam usia 63 tahun karena sakit demam yang dideritanya. Makam Nabi Muhammad Saw. saat ini dapat ditemukan di kompleks Masjid Nabawi, Arab Saudi. Nabi Muhammad Saw. menjalankan masa dakwahnya selama kurang lebih 23 tahun.

Keturunan Nabi Muhammad SAW

Anak Nabi Muhammad Saw. berjumlah 7 orang, 3 di antaranya laki-laki dan 4 merupakan perempuan. Mereka adalah Al Qasim, Zainab, Ruqaiyah, Fatimah Az Zahra, Ummu Kultsum, Abdullah dan Ibrahim.

Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Mukjizat terbesar dari Nabi Muhammad Saw. adalah Al Quran. Mukjizat lainnya yang terdapat pada Nabi Muhammad adalah perjalanan Isra Mi’raj dan dapat membuat bulan terbelah hanya dengan menggunakan jari tangannya saja. Mukjizat-mukjizat ini tentu saja wajib kita percayai sebagai umat Islam.

Itulah ringkasan kisah Nabi Muhammad Saw. yang sudah sepatutnya kita ketahui dan selalu kita ingat. Semoga, dengan mengetahui sejarah Rasulullah, kita dapat lebih banyak belajar lagi untuk dapat menjadikan beliau sebagai pedoman dalam hidup.

Mengapa kita wajib menjadikan Nabi Muhammad Saw. sebagai pedoman? Karena kelak, ketika di padang Mahsyar, beliau hanya akan menolong umat-umatnya yang taat kepada ajarannya.




Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://galerialammaya.blogspot.com/2019/09/kisah-nabi-muhammad-saw-lengkap-dari.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Nabi Muhammad Saw Balik Dari Mana Mana Beri Hadiah Untuk Isteri

Nabi Muhammad Saw Balik Dari Mana Mana Beri Hadiah Untuk Isteri

papar berkaitan - pada 23/9/2019 - jumlah : 283 hits
Nabi Muhammad SAW Balik Dari Mana mana Beri Hadiah Untuk Isteri Dan Keluarga Hidup bahagia di samping keluarga menjadi impian bagi seorang suami Tiada guna menjadi suami yang berjaya dalam hidup tetapi rumah tangga porak peranda Bahtera yan...
Satu Satunya Telaga Di Zaman Nabi Muhammad Yang Masih Mengalir Hingga Ke Hari Ini

Satu Satunya Telaga Di Zaman Nabi Muhammad Yang Masih Mengalir Hingga Ke Hari Ini

papar berkaitan - pada 30/9/2019 - jumlah : 196 hits
MADINAH Di kota yang terletak di utara Mekah Madinah juga dikenali dengan sejumlah telaga yang dikaitkan dengan perjalanan nabi Muhammad dalam masa 23 tahun Rasulullah Nabi tinggal di Madinah selama 10 tahun Salah satu telaga yang masih ber...
Program 1000 Rumah Berselawat Sambut Maulid Nabi Muhammad Saw 2019

Program 1000 Rumah Berselawat Sambut Maulid Nabi Muhammad Saw 2019

papar berkaitan - pada 6/10/2019 - jumlah : 301 hits
Brosur Program 1000 Rumah Berselawat versi IslamicTunes Menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 9 November 2019 nanti Mawlid Fest menggelar Program 1000 Rumah Berselawat Kegiatan ini dimulai dari tanggal 22 Agustu...
Shadharwan Of The Ka Bah Dipercayai Tempat Malaikat Mengajar Nabi Muhammad Cara Berwudhu Dan Solat

Shadharwan Of The Ka Bah Dipercayai Tempat Malaikat Mengajar Nabi Muhammad Cara Berwudhu Dan Solat

papar berkaitan - pada 1/10/2019 - jumlah : 278 hits
The Shadharwan of the Ka bah Sesiapa yang pernah mengerjakan Haji dan Umrah akan melakukan tawaf samada tawaf rukun maupun tawaf sunat Sesiapa yang berpeluang menghampiri dinding Kaabah atau mendekati pintu Kaabah lihatlah di bahagian bawah...
Pasangan Beda Agama Bagikan Kisah Perjuangannya Hingga Menikah Walau Sulit Akhirnya Bisa Sah

Pasangan Beda Agama Bagikan Kisah Perjuangannya Hingga Menikah Walau Sulit Akhirnya Bisa Sah

papar berkaitan - pada 26/9/2019 - jumlah : 96 hits
Penasaran kan Di sini sekalian dikasih tahu lengkap alur mengurusnya seperti apa Nggak harus ke luar negeri dulu lo
Tidak Banyak Yang Tahu Surah An Nashr Adalah Pesan Tanda Akhir Hayat Nabi Muhammad

Tidak Banyak Yang Tahu Surah An Nashr Adalah Pesan Tanda Akhir Hayat Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 27/9/2019 - jumlah : 195 hits
Surah an Nashr turun berkenaan dengan peristiwa Fathu Makkah ini dapat dilihat dari kata al Fath yang ditafsiri oleh beberapa mufasir seperti at Tabari Ibn Katsir dan Ibn Abbas dengan Fathu Makkah Peristiwa Fathu Makkah dikenal sebagai mome...
Nabi Saw Dah Lama Pesan 6 Benda Akan Menimpa Umat Akhir Zaman Berhati Hatilah Kerana Kesannya Menakutkan

Nabi Saw Dah Lama Pesan 6 Benda Akan Menimpa Umat Akhir Zaman Berhati Hatilah Kerana Kesannya Menakutkan

papar berkaitan - pada 21/9/2019 - jumlah : 407 hits
Nabi SAW Dah Lama Pesan 6 Penyakit Akan Menimpa Umat Akhir Zaman Berhati Hatilah Kerana Kesannya Menakutkan Pada akhir zaman ini terdapat penin dasan berlaku di mana mana sahaja termasuklah sesama umat Islam sendiri kerana sifat tam ak dala...
Ini Doa Nabi Muhammad Ketika Sudah Merasa Kenyang

Ini Doa Nabi Muhammad Ketika Sudah Merasa Kenyang

papar berkaitan - pada 20/9/2019 - jumlah : 152 hits
Ketika Nabi Saw selesai makan dan beliau telah merasa kenyang maka beliau membaca doa berikut Alhamdulillahi hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fihi ghoiro makfurin wala muwadda in Artinya Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak b...
Salah Tafsir Kisah Nabi Daud Melawan Jalut

Salah Tafsir Kisah Nabi Daud Melawan Jalut

papar berkaitan - pada 26/9/2019 - jumlah : 313 hits
Apa nama Nabi Daud dalam Bahasa Inggeris ek tanya seorang rakan Cuba tanya Tedi dia tahu jawab teman yang lain David jawab Tedi dengan ringkas Betul ke Yup cuba cari kisah David versus Goliath balas Tedi Pada mulanya Tedi juga berasa kurang...
Two Construction Sites In Negri Selangor Contributed Some 20pc Of New Covid 19 Cases Among 41 New Clusters

Get Up Close And Personal With Tony And Friends Tony Fernandes Launches Podcast On Syok Spotify Google Apple Podcasts

Lg S 2021 Life S Good Campaign Kicks Off In Malaysia With Syada Amzah

Ramai Penonton Army Of The Dead Tak Perasan Ada Ufo Dalam Filem Ini

Permohonan Jawatan Konstabel Polis Gred Ya1

39 Localities In Sabah Kelantan Pahang Under Emco Beginning Friday

Lelaki Meninggal Dunia Depan Restoran Plaza 333 Ada Sejarah Sakit Jantung

Lahad Datu Poised To Make Sabah Industrial Powerhouse Says Deputy Cm



Ini Jumlah Wang Tunai Diterima Atlet Jika Menang Pingat Di Sukan Olimpik

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Jika Masih Ada Rindu TV3

15 Tahun Derita Sebagai Mangsa Serangan Seksual Brendan Fraser

MegaTV Siaran TV Berbayar Pertama Malaysia Yang Gulung Tikar

Biodata Farah Ann Abdul Hadi Atlet Gimnastik Malaysia


Prestasi Dana Unit Trust Patuh Syariah

Ada Banyak Jenis Pokok Money Plant Jom Tengok Koleksi Money Plant Kami

Kecoh Video Leak Tersebar Terdapat Cubaan Jatuhkan Ebit Lew

Pelbagai Pilihan Permainan Interaktif Atas Talian Percuma Untuk Isi Masa Terluang

7 Tips Tambah Susu Badan Ketika Berpantang Selepas Bersalin

5 Perkara Yang Makin Lama Makin Nipis Disebabkan Pkp Terlalu Lama Tak Habis Habis