Kisah Kelahiran Sang Rasul Muhammad


DETIK-DETIK KELAHIRAN RASULULLAH ﷺ

Peringatan Maulid Nabi ﷺ yang pertama adalah ungkapan kegembiraan atas kelahiran beliau ﷺ, bahkan orang-orang kafir saja bisa mendapatkan manfaat dengan kegembiraan itu. Terbukti Ketika Tsuwaibah (budak perempuan Abu Lahab paman Nabi ﷺ), menyampaikan berita gembira tentang kelahiran sang Cahaya Alam Semesta itu ﷺ, Abu Lahab pun memerdekakannya. Sebagai tanda suka cita. Dan karena kegembiraannya, kelak di alam baka siksa atas Abu Lahab diringankan setiap hari Senin tiba. Demikianlah Rahmat Allah terhadap siapa pun yang bergembira atas kelahiran Nabi ﷺ, termasuk juga terhadap orang kafir sekalipun. Maka jika kepada seorang yang kafir pun Allah merahmati, karena kegembiraannya atas kelahiran sang Nabi, bagaimanakah kiranya anugerah Allah berupa nabi Muhammad ﷺ ini adalah sebagai rahmat bagi seluruh alam.


Kedua, beliau ﷺ sendiri mengagungkan hari kelahirannya dan bersyukur kepada Allah pada hari itu atas nikmat-Nya yang terbesar kepadanya.

Ketiga, gembira dengan Rasulullah ﷺadalah perintah AI-Quran. Allah ﷻberfirman, (QS Yunus: 58) : “Katakanlah, ‘Dengan karunia Allah dan Rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. (QS Al-Anbiya’: 107) “Dan tidaklah Kami mengutusmu melainkan sebagai rahmat bagi semesta alam”.

Keempat, Nabi Muhammad ﷺmemperhatikan kaitan antara waktu dan kejadian-kejadian keagamaan yang besar yang telah lewat. Apabila datang waktu ketika peristiwa itu terjadi, itu merupakan kesempatan untuk mengingatnya ﷺ  dan mengagungkan harinya ﷺ.

Kelima, peringatan Maulid Nabi ﷺmendorong orang untuk membaca shalawat, dan shalawat itu diperintahkan oleh Allah Ta’ala, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat atas Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya.” (QS Al-Ahzab: 56). Apa saja yang mendorong orang untuk melakukan sesuatu yang dituntut oleh syara’, berarti hal itu juga dituntut oleh syara’. Berapa banyak manfaat dan anugerah yang diperoleh dengan membacakan salam kepadanya.

Keenam, dalam peringatan Maulid disebut tentang kelahiran beliau, mukjizat-mukjizatnya, sirahnya, dan pengenalan tentang pribadi beliau ﷺ. Bukankah kita diperintahkan untuk mengenalnya serta dituntut untuk meneladaninya, mengikuti perbuatannya, dan mengimani mukjizatnya. Kitab-kitab Maulid menyampaikan semuanya dengan lengkap.

Baca juga : Artikel tentang manfaat memperingati maulid nabi Muhammad ﷺ Tatakerama menghadiri maulid Nbi Muhammad ﷺ 
Ketujuh, peringatan Maulid merupakan ungkapan membalas jasa beliau dengan menunaikan sebagian kewajiban kita kepada beliau dengan menjelaskan sifat-sifatnya yang sempurna dan akhlaqnya yang utama. Dulu, di masa Nabi ﷺ, para penyair datang kepada beliau melantunkan qashidah-qashidah yang memujinya. Nabi ﷺ ridha (senang) dengan apa yang mereka lakukan dan memberikan balasan kepada mereka dengan kebaikan-kebaikan. Jika beliau ridha dengan orang yang memujinya, bagaimana beliau tidak ridha dengan orang yang mengumpulkan keterangan tentang perangai-perangai beliau yang mulia. Hal itu juga mendekatkan diri kita kepada beliau, yakni dengan manarik kecintaannya dan keridhaannya.

Kedelapan, mengenal perangai beliau, mukjizat-mukjizatnya, dan irhash-nya (kejadian-kejadian luar biasa yang Allah berikan pada diri seorang rasul sebelum diangkat menjadi rasul), menimbulkan iman yang sempurna kepadanya dan menambah kecintaan terhadapnya. Manusia itu diciptakan menyukai hal-hal yang indah, balk fisik (tubuh) maupun akhlaq, ilmu maupun amal, keadaan maupun keyakinan. Dalam hal ini tidak ada yang lebih indah, lebih sempurna, dan lebih utama dibandingkan akhlaq dan perangai Nabi ﷺ. Menambah kecintaan dan menyempurnakan iman adalah dua hal yang dituntut oleh syara’. Maka, apa saja yang memunculkannya juga merupakan tuntutan agama.

Kesembilan, mengagungkan Nabi ﷺ itu disyariatkan. Dan bahagia dengan hari kelahiran beliau dengan menampakkan kegembiraan, membuat jamuan, berkumpul untuk mengingat beliau, serta memuliakan orang-orang fakir, adalah tampilan pengagungan, kegembiraan, dan rasa syukur yang paling nyata.


Kesepuluh, dalam ucapan Nabi ﷺtentang keutamaan hari Jum’at, disebutkan bahwa salah satu di antaranya adalah, “Pada hari itu Adam diciptakan:” Hal itu menunjukkan dimuliakannya waktu ketika seorang nabi dilahirkan. Maka bagaimana dengan hari di lahirkannya nabi yang paling utama dan rasul yang paling mulla?

Kesebelas, peringatan Maulid adalah perkara yang dipandang bagus oleh para ulama dan kaum muslimin di semua negeri dan telah dilakukan di semua tempat. Karena itu, ia dituntut oleh syara’, berdasarkan qaidah yang diambil dari hadits yang diriwayatkan Abdullah bin Mas’ud, “Apa yang dipandang balk oleh kaum muslimin, ia pun balk di sisi Allah; dan apa yang dipandang buruk oleh kaum muslimin, ia pun buruk di sisi Allah.”

Kedua belas, dalam peringatan Maulid tercakup berkumpulnya umat, dzikir, sedekah, dan pengagungan kepada Nabi ﷺ. Semua itu hal-hal yang dituntut oleh syara’ dan terpuji.

Ketiga belas, Allah SWT berfirman, “Dan semua kisah dari rasul-rasul, Kami ceritakan kepadamu, yang dengannya Kami teguhkan hatimu:’ (QS Hud: 120). Dari ayat ini nyatalah bahwa hikmah dikisahkannya para rasul adalah untuk meneguhkan hati Nabi. Tidak diragukan lagi bahwa saat ini kita pun butuh untuk meneguhkan hati kita dengan berita-berita tentang beliau, lebih dari kebutuhan beliau akan kisah para nabi sebelumnya.


Keempat belas, tidak semua yang tidak pernah dilakukan para salaf dan tidak ada di awal Islam berarti bid’ah yang munkar dan buruk, yang haram untuk dilakukan dan wajib untuk ditentang. Melainkan apa yang “baru” itu (yang belum pernah dilakukan) harus dinilai berdasarkan dalii-dalil syara’.

Kelima belas, tidak semua bid’ah itu diharamkan. Jika haram, niscaya haramlah pengumpulan Al-Quran, yang dilakukan Abu Bakar, Umar, dan Zaid, dan penulisannya di mushaf-mushaf karena khawatir hilang dengan wafatnya para sahabat yang hafal Al-Quran. Haram pula apa yang dilakukan Umar ketika mengumpulkan orang untuk mengikuti seorang imam ketika melakukan shalat Tarawih, padahal ia mengatakan, “Sebaik-baik bid’ah adalah ini.” Banyak lagi perbuatan baik yang sangat dibutuhkan umat akan dikatakan bid’ah yang haram apabila semua bid’ah itu diharamkan.

Keenam belas, peringatan Maulid Nabi ﷺ, meskipun tidak ada di zaman Rasulullah SAW, sehingga merupakan bid’ah, adalah bid’ah hasanah (bid’ah yang balk), karena ia tercakup di dalam dalil-dalil syara’ dan kaidah-kaidah kulliyyah (yang bersifat global). Jadi, peringatan Maulid itu bid’ah jika kita hanya memandang bentuknya, bukan perinaan-perinaan amalan yang terdapat di dalamnya (sebagaimana terdapat dalam dalil kedua belas), karena amalan-amalan itu juga ada di masa Nabi ﷺ.

Ketujuh belas, semua yang tidak ada pada awal masa Islam dalam bentuknya tetapi perincian-perincian amalnya ada, juga dituntut oleh syara’. Karena, apa yang tersusun dari hal-hal yang berasal dari syara’, pun dituntut oleh syara’.

Kedelapan belas, Imam Asy-Syafi’i mengatakan, “Apa-apa yang baru (yang belum ada atau dilakukan di masa Nabi ﷺ) dan bertentangan dengan Kitabullah, sunnah, ijmak, atau sumber lain yang dijadikan pegangan, adalah bid’ah yang sesat. Adapun suatu kebaikan yang baru dan tidak bertentangan dengan yang tersebut itu, adalah terpuji “

Kesembilan belas, setiap kebaikan yang tercakup dalam dalil-dalil syar’i dan tidak dimaksudkan untuk menyalahi syariat dan tidak pula mengandung suatu kemunkaran, itu termasuk ajaran agama.

Keduapuluh, memperingati Maulid Nabi ﷺberarti menghidupkan ingatan (kenangan) tentang Rasulullah, dan itu menurut kita disyariatkan dalam Islam. Sebagaimana yang Anda lihat, sebagian besar amaliah haji pun menghidupkan ingatan tentang peristiwa-peristiwa terpuji yang telah lalu.

Kedua puluh satu, semua yang disebutkan sebelumnya tentang dibolehkannya secara syariat peringatan Maulid Nabi ﷺhanyalah pada peringatan-peringatan yang tidak disertai perbuatan-perbuatan munkar yang tercela, yang wajib ditentang. Adapun jika peringatan Maulid mengandung hal-hal yang disertai sesuatu yang wajib diingkari, seperti bercampurnya laki-laki dan perempuan, dilakukannya perbuatanperbuatan yang terlarang, dan banyaknya pemborosan dan perbuatan-perbuatan lain yang tidak diridhai Shahibul Maulid, tak diragukan lagi bahwa itu diharamkan. Tetapi keharamannya itu bukan pada peringatan Maulidnya itu sendiri, melainkan pada hal-hal yang terlarang tersebut.

Al-Waqidy RA, menceritakan moment detik-detik menjelang kelahirannya Baginda Rasul Mumammad ﷺ dari tanggal 1 sampai pada tanggal 12 Rabiul Awaal.
1.  Malam Pertama di bulan Rabiul Awwal, Allah ﷻ Melimpahkan segala kedamaian dan ketentraman yang luar biasa sehingga ibunda Rasulullah Sayyidah Aminah merasakan ketenangan dan kesejukan jiwa yang belum pernah beliau rasakan sebelumnya.
2.    Pada malam kedua,  teredengar seruan kabar gembira kepada ibunda Nabi Muhammad ﷺ yang menyatakan dirinya akan mendapati anugerah yang Agung  dari Sisi Allah ﷻ.
3.   Pada malam ketiga, Terdengar seruan yang memanggil-manggil : “Wahai Aminah, sudah dekat dimana saat engkau akan melahirkan seorang Nabi yang agung dan mulia, Muhammad Rasulullah ﷺ, seorang nabi yang senantiasa memuji dan bersyukur kepada Allah ﷻ.
4.    Pada malam keempat,  Sayyidah Aminah mendengar kumandang bacaan tasbihnya para malaikat secara nyata dan jelas.
5.      Pada malam kelima, Sayyidah Aminah bermimpi bertemu dengan Nabi Ibrahim ﷺ.  
6.   Pada malam keeenam, Sayyidah Aminah melihat Nur Muhammad ﷺ memenuhi alam semesta.  
7.        Pada malam ketujuh,  Sayyidah Aminah melihat para malaikat silih berganti saling berdatangan mengunjungi kediamannya beliau dengan membawa kabar gembira sehingga kebahagiaan dan kedamaian Ibunda Aminah semakin memuncak.
8.   Pada malam kedelapan, Sayyidah Aminah mendengar seruan panggilan dimana-mana, suara tersebut terdengar dengan jelas dan berkumandang "Berbahagialah wahai seluruh penghuni alam semesta, telah dekat kelahir'an Nabi Agung, Nabi Kekasih Allah ﷻ Dzat Pencipta Alam Semesta.
9.        Pada malam kesembilan,  Allah ﷻ mencurahkan Rahmat dan Kasih Sayang-Nya kepada Sayyidah Aminah sehingga tidak ada sedikitpun rasa sakit, sedih, susah, dalam jiwa Sayyidah Aminah.
10.     Pada malam kesepuluh, Sayyidah Aminah melihat tanah Tha’if dan Mina ikut bergembira menyambut akan kelahiran Nabi Muhammad saw.
11.     Pada malam kesebelas,  Sayyidah Aminah melihat seluruh penghuni langit dan bumi ikut bersuka cita menyongsong kelahiran Nabi Muhammad ﷺ.
12.     Pada malam keduabelas, dimana detik-detik kelahiran Nabi Muhammad ﷺ, sudah berada di sepertiga malam, langit dalam keadaan cerah tanpa ada mendung sedikitpun. Saat itu Abdul Muthalib (kakek Nabi Muhammad ﷺ) sedang bermunajat kepada Allah ﷻ di sekitar Ka’bah. Sedangkan Sayyidah Aminah sendiri di rumah tanpa ada seorang pun yang menemaninya. Tiba-tiba Sayyidah Aminah melihat tiang rumahnya terbelah dan perlahan-lahan muncul 4 wanita yang sangat cantik, jelita, anggun, dan diliputi oleh cahaya kemilau cahaya yang memancar serta semerbak harum memenuhi seluruh ruangan.
Wanita yang datang pertama kali berkata : ”Sungguh berbahagialah engkau wahai Aminah, sebentar lagi engkau akan melahirkan bahyi seorang Nabi yang agung, Nabi yang menjadi junjungan semesta alam. Beliaulah Nabi Muhammad ﷺ. Kenalilah aku, bahwa aku adalah Sayyidah Hawa, istri Nabi Adam ﷺ, ibu seluruh ummat manusia, aku diperintahakan oleh Allah ﷻ untuk menemanimu.
Kemudian datanglah wanita kedua yang menyampaiakan kabar gembira :
“Aku adalah Dewi Hajar, istri Nabi Ibrahim ﷺ yang diperintahkan oleh Allah ﷻ untuk menemanimu.
Wanita yang ke tiga pun datang da berucap kata “Aku adalah Dewi Asiyah binti Muza’im, istri dari Raja Fir’aun yang diutus oleh Allah ﷻ untuk menemanimu. Begitu pula wanita yang keempat menghampiri, dan berkata :  ”Aku adalah Maryam binti Imran, ibunda Nabi Isa ﷺ, aku datang untuk menyambut kehadiran putramu Muhammad Rasulullah ﷺ.”  
Dengan kehadiran mereka, nampak semakin memuncak rasa kedamaian dan kebahagiaan ibunda Nabi Muhammad ﷺ yang tidak bisa terlukiskan dengan kata-kata.  
Keajaiban berikutnya Sayyidah Aminah melihat sekelompok demi sekelompok manusia bercahaya berdatangan silih berganti memasuki ruangannya dan mereka memanjatkan puji-pujian kepada Allah ﷻ dengan berbagai macam bahasa yang berbeda-beda.
Detik-detik berikutnya, Sayyidah Aminah melihat atap rumahnya terbuka dan terlihat oleh beliau bermacam-macam bintang di angkasa beterbangan yang sangat indah berkilau cahayanya. Detik berikutnya Allah swt memerintahkan kepada Malaikat Ridhwan agar mengomandokan seluruh bidadari surga agar berdandan cantik dan rapi, memakai kain sutra dan segala macam bentuk perhiasan dengan bermahkotan emas, intan permata yang bergemerlapan, dan menebarkan wangi-wangian surga yang harum semerbak ke segala penjuru, lalu beribu-ribu bidadari surga itu turun ke alam dunia bersama Malaikat Ridhwan. Terlihat wajah para bidadari itu bergembira.  
Kemudian Allah ﷻ menyeru : “Yaa Jibril serukanlah kepada seluruh arwah para Nabi, para Rasul, para wali agar berkumpul, berbaris rapi, bahwa sesungguhnya Kekasih-Ku ﷺ yang cahaya di atas cahaya, agar disambut dengan baik, dan suruhlah mereka untuk menyambut kedatangan Nabi Muhammad ﷺ.  Yaa Jibril perintahkanlah kepada Malaikat Malik agar menutup pintu2 neraka dan perintahakan kepada Malaikat Ridhwan untuk membuka pintu2 surga dan bersoleklah engkau dengan sebaik-baiknya keindahan demi menyambut kekasih-Ku Nabi Muhammad ﷺ.  Yaa Jibril...! Bawalah beribu-ribu Malaikat yang ada di langit, dan turunlah ke bumi. Ketahuilah, bahwa Kekasih-Ku Muhammad ﷺ telah siap untuk dilahirkan dan sekarang tiba saatnya Nabi Akhiruzzaman diutus di muka bumi ini.” Maka turunlah semua malaikat memenuhlah seluruh isi bumi dengan beribu- ribu Malaikat.
Sayyidah Aminah melihat para Malaikat itupun berdatangan membawa kayu gahru yang wangi dan memenuhi seluruh jagat raya. Pada saat itu pula mereka semua berdzikir, bertasbih, bertahmid. Dan pada saat itu pula datanglah burung putih yang berkilau cahayanya mendekati Sayyidah Aminah dan mengusapkan sayapnya pada Sayyidah Aminah. Maka pada saat itu pula lahirlah Nabi Muhammad Rasulullah ﷺ dan tidaklah Sayyidah Aminah melihat kecuali cahaya yang nampak. Tak lama kemudian, terlihatlah jari-jari Nabi Muhammad ﷺ yang sedang bersujud kepada Allah.
Kegembiraan memancar dari setiap sudut alam raya, gemuruh shalawat memenuhi alam semesta dengan bahasa yang berbeda-beda dan dengan cara yang bermacam-macam pula.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://mbahkenyung.blogspot.com/2018/11/kisah-kelahiran-sang-rasul-muhammad.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Salam Maulidur Rasul Peristiwa Luar Biasa Ketika Junjungan Kita Nabi Muhammad Saw Dilahirkan

Salam Maulidur Rasul Peristiwa Luar Biasa Ketika Junjungan Kita Nabi Muhammad Saw Dilahirkan

papar berkaitan - pada 20/11/2018 - jumlah : 785 hits
Salam Maulidur Rasul Hai assalamualaikum dan selamat bercuti semua Alhamdulillah ciktie pun dapat off juga hari ini Dan ikutkan perancangan hari ini ciktie nak pergi satu tempat ni tapi tak taulah jadi ataupun tak Tengoklah macamana nanti K...
Kisah Di Balik Dipilihnya Nama Muhammad Untuk Rasulullah Saw

Kisah Di Balik Dipilihnya Nama Muhammad Untuk Rasulullah Saw

papar berkaitan - pada 8/11/2018 - jumlah : 280 hits
Ketika lahir di dunia bayi yang kelak menjadi utusan Allah SWT dinamai Muhammad bin Abdullah Uniknya nama itu tidak berasal dari sang ayah Abdullah melainkan dari sang kakek Abdul Muthalib Nama Muhammad baru muncul 14 abad lalu Tepatnya pad...
Detik Detik Kelahiran Nabi Muhammad Saw

Detik Detik Kelahiran Nabi Muhammad Saw

papar berkaitan - pada 16/11/2018 - jumlah : 410 hits
Telah disebutkan bahwa sesungguhnya pada bulan ke sembilan kehamilan Sayyidah Aminah saat hari hari kelahiran Nabi Muhammad saw sudah semakin dekat Allah swt semakin melimpahkan bermacam anugerah Nya kepada Sayyidah Aminah mulai tanggal 1 h...
Percakapan Aminah Dengan 4 Wanita Mulia Menjelang Kelahiran Nabi Muhammad

Percakapan Aminah Dengan 4 Wanita Mulia Menjelang Kelahiran Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 20/11/2018 - jumlah : 404 hits
Kelahiran Muhammad kecil disambut begitu gembira oleh seluruh alam Para malaikat berzikir langit malam yang cerah burung burung bercahaya menghiasi kediaman Aminah ibunda dari sosok yang nantinya menjadi junjungan segenap manusia Di malam t...
Maulid Nabi Sejarah Kelahiran Muhammad Di Negeri Yang Gersang

Maulid Nabi Sejarah Kelahiran Muhammad Di Negeri Yang Gersang

papar berkaitan - pada 21/11/2018 - jumlah : 277 hits
Maulid Nabi diperingati oleh mayoritas umat Islam di Indonesia Kelahiran Nabi Muhammad ini dianggap sebagai peristiwa yang sakral dan memiliki tempat tersendiri dalam sejarah Islam Bahkan dalam lintasan sejarah dunia lahirnya Muhammad dan k...
Cerita Surat Menyurat Mohammad Hatta Dengan Sang Putri Saat Belajar Di Australia

Cerita Surat Menyurat Mohammad Hatta Dengan Sang Putri Saat Belajar Di Australia

papar berkaitan - pada 17/11/2018 - jumlah : 201 hits
Gemala Rabi ah Hatta putri kedua Proklamator Kemerdekaan Indonesia Mohammad Hatta dan Rachmi Hatta merupakan salah satu ahli rekam medis paling awal di Indonesia Dia menuntut ilmu di University Of Sydney Australia
Ultah Ke 57 Gubernur Olly Dondokambey Launching Buku Sang Pembuka Gerbang

Ultah Ke 57 Gubernur Olly Dondokambey Launching Buku Sang Pembuka Gerbang

papar berkaitan - pada 19/11/2018 - jumlah : 133 hits
Buku terbitan Kepustakaan Populer Gramedia ini menguraikan terobosan Olly dalam membangun sektor pariwisata di Sulut Setelah dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Utara pada Februari 2016 Olly langsung bergerak cepat untuk memajukan daerahnya
Wanita Ini Bilang Siap Jadi Istri Kedua Gubernur Jabar Ridwan Kamil Sang Istri Bingung Merespon

Wanita Ini Bilang Siap Jadi Istri Kedua Gubernur Jabar Ridwan Kamil Sang Istri Bingung Merespon

papar berkaitan - pada 3/11/2018 - jumlah : 235 hits
Seorang wanita mengaku siap menjadi istri kedua Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Sang istri sendiri Atalia Praratya kebingungan karena banjir konfirmasi tanggapannya oleh banyak orang Seorang wanita dengan nama Paramitadana mengaku siap men...
5 Fakta Video Pengeroyokan Guru Oleh Murid Di Kendal Ini Pengakuan Joko Susilo Sang Guru

5 Fakta Video Pengeroyokan Guru Oleh Murid Di Kendal Ini Pengakuan Joko Susilo Sang Guru

papar berkaitan - pada 13/11/2018 - jumlah : 364 hits
Media sosial tengah diramaikan dengan adanya video seorang guru yang didorong hingga dikeroyok oleh muridnya sendiri di depan kelas di SMK NU 3 Kaliwungu Kendal Minggu Dilansir Tribunnews com dari Tribun Jateng Senin aksi tersebut itu dilak...
Kenyataan Cukai Jalan Oleh Bjak

Kecewa Makanan Potluck Sekolah Anak Tak Disentuh Ikutlah Apa Budak Suka Makan Bukan Kita

Guideline Needed For Maintenance Of Old Trees In Kl Ft Minister

218 Fibonaci

Don T Let Renovations Ruin Your Home And Your Budget Or Some Tips For Choosing A Contractor

5 Tips And Ways That Can Help You To Reduce Body Fat

Persediaan Awal Haji

Wanita Dikenakan Bayaran Rm9 55 Untuk Nasi Putih Dan Telur Goreng Bungkus



Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri


Zayn Rayyan Murder Case My Debt To People Says Cid Chief

Forest City Casino Misreporting Pas Leader Wants Brave Pmx To Teach Bloomberg A Lesson At Qatar Economic Forum

2 Direman Kemuka Butiran Palsu Pelaburan Rm38 Juta

Pusing Jalan

Pentingnya Muhasabah Diri

Huawei Announce Upcoming Launch Two Products On 13 May 2024