Kisah Gempa Bumi Di Madinah Pada Masa Rasulullah Dan Umar Bin Khattab


Menurut cerita dari Muhammad bin Abd al-Malik bin Marwan bahwa dulu di zaman Rasulullah pernah terjadi gempa di Madinah.
Kemudian Rasulullah meletakkan tangannya ke atas tanah sembari berkata, “Tenanglah, belum saatnya engkau datang.”
Setelah itu beliau menghadap ke arah sahabat-sahabatnya dan bersabda, “Allah sedang menegur kalian. Jawablah teguran-Nya (Buat Allah ridha pada kalian).
Kisah ini didokumentasikan Ibnu Abi al-Dunya dalam kitabnya, al-Uqubat dan Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf.
Al-Shalihi al-Dimasyqi dan Ibnu al-Atsir al-Jazari berkomentar bahwa yang dimaksud “Allah menegur kalian, maka jawablah teguran-Nya” adalah bahwa Allah sedang memberi peringatan keapda kalian dan Dia ingin agar kalian meminta maaf atas segala bentuk kesalahan dan dosa yang kalian perbuat.
Maka Allah pun mengirim gempa, agar kalian ingat dan kembali kepada-Nya.
Gempa tersebut terjadi pada 5 Hijriyah. Demikian penjelasan al-Shalihi al-Dimasyqi dalam Subul al-Hadyi wa al-Rasyad dan Ibnu al-Atsir al-Jazari dalam Asad al-Ghabah   
Sementara itu dalam kitab al-Majalis al-Saniyyah karya Ahmad bin Syaikh Hijazi menyebutkan bahwa pernah juga terjadi gempa bumi besar di Madinah pada masa Umar bin al-Khattab, sampai-sampai gunung hampir runtuh mengenai tanah.
Segera Umar memukulkan ambing yang dibawanya ke tanah seraya berkata, “Tenanglah. Saya orang yang adil. Jika saya tidak bisa berbuat adil, maka celakalah Umar.”
Tak lama kemudian, bumi menjadi tenang dan tidak pernah ada lagi gemba bumi setelah itu.
Sedikit berbeda dengan penjelasan dari Ahmad bin Syaikh Hijazi, Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf mengutip riwayat bahwa ketika terjadi gempa bumi di Madinah, Umar segera menyampaikan khutbah di hadapan orang banyak untuk mengingatkan rakyatnya akan kebesaran Allah SWT dan segera untuk kembali mengingat kebesaran dan kuasa-Nya.
Di halaman kitabnya yang lain, Ahmad bin Syaikh Hijazi juga mengisahkan bahwa di Madinah juga pernah ditimba musibah musiman (tahunan) berupa api yang menyambar-nyambar.
Para penduduk melaporkan kejadian itu kepada Umar. Umar lalu menyuruh pembantunya membawa serempang miliknya dan berpesan jika api itu datang, ia disuruh memantulkan serempang itu ke mukanya dan mengatakan, “Wahai api, ini adalah serempang Umar,” maka api itu akan kembali ke tempat asalnya.
Ketika api itu datang, orang-orang berteriak, lalu sang pembantu membawa serempang Umar keluar menuju luar Madinah dan memantulkan ke mukanya sebagaimana perintah Umar.
Pembantu itu menuruti perintah majikannya, lalu berkata, “Wahai api, kembalilah. Ini adalah serempang Umar bin al-Khatthab.” Api itu benar-benar kembali dan tidak pernah muncul lagi.
Cerita tentang beberapa musibah ini memang terkesan agak aneh. Siapapun bisa meragukan kisah-kisah ini. Namun yang paling penting, inti dari kisah-kisah ini adalah kita selalu mengingat kebesaran Allah SWT atas tanda-tanda-Nya.
Saat terjadi musibah, tak perlu mengait-ngaitkan dengan kesalahan orang. Introspeksi saja diri kita, siapa tau Allah SWT sebenarnya ingin menegur kita, bukan orang lain.
Wallahu a’lam.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/kisah-gempa-bumi-di-madinah-pada-masa-rasulullah-dan-umar-bin-khattab/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Gempa Bumi 7 4 Skala Richter Di Banten Gegaran Terasa Di Jakarta

Gempa Bumi 7 4 Skala Richter Di Banten Gegaran Terasa Di Jakarta

papar berkaitan - pada 3/8/2019 - jumlah : 44 hits
Titik gegaran berlaku di 227 kilometer daripada bandar Teluk Betung di kepulauan Sumatera Foto ihsan US Geological SurveyJAKARTA 2 Ogos Satu gempa bumi bermagnitud 7 4 Skala Richter berlaku di Banten kira kira 120km dari sini petang ini dan...
Gempa Bumi M 2 9 Goyang Raja Ampat Pagi Ini

Gempa Bumi M 2 9 Goyang Raja Ampat Pagi Ini

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 25 hits
Gempa bumi dengan magnitudo 2 9 terjadi di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat pukul 07 02 WIT Selasa BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami
Allahuakbar Allah Allah Detik Detik Cemas Ketika Indonesia Dilanda Gempa Bumi Kuat

Allahuakbar Allah Allah Detik Detik Cemas Ketika Indonesia Dilanda Gempa Bumi Kuat

papar berkaitan - pada 3/8/2019 - jumlah : 73 hits
Malam tadi kita dikejutkan dengan berita tentang kejadian gempa bumi bermagnitud 7 4 Skala Richter yang menimpa negara jiran Indonesia Dikatakan bahawa gegaran yang tercetus di daerah Banten itu turut dirasai sehingga ke Kota Jakarta Malah ...
Jakarta Dilanda Gempa Bumi 7 4 Magnitud Berpotensi Tsunami

Jakarta Dilanda Gempa Bumi 7 4 Magnitud Berpotensi Tsunami

papar berkaitan - pada 3/8/2019 - jumlah : 80 hits
Jakarta dilanda gempa bumi kuat SATU gempa bumi kuat berukuran 7 4 magnitud menggegarkan Jakarta dan beberapa wilayah berhampiran sebentar tadi CNN Indonesia melaporkan gegaran kuat dirasai selama beberapa minit pada 7 05 malam menyebabkan ...
Indonesia Berjaga Jaga Gempa Bumi Kuat Gegar Wilayah Banten Amaran Tsunami Dikeluarkan

Indonesia Berjaga Jaga Gempa Bumi Kuat Gegar Wilayah Banten Amaran Tsunami Dikeluarkan

papar berkaitan - pada 3/8/2019 - jumlah : 55 hits
Jakarta Gempa bumi kuat dengan magnitud 7 4 skala richter telah menggegarkan daerah Sumur Banten sebentar tadi pada kira kira jam 7 p m waktu tempatan Menurut data dikeluarkan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika gempa bumi tersebut berpote...
2000 Bangunan Bergelap Taiwan Digegar Gempa Bumi 6 Skala Ritcher

2000 Bangunan Bergelap Taiwan Digegar Gempa Bumi 6 Skala Ritcher

papar berkaitan - pada 8/8/2019 - jumlah : 67 hits
Beberapa jam yang lepas Taiwan telah digegarkan dengan satu gempa bumi dengan kekuatan sederhana 6 0 skala Ritcher menurut US Geological Survey Gempa bumi berkenaan telah mengakibatkan beberapa buah bangunan mengalami kerosakan Malah bangun...
Dua Gempa Bumi Gegar Filipina Ragut Lima Nyawa

Dua Gempa Bumi Gegar Filipina Ragut Lima Nyawa

papar berkaitan - pada 28/7/2019 - jumlah : 78 hits
Manila Lima orang terbunuh dan 12 lagi cedera dalam dua gempa bumi yang melanda kepulauan Batanes di utara pulau Luzon Filipina pada Sabtu lapor agensi berita Xinhua Gabenor Batanes Marilou Cayco memberitahu media tempatan seramai lima oran...
Rotasi Bumi Melambat Secara Misterius Waspada Frekuensi Gempa Dahsyat Semakin Tinggi

Rotasi Bumi Melambat Secara Misterius Waspada Frekuensi Gempa Dahsyat Semakin Tinggi

papar berkaitan - pada 1/8/2019 - jumlah : 37 hits
Rotasi Bumi secara misterius melambat dan hal itu dapat menyebabkan peningkatan frekuensi gempa bumi dahsyat Dilansir dari Express co uk pada Senin para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa rotasi semakin Bumi melambat Perlambatan ini sebena...
Ramai Netizen Puji Bila Datin Diana Danielle Berhijab

Kisah Lebuhraya Karak Yang Masih Kekal Misteri

Suami Isteri Tak Perlu Tunjuk Sangat Gambar Cium Mulut

Melampau Akhbar Terbitkan Gambar Disunting Zahid Dan Hadi Kahwin

Jari Tengah Scammer Kereta Sambung Bayar 2019

Akhirnya Terjawab Filem Remp It 2 Dibatalkan

Ular Berkaki Korban Kebakaran Hutan Di Riau Indonesia

Sinopsis Hotel Del Luna



5 Pemain Bola Sepak Terkenal Yang Akhirnya Diisytiharkan Bankrap

Selepas Perang Dagang US China Jualan Iphone 11 Hambar di China

Memahami Masalah Harga Kediaman Yang Terlalu Tinggi

Bekas Bintang Akademi Fantasia Shazroul Kritikal Di ICU

5 Individu Yang Memenangi Hadiah Loteri Dengan Cara Menipu


Resepi Kangkung Goreng Belacan Sangat Mudah

Jenama China Bagus Ke

Alhamdulillah Zamani Sudah Sah Berkahwin

Bekal Mommy Best

Restoran Mamak Tidak Perlu Beroperasi Dengan Sijil Halal

Bmf Fucuk Soun Halal