Keutamaan Shalat Dhuha Dan Tata Cara Shalat Dhuha


Abu Hurairah berkata, “Nabi (sallallahu alahi wassalam) menyarankan saya untuk melakukan tiga hal: puasa tiga hari setiap bulan, shalat dua rakaat di pagi hari dan untuk melakukan sholat witr sebelum saya tidur (pada malam hari).” (Saheeh Al-Bukhaari)
Keutamaan Shalat Dhuha Abu Dzarr meriwayatkan bahwa Nabi (sallallahu alaihe wassallam) berkata, “Setiap pagi ada tulang-tulang dan persendian kalian yang melakukan tindakan amal. Setiap perkataan ‘SubhaanAllah’ adalah tindakan amal; setiap perkataan ‘Alhumdullilah’ adalah tindakan amal dan setiap ucapan ‘Laa illaaha illallah’ adalah tindakan amal; setiap perkataan ‘Allahu akbar’ adalah tindakan amal; memesan barang adalah tindakan yang bisa diubah; memberantas kejahatan adalah tindakan amal. Untuk memenuhi amal itu, cukup berdoa dua rakat pagi hari. ” (Muslim 364)
Dikisahkan Anas, Rasulullah (sallallahu alaihe wassallam) berkata, “Siapa pun yang berdoa dua belas rakat Dhuhaa, Allah akan membangun sebuah kastil untuknya di surga.” (At-Tirmidzi yang menilai itu Gharib “tidak dikenal, ragu-ragu”).
Jumlah Raka’ah (Unit Doa):
Jumlah minimum rakaat untuk shalat pagi hari atay shalat duha adalah dua, berdasarkan hadits yang baru saja dikutip dan maksimumnya adalah delapan. Umm Haani meriwayatkan bahwa pada hari Penaklukan Mekah, Rasulullah (sallallahu alaihe wassallam) mandi di rumahnya dan kemudian shalat delapan rakaat. (Bukhari, Muslim)
Perbedaan Antara Shalat Ishraaq dan Shalat Dhuha
Shalat Ishraaq (“ishrak”) adalah shalat Dhuhaa (“chast”) yang ditawarkan di awal masanya. Ini bukan dua shalat yang berbeda. Ini disebut Ishraaq karena dilakukan segera setelah matahari terbit (shurooq) ketika matahari telah naik ke ketinggian tertentu.
Waktu Terbaik untuk Melakukan Shalat Dhuha
Waktu sholat Dhuha adalah dari waktu ketika matahari telah naik ke ketinggian tertentu, sampai tepat sebelum waktu untuk sholat Dhuhr. Shaykh Ibn ‘Uthaymeen mendefinisikannya dari seperempat jam setelah matahari terbit hingga sepuluh menit sebelum sholat Dzuhur. (Al-Sharh al-Mumti ‘, 4/122)
Para ulama mendefinisikan ini sebagai ketika seperempat hari telah berlalu, yaitu, setengah jalan antara matahari terbit dan sholat Dzikir. (Lihat al-Majmoo ‘oleh al-Nawawi, 4/36; al-Mawsoo’ah al-Fiqhiyyah, 27/224)
Jadi semua periode ini adalah waktu untuk sholat Dhuhaa. Lebih baik untuk berdoa setelah panas matahari menjadi kuat, karena Nabi mengatakan: “Lebih baik untuk melaksanakan shalat Dhuhaa ketika panas matahari telah menjadi begitu kuat bahkan anak muda dari unta merasakannya. ” (HR. Muslim, 748)
Zayd ibn Arqam mengatakan bahwa Nabi (sallallahu alaihe wassllam) pergi kepada orang-orang Quba dan mereka sedang berdoa shalat di pagi hari. Dia berkata, “Doa orang yang bertobat adalah ketika unta yang disapih merasakan panasnya matahari,” selama siang hari. (Muslim 368)
Hadits ini juga menunjukkan bahwa waktu sholat Dhuhaa yang terbaik adalah sebelum tengah hari.
Tata Cara Shalat Dhuha
Saat kalian ingin melakukan shalat dua, tahap pertama yang harus dilakukan yaitu berwudhu terlebih dahulu, kemudian tahap kedua adalah ucapkan niat misalnya “saya niat melakukan shalat dhuha sebanyak 2 rakaat karena allah ta’ala”. Kemudian selanjutnya kaian bisa langsung pergi ketempat kalian akan melaksanakan shalat dan mengarah ke kiblat.
Kemudian kalian bisa melafalkan takbir, membaca “subhanaka” kemudian kalian bisa melakukan seperti shalat biasa sebanyak dua rakaat. Setelah kalian salam, jangan lupa untuk berdzikir dan banyak-banyak beristigfar dan berdoa untuk meminta rahmat pada Allah SWT. Bisa kalian lihatkan bahwa shalat dhuha meskipun Sunnah merupakan hal yang sangat menguntungkan dan diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW. (ADV)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/keutamaan-shalat-dhuha-dan-tata-cara-shalat-dhuha/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tata Cara Shalat Tarawih Di Rumah Niat Bacaan Dan Keutamaan

Tata Cara Shalat Tarawih Di Rumah Niat Bacaan Dan Keutamaan

papar berkaitan - pada 20/4/2020 - jumlah : 970 hits
Shalat tarawih pada bulan Ramadhan 1441 ini nuansanya sedikit berbeda Karena adanya pandemi covid 19 para ulama termasuk MUI mengimbau agar tarawih dilaksanakan di rumah saja Bagaimana tata cara shalat tarawih di rumah niat dan keutamaannya...
Tata Cara Sholat Dhuha Niat Dan Doa Rezeki Barokah Lancar Jaya

Tata Cara Sholat Dhuha Niat Dan Doa Rezeki Barokah Lancar Jaya

papar berkaitan - pada 4/5/2020 - jumlah : 293 hits
Sholat dhuha adalah sholat sunnah istimewa dengan keutamaan luar biasa Di antaranya rezeki barokah lancar jaya Bagaimana tata cara niat sholat dhuha doa dan bacaannya Serta apa saja keutamaan sholat ini Berikut ini pemaparannya Keutamaan Sh...
Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Jelang Masuknya Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Doa

Niat Dan Tata Cara Mandi Wajib Jelang Masuknya Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Doa

papar berkaitan - pada 23/4/2020 - jumlah : 374 hits
Bulan Ramadhan akan segera tiba Banyak tradisi yang dilakukan umat islam dalam menyambut datangkan puasa Ramadhan Satu diantaranya melakukan tradisi mandi wajib puasa ramadhan Pada puasa ramadhan kali ini 1 Ramadhan diprediksi jatuh pada Ju...
Ini Tata Cara Sholat Duha Supaya Rezeki Lancar

Ini Tata Cara Sholat Duha Supaya Rezeki Lancar

papar berkaitan - pada 26/4/2020 - jumlah : 316 hits
Bagi umat Islam ibadah sunah menjadi ibadah tambahan setelah wajib Apalagi di bulan Ramadan umat Islam akan mendapat pahala yang besar dengan melakukan ibadah sunnah Salah satu ibadah sunnah yang banyak dilakukan ialah shalat duha Biasanya ...
Cara Hilangkan Mengantuk Waktu Bangun Sahur

Cara Hilangkan Mengantuk Waktu Bangun Sahur

papar berkaitan - pada 25/4/2020 - jumlah : 720 hits
Cara hilangkan mengantuk waktu bangun sahur Assalamualaikum dan salam sejahtera Di antara perkara yang paling sukar buat sesetengah orang adalah bangun sahur Dan atas sebab itu ramai yang sahur awal iaitu makan sebelum mereka masuk tidur Na...
Cara Membuat Motif Batik Tulis Yang Mudah Dan Sederhana

Cara Membuat Motif Batik Tulis Yang Mudah Dan Sederhana

papar berkaitan - pada 25/4/2020 - jumlah : 815 hits
Cara Membuat Motif Batik Tulis yang Mudah dan Sederhana Cara Membuat Motif Batik Tulis yang Mudah dan Sederhana Batik merupakan hasil karya berupa gambar khas sesuai dengan kondisi dan wilayah tertentu yang ada di Indonesia Batik sendiri me...
Cara Legakan Selesema Anak Kecil

Cara Legakan Selesema Anak Kecil

papar berkaitan - pada 25/4/2020 - jumlah : 243 hits
Tidak banyak yang anda boleh lakukan kecuali menunggu dan berikan anak anda cecair dan rehat selain memperbanyakkan jumlah jus buahan yang kaya dengan vitamin C Rujuk kepada doktor jika hendak memberikannya ubat Selain itu ada cara lain unt...
Cikgu Ini Ajar Cara Uruskan Kain Baju Menimbun 10 Minit Pun Boleh Settle

Cikgu Ini Ajar Cara Uruskan Kain Baju Menimbun 10 Minit Pun Boleh Settle

papar berkaitan - pada 25/4/2020 - jumlah : 319 hits
Dalam tempoh Perintah Kawalan Pergerakan ini adalah waktu yang sesuai untuk satu keluarga menolong antara satu sama lain mengemas rumah atau mempelajari sesuatu yang berfaedah bersama Tidak dinafikan dalam pengurusan aktiviti harian di ruma...
Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Jadilah Wanita Yang Mahal Thalia Baiduri Harap Wanita Jaga Darjat Jangan Bergaduh Kerana Buaya

Jpsm Mengesahkan Kegiatan Pembalakan Di Bukit Beserah Berlaku Dalam Kawasan Tanah Persendirian

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Tips Mudah Jadi Miskin

Baby Car Seat Malaysia Safety Standards What Parents Need To Know

Antara Momen Yang Umi Akan Rindu

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Leave Pang Alone Skjcs Aren T Illegal Umno Man Tells Fadhli