Ketua Ulmwp Berita Pembunuhan Di Nduga Adalah Propaganda Indonesia


Benny Wenda : Berita pembunuhan di Nduga adalah propaganda Indonesia

Jayapura, Jubi - Ketua United Liberation Movement for West Papua, Benny Wenda mengaku belum mendapatkan informasi langsung terkait insiden dugaan pembunuhan di Nduga. Ia mengatakan baru mendapatkan informasi dari media massa yang terfokus pada jumlah korban saja.
Berita-berita di media massa ini diduga oleh Wenda sebagai bentuk propaganda Indonesia. Narasi tentang pembunuhan yang menewaskan puluhan orang itu untuk menegasikan dukungan rakyat Indonesia yang semakin luas terhadap hak penentuan nasib sendiri. Sebab saat ini, semakin banyak orang Indonesia yang memahami keinginan rakyat dan bangsa Papua untuk berpisah dari Indonesia.

Baca juga: KEWAJIBAN IMPELEMENTASI KONVENSI JENEWA 1949 DI KABUPATEN NDUGA

“Berita pembunuhan di Nduga adalah propaganda Indonesia. Itu dugaan saya. Karena semakin luasnya dukungan rakyat Indonesia kepada rakyat dan bangsa Papua itu terlihat pada 1 Desember kemarin. Sebab itu Indonesia berupaya menunjukkan pada masyarakat Indonesia bahwa orang Papua itu brutal dan bisa melakukan pembantaian. Insiden belum bisa dikonfirmasi, namun narasi “pembantaian” itu sudah berkembang luas melalui media massa dan foto-foto hoax korban beredar di media social,” kata Benny Wenda melalui sambungan telepon kepada Jubi, Rabu (5/12/2018)..

Ia juga menduga jika narasi pembunuhan ini dikembangkan Indonesia untuk melegitimasi droping pasukan lebih besar lagi ke Papua.

Berkaitan dengan sikap ULMWP, Wenda menegaskan bahwa ULMWP sejak berdiri telah memilih jalan lobby, diplomasi dan anti kekerasan.

“ULMWP posisinya jelas. Sebagai elemen politik kami berjuang secara damai, tanpa kekerasan. Tapi kalau TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat), itu lain cerita,” lanjut Wenda.

Menurutnya, hingga saat ini ULMWP belum bisa memberikan pernyataan resmi karena masih mengumpulkan informasi secara komperehensif dari sumber pertama.  ULMWP lanjutnya, belum bisa mengkonfirmasi tuduhan yang disampaikan oleh TNI dan polisi terkait peristiwa di Nduga itu

“Jika benar TPNPB yang melakukan serangan itu, mereka pasti akan mengaku sebagai pihak yang bertanggungjawab,” lanjut Wenda.

Baca juga: Mendukung Revolusi Bersenjata, Kemenangan untuk Rakyat

Wenda yang bermukim di Inggris ini juga mengungkit pembangunan Jalan Trans Papua yang dikerjakan oleh TNI, terutama di wilayah Kabupaten Nduga.

Proyek Jalan Trans Papua ini sendiri, kata Wenda, dulunya bernama jalan Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (P4B). Melalui Kepres No. 40 Tahun 2013, dimasa pemerintahan SBY, pengerjaan jalan ini diserahkan kepada TNI. Kemudian pada masa Jokowi, proyek jalan ini berubah nama menjadi Jalan Trans Papua.

Pada tahun 2016, Jokowi memandatkan pembangunan jalan ini, terutama di wilayah terisolir, kepada TNI. Pada tahun 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadikan Zeni TNI AD sebagai mitra kerja membuka trans Papua. Awal 2016, tim Zeni bekerja mengikis pinggang dan punggung pegunungan Jayawijaya yang melintang membelah Kabupaten Nduga dan Jayawijaya. Tak jarang mereka harus memakai bahan peledak untuk menghancurkan batu yang menghalangi pembangunan jalan.

Baca juga: TPN-PB Berhenti Perang Bila Papua Barat Merdeka dari penjajah

Total kekuatan yang dikerahkan jajaran Zeni Angkatan Darat sejumlah 394 orang personel dengan komposisi POP-1 meliputi Denzipur-10 dan Denzipur-12, mengerjakan ruas jalan Wamena-Habema dan Habema-Mbua. POP-2 yaitu Yonzipur-18, mengerjakan ruas jalan Mbua-Mugi dan Mugi-Paro, sedangkan POP-3 dari Yonzikon-14 mengerjakan ruas jalan Paro-Kenyam dan Kenyam-Mamugu, dengan kekuatan tiap POP berjumlah 107 personel. Sementara itu, alat berat yang dibutuhkan dalam pembuatan ruas jalan ini terdiri dari Exavator, Dozer, Grader, Dump Truck, Tandem Roller, Tyred Roller, Vibro dan Tangki Air dengan kebutuhan pembukaan jalan berjumlah 78 unit dan pengaspalan jalan berjumlah 60 unit alat berat.

“Faktanya, semua bisnis menyangkut pembangunan jalan trans tersebut dilakukan oleh TNI sehingga sangat kuat dugaan pekerja proyek jalan tersebut sebagai anggota militer, bukan pekerja sipil,” kata Wenda. (*)

Sumber: https://tabloidjubi.com/artikel-21643-benny-wenda--berita-pembunuhan-di-nduga-adalah-propaganda-indonesia.html

*Nonton juga video berikut, pembangunan jalan trans Papua:



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2018/12/ketua-ulmwp-berita-pembunuhan-di-nduga.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Wakil Ketua Dpd Sebut Sdm Yang Berkualitas Di Indonesia Hanya 7 2 Persen

Wakil Ketua Dpd Sebut Sdm Yang Berkualitas Di Indonesia Hanya 7 2 Persen

papar berkaitan - pada 25/11/2018 - jumlah : 161 hits
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Nono Sampono menilai hingga kini sumber daya manusia produktif hanya 7 2 persen dari total angkatan kerja Hal itu dia ungkapkan dalam Festival Beasiswa Nusantara di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta
Pbb Soroti Pemerintah Indonesia Atas Insiden Pembunuhan Di Papua

Pbb Soroti Pemerintah Indonesia Atas Insiden Pembunuhan Di Papua

papar berkaitan - pada 10/12/2018 - jumlah : 182 hits
PBB menuturkan akar masalah di Papua selama ini tidak dipahami dan ditangani dengan baik oleh pemerintah Indonesia
Terkait Perang Nduga Ini Pernyataan Aliansi Mahasiswa Papua Untuk Indonesia Dan Pbb

Terkait Perang Nduga Ini Pernyataan Aliansi Mahasiswa Papua Untuk Indonesia Dan Pbb

papar berkaitan - pada 6/12/2018 - jumlah : 345 hits
PERNYATAAN SIKAP ALIANSI MAHASISWA PAPUANduga pada 01 Desember 2018 Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Kodap III Nduga dibawa pimpinan Komandan Operasi Penme Kogoya dan Egianus Karunggu telah menyerang dan menembak 24 anggota Tentara N...
Asosiasi Jalan Tol Indonesia Kembali Dihidupkan Setelah Vakum 20 Tahun

Asosiasi Jalan Tol Indonesia Kembali Dihidupkan Setelah Vakum 20 Tahun

papar berkaitan - pada 5/12/2018 - jumlah : 187 hits
Asosiasi Jalan Tol Indonesia kembali dihidupkan setelah berhenti beroperasi selama 20 tahun Diharapkan ATI bisa menjalin kerjasama baik dengan pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya para pengguna tol
Menko Puan Bicara Kesiapan Indonesia Hadapi Darurat Kesehatan Di Ktt Who

Menko Puan Bicara Kesiapan Indonesia Hadapi Darurat Kesehatan Di Ktt Who

papar berkaitan - pada 5/12/2018 - jumlah : 173 hits
Pemerintah Indonesia juga telah membentuk unit khusus yaitu unit krisis kesehatan pada Kementerian Kesehatan yang didukung oleh unit unit serupa di tingkat provinsi dan kabupaten kota di seluruh Indonesia
Garap Tambang Emas Ancora Indonesia Butuh Dana Usd 25 Juta Hingga 2020

Garap Tambang Emas Ancora Indonesia Butuh Dana Usd 25 Juta Hingga 2020

papar berkaitan - pada 5/12/2018 - jumlah : 221 hits
Direktur Utama OKAS Rolaw Samosir mengatakan pihaknya tengah merundingkan opsi pendanaan yang tepat apakah itu berupa Penerbitan Surat Utang atau Penerbitan Saham Baru
Realme U1 Segera Masuk Indonesia Kapan

Realme U1 Segera Masuk Indonesia Kapan

papar berkaitan - pada 5/12/2018 - jumlah : 156 hits
Setelah berhasil meluncurkan Realme U1 di India smartphone tersebut akan menyambangi Indonesia Kapan Berdasarkan keterangan persnya Selasa 10 Desember 2018 akan menjadi saksi meluncurnya Realme U1 di Indonesia
Hingga September 2018 Penjualan Ancora Indonesia Naik 37 Persen

Hingga September 2018 Penjualan Ancora Indonesia Naik 37 Persen

papar berkaitan - pada 5/12/2018 - jumlah : 246 hits
PT Ancora Indonesia Resources Tbk mengalami lonjakan dari sisi penjualan secara Year to Date pada September 2018 mencapai USD 102 043 juta naik 37 persen dibanding tahun lalu sebesar USD 74 538 juta
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Wee Barking Up The Wrong Tree

Penyalahgunaan Kuasa Penyakauan Harta Rakyat Oleh Mahathir Wajib Didedahkan

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls

Zus Coffee Ice Green Tea Latte

Let S Be Reasonable Tun M Don T Call The Kettle Black

Isu Buang Beras Sardin Semuanya Sudah Rosak Busuk Bekas Ahli Parlimen Kuala Krau

7 Petunjuk Tentukan Kemenangan Prk Kuala Kubu Bharu



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Filem Reversi

Pucuk Manis Khasiat Dan Kesan Sampingan

Arief Apa Salahku Chord

8 Tanda Tanda Buasir Berdarah Mungkin Sebenarnya Kanser Usus

Afidivit Sokong Tahanan Rumah Najib Razak Ada Kesilapan

K Speed Strikes Again With A Menacing Honda Dax Caf Racer