Kencangkan Ikat Pinggang Ini Sederet Tarif Yang Bakal Naik


Sederet harga yang diatur pemerintah atau administered price (AP) bakal mengalami penyesuaian dalam beberapa waktu ke depan.
Mengutip CNBC Indonesia, Sabtu (5/10/2019), harga-harga yang bakal naik tersebut mulai dari kesehatan, transportasi, hingga listrik.
Beberapa yang dipastikan naik adalah iuran BPJS kesehatan hingga tarif parkir di Jakarta.
Tentunya, kenaikan tarif ini perlu diantisipasi karena pengeluaran akan bertambah.
Apa saja tarif-tarif yang bakal naik tersebut? Berikut informasi selengkapnya:
1. Kenaikan Iuran BPJS
Kenaikan iuran BPJS Kesehatan akan berlaku untuk seluruh peserta. Kenaikan tersebut mulai berlaku pada 1 Januari 2020 mendatang. Berikut kenaikannya:
a). Penerima Bantuan Iuran (PBI), iuran naik dari Rp 23.000 menjadi Rp 42.000 per jiwa. Besaran iuran ini juga berlaku bagi Peserta yang didaftarkan oleh Pemda (PBI APBD).
Iuran PBI dibayar penuh oleh APBN, sedangkan Peserta didaftarkan oleh Pemda (PBI APBD) dibayar penuh oleh APBD.
b). Pekerja Penerima Upah Pemerintah (PPU-P), yang terdiri dari ASN/TNI/POLRI, semula besaran iuran adalah 5% dari gaji pokok dan tunjangan keluarga, di mana 3% ditanggung oleh Pemerintah dan 2% ditanggung oleh ASN/TNI/POLRI yang bersangkutan, diubah menjadi 5% dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, tunjangan profesi, dan tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan bagi PNS Daerah, dengan batas sebesar Rp 12 juta, dimana 4% ditanggung oleh Pemerintah dan 1% ditanggung oleh ASN/TNI/POLRI yang bersangkutan.
c). Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU-BU), semula 5% dari total upah dengan batas atas upah sebesar Rp 8 juta, dimana 4% ditanggung oleh Pemberi Kerja dan 1% ditanggung oleh Pekerja, diubah menjadi 5% dari total upah dengan batas atas upah sebesar Rp 12 juta, dimana 4% ditanggung oleh Pemberi Kerja dan 1% ditanggung oleh Pekerja.
d). Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU)/Peserta Mandiri:
Kelas 3: naik dari Rp 25.500 menjadi Rp 42.000 per jiwa Kelas 2: naik dari Rp 51.000 menjadi Rp 110.000 per jiwa Kelas 1: naik dari Rp 80.000 menjadi Rp 160.000 per jiwa 2. Harga Rokok
Selanjutnya, harga rokok juga bisa naik. Presiden Jokowi telah menyetujui tarif cukai rokok yang baru sebesar 23%, dan akan mulai berlaku pada Januari 2020.
Keputusan tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai menggelar rapat secara tertutup di Istana Kepresidenan.
“Kenaikan average 23% untuk tarif cukai, dan 35% dari harga jualnya yang akan kami tuangkan dalam Permenkeu,” kata Sri Mulyani.
Kepala Sub Direktotat Publikasi dan Komunikasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Deni Surjantoro mengatakan, kenaikan harga jual eceran (HJE) rokok yang disampaikan menkeu merupakan harga rata-rata.
Deni memastikan, kenaikan HJE rokok secara tidak langsung akan mengerek naik harga rokok yang dijual di pasaran saat cukai rokok berlaku. Namun, sampai saat ini pemerintah belum menetapkan kisaran HJE.
3. Subsidi Listrik 900 VA Dihapus
Setelah rokok, pemerintah sudah sepakat menghapus subsidi untuk pelanggan listrik rumah tangga mampu 900 VA mulai tahun depan. Imbasnya, pelanggan tersebut akan kena penyesuaian tarif mulai 2020.
Direktur Pengadaan Strategis II PLN Djoko Abumanan mengatakan, memang kebijakan pemerintah menginginkan subsidi yang lebih tepat sasaran, untuk pelanggan 900 VA adalah pelanggan yang masuk kategori rumah tangga mampu saja yang dicabut.
“PLN minta itu tepat sasaran, jangan duplikasi. Tapi kan susah selama ini karena yang disubsidi adalah 900 VA dan 450 VA. Maka diputuskan pada 2016, 900 VA dicabut kecuali yang masuk dalam keluarga miskin. 450 VA juga campur ada yang harusnya tak berhak, tapi tetap subsidi. Terpaksa, ini belum dipilah, yang sudah dipadankan baru 900 VA,” ujar Djoko.
Keputusannya adalah mencabut pelanggan 900 VA yang mampu dan tak mampu, yang diperkirakan berjumlah 27 juta pelanggan di 2020.
“Kan nyambungnya 3 jutaan setiap tahun, kita prediksi Januari besok jumlahnya jadi 27 juta.”
Berhubung keputusan sudah bulat untuk mencabut subsidi 900 VA, maka PLN bisa masuk ke kebijakan penyesuaian tarif.
Sebab, alokasi subsidi ke PLN dipastikan akan turun, sehingga substitusinya adalah penerimaan dari pelanggan yang tidak disubsidi lagi.
“Kelompok yang tadinya disubsidi jadi tidak subsidi. Tapi belum tentu kenaikan tarif, karena tergantung dolar, ICP, dan inflasi. Masuk tarif penyesuaian 3 bulanan saja.” kata Djoko.
Memang, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkapkan tarif listrik belum tentu naik meski subsidi listrik telah disepakati turun oleh pemerintah dan DPR dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020.
Jonan mengatakan, pemerintah belum mengambil keputusan mengenai penerapan skema tarif listrik atas penurunan subsidi listrik. Sebab masih menunggu penetapan Undang-Undang APBN 2020.
“Itu yang diputuskan dulu, nanti kita tunggu mana hasilnya yang detail, nanti baru kita publikasikan,” kata Jonan.
4. Tarif Ojek Online Naik
Kementerian Perhubungan resmi memberlakukan tarif baru ojol di seluruh Indonesia. Kenaikan tarif ojol ini mulai berlaku tanggal 2 September 2019.
Ada dua komponen perhitungan tarif ojek online, pertama, tarif langsung atau pendapatan yang didapatkan langsung oleh driver (tarif ini ditentukan Kemenhub) Kedua, tarif tidak langsung yang ditentukan langsung Grab dan Gojek yang besarnya tidak boleh lebih dari 20% dari total biaya.
Berikut tarif langsung ojek online yang ditetapkan Kemenhub:
Zona I (Sumatra, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek): Rp 1.850-2.300 per km dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000 Zona II (Jabodetabek): Rp 2.000-2.500 per km dengan biaya minimal Rp 8.000-10.000 Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya): Rp 2.100-2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000. 5. Tarif Parkir Naik
Pemprov DKI Jakarta juga segera menaikkan tarif parkir kendaraan bermotor tahun ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut tidak ingin kenaikan tarif parkir itu ditunda-tunda.
Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2017, tarif parkir diatur untuk mobil minimal Rp 3 ribu/jam dan maksimal Rp 12 ribu/jam, sedangkan untuk motor minimal Rp 2 ribu/jam dan maksimal Rp 6 ribu/jam.
Nantinya lokasi parkir yang tarifnya mengalami kenaikan itu adalah yang dikelola Dishub DKI. Sedangkan untuk lokasi parkir yang dikelola swasta akan dibahas lebih lanjut. Sayangnya Pemprov belum menentukan berapa kenaikan tarif parkir ini.
6. Tarif Tol Naik
Terbaru adalah kenaikan tarif sejumlah ruas tol dari Oktober hingga akhir tahun mendatang. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan mengumumkan kenaikan ruas tol yang akan berlaku setelah pelantikan Presiden akhir Oktober nanti.
Berdasarkan jadwal dua tahunan, seharusnya bakal ada sedikitnya 13 ruas tol yang berpotensi mengalami kenaikan tarif hingga akhir tahun.
“Yang sudah itu Tol Jakarta-Tangerang sudah ditandatangani Pak Menteri. Tapi Pak Menteri berpesan kita lihat situasi di masyarakat ya,” Kepala BPJT Danang Parikesit.
Namun, secara total ada 18 ruas tol yang menurut aturan bisa disesuaikan tarif karena penundaan tahun lalu. Namun dia 18 ruas tol sifatnya masih pengajuan.
Danang saat ditanya berapa ruas tol pasti yang akan naik akhir tahun ini, menegaskan ruas-ruas yang mengalami kenaikan juga karena ada penggabungan tarif.
Tol I Integrasi Jakarta-tangerang & Tangerang-merak (Cikupa) Tangerang (Cikupa)-Merak Jagorawi Kertosono Mojokerto Makassar seksi IV Cikampek-Palimanan Gempol-Pandaan tahap I Surabaya-Mojokerto Palimanan-Kanci Semarang Seksi A-B-C Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT) Pondok Aren-Serpong Belawan-Medan-Tanjung Morawa Ujung Pandang seksi I&II Nusa dua-Ngurah Rai-Benoa Surabaya- Gempol Pasirkoja- Soreang Surabaya – Gresik Sumber: detik.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/kencangkan-ikat-pinggang-ini-sederet-tarif-yang-bakal-naik/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kencangkan Ikat Pinggang Demi Selesaikan Aduan Warga

Kencangkan Ikat Pinggang Demi Selesaikan Aduan Warga

papar berkaitan - pada 6/10/2019 - jumlah : 201 hits
Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta itu rela merogoh kocek pribadinya untuk membantu keluhan warga Bahkan kini dia rela menahan keinginannya untuk jajan di restoran agar bisa mengambil ijazah warga
Kpu Sebut Honor Penyelenggara Pilkada Ad Hoc 2020 Bakal Naik

Kpu Sebut Honor Penyelenggara Pilkada Ad Hoc 2020 Bakal Naik

papar berkaitan - pada 8/10/2019 - jumlah : 164 hits
Pramono menyebut honor penyelenggara pilkada ad hoc belum naik sejak Pilkada 2015 Sayangnya rencana kenaikan honor itu menemui kendala lantaran ketersediaan anggaran di sejumlah pemerintah daerah minim
Siap Siap Tak Lama Lagi Tarif 11 Tol Milik Jasa Marga Ini Akan Naik

Siap Siap Tak Lama Lagi Tarif 11 Tol Milik Jasa Marga Ini Akan Naik

papar berkaitan - pada 29/9/2019 - jumlah : 158 hits
Beberapa ruas jalan tol akan segera mengalami penyesuaian tarif di tahun ini 11 Ruas diantaranya merupakan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga Tbk Jadwal pasti kenaikan tarif tol tersebut belum ditentukan Namun dipastikan kenaikan tarif te...
Didakwa Aniaya Hakim Dengan Ikat Pinggang Pengacara Desrizal Ajukan Eksepsi

Didakwa Aniaya Hakim Dengan Ikat Pinggang Pengacara Desrizal Ajukan Eksepsi

papar berkaitan - pada 8/10/2019 - jumlah : 176 hits
Pengacara Desrizal Chaniago didakwa melakukan penganiayaan kepada dua hakim Jaksa penuntut umum Permana menyebut pengacara Tommy Winata itu menganiaya hakim dengan menggunakan ikat pinggang dan dilakukan dengan sengaja
Tarif 13 Ruas Jalan Tol Naik Tahun Ini Termasuk Jagorawi Jakarta Tangerang

Tarif 13 Ruas Jalan Tol Naik Tahun Ini Termasuk Jagorawi Jakarta Tangerang

papar berkaitan - pada 28/9/2019 - jumlah : 137 hits
Danang menjelaskan kenaikan tarif tersebut bukanlah tiba tiba melainkan memang sudah waktunya yakni sesuai perjanjian pengusahaan
Per 1 Januari 2020 Tarif Pengiriman Internasional Dhl Express Naik 4 9 Persen

Per 1 Januari 2020 Tarif Pengiriman Internasional Dhl Express Naik 4 9 Persen

papar berkaitan - pada 2/10/2019 - jumlah : 168 hits
Perusahaan Pengiriman DHL Express mengumumkan kenaikan rata rata harga pengiriman internasional sebesar 4 9 persen yang berlaku efektif pada 1 Januari 2020 Penyesuaian harga akan memungkinkan perusahaan asal Jerman ini untuk berinvestasi pa...
Singapura Bakal Robohkan Patung Singa Merlion Di Sentosa Island

Singapura Bakal Robohkan Patung Singa Merlion Di Sentosa Island

papar berkaitan - pada 25/9/2019 - jumlah : 396 hits
Lokasi kawasan wisata tugu Kepala Singa Berbadan Ikan yang merupakan tugu tertinggi di Singapura tersebut akan dirobohkan dan diganti dengan sejumlah struktur baru Rencananya di tempat itu akan dibuat jalan raya bertingkat pedestrian hingga...
13 Penyanyi Bakal Bertanding Di Gegar Vaganza 6

13 Penyanyi Bakal Bertanding Di Gegar Vaganza 6

papar berkaitan - pada 24/9/2019 - jumlah : 964 hits
Memecahkan kebuntuan orang ramai senarai peserta Gegar Vaganza musim keenam akhirnya rasmi diumumkan tadi Pada tahun ini Farm Fresh menjadi penaja utama manakala Cuckoo Adabi Digi dan Uphamol menjadi penaja bersama untuk Gegar Vaganza musim...
Nasib Rm 1 25 Billion Anak Tiri Najib Bakal Ditentukan 6 December

Nasib Rm 1 25 Billion Anak Tiri Najib Bakal Ditentukan 6 December

papar berkaitan - pada 24/9/2019 - jumlah : 265 hits
Mahkamah Sesyen di Kuala Lumpur hari ini menetapkan 6 Dis untuk pengurusan kes Riza Shahriz Abdul Aziz anak tiri kepada bekas perdana menteri Najib Razak yang didakwa atas tuduhan pengubahan wang haram berjumlah AS 248 juta hasil daripada p...
Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Biasa Dari Negeri Yang Tak Pernah Lihat Kepesatan Negeri Yang Lebih Maju Dia Nampak Kedai Proses Ayam Ja

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Why Pm Anwar Rafizi Steven Sim Should Be Worried About World Bank S Report On M Sian Education

This Five Cylinder Puch Proves There S No Replacement For Displacement

Drama Framed Lakonan Mimi Lana Meerqeen

Ceramah Pn Tidak Dapat Sambutan Di Kuala Kubu Baharu Pas Boikot Calon Bersatu Prk Kkb

Adab Tu Kena Ada Walaun Tak Dak Adab Ke Tak Sekolah



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Lanwuu Imagine By Aurora Design In Yunnan China

Raffa Affar Pelita Dalam Doa Chord

Samsung Knox Empowering Consumer Security In The Galaxy A55 5g

Ringgit Closes Higher As Investors Shift From Safe Haven Currencies

Igp Chief Editor Of English Portal To Be Questioned Over Forest City Casino Claim

Traditional Seats No More A Factor In Pn Says Gerakan