Kemenkeu Ungkap Alasan Bambang Trihatmodjo Dicekal Ke Luar Negeri




 Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka suara soal gugatan Bambang Trihatmodjo kepada Menteri Keuangan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Bambang dicekal ke luar negeri terkait SEA Games 1997.
Menurut Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo pencekalan kepada putra Presiden ke-2 RI Soeharto berhubungan dengan piutang negara terkait SEA Games 1997.


 


"Terdapat piutang negara yang belum dibayar atau dilunasi," ujar Yustinus kepada detikcom, Kamis (17/9/2020).


Menurut Yustinus, pencekalan terhadap Bambang Trihatmodjo bisa saja dicabut asal yang bersangkutan melunasi utangnya terlebih dahulu.


"Pada prinsipnya pencekalan dapat dicabut apabila dilakukan pelunasan, dilakukan pembayaran atas piutang negara tersebut," tegasnya


Hal serupa disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Rahayu Puspasari. Rahayu menambahkan, pencekalan terhadap Bambang merupakan usulan dari pembinaan Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) DKI Jakarta.


"Bambang TH dicegah bepergian ke luar negeri atas usulan PUPN DKI karena Bambang TH mempunyai tanggungan yang belum dikembalikan ke negara," kata Rahayu.


Sebelum ada upaya pencekalan, sambung Rahayu, PUPN DKI Jakarta sudah memanggil dan memperingati Bambang Trihatmodjo terkait hal tersebut. Namun, tak diindahkan oleh yang bersangkutan


"Sebelumnya PUPN DKI telah memanggil beberapa kali atau memperingatkan yang bersangkutan, namun tidak pernah hadir memenuhi panggilan tersebut. Setelah beberapa pemanggilan yang tidak dipenuhi ini, PUPN mengajukan pencekalan terhadap Bambang TH. Ini sesuai ketentuan yang berlaku," terangnya.


Namun, menurut Rahayu sampai saat ini pihaknya belum menerima surat gugatan apapun dari PTUN Jakarta.


"Sampai saat ini pihak Kemenkeu belum menerima release pemberitahuan gugatan tersebut," tangkasnya.


Gugatan Bambang terhadap Menkeu tercatat dengan nomor 179/G/2020/PTUN.JKT. Gugatan itu tercatat didaftarkan pada Selasa (15/9) lalu.


Dalam gugatannya, Bambang Trihatmodjo meminta PTUN menyatakan batal atau tidak sah Keputusan Menteri Keuangan Nomor 108/KM.6/2020 Tanggal 27 Mei 2020 tentang Penetapan Perpanjangan Pencegahan Bepergian ke Luar Wilayah Republik Indonesia terhadap Bambang Trihatmodjo (Ketua Konsorsium Mitra Penyelenggara Sea Games XIX Tahun 1997) dalam Rangka Pengurusan Piutang Negara.


Selain itu, Bambang Trihatmodjo dalam gugatannya meminta PTUN mewajibkan tergugat untuk mencabut Keputusan Menkeu Nomor 108/KM.6/2020 Tanggal 27 Mei 2020 tersebut.


Gugatan ini diajukan Bambang Trihatmodjo dengan kuasa hukum Prisma Wardhana Sasmita. Saat ini status perkara masih pemeriksaan persiapan.


Berikut petitum Bambang Trihatmodjo:


1. Mengabulkan gugatan penggugat seluruhnya ;
2. Menyatakan batal atau tidak sah Keputusan Menteri Keuangan No.108/KM.6/2020 Tanggal 27 Mei 2020 Tentang "Penetapan Perpanjangan Pencegahan Bepergian Ke Luar Wilayah Republik Indonesia Terhadap Sdr.Bambang Trihatmodjo (Ketua Konsorsium Mitra Penyelenggara Sea Games XIX Tahun 1997) dalam Rangka Pengurusan Piutang Negara"
3. Mewajibkan Tergugat untuk mencabut Keputusan Menteri Keuangan No.108/KM.6/2020 Tanggal 27 Mei 2020 Tentang "Penetapan Perpanjangan Pencegahan Bepergian Ke Luar Wilayah Republik Indonesia Terhadap Sdr.Bambang Trihatmodjo (Ketua Konsorsium Mitra Penyelenggara Sea Games XIX Tahun 1997) dalam Rangka Pengurusan Piutang Negara"
4. Menghukum Tergugat membayar biaya perkara;


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/09/kemenkeu-ungkap-alasan-bambang.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Dicekal Ke Luar Negeri Putera Presiden Soeharto Gugat Menkeu

Dicekal Ke Luar Negeri Putera Presiden Soeharto Gugat Menkeu

papar berkaitan - pada 18/9/2020 - jumlah : 205 hits
Putra almarhum Presiden ke 2 Indonesia Soeharto Bambang Trihatmodjo menggugat Menteri Keuangan Sri Mulyani ke Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta Ia tak terima dicegah ke luar negeri Bambang mengajukan gugatan pada 15 September 2020 dan pe...
Pemboikotan Wni Di Luar Negeri Bukti Penanganan Covid 19 Dalam Negeri Belum Pas

Pemboikotan Wni Di Luar Negeri Bukti Penanganan Covid 19 Dalam Negeri Belum Pas

papar berkaitan - pada 11/9/2020 - jumlah : 287 hits
Larangan puluhan negara terhadap masuknya warga negara Indonesia mengindikasikan penanganan virus corona baru dalam negeri belum berjalan baik Kebijakan 59 negara tersebut mengonfirmasi pendekatan penanganan Covid 19 di Indonesia belum pas ...
Prabowo Ajukan Utang Luar Negeri Rp296 Triliun Untuk Beli Jet Tempur Dan Kapal

Prabowo Ajukan Utang Luar Negeri Rp296 Triliun Untuk Beli Jet Tempur Dan Kapal

papar berkaitan - pada 8/9/2020 - jumlah : 291 hits
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dikabarkan mengajukan proposal untuk mendapat utang luar negeri sebesar USD 20 miliar atau sekitar Rp 296 triliun Dikutip dari janes com utang luar negeri sebesar itu dijadwalkan untuk periode lima tahun ...
Awang Raweng Diberi Penghormatan Pengebumian Negeri Hari Ini

Awang Raweng Diberi Penghormatan Pengebumian Negeri Hari Ini

papar berkaitan - pada 21/9/2020 - jumlah : 263 hits
M Update 21 9 2020 Jasad mendiang pahlawan negara Datuk Awang Raweng diberi penghormatan Pengebumian Negeri apabila disemadikan di Makam Pahlawan di sini jam 11 pagi hari ini Setiausaha Kerajaan Sarawak Datuk Amar Jaul Samion berkata jasad ...
Kerajaan Negeri Di Minta Siasat Cubaan Bawa Masuk Calon Pengurus Besar Pintu Belakang

Kerajaan Negeri Di Minta Siasat Cubaan Bawa Masuk Calon Pengurus Besar Pintu Belakang

papar berkaitan - pada 21/9/2020 - jumlah : 318 hits
KUANTAN Kerajaan Negeri Pahang diminta menyiasat dakwaan kekosongan jawatan Pengurus Besar Perbadanan Kemajuan Bukit Fraser akan diisi oleh calon pintu belakang Menurut sumber kekosongan untuk jawatan berkenaan telah diiklankan oleh PKBF da...
Keselamatan Kedaulatan Negeri Sabah Tak Boleh Dirunding Bung Moktar

Keselamatan Kedaulatan Negeri Sabah Tak Boleh Dirunding Bung Moktar

papar berkaitan - pada 21/9/2020 - jumlah : 383 hits
Pengerusi Barisan Nasional Sabah Datuk Seri Bung Moktar Radin menegaskan bahawa isu keselamatan dan kedaulatan negeri Sabah tidak boleh dirunding dengan mana mana pihak Katanya Sabah adalah negeri yang merdeka di bawah Malaysia dan tidak bo...
Dewan Muslimat Pas Malaysia Mengadakan Program Gelombang Akifi Peringkat Negeri Pahang Di Masjid At Taqwa Kampung Awah

Dewan Muslimat Pas Malaysia Mengadakan Program Gelombang Akifi Peringkat Negeri Pahang Di Masjid At Taqwa Kampung Awah

papar berkaitan - pada 21/9/2020 - jumlah : 496 hits
MARAN Dewan Muslimat PAS Malaysia telah mengadakan program Gelombang AKIFI peringkat negeri Pahang yang dilangsungkan di Dewan Komuniti bersebelahan Masjid At Taqwa Kampung Awah Chenor di sini kelmarin Zon Tengah melibatkan Kawasan Maran Ku...
Gisbh No Proof Of Links To Political Leaders Home Ministry Says

Building An Inclusive Economy

Isu Ruu Mufti Wilayah

Stroke Survivors Terus Dapat Preskripsi Benzodiazepin Yang Membimbangkan

Budget 2025 Looking Beyond The Material World

Bercuti Di Betong Thailand

Bsc Agent Skill Enhancements Siri 2 2024

Ahli Parlimen Pn Bimbang Akta Pembaharuan Semula Bandar Jejaskan Orang Melayu


echo '';
20 Cara Buang Angin Dalam Badan Dan Perut

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Di Hatiku Ada Kamu Viu Malaysia

5 Jenis Bantuan Sosial 100 Percuma Yang Disediakan Negara Luar

10 Fakta Biodata Pelakon Fattah Amin Bekas Suami Fazura Penyanyi Lagu Wanita Terakhir Juara Hero Remaja 2011 2012

10 Fakta Biodata Pelakon Fazura Bekas Isteri Fattah Amin Foto Dulu Sekarang


Hati Pemimpin

Prepare Your Black Friday Shapewear Exploring The Best Options

What Makes Shapewear Perfect For All Day Wear

Yahya Sinwar Gugurnya Sang Mujahid Sejati Pembela Bangsa Palestin

Dunia Keselamatan Siber Menuju Migrasi Kriptografi Pasca Kuantum

Bunga Orkid