Kemendikbud Larang Guru Agama Wajibkan Siswa Pakai Atribut Agama Termasuk Jilbab




 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melarang guru agama mewajibkan siswa mengenakan atribut keagamaan termasuk memakai jilbab selama jam mata pelajaran agama. Hal ini sejalan dengan SKB 3 Menteri yang tak membolehkan sekolah negeri mewajibkan atau melarang atribut agama.


"Tugas guru agama memang mengajarkan secara kognitif materi-materi yang terkait agama. Diharapkan ajaran-ajaran itu bisa dipraktikkan anak-anak. Tapi dalam hal ini tetap tidak diperbolehkan menetapkan itu (atribut agama) sebagai kewajiban," kata Direktur PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Jumeri melalui konferensi video, Kamis (11/2).


Menurutnya, keputusan memakai atribut agama ada di tangan siswa dan orang tuanya. Dalam hal ini, guru hanya dapat membimbing siswa dengan cara berdiskusi. Jumeri menyadari keputusan yang diambil pihaknya banyak menuai penolakan.


Jumeri menekankan pihaknya mengeluarkan peraturan tersebut karena perkara intoleransi dengan dalih aturan seragam sekolah sudah menjadi momok di dunia pendidikan. Menurutnya, aturan ini dikeluarkan sebagai respon dari kasus intoleran yang baru-baru ini mencuat.


 


"Kenapa dikeluarkan di pandemi? Karena memang ada momentum. Kadang kita butuh momentum untuk bisa ambil langkah yang signifikan yang bisa menyelesaikan permasalahan jangka panjang," ujarnya.


SKB 3 Menteri diterbitkan setelah kasus siswi nonmuslim dipaksa menggunakan jilbab karena aturan seragam di SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat heboh diperbincangkan publik bulan lalu.


Sebelumnya, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengungkap guru agama mewajibkan atribut agama di jam pelajaran agama karena mereka menganggap hal tersebut diinstruksikan oleh kurikulum.


"Guru Agama kalau ada jam belajar seminggu sekali di kelas wajib pakai [jilbab]. Mereka khawatir nanti [dengan adanya SKB] nggak boleh lagi," kata Retno melalui konferensi video, Senin (8/2).


Aturan yang dimaksud Retno adalah Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud No 018/H/KR/2020 yang mengatur terkait kompetensi inti dan dasar pada kurikulum darurat di masa pandemi Covid-19.


Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud Maman Fathurrahman mengatakan tak ada aturan yang tumpang tindih antara kurikulum dengan SKB 3 Menteri. Namun, Kemendikbud akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama.


"Iya tidak apa dan itu [kompetensi dasar pada mata pelajaran Agama Islam] baik. Tidak bertentangan antara yang tersedia di kurikulum dengan SKB tersebut," kata dia kepada CNNIndonesia.com.


Maman mengatakan kompetensi dasar pada mata pelajaran Agama Islam itu tidak berarti guru diwajibkan memaksa siswa berpakaian dengan kekhususan agama. Menurutnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan kurikulum.


"Lebih tepatnya untuk mencapai kompetensi tersebut dengan memberikan penjelasan dan diskusi, mengapa harus seperti itu dan seterusnya," ujarnya.


SKB 3 Menteri sendiri tak menyebutkan pengecualian terhadap penerapan mata pelajaran tentu. SKB hanya mengatur bahwa pemerintah dan sekolah harus memberi kebebasan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan memiliki seragam dan atribut terkait agama tertentu. (*)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/02/kemendikbud-larang-guru-agama-wajibkan.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+bagibagi%2FcFXc+%28bagibagi.info%29

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kata Kemdikbud Aturan Wajib Siswa Pakai Jilbab Tak Akan Tumbuhkan Kesadaran

Kata Kemdikbud Aturan Wajib Siswa Pakai Jilbab Tak Akan Tumbuhkan Kesadaran

papar berkaitan - pada 12/2/2021 - jumlah : 122 hits
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah atau PAUD Dikdasmen Kemdikbud Jumeri menilai pemaksaan penggunaan seragam pada peserta didik dengan atribut agama tertentu di sekolah tidak akan efektif Se...
Militer Afrika Selatan Izinkan Anggota Tentara Perempuan Muslim Pakai Jilbab

Militer Afrika Selatan Izinkan Anggota Tentara Perempuan Muslim Pakai Jilbab

papar berkaitan - pada 30/1/2021 - jumlah : 142 hits
Militer Afrika Selatan mengubah kebijakan seragamnya mengizinkan anggota perempuan Muslim memakai jilbab sebagai bagian seragam mereka
Pimpinan Dpr Persilakan Masyarakat Kritik Pemerintah Pakai Buzzer

Pimpinan Dpr Persilakan Masyarakat Kritik Pemerintah Pakai Buzzer

papar berkaitan - pada 11/2/2021 - jumlah : 167 hits
Dia berpesan masyarakat mesti mengkritik pemerintah sesuai data dan fakta Kemudian mempertimbangkan kritikannya dari berbagai aspek
Pujilah Isteri Walaupun Dia Hanya Pakai Tudung Baru Rm10 Penuhi Tangki Emosinya

Pujilah Isteri Walaupun Dia Hanya Pakai Tudung Baru Rm10 Penuhi Tangki Emosinya

papar berkaitan - pada 11/2/2021 - jumlah : 260 hits
Selepas mendirikan rumahtangga kehidupan isteri hanyalah berkisarkan tentang suami dan anak anak Kawan baiknya hanyalah suami serta anak anak Apa yang dia lakukan bukan untuk pujian dari orang luar tetapi cukup hanya dari keluarganya sendir...
Seminggu Je Ajar Anak 2 Tahun 3 Bulan Tak Pakai Pampers Simple Sangat Tipnya

Seminggu Je Ajar Anak 2 Tahun 3 Bulan Tak Pakai Pampers Simple Sangat Tipnya

papar berkaitan - pada 11/2/2021 - jumlah : 281 hits
Melatih anak bebas lampin memerlukan kesabaran tinggi kerana jika ibu bapa sendiri cepat merungut dan putus asa automatik anak pun akan lambat nak belajar Terkucil tu biasa di merata rata tempat dalam fasa awal tapi kita tak boleh terus mar...
Nak Isteri Pakai Tudung Tapi Tangan Dia Duk Add Bini Orang Kat Instagram Zarina Anjouiie

Nak Isteri Pakai Tudung Tapi Tangan Dia Duk Add Bini Orang Kat Instagram Zarina Anjouiie

papar berkaitan - pada 11/2/2021 - jumlah : 343 hits
Perkongsian terbaru pelakon Zarina AnjouIie di Instagram beliau berhubung masalah melibatkan hal rumahtangga menarik perhatian ramai
Pakai Tang Suit Amp Qipao Sedondon Penampilan Pasangan Diraja Sultan Selangor Raih Tumpuan Rakyat

Pakai Tang Suit Amp Qipao Sedondon Penampilan Pasangan Diraja Sultan Selangor Raih Tumpuan Rakyat

papar berkaitan - pada 12/2/2021 - jumlah : 188 hits
Bersempena Tahun Baru Cina pelbagai pemimpin pasti mengambil peluang ini untuk menyampaikan ucapan Salah satunya adalah daripada pasangan diraja DYMM Sultan Selangor Sultan Sharafuddin Idris Shah Alhaj dan isteri DYMM Tengku Permaisuri Sela...
Kpk Selisik Modifikasi Mobil Edhy Prabowo Pakai Uang Dari Eksportir Benur

Kpk Selisik Modifikasi Mobil Edhy Prabowo Pakai Uang Dari Eksportir Benur

papar berkaitan - pada 11/2/2021 - jumlah : 148 hits
Hal tersebut terungkap saat tim penyidik memeriksa karyawan swasta Ken Widharyuda Rinaldo dalam kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster atau benur di Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menjerat Edhy Prabowo
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Penyokong Pn Jangan Bongkak Dan Takabbur



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Bila Kau Rajin Nak Tolong Kerja Orang

Perjanjian Allah Swt Dengan Kaum Bani Israil

Mushroom Jellyfish House By Ttdesign Vn In Tan Hiep Vietnam

Vanishing Landscape

Dapat Hadiah Hari Jadi

Keyakinan