Kejagung Tetapkan Satu Tersangka Baru Di Kasus Korupsi Asabri




 Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung akhirnya menetapkan Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relationship, Jimmy Sutopo (JS), sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan dana investasi PT Asabri.


Kepala Pusat Penerangan Hukum Leonard Eben Ezer Simanjuntak menjelaskan, tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung memeriksa 3 (tiga) orang saksi yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Asabri.




Saksi yang diperiksa antara lain JS selaku Direktur Jakarta Emiten Investor Relation, FB selaku Direktur PT Pool Advista Asset Management; dan F selaku Direktur Utama PT Ourora Asset Management.


"Dari 3 orang yang diperiksa sebagai saksi pada hari ini, 1 diantaranya ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut yaitu JS selaku Direktur Jakarta Emiten Investor Relation," kata Leonard, Senin (15/2).


JS diduga secara bersama-sama dengan Tersangka Benny Tjokrosaputro (BTS) melakukan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi oleh PT ASABRI (Persero) dan ditetapkan sebagai Tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka TPK Nomor: Print- 09 /F.2/Fd.2/02/2021 tanggal 15 Februari 2021.


Menurut dia, tersangka JS ini selaku Direktur Jakarta Emiten Investor Relationship adalah pihak swasta yang turut serta melakukan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi Asabri.


Karena memperoleh keuntungan dengan melakukan tindak pidana korupsi tersebut, JS diduga juga melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang yang berasal dari Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi oleh Asabri dan ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka TPPU Nomor: Print- 01 /F.2/Fd.2/02/2021 tanggal 15 Februari 2021.


Leonard menjelaskan, duduk perkara atau kasus posisi tindak pidana yang disangkakan bermula sekitar awal tahun 2013 sampai dengan tahun 2019, tersangka JS telah bersepakat dengan tersangka BTS untuk mengatur trading transaksi (jual/beli) saham milik tersangka BTS kepada Asabri dengan cara menyiapkan nominee-nominee dan membukakan akun nominee di perusahaan sekuritas dan menunjuk perusahaan-perusahaan sekuritas. 


Selanjutnya tersangka JS melaksanakan instruksi penetapan harga dan transaksi jual dan beli saham pada akun Rekening Dana Nasabah (RDN) nominee baik pada transaksi direct maupun reksadana yang kemudian dibeli oleh Asabri sebagai hasil manipulasi harga. 


Kemudian JS menampung dana hasil keuntungan investasi dari Asabri pada nomor rekening atas nama beberapa staf saham tersangka BTS untuk selanjutnya melakukan transaksi keluar masuk dana untuk kepentingan pribadi dengan menyembunyikan atau menyamarkan asal usul Harta Kekayaan dan membelanjakan uang hasil tindak pidana korupsi serta perbuatan lain yang termasuk dalam skema tindak pidana pencucian uang (TPPU).


Pasal sangkaan yang diterapkan terhadap tersangka yakni, Pasal 2 ayat (1) jo. Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. 




Subsider Pasal 3 jo. Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


Jimmy juga dijerat Pasal 3 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP; atau kedua Pasal 4 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


Usai ditetapkan sebagai tersangka, Jimmy ditahan di Rutan Kelas I Cipinang Cabang KPK selama 20 hari terhitung mulai hari ini sampai 6 Maret mendatang.


"Untuk efektifnya pemeriksaan selanjutnya, berdasarkan alasan obyektif maupun subyektif tentang penahanan terhadap Tersangka JS dilakukan penahanan Rumah Tahanan Negara (Rutan) untuk waktu selama 20 hari terhitung sejak tanggal 15 Februari 2021 s/d 6 Maret 2021 di Rutan Klas I Cipinang Cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasarkan Surat Perintah Penahanan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor: Print- 07 /F.2/Fd.2/02/2021 tanggal 15 Februari 2021," jelasnya.


Sebelumnya pada Senin (1/2), Kejagung sudah menetapkan delapan orang tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dana investasi Asabri.


Penetapan tersangka ini dilakukan setelah Kejagung memeriksa 10 orang saksi dalam kasus itu. Mereka di antaranya adalah eks Direktur Utama Asabri Adam Damiri (AMD) dan eks Direktur Utama Asabri Sonny Widjaja (SW).


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/02/kejagung-tetapkan-satu-tersangka-baru.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+bagibagi%2FcFXc+%28bagibagi.info%29

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tersangka Baru Mega Korupsi Asabri Rp23 Triliun Jimmy Sutopo Dijebloskan Ke Rutan Kpk

Tersangka Baru Mega Korupsi Asabri Rp23 Triliun Jimmy Sutopo Dijebloskan Ke Rutan Kpk

papar berkaitan - pada 16/2/2021 - jumlah : 109 hits
Kejaksaan Agung telah menetapkan Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relationship Jimmy Sutopo sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pada PT Asabri Jimmy langsung ditahan di rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi Penahanan ini di...
Begini Rekam Jejak Kapal Terbesar Di Ri Milik Tersangka Kasus Asabri

Begini Rekam Jejak Kapal Terbesar Di Ri Milik Tersangka Kasus Asabri

papar berkaitan - pada 12/2/2021 - jumlah : 137 hits
Setelah terlibat dalam kasus korupsi Jiwasraya nama Heru Hidayat kembali jadi tersangka dalam kasus korupsi yang terjadi di PT Asabri Namanya semakin terkenal karena darinya Tim penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung menyit...
Satu Tersangka Korupsi Dana Hibah Pariwisata Di Buleleng Kembalikan Uang Rp30 Juta

Satu Tersangka Korupsi Dana Hibah Pariwisata Di Buleleng Kembalikan Uang Rp30 Juta

papar berkaitan - pada 17/2/2021 - jumlah : 182 hits
Kasi Intel Kejari Buleleng AA Jayalantara menyampaikan untuk hari ini ada 7 tersangka Aparatur Sipil Negara di Dinas Pariwisata Buleleng Bali yang diperiksa soal penyelewengan bantuan dana hibah Pemulihan Ekonomi Nasional untuk pariwisata d...
Kejagung Periksa Istri Mantan Kadiv Investasi Pt Asabri Terkait Dugaan Korupsi

Kejagung Periksa Istri Mantan Kadiv Investasi Pt Asabri Terkait Dugaan Korupsi

papar berkaitan - pada 12/2/2021 - jumlah : 145 hits
Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung memeriksa empat orang saksi terkait dengan perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi pada PT Asabri
Kejagung Soal Korupsi Asabri Ada Aliran Dana Benny Tjokro Ke Tan Kian

Kejagung Soal Korupsi Asabri Ada Aliran Dana Benny Tjokro Ke Tan Kian

papar berkaitan - pada 14/2/2021 - jumlah : 134 hits
Penyidik Kejaksaan Agung menemukan adanya aliran dana dari tersangka Benny Tjokrosaputro kepada pengusaha bernama Tan Kian terkait kasus korupsi PT Asabri Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah menyebu...
Kejagung Sita 131 Sertifikat Hgb Milik Benny Tjokro Di Maja Terkait Kasus Asabri

Kejagung Sita 131 Sertifikat Hgb Milik Benny Tjokro Di Maja Terkait Kasus Asabri

papar berkaitan - pada 16/2/2021 - jumlah : 112 hits
Jaksa penyidik juga telah menyita aset milik Benny Tjokrosaputro berupa tanah seluas 194 hektar terdiri dari 566 bidang tanah Hak Guna Bangunan di Kecamatan Curugbitung Kecamatan Sajirah dan Kecamatan Maja Kabupaten Lebak Provinsi Banten
Kasus Dugaan Korupsi Bpjs Ketenagakerjaan Kejagung Periksa 8 Saksi

Kasus Dugaan Korupsi Bpjs Ketenagakerjaan Kejagung Periksa 8 Saksi

papar berkaitan - pada 17/2/2021 - jumlah : 162 hits
Jaksa penyidik telah menggeledah Kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta Selatan Senin kemudian menyita sejumlah data dan dokumen Namun saat ini belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini
Pemilik Singapore Water Park Tulungagung Jadi Tersangka Kasus Kerumunan

Pemilik Singapore Water Park Tulungagung Jadi Tersangka Kasus Kerumunan

papar berkaitan - pada 6/2/2021 - jumlah : 211 hits
Pengusaha sekaligus pemilik tempat wisata Singapore Water Park ditetapkan Polres Tulungagung sebagai tersangka pelanggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat karena menggelar pesta ulang tahun putrinya dan mendatangkan banyak tamu ...
13 Februari Ada 8 844 Kasus Baru Total 1 210 703 Orang Di Ri Positif Covid 19

13 Februari Ada 8 844 Kasus Baru Total 1 210 703 Orang Di Ri Positif Covid 19

papar berkaitan - pada 13/2/2021 - jumlah : 156 hits
Sehingga total akumulatif saat ini di Indonesia 1 016 036 orang yang berhasil sembuh dari Covid 19 Data untuk pasien meninggal pada hari ini sebanyak 280 orang Total akumulatif saat ini ada 32 936 orang yang meninggal dunia akibat corona di...
Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Konsert Cinta Di Awan Siti Nurhaliza Tambah Lagi Sehari

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Saya Harap Isu Aliff Aziz Tak Jejaskan Saya Cari Rezeki Di Malaysia Aaron Aziz

They Travelled For Hours To Celebrate Raya With Us

Dibunuh Kerana Tak Mahu Rujuk Selepas Bercerai Mayat Disumbat Dalam Bagasi



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Ceramah Pn Tidak Dapat Sambutan Di Kuala Kubu Baharu Pas Boikot Calon Bersatu Prk Kkb

Rumah Terbuka

Jangan Kahwin Pada Usia Terlalu Muda

Akhyar Cedera Dipukul Dompet Telefon Bimbit Disamun

Drama My Stolen First Kiss

Emy Yusuf Feat Driant Kenyang Beraya Chord