Kegiatan Sosialisasi Dosen Ngeblog Untan Tahun 2020 Undang 2 Orang Blogger Pontianak Sebagai Narasumber


Assalamualaikum Bang Dwi. Kami rencana mau adakan kegiatan sosialisasi Dosen Ngeblog UNTAN pada tanggal 4 maret dari jam 9-12 siang. Bang Dwi sudah ade jadwal di waktu diatas? Rencana mau undang Bang Dwi menjadi salah seorang narasumber. Konsepnya talkshow. Tujuannya untuk memotivasi dosen-dosen se-UNTAN agar punya semangat ngeblog.
Kalimat diatas merupakan kutipan percakapan singkat dari Ketua Gerakan Dosen Ngeblog UNTAN, Ikhwan Ruslianto S.Kom, M.Cs dengan Blogger Borneo di akhir bulan Februari 2020. Alhamdulillah meski sempat mengalami penjadwalan ulang, akhirnya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Maret 2020.
Dosen Ngeblog UNTAN Bermodalkan kemeja batik dengan pasangan celana kain cingkrang berwarna hitam, Blogger Borneo telah mempersiapkan diri sejak pagi hari. Sudah lama tidak manggung, perasaan jadi agak canggung. Entah kapan terakhir Blogger Borneo tampil di hadapan para audience, hanya diri ini dan Allah yang tahu.
Melihat penunjuk waktu di pergelangan tangan, sudah mendekati jam 10 pagi. Berdasarkan rundown yang diberikan pihak panitia sehari sebelumnya, sesi talkshow akan dimulai dari jam 10 pagi sampai menjelang Dzuhur. 10 menit berselang, mobil Toyota Agya yang masih ber plat putih pun masuk pelataran parkir di dekat lokasi pelaksanaan kegiatan.
“Bro, posisi detail ruangan dimana? Ane udah sampai di samping Gedung Konferensi nih.” tanya Blogger Borneo singkat via pesan WhatsApp.
“Lantai 2 Bang, langsung naik lift aja dari lantai dasar.” Bro Ikhwan merespon cepat.
Blogger Borneo langsung bergegas menuju lift yang dimaksud dan langsung memencet tombol 2. Sekejap lift tersebut bergerak naik ke atas.
Maksud dan Tujuan Memasuki pintu utama, Bro Ikhwan pun langsung menyambut sambil mempersilakan untuk menempati kursi paling depan. Sekilas ruangan yang didesain seperti teater tersebut tampak cukup besar dan elegan. Setengah ruangan sudah terisi oleh para dosen dari semua fakultas yang diundang secara khusus.
Pada saat Blogger Borneo datang, sesi kata sambutan dari Ketua Panitia Kegiatan Sosialisasi Dosen Ngeblog UNTAN, Syamsul Bahri S.Kom, M.Cs sedang berlangsung. Meskipun tidak mengikuti sejak awal, namun secara garis besar dapat diketahui bahwa kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan untuk memancing minat dan motivasi para dosen untuk dapat menulis melalui media blog.
Image: Facebook.Com/Tegams Menurut penyampaian dari Bro Ikhwan, Gerakan Dosen Ngeblog UNTAN ini sengaja dibuat sebagai salah satu cara untuk dapat memperluas informasi mengenai keberadaan Universitas Tanjungpura Pontianak di Indonesia khususnya di dunia maya.
Dan kegiatan ini termasuk dalam salah satu rangkaian dari beberapa kegiatan lainnya. Salah satu kegiatan lain yang juga sedang dilaksanakan sekarang adalah Lomba Blog UNTAN Terbaru Tahun 2020. Alhamdulillah meski sempat vakum di tahun lalu karena sedang fokus proses pemilihan rektor baru, maka di tahun ini kegiatan ini dilaksanakan kedua kalinya.
Narasumber Blogger Pontianak Selain Blogger Borneo, panitia penyelenggara juga mengundang Bang Musa Amin sebagai narasumber. Sepertinya pihak panitia sengaja mengundang 2 (dua) orang praktisi blog dengan latar belakang aktivitas keseharian yang berbeda.
Untuk Bang Musa sendiri, Beliau merupakan seorang dosen di IAIN Pontianak. Sedangkan Blogger Borneo sendiri merupakan seorang pekerja yang untuk saat ini dipercaya memegang Divisi Olahan dan Franchise di perusahaan produsen Bakso Halal Pontianak yaitu Borneofood Indotama.

Selama kurang lebih 1 (satu) jam talkshow, kedua orang blogger Pontianak ini saling berbagi ilmu dan pengalaman mengenai bagaimana kisah awal mulanya ngeblog dan bagaimana bisa terus dan tetap eksis update blog sampai detik ini.
Perjalanan Satu Dasawarsa Khusus Blogger Borneo sendiri, tidak ada cerita lain yang disampaikan selain perjalanan satu dasawarsa mengelola BloggerBorneo.Com.
Membuat Blog Itu Mudah, Namun Tidak Semudah Mengelolanya
Kalimat diatas menjadi paragraf pembuka ketika Blogger Borneo bercerita singkat bagaimana BloggerBorneo.Com lahir di pertengahan tahun 2009. Memang bukan waktu yang sebentar namun sepuluh tahun berlalu tanpa terasa. Alhamdulillah BloggerBorneo.Com sudah menjadi apa yang seperti diimpikan satu dasawarsa lalu.
Menulis Sesuai Hobi Ketika ditanya mengenai tips bagaimana bisa tetap terus eksis dan semangat menulis di blog, Bang Musa Amin menjelaskan bahwa dirinya menulis sesuai hobinya selama ini. Memang jika dilihat melalui blognya yang beralamat di musaamin.web.id, tulisan-tulisan yang ada berisikan hasil ujicobanya dalam mempraktekkan bahasa-bahasa pemrograman.
Masalah rejeki dari blog jangan terlalu dipikirkan, Insya Allah jika tulisan yang dibuat dapat memberi solusi bagi orang lain maka rejeki akan datang dengan sendirinya. Alhamdulillah Beliau telah beberapa kali dihubungi pihak-pihak yang merasa butuh bantuan untuk menyelesaikan masalah terkait bahasa pemrograman.
Image: Dok. Pribadi Hal yang sama diutarakan juga oleh Blogger Borneo. Menulis sesuai hobi merupakan langkah yang paling mudah sebenarnya. Tinggal bagaimana kita dapat menuangkan semua aktivitas hobi tersebut menjadi sebuah kalimat.
Actual Content Creator Blogger Borneo dalam penyampaian materinya juga memberikan sebuah penegasan bahwa sebenarnya para dosen itu merupakan seorang konten kreator karena mereka memiliki akses langsung untuk mendapatkan sumber informasi yang cukup kredibel dan terpercaya.
“Jujur saja, saya sebenarnya iri dengan dosen karena bisa menulis tanpa perlu kuatir kehabisan kata-kata. Kalau soal trafik ga perlu kuatir deh, tinggal buat tugas kuliah dan publikasikan di blog. Jika punya 100 orang mahasiswa, otomatis akan ada 100 kunjungan. Sekarang bagaimana jika mahasiswanya mencapai 1000 orang. Wah… bisa kalah jumlah kunjungan per hari BloggerBorneo.Com kalau begitu.” demikian Blogger Borneo memberikan insight kepada para dosen yang hadir pada saat itu.
Jadi sebenarnya tidak cukup sulit untuk membuat konten, bisa dalam bentuk tulisan ataupun video. Ambil referensi yang ada, tuliskan menggunakan bahasa sendiri, dan langsung publikasikan itu ke media blog yang dimiliki. Secara otomatis kita sudah memiliki hak karya cipta dan jika itu memiliki nilai manfaat bagi orang, Insya Allah akan dapat menjadi sumber ladang amal jariyah nanti. Amin…
Penutup Tidak terasa waktu berjalan cepat, sesi acaranya yang sebelumnya diperkirakan hanya 60 menit saja ternyata harus diperpanjang setengah jam lagi. Ternyata para dosen undangan cukup antusias dan tertarik untuk ikut serta dalam Gerakan Dosen Ngeblog UNTAN Tahun 2020.
Untuk tahapan selanjutnya, tim penyelenggara akan melakukan proses pendaftaran dimana nantinya para dosen yang telah masuk database akan diberikan pelatihan dasar dan pendampingan dalam membuat tulisan di platform blog yang akan disiapkan khusus.
Demi menambah semangat para dosen yang ikut serta, Universitas Tanjungpura akan memberikan reward dalam bentuk uang tunai dalam jumlah nominal tertentu bagi para dosen ngeblog UNTAN yang aktif menulis dan memiliki rating baik selama periode penilaian. Semakin mantappp…
Di sesi penutup, Blogger Borneo mengucapkan terima kasih banyak atas undangan untuk menjadi salah seorang narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Gerakan Dosen Ngeblog UNTAN Tahun 2020. Cukup merasa senang bisa diajak untuk dapat berbagi ilmu dan pengalaman ke almamater sendiri. Semoga bermanfaat untuk semua. Amin Ya Rabb… (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/sosialisasi-dosen-ngeblog-untan-pontianak/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Senarai Telefon Harga Bawah Rm500 Bagi Tahun 2020

Senarai Telefon Harga Bawah Rm500 Bagi Tahun 2020

papar berkaitan - pada 3/3/2020 - jumlah : 520 hits
Bg thn 2020 ini sebenarnya masih ada lg telefon harga bawah RM500 tetapi taklah byk pilihan berbanding telefon pd harga yg lebih tinggi Telefon harga
Tahun Baru Cina 2020

Tahun Baru Cina 2020

papar berkaitan - pada 15/3/2020 - jumlah : 448 hits
Godek godek laptop alahai jumpa pula gambar di bawah Alamak Belum publish lagi nih Jadi kita publish sebagai kenang kenangan Pasti akan rindu suasana ini jika sudah tidak bekerja di situ lagi Hamper pemberian supplier Ruang tamu office Tahu...
Pesta Kaamatan Tahun 2020 Dibatalkan

Pesta Kaamatan Tahun 2020 Dibatalkan

papar berkaitan - pada 14/3/2020 - jumlah : 317 hits
KOTA KINABALU Jawatankuasa Pusat Persatuan Kebudayaan Kadazan Dusun sebulat suara memutuskan membatalkan penganjuran perayaan Pesta Kaamatan tahun ini ekoran penularan wabak CONVID 19 yang semakin membimbangkan Setiausaha Agung KDCA Suman Y...
Pendaftaran Online Tahun 1 Ambilan 2021 2022 Mulai 1 Mac 2020

Pendaftaran Online Tahun 1 Ambilan 2021 2022 Mulai 1 Mac 2020

papar berkaitan - pada 3/3/2020 - jumlah : 504 hits
Hebahan umum buat ibubapa yang mempunyai anak yang lahir pada tahun 2014 dan 2015 perlulah untuk mendaftar kemasukan persekolahan secara online Mudah dah sekarang kan Jangan leka dan perlulah mendaftar supaya anak anak tidak ketinggalan kel...
Entry Pertama Tahun 2020

Entry Pertama Tahun 2020

papar berkaitan - pada 18/3/2020 - jumlah : 379 hits
Hehehe padahal setiap tahun ada satu entry jer bagus betul Sesekali datang menyapu sawang Malam tadi dapat perintah kawalan pergerakan Semua sekolah IPTA IPTS dan pejabat di minta utk cuti tutup kecuali yang diperlukan saja Begitu juga keda...
Senarai Penuh Kabinet Malaysia Tahun 2020

Senarai Penuh Kabinet Malaysia Tahun 2020

papar berkaitan - pada 2/3/2020 - jumlah : 1492 hits
Senarai Penuh Kabinet Malaysia Tahun 2020 Kita Rakyat Malaysia telah menyaksikan kemelut politik yang berlangsung lebih daripada satu minggu yang lepas Episod pergolakan politik ini melibatkan pembentukan blok Kerajaan baru yang telah menge...
Pengalaman Menonton Bola Sepak Di Stadium Darul Makmur Bagi Tahun 2020

Pengalaman Menonton Bola Sepak Di Stadium Darul Makmur Bagi Tahun 2020

papar berkaitan - pada 2/3/2020 - jumlah : 336 hits
Pengalaman menonton bola sepak di Stadium Darul Makmur ni bagi aku bukanlah yang pertama sebenarnya Sebelum ni pun aku pernah ke sini beberapa kali bagi beberapa musim sebelum ini Tapi kali ini adalah satu dua perkara baru yang berbeza dari...
Uefa Tangguh Euro 2020 Bawa Ke Tahun Depan

Uefa Tangguh Euro 2020 Bawa Ke Tahun Depan

papar berkaitan - pada 18/3/2020 - jumlah : 253 hits
UEFA mengambil keputusan untuk menangguhkan perlawanan Euro 2020 ke tahun hadapan berikutan krisis penularan wabak COVID 19 Keputusan tersebut telah dicapai menerusi mesyuarat pada hari ini untuk mengatur semula perlawanan mereka termasuk L...
21 Perkara Yang Dikecualikan Cukai Tahun 2020

21 Perkara Yang Dikecualikan Cukai Tahun 2020

papar berkaitan - pada 4/3/2020 - jumlah : 648 hits
21 Perkara Yang Dikecualikan Cukai Tahun 2020 Alhamdulillah selesai dah buat e filing untuk tahun 2020 Selesai dan rasa lega selesai tanggungjawab sebagai warganegara Malaysia Alhamdulillah insha Allah ada rezeki dapatlah lebihan bayaran tu...
Jalan Penghubung Bandar Utama Di Pahang Perlu Dinaiktaraf

Cops Fire 5 Shots During 70km Car Chase Near Baling

Terengganu Fc Umum Harga Tiket Agarbomb Performance Cup 2024

3 Pelampau Khawarij Ditahan

Lost Opportunities In Labuan

Ocrevus Transforming Multiple Sclerosis Treatment Landscape In Malaysia

Hada Labo Hydrating Water Gel

I Was Never Arrested Merely Barred From Overseas Travel Ex Src Director



10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Kuih Muah Tonton

10 Filem Indonesia Terbaru Best 2023 2024 Juga Tersedia Online

10 Filem Melayu Terbaru Best Di Platform Online Netflix Malaysia 2024 Mesti Tonton


Apa Yang Berlaku Selepas Halving Bitcoin Bulan April Nanti Nak Beli Ke Nak Jual Btc

Dari Negeri Paling Utara Ke Negeri Paling Selatan

Always Evolving Explore The Latest Offerings At Bandarbetvip

Menang Dipuji Kalah Dicaci Begitulah Nasib Salah Di Liverpool

Najis Boleh Jadi Petunjuk Anda Alami Kanser Usus Ini Tanda Tandanya

Rm1 500 Pay And No Retirement Plan Why Teachers In Pas Linked Kindergarten Pasti Are Disgruntled