Kebalnya Indonesia Dari Virus Corona Jadi Pertanyaan Ilmuwan Benarkah Sudah Masuk Tanpa Terdeteksi


Benarkah Indonesia kebal dari virus Corona? Hal itu menjadi pertanyaan dari para ilmuwan.
Tiadanya kasus infeksi virus Corona baru 2019-nCoV di Indonesia menjadi pertanyaan para ilmuwan di luar negeri.
Kajian terbaru menemukan, negara-negara yang menerima kunjungan orang dari Wuhan, China, yang menjadi pusat penyebaran virus Corona, telah melaporkan adanya kasus positif virus Corona.
Meski demikian, virus Corona ini dikhawatirkan telah masuk ke Indonesia tanpa terdeteksi.
Penelitian oleh ilmuwan dari Center for Communicable Disease Dynamics, Harvard T.H. Chan School of Public Health, Boston, Amerika Serikat, De Salazar PM, dan timnya yang dipublikasikan di jurnal ilmiah MedRxiv pada 5 Februari 2020 menyebut, tiadanya kasus infeksi korona di Indonesia kemungkinan karena virusnya tak terdeteksi.
Riset tersebut didasarkan pada perkiraan jumlah rata-rata penumpang pesawat dari Wuhan ke kota-kota lain di seluruh dunia dalam sehari, sebelum akhirnya diberlakukan larangan terbang.
Dengan pemodelan ini, hampir semua negara lain, seperti Jepang, Hongkong, dan Korea Selatan, menunjukkan korelasi jelas antara banyaknya jumlah orang yang tiba dari Wuhan melalui penerbangan harian dengan besarnya kasus infeksi virus Corona.
Lebih banyak penumpang yang datang berarti lebih banyak kasus.
Namun hanya Indonesia, Kamboja, dan Thailand yang jauh di bawah perhitungan para ahli.
Dalam kajian ini disebutkan, jumlah kunjungan dari Wuhan ke Indonesia sekitar 80 orang per hari, lebih banyak dari sejumlah negara lain yang telah melaporkan adanya kasus infeksi seperti Inggris, Uni Arab Emirat, Prancis, Kanada, India, Filipina, dan Rusia.
“Negara dengan penerbangan langsung dari Wuhan, namun dengan jumlah laporan kasus di bawah 95 persen dari prediksi interval berpotensi ada virus tak terdeteksi. Kami merekomendasikan penguatan pengawasan dan kapasitas pengendalian wabah dengan cepat di lokasi-lokasi yang ada di bawah 95 persen prediksi internal ini untuk menghindari transmisi domestik,” sebut laporan ini.
Seperti diwartakan Malay Mail dan sejumlah media lain pada Rabu (5/2/2020), seorang remaja 17 tahun asal Kanada yang datang dari Indonesia dirawat di Malaysia setelah diduga terinfeksi virus corona.
Seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Singapura juga dinyatakan positif terinfeksi korona. Namun, Pemerintah Indonesia menyatakan belum ada kasus positif korona di Indonesia.
Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Kementerian Riset dan Teknologi Amin Soebandrio, di Jakarta, Jumat (7/2/2020) mengatakan, banyak koleganya di luar negeri memertanyakan tidak adanya konfirmasi kasus positif korona di Indonesia.
“Itu wajar jadi pertanyaan, karena hanya kita yang belum melaporkan ada kasus. Bahkan, ada yang khawatir Indonesia bisa jadi sumber penularan,” ungkapnya.
Menurut Amin, Indonesia merekomendasikan penguatan pengawasan dan kapasitas pengendalian wabah dengan cepat di lokasi-lokasi yang ada di bawah 95 persen prediksi internal ini untuk menghindari transmisi domestik.
Secara saintifik, menurut Amin, tidak adanya kasus positif korona di Indoensia susah dijelaskan, karena tingginya lalu lintas orang dari Wuhan dan kota-kota lain di China, sebelum akhirnya ada penutupan jalur penerbangan.
“Sekalipun kita berharap virus ini tidak masuk ke Indonesia, tetap harus meningkatkan kesiapsiagaan, terutama memperkuat deteksi dan pemeriksaan,” katanya.
Keterlambatan dalam deteksi, menurut Amin, akan membuat upaya mengontrol wabah menjadi sulit. Apalagi, sejumlah kasus di luar negeri telah menunjukkan virus telah menular secara domestik dan penularan bisa tanpa gejala sakit.
“Sejumlah laboratorium di Indonesia memiliki peralatan dan kapasitas untuk membantu pemeriksaan. Selain Eijkman, ada Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. Hanya saja Kebijakan Kementerian Kesehatan, seluruh pemeriksaan oleh Litbangkes,” ujarnya.
Amin menambahkan, untuk membangun kepercayaan publik di Indonesia maupun di luar negeri, pemeriksaan yang telah dilakukan Litbangkes bisa dikonfirmasi di laboratorium lain yang independen.
“Minimal ada dua laboratorium untuk salin mengonfirmasi. Saya sudah menulis surat ke Menristek untuk menyampaikan ke Menkes, kami siap menjadi laboratorium pembanding, seperti dalam kasus flu burung dulu,” kata dia.
Data resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), dan sejumlah lembaga kesehatan lain yang dikompilasi Johns Hopkins University, jumlah kasus infeksi virus korona hingga Jumat mencapai 31.522 di 28 negara dengan korban meninggal dunia 638 orang. Jumlah kasus di China daratan sebanyak 31.209 orang, dan 22.112 kasus terdapat di Provinsi Hubei, yang meliputi Kota Wuhan.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/kebalnya-indonesia-dari-virus-corona-jadi-pertanyaan-ilmuwan-benarkah-sudah-masuk-tanpa-terdeteksi/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jokowi Bersyukur Virus Corona Tak Terdeteksi Di Indonesia

Jokowi Bersyukur Virus Corona Tak Terdeteksi Di Indonesia

papar berkaitan - pada 11/2/2020 - jumlah : 141 hits
Jokowi lantas memuji kerja keras yang telah dilakukan para kementerian terkait dalam menangani virus corona Dia meyakini apabila kerja keras itu terus dilakukan maka virus corona tak akan masuk ke Indonesia
Ada Virus Corona Produk Konsumsi Asal China Prioritas Dilarang Masuk Indonesia

Ada Virus Corona Produk Konsumsi Asal China Prioritas Dilarang Masuk Indonesia

papar berkaitan - pada 4/2/2020 - jumlah : 238 hits
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan hasil rapat koordinasi terkait pencegahan penyebaran virus corona akan dirampungkan besok Alasannya masih perlu koordinasi antara Kementerian Perdagangan Bea Cukai dan BPOM untu...
Menurut Riset Ini Virus Corona Seharusnya Sudah Masuk Indonesia

Menurut Riset Ini Virus Corona Seharusnya Sudah Masuk Indonesia

papar berkaitan - pada 12/2/2020 - jumlah : 184 hits
Sebuah riset di Harvard University tengah jadi perbincangan Riset ini memperkirakan bahwa seharusnya virus corona Wuhan 2019 nCoV sudah masuk Indonesia meski faktanya hingga kini belum ada satupun kasus yang terkonfirmasi positif Riset ini ...
Pemerintah Resmi Larang Warga Negara China Masuk Indonesia Karena Virus Corona

Pemerintah Resmi Larang Warga Negara China Masuk Indonesia Karena Virus Corona

papar berkaitan - pada 3/2/2020 - jumlah : 191 hits
Pemerintah Indonesia resmi melarang warga negara China masuk Indonesia Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan penerbangan dari China ke Indonesia resmi dilarang untuk sementara waktu
Mpr Minta Pemerintah Tak Terlena Virus Corona Belum Masuk Indonesia

Mpr Minta Pemerintah Tak Terlena Virus Corona Belum Masuk Indonesia

papar berkaitan - pada 31/1/2020 - jumlah : 173 hits
MPR Minta Pemerintah Tak Terlena dengan Virus Corona Belum Masuk Indonesia Menurutnya masalah corona ini harus ditangani serius Muzani mengatakan tidak bisa virus dilawan hanya dengan doa
Pmi Akan Kerahkan Sdm Bantu Pemerintah Cegah Virus Corona Masuk Indonesia

Pmi Akan Kerahkan Sdm Bantu Pemerintah Cegah Virus Corona Masuk Indonesia

papar berkaitan - pada 12/2/2020 - jumlah : 240 hits
Kita berharap virus Corona tidak masuk ke Indonesia Tapi kita harus bersiap siaga dengan segala kemungkinan ucap dia
Deretan Barang Impor Dari China Yang Dilarang Masuk Indonesia Karena Virus Corona

Deretan Barang Impor Dari China Yang Dilarang Masuk Indonesia Karena Virus Corona

papar berkaitan - pada 5/2/2020 - jumlah : 207 hits
Virus Corona yang sudah menjatuhkan banyak korban di Wuhan China membuat berbagai negara mengantisipasi agar tidak ikut terdampak bahayanya
Belum Ada Pasien Terjangkit Ahli Medis Ragukan Pemeriksaan Virus Corona Di Indonesia

Belum Ada Pasien Terjangkit Ahli Medis Ragukan Pemeriksaan Virus Corona Di Indonesia

papar berkaitan - pada 4/2/2020 - jumlah : 211 hits
Bukan mau negative thinking tapi disaat negara negara tetangga sudah pada kena Indonesia justru diklaim masih bersih dari virus corona
Who Khawatir Indonesia Tidak Bisa Mendeteksi Virus Corona

Who Khawatir Indonesia Tidak Bisa Mendeteksi Virus Corona

papar berkaitan - pada 11/2/2020 - jumlah : 196 hits
Organisasi Kesehatan Dunia menuturkan Indonesia harus melakukan persiapan lebih matang lagi demi menghadapi risiko penyebaran virus corona Mereka khawatir Indonesia tidak bisa mendeteksi virus tersebut padahal negara negara tetangga sudah m...
Hari Pekerja 2024 Sejarah Tema Sambutan

Optimizing Your Twitter Feed Strategies For Positive Content Filtering

Adapting To Consumer Behavior

Rm232mil Road Project Awarded To Nepturis Witness Tells Wan Saiful Trial

There Is An Awakening

App Inarah

Masih Beraya

Pj Mayor Denies Being Rude To Residents Group



5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Racun Rihanna Slot Samarinda TV3


Lfl Should Defend The Victims Too

1 500 Berarak Ke Dataran Merdeka Tuntut Hak Pekerja

More Than Pools Patios Eric Curtis Landscape Architecture Designs For Life

Dua Lelaki Didakwa Tebang Pokok Robin Hood

Anwar Announces Over 13 Pay Hike For Govt Servants Largest In History

Kkb By Election Remarks May Cost Pn Support Of Voters