Kanada Siap Tampung Pemudi Arab Saudi Minta Suaka Rahaf Mohammed Al Qunun


Pemerintah Kanada menyatakan akan menampung perempuan pencari suaka asal Arab Saudi, Rahaf Mohammed al-Qunun (18) yang mengaku kabur karena kerap disiksa keluarganya. Mereka melakukan itu karena Qunun saat ini sudah mendapatkan status sebagai pengungsi.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (12/1), persetujuan itu disampaikan oleh Perdana Menteri Justin Trudeau. Menurut Kepala Imigrasi Thailand, Surachate Hakpam, Qunun langsung diberangkatkan ke Toronto, Kanada menggunakan pesawat maskapai Korean Airlines dan akan singgah di Seoul.

Qunun tertahan di Thailand ketika hendak mencari suaka di Australia. Dia lantas sempat mengurung diri di kamar hotel di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok karena khawatir akan dideportasi kembali ke negara asalnya.
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (REUTERS/Chris Wattie)Qunun yang kabarnya merupakan anak pejabat di Saudi lantas menyiarkan permintaan bantuan melalui media sosial Twitter. Permintaan tolongnya disambut perwakilan Badan Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-bangsa (UNHCR) di Thailand.

Qunun lantas dibawa ke tempat aman, dan pemerintah Thailand memberikan izin tinggal sementara. Paspornya yang ditahan kemudian dikembalikan.

Kabarnya pemerintah Saudi melalui perwakilan diplomatik mereka berusaha melobi pemerintah Thailand untuk memulangkan Qunun. Ayah dan saudara lelakinya pun datang ke Bangkok, tetapi Qunun enggan menemui keduanya.

Qunun saat ini menghapus akun media sosialnya karena mendapat ancaman pembunuhan. (ayp)

Siapakah Rahaf Mohammed al-Qunun, perempuan Arab Saudi yang kabur dari keluarganya, mengaku murtad dan mencari suaka?

Sejauh ini belum banyak informasi yang didapat tentang jati diri Rahaf Mohammed al-Qunun, selain ia adalah seorang putri gubernur al-Sulaimi, di Arab Saudi bagian utara.

Ia adalah seorang perempuan berusia 18 tahun yang kabur dari keluarganya ketika mereka sedang melakukan perjalanan ke Kuwait.

Ia semula berencana melarikan diri ke Australia melewati Bandar Udara Suvarnabhumi, Bangkok, ibu kota Thailand.

Namun setibanya di Bangkok, ia mengaku paspornya disita oleh pejabat Arab Saudi dan dipaksa kembali ke Kuwait untuk menemui keluarganya.

Sebagai upaya mencegah pengusiran oleh pihak berwenang Thailand, Rahaf membarikade diri dalam kamar hotel di lingkungan bandara, sambil mengetwit kondisinya, perlakuan yang dialami dan permintaan suaka ke Australia, Inggris, Kanada dan Amerika Serikat.

"Saya unggah cerita dan foto saya di media sosial dan ayah saya begitu marahnya karena saya melakukan ini... Saya tidak bisa belajar dan bekerja di negara saya, jadi saya ingin bebas dan belajar dan bekerja sebagaimana saya inginkan."

Murtad dan khawatir akan dibunuh

Setelah berlangsung drama selama sekitar 48 jam, Rahaf Mohammed al-Qunun akhirnya keluar dari lingkungan bandara pada Senin (07/01) setelah berunding dengan perwakilan Badan Pengungsi PBB, UNHCR, dan pihak berwenang Thailand.
Rahaf Mohammed al-Qunun
Ia mengaku sudah keluar dari agama Islam dan akan dibunuh oleh keluarganya jika ia dipaksa pulang.

Berdasarkan hukum di Arab Saudi, seseorang yang murtad dapat dijatuhi hukuman mati.

Seorang juru bicara keluarga Rahaf Mohammed al-Qunun mengatakan kepada BBC bahwa pihak keluarga tidak bersedia memberikan pernyataan dan hal yang paling diutamakan adalah keselamatan Rahaf.
Rahaf Mohammed al-Qunun bersedia keluar dari kamar hotel di bandara setelah berunding dengan perwakilan UNHCR dan pihak berwenang Thailand.
Pemerintah Australia telah menyatakan akan "mempelajari dengan seksama" permohonan suaka al-Qunun menyusul proses di UNHCR yang telah rampung.

Hingga Rabu (09/01), Rahaf Mohammed al-Qunun tidak bersedia menemui ayah dan abangnya yang telah tiba di Bangkok. Ia kini berada di bawah perlindungan UNHCR atas kerja sama dengan pihak berwenang Thailand.

Berbagai organisasi hak asasi manusia seperti Human Rights Watch (HRW) menyatakan kekhawatiran mendalam terkait nasib warga Arab Saudi itu.

"Ia mengatakan dengan jelas bahwa ia mengalami penyiksaan baik fisik maupun psikologis. Ia menuturkan telah membuat keputusan untuk keluar dari Islam. Dan saya tahu, begitu ia murtad, maka ia menghadapai masalah serius," kata Wakil Direktur Asia HRW, Phil Robertson, seperti dilaporkan oleh kantor berita Reuters.

Nasib perempuan Saudi

Seorang kawan Rahaf Mohammed al-Qunun, Nourah Alharbi, menuturkan dukungan dari media sosial membantunya bertahan.

"Kemarin para pendukung media sosial membuat perubahan dalam kehidupan Rahaf. Anda menyelamatkan nyawa Rahaf: orang-orang, media," kata Nourah Alharbi kepada koran Inggris, The Guardian.

"Ia tidak mempercayainya. Hari ini (Selasa/09/01) ketika saya menghubunginya ... ia mengatakan ia melihat ribuan pesan, semuanya memberikan dukungan. Ia ketakutan dan stres, dan ketika ia melihat pesan-pesan, ia berubah," tambah Nourah Alharbi yang kini tinggal Sydney, Australia.
Thailand sempat menolak mengizinkan Rahaf Mohammed al-Qunun masuk ke wilayahnya dan sempat memproses deportasinya.
Rahaf Mohammed al-Qunun dan Nourah Alharbi sebenarnya senasib. Ia sendiri melarikan diri dari Arab Saudi karena, menurutnya, mendapat perlakuan buruk dari keluarganya.

Kini ia mengajukan suaka di Australia. Ia mengaku terus berkomunikasi dengan Rahaf Mohammed al-Qunun.

Sebelumnya pada April 2017, seorang perempuan Arab Saudi, Dina Ali Lasloom, 24, dipulangkan secara paksa dari Filipina. Hingga kini tidak diketahui bagaimana nasibnya.

Kasus Rahaf Mohammed al-Qunun ini menjadi perhatian internasional terkait dengan berbagai halangan yang dihadapi perempuan di Arab Saudi. Negara kerajaan itu juga disorot sehubungan dengan pembunuhan wartawan kawakan, Jamal Khashoggi, yang kerap melontarkan kritik terhadap pemerintah.

Link:
- https://www.cnnindonesia.com/internasional/20190112204719-134-360393/kanada-siap-tampung-pemudi-arab-saudi-minta-suaka
- https://www.bbc.com/indonesia/dunia-46788996

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/01/kanada-siap-tampung-pemudi-arab-saudi.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pm Israel Akui Bersekutu Dengan Arab Saudi Lawan Iran

Pm Israel Akui Bersekutu Dengan Arab Saudi Lawan Iran

papar berkaitan - pada 3/1/2019 - jumlah : 171 hits
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim negaranya dipandang sebagai sekutu penting bagi negara negara Arab Khususnya dalam memerangi Iran dan ISIS
Dubes Baru Arab Saudi Kunjungi Pbnu Bahas Peningkatan Kerjasama

Dubes Baru Arab Saudi Kunjungi Pbnu Bahas Peningkatan Kerjasama

papar berkaitan - pada 3/1/2019 - jumlah : 180 hits
Kuasa Usaha Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Yahya Al Qahthoni mengunjungi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama untuk membahas berbagai isu terkini salah satunya kerja sama di bidang pendidikan
Indonesia Dan Arab Saudi Potong Babak Cium Arthur Dan Mera Dalam Aquaman

Indonesia Dan Arab Saudi Potong Babak Cium Arthur Dan Mera Dalam Aquaman

papar berkaitan - pada 8/1/2019 - jumlah : 672 hits
Babak cium antara Arthur Curry dan Meera di dalam filem Aquaman nampaknya telah dipotong bagi tayangan di Arab Saudi dan juga Indonesia Potongan ini dibuat untuk menepati undang undang tayangan filem di negara tersebut Perkara ini dilaporka...
Dr Zakir Naik Dapat Kewarganegaraan Arab Saudi Dari Raja Salman

Dr Zakir Naik Dapat Kewarganegaraan Arab Saudi Dari Raja Salman

papar berkaitan - pada 9/1/2019 - jumlah : 230 hits
Riyadh Pendakwah kontroversial asal India Dr Zakir Naik dilaporkan telah mendapatkan kewarganegaraan Arab Saudi dari Raja Salman Laporan Middle East Monitor pada Jumat 19 Mei 2017 mengklaim mendapat informasi dari sumber sumber kepercayaan ...
Hiba Hati Ibu Jururawat Di Arab Saudi Bayi Perempuan 17 Bulan Dilanggar Suv

Hiba Hati Ibu Jururawat Di Arab Saudi Bayi Perempuan 17 Bulan Dilanggar Suv

papar berkaitan - pada 15/1/2019 - jumlah : 406 hits
Bayi perempuan dilanggar kenderaan utiliti sukan di garaj kereta di rumah pengasuhnya di Taman Kesedar Putra Gua Musang hari ini Kejadian berlaku pada 5 petang dan mangsa Aamina Inayah Mohd Hafezul 17 bulan meninggal dunia ketika menerima r...
Australia Akan Beri Suaka Buat Remaja Saudi Kabur Dari Keluarga Sebab Takut Dibunuh

Australia Akan Beri Suaka Buat Remaja Saudi Kabur Dari Keluarga Sebab Takut Dibunuh

papar berkaitan - pada 10/1/2019 - jumlah : 175 hits
Rahaf diketahui kabur dan tiba di Bangkok Thailand Sabtu lalu Selama di Bandara Suvarnabhumi dia mengunggah cuitannya di Twitter dengan mengatakan dia kabur dari Kuwait dan nyawanya terancam jika dia dipaksa kembali ke Saudi
Sedang Umrah Paman Presiden Jokowi Meninggal Di Arab Saudi

Sedang Umrah Paman Presiden Jokowi Meninggal Di Arab Saudi

papar berkaitan - pada 3/1/2019 - jumlah : 179 hits
Mulyono Herlambang salah satu paman Jokowi meninggal usai menjalankan ibadah umrah Sebab meninggalnya belum diketahui Namun informasi yang didapat karena sesak napas
Penggunaan 039 Al 039 Mengikut Nahu Arab Yang Tepat

Penggunaan 039 Al 039 Mengikut Nahu Arab Yang Tepat

papar berkaitan - pada 17/1/2019 - jumlah : 266 hits
17 Januari 2019 3 07 PM KUANTAN Penggunaan perkataan Al di hadapan nama Sultan Pahang Al Sultan Abdullah Ri ayatuddin Al Mustafa Billah Shah Ibni Sultan Haji Ahmad Shah Al Musta in Bi
Kkb Polls Go Out To Vote With Peace Of Mind As Safety Assured Says Selangor Police

Kanak Kanak Usia 3 Tahun Sudah Boleh Diajar Berdikari Tahu Urus Diri Sudah Cukup Baik

Pharmaniaga Komited Pulih Kewangan Keluar Status Pn17

Sejarah Hitam Bola Sepak Berulang

Hukuman Masyarakat Sangat Berat Jika Anda Punya Pendapat Berbeza Dari Mereka

Takut Ditangkap Khalwat Pecut Kereta Hingga Terbabas

Crisis Management 101

Are Malaysian Consumers Missing The Target In Anti Israel Boycotts Of Western Brands



Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3


Zim Zim Ala Kazim

Dalia Farhana Curang Chord

Cara Hilangkan Migrain

Untonglah Menantu Zahid Hamidi Dilantik Pengerusi Jiankun

Mad Science A Harley Sportster Grand Prix Racer By A Nuclear Chemist

Sa Tak Pernah Buat Muka