Inilah Sosok Elon Musk Sang Iron Man Dunia Nyata


Elon Musk, enterpreunur yang berhasil merevolusi banyak bidang kehidupan. Tidak hanya berfokus pada keuntungan, Musk punya misi besar untuk umat manusia dan kelestarian alam. Figur Musk bahkan dikaitkan dengan sosok Iron Man,  super hero yang menjadi pionir di bidang teknologi.
Julukan ini diberikan pada Musk berkat kontribusinya yang luar biasa besar. Saat ini, Musk punya 2 misi besar:
Mempertahankan bumi agar tetap layak huni Membangun koloni manusia di planet Mars Terdengar mustahil, tapi itulah yang sedang dia upayakan. Jauh sebelum misi itu dimulai, Musk sudah menunjukkan bakat dan semangat yang luar biasa sebagai calon enterpreunur sekaligus inovator muda.
Siapa Elon Musk? Untuk menjawab pertanyaan ‘siapa itu Elon Musk?’, agaknya kita akan cukup kesulitan. Musk tersohor sebagai figur multitalenta yang membangun banyak perusahaan sukses. Jadi, tidak mudah untuk membuat satu jawaban yang mampu menggambarkan sosok Musk secara utuh.
Nama lengkapnya Elon Reeve Musk, lahir di Pretoria, Afrika Selatan pada tanggal 28 Juni 1971.
Masa kecil Musk penuh dengan rasa penasaran dan antusiasme terhadap fisika dan teknologi. Pada usia 10 tahun, Musk sudah bisa mengoperasikan Commodor VIC-20, komputer canggih pada masa itu. Padahal saat itu operator komputer masih terbilang langka.
Tidak puas hanya menjadi pengguna, Musk ingin menjadi seorang pencipta dengan komputer. Demi mewujudkan keinginannya ini, Musk belajar pemrograman secara otodidak. Hasilnya, Musk berhasil membuat video game yang dinamainya ‘Blastar’.
Blastar kemudian dijual ke sebuah majalah komputer seharga 500$, jumlah yang tak sedikit pada masa itu.
Tahun 1989, Musk mendapatkan hak kewarganegaraan Kanada.
Musk menempuh Pendidikan tingginya di Pennsylvania University. Dari sana, Ia berhasil meraih gelar Sarjana Fisika. Musk pun melanjutkan studinya dengan mengambil jurusan S2 Fisika Terapan. Tapi Ia memutuskan untuk drop out sebelum meraih gelar di bidang ini.
Tahun 2002, Musk resmi menjadi warga negara Amerika Serikat.
Perjalanan Karir Elon Musk 1.    Zip2 Bisnis pertama yang dibangun Elon Musk adalah Zip2, sebuah layanan panduan kota untuk industri penerbitan koran.
Zip2 didirikan dengan modal awal sebesar 28.000 dolar yang didapatkannya dari sang Ayah. Musk mendirikan Zip2 bersama Kimbal, adiknya.
Zip2 mulai menorehkan kesuksesan usai mendapat kontrak dari koran-koran besar seperti New York Times dan Chicago Tribune.
Zip2 akhirnya dibeli oleh Compaq dengan nilai 307 juta dolar. Dari penjualan tersebut, Elon Musk mendapatkan bagian sebesar 22 juta dolar.
2.    X.com Dari hasil penjualan Zip2, Musk mendirikan perusahaan keduanya, X.com. Perusahaan ini menyediakan layanan pembayaran online via email. Kalau sekarang kita biasa menggunakan GoPay dan OVO, Musk sudah memulai layanan sejenis ini sekitar 20 tahun yang lalu.
X.com semakin populer dan akhirnya merger dengan Confinity. Tidak lama kemudian, namanya berubah menjadi PayPal. Sampai sekarang, PayPal tetap menjadi layanan keuangan online terpopuler di dunia.
Tahun 2002, eBay membeli PayPal seharga 1,5 miliar dolar yang dibayarkan dalam bentuk saham. Musk mendapatkan jatah 165 juta dolar dari penjualan ini.
3.    SpaceX Setelah merevolusi industri keuangan dengan PayPal, Musk membuat gebrakan besar dengan mendirikan SpaceX.
SpaceX adalah perusahaan yang bergerak di bidang antariksa. Pada mulanya, SpaceX ditentang oleh NASA dan banyak pihak lainnya yang berpendapat bahwa sektor antariksa tidak semestinya diserahkan pada swasta.
Namun Musk tidak menyerah. Sekarang, SpaceX dan NASA justru sering berkolaborasi dalam berbagai proyek luar angkasa.
Salah satu terobosan yang berhasil dibuat Musk lewat SpaceX adalah roket yang bisa dipakai berulang kali. Sebelum era SpaceX, roket dibuat untuk peluncuran satu kali. Fungsinya hanya untuk mendorong pesawat ruang angkasa dan satelit agar bisa keluar dari bumi.
Setelah meninggalkan atmosfer, pesawat dan satelit akan dilepaskan. Roket kemudian ‘dibuang’ dan dibiarkan melayang-layang di ruang hampa udara. Padahal, untuk membuat satu unit roket, modal yang dibutuhkan terbilang fantastis.
Musk berpendapat bahwa teknologi roket yang ada saat ini tidaklah efisien. Akhirnya, lewat SpaceX, Musk berhasil memproduksi roket yang bisa dipakai berulang kali.
Usai mengirimkan objek ke tujuannya, roket SpaceX akan kembali ke bumi dan mendarat dengan sempurna untuk dipergunakan lagi di misi selanjutnya. Cara kerjanya persis seperti pesawat terbang. Padahal, inovasi ini bukanlah hal yang mudah karena NASA pun belum mampu mewujudkannya.
Elon Musk berhasil membuktikan bahwa SpaceX mampu menjadi pionir di bidang teknologi antariksa.
Salah satu misi besar SpaceX adalah membawa manusia ke planet Mars. Alasannya karena bumi semakin tak layak huni akibat polusi dan overpopulasi.
Musk percaya bahwa manusia tidak hanya bergantung pada bumi. Teknologi bisa dikembangkan untuk memperluas kolonisasi manusia ke planet lain. Mars dipilih karena kondisinya yang paling mirip dengan bumi dan jaraknya juga relatif dekat dibandingkan dengan planet tetangga lainnya.
Misi ini memang belum terwujud. Tapi Musk bersama SpaceX terus melakukan riset dan inovasi agar teknologi kita semakin canggih dan memungkinkan manusia untuk menginjakkan kaki di planet Mars.
Tidak hanya itu, Elon Musk juga berpendapat bahwa semua orang berhak untuk pergi ke luar angkasa. Ia sedang mengembangkan teknologi agar ruang angkasa menjadi destinasi yang bisa dikunjungi siapa saja.
4.    Tesla Motors Selain SpaceX, Musk juga menggawangi Tesla, perusahaan mobil listrik yang menjadi misi revolusionernya.
Musk beranggapan bahwa ketergantungan manusia pada minyak fosil menimbulkan banyak dampak negatif. Dari sisi lingkungan, minyak fosil menyebabkan polusi dan menjadi pemicu global warming yang semakin parah dari tahun ke tahun. Dari sisi kemanusiaan, sumber daya minyak fosil yang langka menyebabkan banyak konflik di Timur Tengah, lokasi minyak fosil terbesar di dunia.
Tesla didirikan untuk mengatasi permasalahan ini. Semua mobil yang diproduksi Tesla menggunakan bahan bakar listrik terbarukan. Kalau sebelumnya mobil listrik dikenal sebagai mobil lamban dan hanya berfungsi sebagai ikon semata, Tesla bertekad untuk mempopulerkan mobil listrik sebagai moda transportasi sehari-hari.
Dengan mobil listrik Tesla, masalah polusi akan mudah teratasi. Listrik yang digunakan Tesla memanfaatkan panel surya, sumber energinya dari cahaya matahari. Teknologi ini menghasilkan mobil yang ramah lingkungan, nyaman, dan aman untuk penggunaan harian.
Di Eropa dan Amerika, mobil listrik Tesla sudah sangat populer. Bahkan stasiun pengisian bahan bakar listrik sudah menjadi jaringan yang cukup bisa diandalkan. Mungkin dalam beberapa tahun ke depan, mobil listrik Tesla juga akan mendominasi jalan raya di Indonesia.
Elon Musk Sang Inovator dan Revolusioner Ide-ide cerdas Musk telah mengubah wajah banyak sektor. Dimulai dari sistem pembayaran online yang merevolusi industri keuangan di dunia. Dilanjutkan dengan roket canggih yang memikul misi besar. Kemudian mobil listrik yang bertekad untuk mempertahankan kehidupan di bumi.
Siapa yang berani mengeksekusi ide-ide sebesar itu selain Musk?
Sejak kecil, Musk memang aktif, enerjik, dan punya rasa ingin tahu yang tinggi. Ia juga tipe orang yang fokus ketika mengerjakan sesuatu. Kamu bisa menyimak Elon Musk Twitter untuk membaca cuiutan-cuitannya yang selalu ramai dengan komentar.
Inilah nilai-nilai positif yang perlu kita teladani dari sosok Elon Musk, sang Iron Man dunia nyata yang berjasa besar pada seluruh umat manusia.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/inilah-sosok-elon-musk-sang-iron-man-dunia-nyata/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Daftar 16 Kegagalan Elon Musk Ditolak Kerja Sampai Spacex Dan Tesla Yang Nyaris Bangkrut

Daftar 16 Kegagalan Elon Musk Ditolak Kerja Sampai Spacex Dan Tesla Yang Nyaris Bangkrut

papar berkaitan - pada 3/3/2021 - jumlah : 132 hits
Bukan bermaksud senang lihat kegagalan orang lain tapi ini membuktikan kalau untuk bisa jadi sukses itu kudu siap gagal juga
7 Prinsip Kejayaan Elon Musk Yang Boleh Kita Jadikan Motivasi Diri

7 Prinsip Kejayaan Elon Musk Yang Boleh Kita Jadikan Motivasi Diri

papar berkaitan - pada 7/3/2021 - jumlah : 710 hits
Elon Musk merupakan jurutera dan usahawan teknologi juga merupakan pengasas CEO dan pereka utama SpaceX pengasas bersama CEO dan arkitek produk Tesla Inc Pada Disember 2016 beliau menerima ranking ke 21 di dalam senarai Orang Paling Berkuas...
Salut Ibu Elon Musk Sudah Tahu Kalau Anaknya Genius Sejak Usia 3 Tahun Pelajari Caranya Yuk

Salut Ibu Elon Musk Sudah Tahu Kalau Anaknya Genius Sejak Usia 3 Tahun Pelajari Caranya Yuk

papar berkaitan - pada 24/2/2021 - jumlah : 240 hits
Moms bisa mendeteksi kecerdasan anak sejak dini dengan cara cara yang dilakukan Bu Maye Musk ini
Pelakon Shaolin Soccer Meninggal Dunia Tiada Lagi Ng Man Tat Di Sisi Stephen Chow Sing Chi

Pelakon Shaolin Soccer Meninggal Dunia Tiada Lagi Ng Man Tat Di Sisi Stephen Chow Sing Chi

papar berkaitan - pada 28/2/2021 - jumlah : 230 hits
Stephen Chow Sing Chi itu seorang pelakon legenda dan sentiasa menjadi kegilaan penggemar filem Hong Kong di negara ini Tetapi dalam kebanyakan filem beliau yang menjadi hit akan sentiasa ada sidekick nya yang turut dianggap legenda Ng Man ...
Pelakon Veteran Hong Kong Ng Man Tat Meninggal Dunia Akibat Barah Hati

Pelakon Veteran Hong Kong Ng Man Tat Meninggal Dunia Akibat Barah Hati

papar berkaitan - pada 27/2/2021 - jumlah : 533 hits
Pelakon veteran Hong Kong Ng Man Tat meninggal dunia akibat barah hatiPelakon veteran Hong Kong Ng Man Tat 70 dilaporkan telah meninggal dunia pada jam 5 21 petang 27 Februari 2021 akibat penyakit barah hati yang dihidapinya Ng sebelum ini ...
Sidekick Stephen Chow Ng Man Tat Meninggal Dunia Pada Usia 70 Tahun

Sidekick Stephen Chow Ng Man Tat Meninggal Dunia Pada Usia 70 Tahun

papar berkaitan - pada 27/2/2021 - jumlah : 371 hits
Pelakon veteran Hong Kong Ng Man tat yang terkenal dengan watak jurulatih dalam filem Shaolin Soccer telah meninggal dunia pada usia 70 tahun akibat barah hati Menurut salah seorang rakan baiknya Tin Kai man berkata Ng meninggal The post ap...
Elon Musk Kini Menjadi Teknoking Di Tesla

Elon Musk Kini Menjadi Teknoking Di Tesla

papar berkaitan - pada 16/3/2021 - jumlah : 391 hits
Elon Musk merupakan salah seorang usahawan yang terkenal dan mengetuai beberapa syarikat termasuk menjadi CEO di Tesla Menariknya kini beliau turut menambah satu lagi jawatan di Tesla iaitu Teknoking Tesla Perkara ini diumumkan melalui pemf...
Starlink Internet Berkelajuan Tinggi Milik Elon Musk Bakal Diperkenalkan Di Malaysia

Starlink Internet Berkelajuan Tinggi Milik Elon Musk Bakal Diperkenalkan Di Malaysia

papar berkaitan - pada 4/3/2021 - jumlah : 333 hits
Sekiranya anda mengikuti perkembangan Elon Musk beliau menerusi syarikat aeroangkasanya SpaceX memaklumkan mahu menawarkan internet berkelajuan tinggi buat pengguna seluruh dunia menggunakan sambungan daripada satelit Bermula dengan sekadar...
Tesla Secara Rasmi Memberikan Ceo Elon Musk Gelaran Technoking Of Tesla

Tesla Secara Rasmi Memberikan Ceo Elon Musk Gelaran Technoking Of Tesla

papar berkaitan - pada 17/3/2021 - jumlah : 233 hits
Dilaporkan Elon mush telah diberi gelaran baru Dia telah meletakkan jawatan ketua eksekutifnya dan menobatkan dirinya sebagai Technoking of Tesla Zach Kirkhorn ketua pegawai kewangan syarikat juga telah menerima gelaran baru Master of Coin ...
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Penyokong Pn Jangan Bongkak Dan Takabbur



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Bila Kau Rajin Nak Tolong Kerja Orang

Perjanjian Allah Swt Dengan Kaum Bani Israil

Mushroom Jellyfish House By Ttdesign Vn In Tan Hiep Vietnam

Vanishing Landscape

Dapat Hadiah Hari Jadi

Keyakinan