Inilah 4 Janji Allah Bagi Para Kamu Pengafal Al Quran



Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang isinya mudah dihapal. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak bahkan balita pun sudah banyak yang mampu menghapal firman Allah SWT tersebut. Padahal Alquran berisi 30 juz dengan 114 surat dan 6666 ayat di dalamnya.
Bisa menghapal semua ayat tentu menjadi prestasi tersendiri bagi seorang Muslim. Selain bernilai ibadah, ada banyak keistimewaan lain bagi yang berhasil menghafal firman Allah SWT ini. Tenyata, Allah SWT telah berjanji kepada Muslim yang menjadi penghafal Alquran.
Empat janji Allah berikut ini pastinya membuat setiap kita ingin menjadi penghapal kalam Allah itu.Tidak hanya untuk diri sendiri, Allah SWT juga menjanjikan kebaikan bagi keluaga orang-orang yang hapal Alquran. Apa saja janjinya? Berikut informasi selengkapnya.
1. Penghafal Al-Qur’an Telah Disejajarkan Dengan Para Nabi
Janji Allah SWT yang pertama untuk kaum muslim yang menghafal Al-Qur’an ternyata mereka telah disejajarkan dengan para Nabi. Hanya saja para pengahafal Al-Qur’an ini tidak mendapatkan dititipkan wahyu oleh Allah SWT. Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang artinya.
“Barangsiapa yang membaca (menghafal) Alquran, maka sungguh dirinya telah menyamai derajat kenabian hanya saja tidak ada wahyu baginya (penghafal). Tidak pantas bagi penghafal Alquran bersama siapa saja yang ia dapati dan tidak melakukan kebodohan terhadap orang yang melakukan kebodohan (selektif dalam bergaul) sementara dalam dirnya terdapat firman Allah.” (HR Hakim).
Pada zaman Rasulullah SAW, tidak jarang para penghafal Al-Qur’an ini diutamakan kedudukannya oleh beliau, salah satunya dalam memimpin delegasi. Mekanismenya adalah Rasulullah SAW akan menguji dan bertanya seputar hafalan. Selanjutnya Rasulullah akan memilih para calon pegawai dengan berdasarkan pada banyaknya hafalan yang dimiliki.
2. Para Penghafal al-Quran Telah Dianggap Sebagai Keluarga Allah yang Ada Di Bumi
Kaum muslim yang sudah menghafal Al-Qur’an tentu saja telah diberikan anugerah berupa ilmu. Bahkan karena hal tersebut para penghafal Al-Qur’an telah dianggap sebagai keluarga Allah di bumi. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW.
Dalam sebuah hadist disebutkan “Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad).
3. Mendapat Derajat yang Lebih Tinggi saat Berada di Surga
Selain dijanjikan telah dianggap sebagai keluarga Allah saat di bumi, ternyata penghafal Al-Qur’an juga akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi lagi saat berada di surga kelak. Betapa banyaknya manfaat Al-Qur’an bagi mereka yang menghafalnya.
Dalam sebuah hadist berbunyi “Beliau bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib quran, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al Quran di dunia sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi).
4. Tidak Hanya untuk Dirinya, Keistimewaan juga Akan diterima oleh Keluarganya
Janji Allah yang terakhir untuk penghafal Al-Qur’an adalah Allah akan memberikannya keistimewaan. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, keistimewaan tersebut juga akan diterima oleh keluarga terkhusus orangtuanya.
Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa “dari Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran”. (HR. Al Hakim).”
Demikianlah informasi mengenai empat janji Allah bagi penghafal Al-Qur’an. Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita untuk selalu mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari agar Allah SWT memberikan keberkahan untuk setiap muslim.
The post Inilah 4 Janji Allah Bagi Para Kamu Pengafal al-Quran appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/12/29/inilah-4-janji-allah-bagi-para-kamu-pengafal-al-quran/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Siapa Ada 3 Anak Perempuan Allah Siap Siap Bina Syurga Untuk Ibu Ayah Janji Jaga Sebaiknya

Siapa Ada 3 Anak Perempuan Allah Siap Siap Bina Syurga Untuk Ibu Ayah Janji Jaga Sebaiknya

papar berkaitan - pada 4/1/2021 - jumlah : 391 hits
Mendidik anak perempuan kita akan terpaksa mengorbankan perasaan Anak perempuan apalagi anak yang pertama ia panas dengan ibunya Pada anak perempuan yang pertama ada saja yang tak kena Tapi walau sayang macam mana ia pada ayah kasih ibunya ...
Jubir Jokowi Ancam Bakal Pecat Para Menteri Baru Jika Lakukan Hal Ini

Jubir Jokowi Ancam Bakal Pecat Para Menteri Baru Jika Lakukan Hal Ini

papar berkaitan - pada 26/12/2020 - jumlah : 222 hits
Presiden Jokowi baru baru ini resmi melantik 6 Menteri dan 5 Wakil Menteri Usai pelantikan tersebut Presiden Jokowi melalui Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman langsung melayangkan ultimatum keras kepada jajaran Menteri dan Wakil Menteri ...
Para Penghobi Layangan Raksasa Di Tengah Wabah Corona Jenis Baru Di Singapura

Para Penghobi Layangan Raksasa Di Tengah Wabah Corona Jenis Baru Di Singapura

papar berkaitan - pada 27/12/2020 - jumlah : 174 hits
Para Penghobi Layangan Raksasa di Tengah Wabah Corona Jenis Baru di Singapura Di tengah bayang bayang wabah corona varian baru dari Inggris yang telah masuk ke negaranya para penghobi layang layang di Singapura memamerkan keunikan layangan ...
5 Jurus Jitu Para Ibu Saat Menghemat Pengeluaran Skill Hitung Hitungannya Jempolan

5 Jurus Jitu Para Ibu Saat Menghemat Pengeluaran Skill Hitung Hitungannya Jempolan

papar berkaitan - pada 30/12/2020 - jumlah : 164 hits
Coba bisikin dong Bund cara berhemat yang unik tapi ampuh banget versi kamu tuh gimana sih
Para Pelakon Utama Bincang Kemungkinan Musim Kedua Sweet Home

Para Pelakon Utama Bincang Kemungkinan Musim Kedua Sweet Home

papar berkaitan - pada 23/12/2020 - jumlah : 464 hits
Hanya mempunyai 10 episod ramai yang ternantikan musim kedua drama siri Netflix terbaru iaitu Sweet Home Baru baru ini para pelakon drama adaptasi webtoon itu telah membincangkan kemungkinan terjadinya musim kedua siri tersebut Amaran SPOIL...
Zaman Ph Para Pelabur Asing Pakat Keluar Zaman Pn Para Pelabur Asing Pakat Takmau Masuk

Zaman Ph Para Pelabur Asing Pakat Keluar Zaman Pn Para Pelabur Asing Pakat Takmau Masuk

papar berkaitan - pada 21/12/2020 - jumlah : 214 hits
1 Syarikat syarikat gergasi teknologi dunia menyertai peluang peluang pelaburan di negera negara Asia Tenggara seperti Filipina Vietnam dan Indonesia Tetapi Malaysia tidak menjadi pilihan untuk mereka masuk 2 Puncanya pelbagai Selain kos te...
5 Manfaat Penting Punya Kartu Nama Untuk Para Pebisnis Atau Profesional Jangan Disepelekan

5 Manfaat Penting Punya Kartu Nama Untuk Para Pebisnis Atau Profesional Jangan Disepelekan

papar berkaitan - pada 19/12/2020 - jumlah : 223 hits
Bukan cuma dipakai buat tukar kontak doang ternyata bisa jadi sarana marketing juga Wah gimana tuh
Hiburan Gagal Bayar Tunggakan Rm4 96 Juta Untuk Pesanan Pelitup Muka Jovian Apparel Disaman Pembekal

T18c24 Bayi Aina Muntah Susu Beku Macam Keju

Gulai Udang Nenas

Govt To Continue Using E Jamin Bail System

Road And Track A Lithe Bmw R80 Restomod By 46works

Harris Alif Dari Idola Kecil Ke Selebriti Serba Boleh

Kerajaan Pahang Sumbang Rm8 000 Kepada Keluarga Allahyarham Konstabel Muhamad Syafiq

Article 153 Of The Federal Constitution Does Not Bar Opening Uitm To Non Bumiputera



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Diet Suku Suku Separuh Jom Amalkan

Majlis Perkahwinan Anak Saudara

From Smoke To Pet Dander Bnx Filter Traps Microscopic Airborne Contaminants

Pas Dikecam Balun Polis Bukan Fahaman Ekstremis

Kelahi Selepas Kemalangan Lelaki Bawa Kereta Lawan Arus

Lirik Luqman Faiz Bahagiamu Tujuanku