Ini Cara Nabi Muhammad Menentukan Awal Ramadhan


Penentuan awal dan akhir  bulan Ramadhan merupakan suatu permasalahan yang kerap kali melahirkan polemik diantara masyarakat Indonesia setiap tahunnya.
Hal tersebut disebabkan perbedaan pendekatan yang dilakukan beberapa kelompok atau ormas islam dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Di antara mereka ada yang menggunakan pendekatan membaca pasang surut air laut dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Sebagiannya lagi ada yang mengutamakan pendekatan hisab dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan, dan sebagian besar lainnya mengutamakan pendekatan ru’yatul hilal dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Berdasarkan hal tersebut, terkadang terdetik sebuah pertanyaan sebenarnya bagaimana cara Nabi Muhammad SAW menentukan awal dan akhir Ramadhan, sebagai sosok yang otoritatif dalam memberikan contoh kepada umat islam dalam permasalahan tersebut.
Terdapat beberapa riwayat hadis yang mendeskripsikan metodologi Nabi Muhammad SAW dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan. Diantaranya, hadis yang diriwayatkan oleh Said bin Musayyab, Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Jika kalian melihat hilal maka berpuasalah, dan jika kalian melihat hilal maka berbukalah (akhirilah puasa kalian), namun jika hilal tak terlihat maka sempurnakanlah tiga puluh hari”. (HR. Muslim, Al-Nasa’I, dan Ibnu Majah)
Dari hadis tersebut dipahami bahwasannya Nabi Muhammad SAW menggunakan metodologi ru’yatul hilal dalam menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan.
Hal tersebut tersurat dalam perintah beliau untuk melaksanakan puasa dan mengakhiri puasa jika hilal terlihat oleh kaum muslimin, dan jika hilal tidak terlihat maka kaum muslimin diperintahkan untuk menyempurnakan bilangan bulan Ramadhan menjadi 30 hari.
Selanjutnya, terdapat riwayat lain yang diriwayatkan oleh Malik bin Nafi’ dari Ibnu Umar tentang metodologi Nabi Muhammad SAW dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan, Rasulullah SAW bersabda,
“Janganlah kalian berpuasa (Ramadhan) sampai kalian melihat hilal, dan janganlah kalian berbuka “mengakhiri puasa Ramadhan” sampai kalian melihat hilal, dan jika hilal terhalang dari kalian maka perkirakanlah (faqduru lah)” (HR. Malik).
Menurut kelompok kaum muslimin yang mengedepankan metodologi hisab, pemahaman dari redaksi faqduru lah “perkirakanlah” dari hadis di atas, menunjukkan keabsahan metodologi hisab dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Ditambah lagi, ada ayat al-Qur’an yang menyatakan bahwasannya penentuan bulan melalui hitungan (walqamaru bihusban).
Sedangkan kelompok kaum muslimin yang mengedepankan metodologi ru’yatul hilal, mencoba memahami redaksi (faqduru lah) dalam hadis di atas dengan cara mengumpulkan riwayat-riwayat lain yang serupa dengan hadis tersebut.
Sehingga sampai kepada kesimpulan bahwa pemahaman dari redaksi (faqduru lah) lebih tepat jika dipahami dengan makna “genapkanlah, atau sempurnakanlah”
Lebih lanjut, menurut mereka jika redaksi (faqduru lah) dipahami dengan “maka hitunglah” sekalipun, metodologi ru’yatul hilal tetap harus diutamakan.
Karena dalam redaksi hadis di atas perintah untuk melihat hilal berada lebih dahulu dibandingkan perintah untuk memperkirakan.
Jika ditinjau dari beberapa hadis yang meriwayatkan tentang cara Nabi Muhammad SAW menentukan awal dan akhir Ramadhan kita dapat menyimpulkan bahwa metodologi ru’yatul hilal merupakan pendekatan yang digunakan Nabi Muhammad SAW dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Sedangkan hikmah dibalik penggunaan Nabi Muhammad SAW metodologi ru’yatul hilal dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan, terdapat pada kesederhanaan metodologi tersebut yang mengedepankan pengamatan mata sebagai salah satu indera yang dimiliki manusia, yang dengan hal tersebut memungkinkan kaum muslimin dimanapun yang bisa melihat untuk memberikan kontribusinya dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Tapi terlepas dari hal-hal tersebut, kelompok-kelompok yang berbeda dalam penggunaan metodologi dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan tetap harus menjaga persatuan umat.
Karena bagaimanapun juga perbedaan penggunaan metodologi dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan hanyalah masalah khilafiyah yang terlahir dari perbedaan pendapat dalam memahami redaksi Al-Qur’an dan hadis yang berkaitan dengan hal tersebut.
Sedangkan, persatuan umat adalah sesuatu yang harus tetap dijaga sampai kapanpun juga.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/ini-cara-nabi-muhammad-menentukan-awal-ramadhan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Terkait Video Andre Taulany Yang Diduga Menghina Nabi Muhammad Ini Pesan Yusuf Mansur

Terkait Video Andre Taulany Yang Diduga Menghina Nabi Muhammad Ini Pesan Yusuf Mansur

papar berkaitan - pada 4/5/2019 - jumlah : 411 hits
Komedian Andre Taulany kembali tersandung masalah ucapannya sendiri Setelah dianggap menghina ulama melalui plesetan sepatu Adidas ke Adisomad publik mengulik tayangan lamanya saat programnya Ini Talkshow NET TV kedatangan tamu Virzha Idol ...
Dituding Hina Nabi Muhammad Andre Taulany Akan Dipolisikan

Dituding Hina Nabi Muhammad Andre Taulany Akan Dipolisikan

papar berkaitan - pada 4/5/2019 - jumlah : 367 hits
Persaudaraan Alumni 212 akan melaporkan Andre Taulany ke Bareskrim Polri PA 212 menilai Andre sudah menghina Rasulullah SAW Jadi kami menyesalkan atas humor yang dibuat bukan hal yang bukan untuk dihumorkan bukan hal untuk hal lucu lucuan k...
Ini Cara Konsumsi Mie Instan Yang Tepat Buat Santap Sahur Dan Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

Ini Cara Konsumsi Mie Instan Yang Tepat Buat Santap Sahur Dan Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 419 hits
Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang menggemari mie instan sebagai sajian baik berbuka maupun bersantap sahur Tentu saja dengan alasan praktis dan siap saji mie instan menjelma jadi primadona Walaupun tidak sedikit pula ada anggapa...
Setelah Singgung Adisomad Kini Andre Lontarkan Pernyataan Menghina Nabi Muhammad

Setelah Singgung Adisomad Kini Andre Lontarkan Pernyataan Menghina Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 3/5/2019 - jumlah : 287 hits
Setelah menghina Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad dengan merek sepatu Adisomad pelawak dan juga presenter televisi Andre Taulany kini kena kasus baru Ia menyebut bahwa badan Nabi Muhammad SAW seperti kebun Hal tersebut terlihat dalam...
Andre Taulany Ditampar Keras Oleh Ulama Tersohor Usai Diduga Hina Nabi Muhammad Bak Kebon

Andre Taulany Ditampar Keras Oleh Ulama Tersohor Usai Diduga Hina Nabi Muhammad Bak Kebon

papar berkaitan - pada 3/5/2019 - jumlah : 336 hits
Andre Taulany kembali menjadi bulan bulanan publik khususnya warga dunia maya Kali ini ia diduga telah menghina nabi Muhammad Padahal beberapa waktu lalu Andre membuat khalayak geger dengan lawakannya yang memplesetkan merek sepatu dengan m...
Hukuman Untuk Penghina Nabi Muhammad Dalam Syariat Islam

Hukuman Untuk Penghina Nabi Muhammad Dalam Syariat Islam

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 540 hits
Hukuman Bagi Penghina Nabi Muhammad Saat ini lagi viral artis komedi mencela Nabi dengan memberi julukan jelek walaupun bermaksud ngelucu Bisa dibahas hukum syariat bagi pencela nabi Syukron Jawaban Bismillah walhamdulillah was sholaatu was...
Lawakan Andre Taulany Hina Nabi Muhammad Simak Penjelasan Buya Yahya Ini

Lawakan Andre Taulany Hina Nabi Muhammad Simak Penjelasan Buya Yahya Ini

papar berkaitan - pada 6/5/2019 - jumlah : 339 hits
Pelawak Andre Taulany kembali menjadi sorotan Lawakannya kali ini dinilai menyakiti umat Islam Setelah sebelumnya Andre menyinggung dua ulama masyhur Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad kali ini lawakannya yang viral di Youtube kembali ...
Cara Berniaga Air Balang Di Bazaar Ramadhan

Cara Berniaga Air Balang Di Bazaar Ramadhan

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 777 hits
Memandangkan bulan suci Ramadhan dah tak lama lagi ada yang bercadang nak buat side income dengan jual air balang di bazaar ramadhan Bisnes air adalah antara yang paling mudah di bazaar Ramadhan tetapi boleh menjadi hambar apabila anda tida...
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Wee Barking Up The Wrong Tree

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


First Blog Post

Pra Pesanan Samsung Ai Tv Berpeluang Memenangi Hadiah Bernilai Rm140 000

Insider Tricks Stylists Use To Make Clothes Fit Perfectly

Mobile Friendly Free Money The Community Has You Covered

Pelajar Lelaki 14 Tahun Meninggal Dunia Ketika Merentas Desa

Umur 7 Tahun Sudah Bergelar Tunangan Orang