Ini Cara Nabi Muhammad Menentukan Awal Ramadhan


Penentuan awal dan akhir  bulan Ramadhan merupakan suatu permasalahan yang kerap kali melahirkan polemik diantara masyarakat Indonesia setiap tahunnya.
Hal tersebut disebabkan perbedaan pendekatan yang dilakukan beberapa kelompok atau ormas islam dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Di antara mereka ada yang menggunakan pendekatan membaca pasang surut air laut dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Sebagiannya lagi ada yang mengutamakan pendekatan hisab dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan, dan sebagian besar lainnya mengutamakan pendekatan ru’yatul hilal dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Berdasarkan hal tersebut, terkadang terdetik sebuah pertanyaan sebenarnya bagaimana cara Nabi Muhammad SAW menentukan awal dan akhir Ramadhan, sebagai sosok yang otoritatif dalam memberikan contoh kepada umat islam dalam permasalahan tersebut.
Terdapat beberapa riwayat hadis yang mendeskripsikan metodologi Nabi Muhammad SAW dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan. Diantaranya, hadis yang diriwayatkan oleh Said bin Musayyab, Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Jika kalian melihat hilal maka berpuasalah, dan jika kalian melihat hilal maka berbukalah (akhirilah puasa kalian), namun jika hilal tak terlihat maka sempurnakanlah tiga puluh hari”. (HR. Muslim, Al-Nasa’I, dan Ibnu Majah)
Dari hadis tersebut dipahami bahwasannya Nabi Muhammad SAW menggunakan metodologi ru’yatul hilal dalam menentukan awal dan akhir bulan Ramadhan.
Hal tersebut tersurat dalam perintah beliau untuk melaksanakan puasa dan mengakhiri puasa jika hilal terlihat oleh kaum muslimin, dan jika hilal tidak terlihat maka kaum muslimin diperintahkan untuk menyempurnakan bilangan bulan Ramadhan menjadi 30 hari.
Selanjutnya, terdapat riwayat lain yang diriwayatkan oleh Malik bin Nafi’ dari Ibnu Umar tentang metodologi Nabi Muhammad SAW dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan, Rasulullah SAW bersabda,
“Janganlah kalian berpuasa (Ramadhan) sampai kalian melihat hilal, dan janganlah kalian berbuka “mengakhiri puasa Ramadhan” sampai kalian melihat hilal, dan jika hilal terhalang dari kalian maka perkirakanlah (faqduru lah)” (HR. Malik).
Menurut kelompok kaum muslimin yang mengedepankan metodologi hisab, pemahaman dari redaksi faqduru lah “perkirakanlah” dari hadis di atas, menunjukkan keabsahan metodologi hisab dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Ditambah lagi, ada ayat al-Qur’an yang menyatakan bahwasannya penentuan bulan melalui hitungan (walqamaru bihusban).
Sedangkan kelompok kaum muslimin yang mengedepankan metodologi ru’yatul hilal, mencoba memahami redaksi (faqduru lah) dalam hadis di atas dengan cara mengumpulkan riwayat-riwayat lain yang serupa dengan hadis tersebut.
Sehingga sampai kepada kesimpulan bahwa pemahaman dari redaksi (faqduru lah) lebih tepat jika dipahami dengan makna “genapkanlah, atau sempurnakanlah”
Lebih lanjut, menurut mereka jika redaksi (faqduru lah) dipahami dengan “maka hitunglah” sekalipun, metodologi ru’yatul hilal tetap harus diutamakan.
Karena dalam redaksi hadis di atas perintah untuk melihat hilal berada lebih dahulu dibandingkan perintah untuk memperkirakan.
Jika ditinjau dari beberapa hadis yang meriwayatkan tentang cara Nabi Muhammad SAW menentukan awal dan akhir Ramadhan kita dapat menyimpulkan bahwa metodologi ru’yatul hilal merupakan pendekatan yang digunakan Nabi Muhammad SAW dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Sedangkan hikmah dibalik penggunaan Nabi Muhammad SAW metodologi ru’yatul hilal dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan, terdapat pada kesederhanaan metodologi tersebut yang mengedepankan pengamatan mata sebagai salah satu indera yang dimiliki manusia, yang dengan hal tersebut memungkinkan kaum muslimin dimanapun yang bisa melihat untuk memberikan kontribusinya dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan.
Tapi terlepas dari hal-hal tersebut, kelompok-kelompok yang berbeda dalam penggunaan metodologi dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan tetap harus menjaga persatuan umat.
Karena bagaimanapun juga perbedaan penggunaan metodologi dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan hanyalah masalah khilafiyah yang terlahir dari perbedaan pendapat dalam memahami redaksi Al-Qur’an dan hadis yang berkaitan dengan hal tersebut.
Sedangkan, persatuan umat adalah sesuatu yang harus tetap dijaga sampai kapanpun juga.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/ini-cara-nabi-muhammad-menentukan-awal-ramadhan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Dituding Hina Nabi Muhammad Andre Taulany Akan Dipolisikan

Dituding Hina Nabi Muhammad Andre Taulany Akan Dipolisikan

papar berkaitan - pada 4/5/2019 - jumlah : 99 hits
Persaudaraan Alumni 212 akan melaporkan Andre Taulany ke Bareskrim Polri PA 212 menilai Andre sudah menghina Rasulullah SAW Jadi kami menyesalkan atas humor yang dibuat bukan hal yang bukan untuk dihumorkan bukan hal untuk hal lucu lucuan k...
Hukuman Untuk Penghina Nabi Muhammad Dalam Syariat Islam

Hukuman Untuk Penghina Nabi Muhammad Dalam Syariat Islam

papar berkaitan - pada 5/5/2019 - jumlah : 178 hits
Hukuman Bagi Penghina Nabi Muhammad Saat ini lagi viral artis komedi mencela Nabi dengan memberi julukan jelek walaupun bermaksud ngelucu Bisa dibahas hukum syariat bagi pencela nabi Syukron Jawaban Bismillah walhamdulillah was sholaatu was...
Lawakan Andre Taulany Hina Nabi Muhammad Simak Penjelasan Buya Yahya Ini

Lawakan Andre Taulany Hina Nabi Muhammad Simak Penjelasan Buya Yahya Ini

papar berkaitan - pada 6/5/2019 - jumlah : 64 hits
Pelawak Andre Taulany kembali menjadi sorotan Lawakannya kali ini dinilai menyakiti umat Islam Setelah sebelumnya Andre menyinggung dua ulama masyhur Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad kali ini lawakannya yang viral di Youtube kembali ...
Ini Cara Konsumsi Mie Instan Yang Tepat Buat Santap Sahur Dan Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

Ini Cara Konsumsi Mie Instan Yang Tepat Buat Santap Sahur Dan Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 59 hits
Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang menggemari mie instan sebagai sajian baik berbuka maupun bersantap sahur Tentu saja dengan alasan praktis dan siap saji mie instan menjelma jadi primadona Walaupun tidak sedikit pula ada anggapa...
Terkait Video Andre Taulany Yang Diduga Menghina Nabi Muhammad Ini Pesan Yusuf Mansur

Terkait Video Andre Taulany Yang Diduga Menghina Nabi Muhammad Ini Pesan Yusuf Mansur

papar berkaitan - pada 4/5/2019 - jumlah : 100 hits
Komedian Andre Taulany kembali tersandung masalah ucapannya sendiri Setelah dianggap menghina ulama melalui plesetan sepatu Adidas ke Adisomad publik mengulik tayangan lamanya saat programnya Ini Talkshow NET TV kedatangan tamu Virzha Idol ...
Sambut Ramadhan Dengan Makanan Sunnah Nabi

Sambut Ramadhan Dengan Makanan Sunnah Nabi

papar berkaitan - pada 3/5/2019 - jumlah : 57 hits
Ramadhan bukan hanya bulan yang khusus untuk beribadah tetapi juga peluang untuk membina tubuh badan yang sihat Bayangkan selama 11 bulan kita membiarkan perut kita bekerja untuk mencerna makanan tanpa henti dengan makan sepanjang hari di b...
Andre Taulany Ditampar Keras Oleh Ulama Tersohor Usai Diduga Hina Nabi Muhammad Bak Kebon

Andre Taulany Ditampar Keras Oleh Ulama Tersohor Usai Diduga Hina Nabi Muhammad Bak Kebon

papar berkaitan - pada 3/5/2019 - jumlah : 58 hits
Andre Taulany kembali menjadi bulan bulanan publik khususnya warga dunia maya Kali ini ia diduga telah menghina nabi Muhammad Padahal beberapa waktu lalu Andre membuat khalayak geger dengan lawakannya yang memplesetkan merek sepatu dengan m...
Setelah Singgung Adisomad Kini Andre Lontarkan Pernyataan Menghina Nabi Muhammad

Setelah Singgung Adisomad Kini Andre Lontarkan Pernyataan Menghina Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 3/5/2019 - jumlah : 50 hits
Setelah menghina Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad dengan merek sepatu Adisomad pelawak dan juga presenter televisi Andre Taulany kini kena kasus baru Ia menyebut bahwa badan Nabi Muhammad SAW seperti kebun Hal tersebut terlihat dalam...
Bagaimana Puasa Umat Sebelum Nabi Muhammad

Bagaimana Puasa Umat Sebelum Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 7/5/2019 - jumlah : 50 hits
Menjelang atau memasuki bulan suci Ramadhan kita cukup sering mendengar ayat yang satu ini Hai orang orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu bertakwa Hampir setiap khat...
Tular Rakaman Gadis Pijak Al Quran Jawapan Bapa Buat Hati Sebak

Gaji Seorang Jurutera

Kisah Perceraian Rihana Oksana Yang Tidak Boleh Di Tarik Balik

Kifarah Jemaah Haji Malaysia Dalam Flight Bila Sampai Jeddah

Hati Hati Beli Baju Kat Muaz Check Dulu Saiz

Pemandu Vios Tular Di Jb Ditahan Polis

Apabila Kita Dah Pencen

4 Including Pregnant Woman Killed At Sg Buloh Construction Site



Kajian Ibnu Khaldun Tentang Punca Runtuhnya Khilafah

Ahli Matematik Terbaik Dunia Ini Maut Akibat Paranoia Kurt Godel

9 Fakta Dahsyat Tentang Kartel Dadah Mexico

Sejarah Bahasa Arab Bahasa Terpilih Yang Istimewa

Rihana Oksana Petra Menangis Terima Sokongan Warga Malaysia


Topi Kait Bayi Perempuan Gabungan 3 Warna

Menu Makan Malam Sardin Ikan Bilis Timun

Blogger Challenge Number 4 Describe Your Partner Or Someone You Have Feelings For

Jawatan Kosong Penolong Pegawai Tanah

Nilai Kereta Trade In Siapa Tentukan

Menulis Is Penat Dan Susah Sebenarnya