Ini 5 Kesalahan Yang Tak Sadar Sering Dilakukan Saat Shalat


Rasulullah saw pernah bersabda bahwa: “Amal hamba yang pertama kali akan dihisab adalah shalat, jika shalatnya baik, dia sukses dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, dia sangatlah merugi.” (H.R Tirmidzi).
Dari sabda Nabi ini, kita jadi mengetahui betapa pentingnya nilai shalat dalam hidup kita.
Sebagai muslimah yang selalu ingin mendapati kesempurnaan dalam shalat, kita bisa mengusahakannya dengan selalu memperbaiki shalat kita setiap hari.
Banyak hal-hal yang terlihat kecil namun justru berpengaruh besar pada kesempurnaan shalat yang kita lakukan.
Secara garis besar, kesalahan dalam shalat dapat dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah kesalahan yang dapat membatalkan shalat.
Kesalahan ini dapat mengurangi kadar rukun dan syarat wajib shalat sehingga, jika para muslimah melakukannya maka dianggap belum mengerjakan rukun atau syarat wajib shalat tersebut.
Yang kedua, kesalahan ringan yang tidak sampai membatalkan dan mengurangi kadar rukun dan syarat wajib shalat akan tetapi dapat mengurai keutamaan dan kesempurnaan shalat itu sendiri.
Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan para muslimah dalam shalat:
Pertama, tidak menggerakkan lisan ketika takbir dan membaca bacaan shalat lainnya. Di antara kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam shalat adalah tidak menggerakkan lidah ketika takbir dan membaca ayat al-Qur’an dan dzikir-dzikir shalat lainnya, biasanya seseorang hanya cukup membacanya dalam hati sehingga seakan-akan shalat hanya merupakan gerakan tanpa bacaan dan dzikir di dalamnya.
Menurut mayoritas ulama, disyaratkan bagi orang yang membaca bacaan dalam shalat agar ia sendiri mendengar apa yang dibaca.
Menurut pengikut Imam Maliki, cukup menggerakkan lisan ketika membaca. Yang lebih utama adalah memperdengarkan kepada dirinya apa yang dibaca untuk menjaga perbedaan pendapat.
Kedua, Mengangkat padangan mata ke langit atau memandang ke selain tempat sujud. Kesalahan yang juga sering dilakukan beberapa muslimah adalah mengangkat pandangan mata ke langit atau melihat ke kanan dan kiri yang bisa menyebabkan lupa, tidak fokus atau berbicara dalam hati.
Padahal kita diperintahkan untuk menundukkan pandangan dan mengarahkannya ke tempat sujud, kecuali ketika duduk untuk tasyahud, maka pandangan mata hendaknya diarahkan ke arah telunjuk seperti yang dijelaskan dalam tuntunan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibn Umar RA:
وضع صلى الله عليه وسلم اليمنى على فخده اليمنى وأشار بأصبعه التي تلى الإبهام في القبلة ورمى ببصره إليها “Nabi saw meletakkan telapak tangan kanannya di atas paha kanannya dan beliau berisyarat dengan jari telunjuk ke arah kiblat, serta beliau mengarahkan pandangan matanya ke arah (telunjuk) itu.” (HR An-Nasa’i)
Diriwayatkan dari Aisyah ra, ia berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah saw tentang menoleh dalam shalat, kemudian beliau menjawab: itu adalah sebuah copetan (pengambilan dengan tiba-tiba) yang dilakukan syaitan terhadap shalat seorang hamba.” (HR . Bukhari)
Ketiga, Memejamkan kedua mata ketika shalat. Ibnul Qayyim berkata; “Memejamkan kedua mata dalam shalat tidak termasuk tuntunan Rasulullah saw. hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa Nabi saw tidak melepaskan pandangannya pada jari telunjuknya ketika tasyahud. Ibn Abbas pernah meriwayatkan sebuah hadis dari Rasulullah saw:
إذا قام أحدكم في الصلاة فلا يغمض عينيه “Apabila salah seorang kalian melakukan shalat, maka janganlah memejamkan kedua matanya.” (HR at-Thabrani)
Para ahli Fiqih berbeda pendapat tentang hukum memejamkan mata dalam shalat. Sejumlah ulama menilainya sebagai hal mubah dan tidak makruh karena terkadang memejamkan mata dapat membantu tercapainya kekhusyukan yang merupakan ruh dan inti shalat.
Sedangkan Imam Ahmad menilainya sebagai suatu yang makruh karena selain Nabi saw tidak mencontohkannya, hal tersebut juga adalah perbuatan yang dilakukan oleh kaum Yahudi.
Keempat, Tidak menempelkan hidung ketika sujud. Biasannya para muslimah sering terlewatkan untuk menempelkan hidung dan dahi mereka karena terhalang oleh mukenah.
Nabi Muhammad mengingatkan agar orang yang sujud benar-benar menempelkan hidungnya ke tempat sujud. Beliau saw bersabda:
“Allah tidak menerima shalat bagi orang yang tidak menempelkan hidungnya ke tanah sebagaimana dia menempelkan dahinya ke tanah”. (HR Ibn Abi Syaibah).
Berkenaan dengan masalah ini, Ibn Abbas meriwayatkan hadis Nabi saw:
أمرت أن أسجد على سبعة أعظم على الجبهة – وأشار بيده على أنفه – واليدين و الركبتين وأطراف القدمين “Aku diperintahkan bersujud dengan tujuh bagian anggota badan; Dahi (termasuk hidung, beliau mengisyaratkan dengan tangannya), telapak tangan kanan dan kiri, lutut kanan dan lutut kiri, dan ujung kaki kanan dan kaki kiri.” (H.R Bukhari)
Kelima, Tidak Thuma’ninah dalam Ruku’ dan I’tidal. Yang dimaksud thuma’ninah adalah posisi tubuh tenang ketika melakukan gerakan rukun shalat.
Ukuran tenangnya adalah ketika mencukupi untuk membaca satu kali doa dalam rukun tersebut.
Misalnya thuma’ninah dalam ruku’, artinya posisi tubuh tenang setelah ruku’ sempurna, dan kemudian baru membaca doa ruku’ sampai selesai.
Sering kita saksikan beberapa muslimah melakukan ruku’ maupun sujud terlalu cepat sehingga tidak sempat thuma’ninah.
Sebelum menyelesaikan bacaan ruku’ misalnya, beberapa orang sudah bangkit dari ruku’ tanpa ada ketenangan di dalamnya. Shalat semacam ini tidak sah karena tidak thuma’ninah.
Seperti dalam hadis riwayat Zaid ibn Wahab, ia berkata: Hudaifah pernah melihat seorang laki-laki yang shalat namun tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya, maka Rasulullah berkata:
“Kamu belum shalat. Jika kamu mati, maka engkau tidak berada di atas fitrah (agama) yang Allah mengutus Muhammad untuk mengembannya.” (HR Bukhari).
Hadis ini menunjukkan bahwa thuma’ninah merupakan rukun shalat. Barang siapa meninggalkannya, berarti tidak melaksanakan apa yang diperintahkan kepadanya.
Wallahu A’lam bis Shawab.
Sumber: bincangsyariah.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/ini-5-kesalahan-yang-tak-sadar-sering-dilakukan-saat-shalat/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Bulughul Maram Shalat Rambut Wanita Terlihat Saat Shalat

Bulughul Maram Shalat Rambut Wanita Terlihat Saat Shalat

papar berkaitan - pada 12/12/2019 - jumlah : 274 hits
Bagaimana jika wanita muslimah shalat lantas rambutnya terlihat apakah shalatnya batal Posting ditampilkan lebih awal di
Pesawat Bawa 38 Penumpang Di Chile Hilang Saat Menuju Antartika

Pesawat Bawa 38 Penumpang Di Chile Hilang Saat Menuju Antartika

papar berkaitan - pada 10/12/2019 - jumlah : 148 hits
Angkatan Udara Chile mengatakan kehilangan kontak radio dengan pesawat pengangkut yang membawa 38 penumpang dalam penerbangan Senin malam ke Antartika
Luhut Sebut China Paling Patuh Aturan Saat Investasi Di Indonesia

Luhut Sebut China Paling Patuh Aturan Saat Investasi Di Indonesia

papar berkaitan - pada 10/12/2019 - jumlah : 177 hits
Luhut mencontohkan salah satu investor yang kerap patuh terhadap aturan pemerintah adalah China Dari sekian banyak perusahaan Negeri Tirai Bambu tersebut kata Luhut hampir seluruhnya telah mengikuti aturan dan kebijakan dari pemerintah
Sarwendah Sebut Betrand Peto Kurang Pede Selalu Minta Ditemani Saat Manggung

Sarwendah Sebut Betrand Peto Kurang Pede Selalu Minta Ditemani Saat Manggung

papar berkaitan - pada 10/12/2019 - jumlah : 324 hits
Namun sayangnya Betrand Peto masih belum bisa lepas dari sang bunda Sarwendah lantaran merasa tidak percaya diri
Perempuan Yang Ditangkap Saat Pesta Sabu Di Aceh Dicambuk 8 Kali

Perempuan Yang Ditangkap Saat Pesta Sabu Di Aceh Dicambuk 8 Kali

papar berkaitan - pada 10/12/2019 - jumlah : 229 hits
Terpidana yang dicambuk ini sebutnya berdasarkan hasil pemeriksaan negatif narkoba Sehingga proses hukumnya ditangani melalui Mahkamah Syariat dan dijerat dengan Qanun Jinayat
Pria Ini Kaget Saat Nonton Film Dewasa Ternyata Pemerannya Tunangan Sendiri Lihat Sosoknya

Pria Ini Kaget Saat Nonton Film Dewasa Ternyata Pemerannya Tunangan Sendiri Lihat Sosoknya

papar berkaitan - pada 10/12/2019 - jumlah : 326 hits
Seorang pria begitu terkejut saat melihat tunangannya sendiri menjadi pemeran film dewasa yang ditontonnya Akhir kisah pria tersebut dan si wanita pasangannya pun pilu Simak ceritanya dibawah ini Pria itu diketahui adalah seorang mahasiswa ...
12 Remaja Di Pekanbaru Diciduk Saat Pesta Narkoba Dalam Kamar Hotel

12 Remaja Di Pekanbaru Diciduk Saat Pesta Narkoba Dalam Kamar Hotel

papar berkaitan - pada 11/12/2019 - jumlah : 341 hits
12 remaja ditangkap dari kamar hotel di Kecamatan Sukajadi Pekanbaru Mereka diduga sedang berpesta narkoba jenis ekstasi dan sabu Para remaja itu diamankan tim Opsnal Polsek Tenayan Raya Senin Ketika itu polisi sedang menelusuri keberadaan ...
Enam Orang Tewas Saat Insiden Penembakan Rumah Sakit Di Ceko

Enam Orang Tewas Saat Insiden Penembakan Rumah Sakit Di Ceko

papar berkaitan - pada 11/12/2019 - jumlah : 189 hits
Seorang pria bersenjata membunuh enam orang di sebuah ruang tunggu rumah sakit di Ostrava Ceko sebelum menembak diri sendiri kata polisi Polisi bersenjata menemukan pelaku tewas bunuh diri tiga jam kemudian dalam sebuah kendaraan
Jurnalis Indonesia Yang Ditembak Polisi Saat Demo Hong Kong Buta Matanya Dan Trauma

Jurnalis Indonesia Yang Ditembak Polisi Saat Demo Hong Kong Buta Matanya Dan Trauma

papar berkaitan - pada 11/12/2019 - jumlah : 152 hits
Luka itu menjadi trauma berkepanjangan yang membekas di benak Veby redaktur senior Harian Suara koran berbahasa Indonesia yang cukup populer di kalangan buruh migran asal Indonesia di Hong Kong
Biasa Dari Negeri Yang Tak Pernah Lihat Kepesatan Negeri Yang Lebih Maju Dia Nampak Kedai Proses Ayam Ja

Why Pm Anwar Rafizi Steven Sim Should Be Worried About World Bank S Report On M Sian Education

This Five Cylinder Puch Proves There S No Replacement For Displacement

Drama Framed Lakonan Mimi Lana Meerqeen

Ceramah Pn Tidak Dapat Sambutan Di Kuala Kubu Baharu Pas Boikot Calon Bersatu Prk Kkb

Adab Tu Kena Ada Walaun Tak Dak Adab Ke Tak Sekolah

Absolute Power Corrupts Absolutely

Mesyuarat Negara Negara Asean Dalam Bidang Sains Dan Teknologi Kuantum



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


8 Tip Tingkatkan Sales Homestay Anda

Cara Memasarkan Homestay Anda

Moisturizer Terbaik 2024 Tekstur Water Based 9 Kebaikan Yang Sesuai Untuk Semua Jenis Kulit

7 2567 1 Top 100 By Darlene Ssru Ac Th

Slotxo 3 2567 Xo Slot 24 Top 75 By Tonja Slotxo24hr Win

Rajabhat University 1 Top 73 By Shawnee Ssru Ac Th 8 67