Indonesia Ditimpa Banyak Bencana Benarkah Ini Ujian Dari Sang Pencipta


Bencana Alam (Liputan6)
Bencana sedang menimpa tanah air Indonesia, belum lama terjadi gempa di plau, kemudian gempa lombok, dan gempa situbondo, Dan sekarang pada hari Senin (29/10/2018) pukul 09.30 WIB Pesawat Lion Air JT-610 dari Bandara Soekarno Hatta menuju Pangkal Pinang dinyatakan A1 (jatuh). Allahu Akbar, Maha Benar Kalam-Mu.. merekapun adalah makhluk-Mu..dan mereka tidak diam namun bergerak, perhatikan Firman Allah SWT :
“ Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. ” ( QS.27 An-Naml : 88 )

Acap kali kita menghibur diri dengan menyatakan ini adalah ujian dari Sang Pencipta.. jangan-jangan ini teguran dari-Nya karena ulah manusia penghuni bumi Allah ini ?

Ada kondisi dimana, kenikmatan yang telah Allah SWT anugerahkan kepada kita berubah menjadi siksa, perhatikan Do’a yang Rasulullah saw ajarkan kepada kita ..

” Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya ni’mat, dari kedatangan adzab-Mu yang tiba-tiba, dari berubahnya keselamatan yang telah diberikan oleh-Mu, dan dari seluruh murka-Mu ” ( HR. Muslim )

Kata ni‘mat adalah bentuk mashdar dari kata kerja na‘ima – yan‘imu – ni‘matan wa man‘aman. Menurut Ibnu Faris, kata na‘ima berakar kata dengan huruf-huruf nûn, ‘ain, dan mîm, yang me¬ngandung makna pokok ‘kelapangan’ dan ‘kehidupan yang baik’.

Ni’mat adalah saat rezeki yang telah pasti dialokasikan bagi seluruh makhluk-Nya ( QS.11:6 dan QS.29:60) mendatangkan keberkahan (bertambahnya nilai kemanfaatannya).

Bagaimana Nikmat Dapat Hilang? 
Nikmat hilang karena beberapa hal:
Pertama, Perbuatan maksiat dan dosa, membalas nikmat dengan hal yang membuat Allah SWT menjadi murka. Bila mendapat nikmat Allah SWT, maka jagalah sebab perbuatan maksiat dapat menghilangkan nikmat. Banyak sekali ayat-ayat al-Qur’an dan hadits Nabi saw yang menegaskan hal itu, di antaranya, firman-Nya :
“ Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. “ ( QS.29 Al Ankabut : 40 )

“ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). “ ( QS.30 Ar-Ruum : 41 )

“ Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, Maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. dan cukuplah Allah menjadi saksi.” ( QS.4 An-Nisaa :79 )
Apakah termasuk bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat ilmu, misalnya, jika menyembunyikannya, tidak mengajarkannya kepada manusia dan tidak mengamalkannya? Apakah termasuk bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat kesehatan, mengerahkan segenap tenaga dan upaya dalam hal-hal yang diharamkan?

Rasulullah saw bersabda :
“Pergunakanlah lima perkara sebelum datang lima perkara: hidupmu sebelum kematianmu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa mudamu dan masa kayamu sebelum masa tuamu.” (HR. Ahmad, al-Hakim dan al-Baihaqi, dishahihkan Syaikh al-Albani)

Kedua, bila kamu menyandarkan nikmat tersebut kepada selain Allah SWT, Sang Pemberi nikmat. Hal ini sebagai mana yang terjadi terhadap Qarun ketika ia menyandarkan nikmat kepada dirinya dan ilmunya melalui firman Allah SWT :

“ Qarun berkata: “Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku……………” ( QS.28 Al Qashash : 78 )

Lalu apa akibatnya? Allah SWT berfirman dalam ayat ke 81 Surat 28 Al Qashash sbb :

“ Maka Kami benamkanlah Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golonganpun yang menolongnya terhadap azab Allah. dan Tiadalah ia Termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya).”
Secara umum bahwa kesejahteraan, kedamaian dan keberkahan merupakan hasil dari syukur kepada Allah sedangkan kesempitan, kegersangan dan kemiskinan akibat dari kufur kepada Allah SWT sebagaimana firman-Nya :

“ Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian elaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.” ( QS.16 An-Nahl : 112 )

Ketiga, bila seorang hamba ditimpa sifat Ghurur (percaya diri yang berlebihan) atau sombong dan congkak terhadap makhluk lain karena memiliki harta yang banyak, properti, ilmu, kedudukan dan sebagainya. Allah SWT berfirman :

“ Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela

 Yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung[1600], Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya QS. 104 Al Humazah : 1-3
[1600] Maksudnya mengumpulkan dan menghitung-hitung harta yang karenanya Dia menjadi kikir dan tidak mau menafkahkannya di jalan Allah.
Keempat, bila kita tidak pernah memenuhi hak Allah SWT atas nikmat tersebut. Bila kita memiliki ilmu, maka kita harus mengajarkannya; jika kita memiliki harta, maka kita harus menginfakkannya.
Allah SWT berfirman :

” Dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu (24)
Bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta), (25)
QS. 70 Al Ma’arij : 24-25

Oleh karena itu, seperti di dalam kitab ash-Shahih, dua malaikat berdoa setiap harinya dengan doa :
“Ya Allah, berikanlah kepada orang yang berinfak pengganti dan berikanlah kepada orang kikir kehancuran.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Bila diberi kesehatan dan afiat, maka kita harus memanfaatkannya untuk beribadah dan berbuat kebaikan. Demikian seterusnya, kita mengekspresikan rasa syukur atas setiap anggota badan kita semampu kita dalam bingkai pengabdian kepada Sang Pemberi Nikmat Allah SWT.
Dalam Surat 55 Ar-Rahman, Allah SWT mengulang ayat

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Sebanyak 31 kali, hal ini menunjukkan bagaimana hebatnya pengingkaran manusia terhadap sekian banyak nikmat dari-Nya.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://yangpenting2.blogspot.com/2018/10/indonesia-ditimpa-banyak-bencana.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
7 Kawasan Wisata Bahari Indonesia Yang Belum Banyak Diketahui

7 Kawasan Wisata Bahari Indonesia Yang Belum Banyak Diketahui

papar berkaitan - pada 12/11/2019 - jumlah : 149 hits
7 Kawasan wisata bahari Indonesia yang belum banyak diketahui antara lain Pulau Pahawang dan Pulau Widi
Laptop Dan Notebook China Paling Banyak Masuk Indonesia Sepanjang Oktober 2019

Laptop Dan Notebook China Paling Banyak Masuk Indonesia Sepanjang Oktober 2019

papar berkaitan - pada 16/11/2019 - jumlah : 334 hits
Badan Pusat Statistik mencatat nilai impor laptop dan notebook Indonesia mencapai USD 80 46 juta pada Oktober 2019 Laptop merupakan salah satu komoditas non migas yang secara keseluruhan impornya bernilai USD 13 02 miliar
Benarkah Bercinta Bisa Membantu Membakar Banyak Kalori

Benarkah Bercinta Bisa Membantu Membakar Banyak Kalori

papar berkaitan - pada 17/11/2019 - jumlah : 219 hits
Ketika bercinta jumlah kalori yang terbakar sangat tergantung pada sejumlah faktor Beberapa yang paling berpengaruh adalah berat badan serta intensitas bercinta yang kamu lakukan
6 Makanan Khas Thailand Yang Terkenal Gurih Banyak Di Jumpai Di Indonesia

6 Makanan Khas Thailand Yang Terkenal Gurih Banyak Di Jumpai Di Indonesia

papar berkaitan - pada 23/11/2019 - jumlah : 194 hits
Berikut daftar makanan khas Thailand yang bisa dijadikan sebagai referensi gurih dan nikmat
Kutip Data Bnpt Menag Sebut Banyak Orang Indonesia Belajar Agama Di Internet

Kutip Data Bnpt Menag Sebut Banyak Orang Indonesia Belajar Agama Di Internet

papar berkaitan - pada 14/11/2019 - jumlah : 237 hits
Jadi menunjukan minatnya pemahaman pemahaman agama mencari pengetahuan di medsos luar biasa tingginya ucap dia
Petuah Ciputra Ke Generasi Muda Banyak Berkarya Kita Hidup Tidak Lama

Petuah Ciputra Ke Generasi Muda Banyak Berkarya Kita Hidup Tidak Lama

papar berkaitan - pada 28/11/2019 - jumlah : 183 hits
Agung mengisahkan ada salah satu pesan yang cukup diingat oleh dirinya Beberapa kali dirinya mengaku kerap diingatkan oleh Ciputra bahwa hidup di dunia itu tidak akan lama Sebisa mungkin dalam waktu yang tidak lama ada hal yang mesti dilaku...
Tak Setuju Banyak Diskon Dan Cashback Lippo Group Lepas Sebagian Saham Ovo

Tak Setuju Banyak Diskon Dan Cashback Lippo Group Lepas Sebagian Saham Ovo

papar berkaitan - pada 28/11/2019 - jumlah : 115 hits
Pendiri Lippo Group Mochtar Riady menjelaskan alasan pelepasan saham tersebut karena pihaknya tak sejalan dengan OVO lantaran masalah kebijakan bakar uang Seperti diberitakan sebelumnya investor Lippo disebut tidak setuju praktik seperti pe...
Dapat Rezeki Rm2 8 Juta Selepas Pinjamkan Rm1 000 Kepada Pelancong Dubai Yang Ditimpa Kesusahan

Dapat Rezeki Rm2 8 Juta Selepas Pinjamkan Rm1 000 Kepada Pelancong Dubai Yang Ditimpa Kesusahan

papar berkaitan - pada 28/11/2019 - jumlah : 255 hits
Rezeki yang tidak disangka sangka apabila kebaikannya dibalas dengan ganjaran yang luar biasa Hanya kerana membantu individu yang tidak dikenali lelaki yang berasal dari Korea Selatan ini menerima durian runtuh dan sekali gus menjadikan dia...
Jais Periksa Semua Premis Bubble Tea Di Selangor Dapati Banyak Bahan Tiada Logo Halal

Jais Periksa Semua Premis Bubble Tea Di Selangor Dapati Banyak Bahan Tiada Logo Halal

papar berkaitan - pada 28/11/2019 - jumlah : 408 hits
Isu ini sebenarnya memang sudah lama kita risaukan Tapi ada juga individu yang cuba pertikaikan kenapa kedai minuman pun nak heboh mengenai logo halal Mungkin mereka yang pertikaikan ini tidak mengetahui mengapa pentingnya loga halal ni kep...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali

Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Pemilik Kafe Tanah Aina Fareena Nafi Terima Notis Rasmi Peringatan Penutupan Parkir Restorannya



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars

Linkedin Menjadi Mitra Plan Indonesia Buka Peluang Kerja Bagi 400 Pencari Kerja Baru Di Jawa Tengah

5 Hidden Features Of Wordpress Com

Hospital Kuala Pilah

From Gear To Gear Exploring The Mechanics Of Ram And Dodge Transmissions

Satisfy Your Pup S Cravings Exploring The World Of Natural Dog Treats