Idi Dki Heran Aparat Asal Tindak Pemobil Sendiri Tak Bermasker




 Aturan soal kewajiban memakai masker meski tengah sendirian di mobil pribadi diwarnai perdebatan. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DKI Jakarta pun meminta aparat tidak kaku terhadap penerapan aturan tersebut.


Ketua IDI DKI Jakarta Slamet Budiarto mengatakan, meski ada aturan tentang pengendara bermotor wajib memakai masker, ketentuan itu dinilai wajib bagi pengguna transportasi umum. Aturan tersebut, menurut Slamet, semestinya tak bisa dikenakan bagi masyarakat yang menggunakan mobil pribadi saat sendirian atau bersama keluarganya.


"Jadi begini... aparat itu jangan terlalu kaku dalam menterjemahkan peraturan bahwa yang dimaksud penggunaan masker yang melanggar peraturan itu yang di depan umum atau di mobil umum atau transportasi umum," kata Ketua IDI DKI Jakarta Slamet Budiarto saat dihubungi, Kamis (17/9/2020).


Slamet menyebutkan ketentuan pemakaian masker untuk mencegah terjadinya penularan ketika ada kontak dengan orang lain. Sementara itu, jika dalam satu mobil itu ada pengemudi bersama keluarganya tak memakai masker, menurut Slamet, tidak jadi masalah karena di rumah pun antar-anggota keluarga tetap bisa terjadi penularan karena tidak memakai masker.


"Di situ di tulisannya atau kendaraan bermotor. Jadi ya betul kendaraan bermotor walaupun peraturannya, tapi kan harus kita tafsirkan bahwa yang dimaksud kendaraan bermotor adalah kendaraan umum atau naik motor karena terbuka. Kalau yang naik mobil sendirian atau bareng dengan satu rumah itu nggak wajib karena fungsinya masker adalah untuk mencegah infeksi ke orang lain. Kalau di mobil sendiri itu kan sudah tercegah nggak kontak dengan orang lain, kecuali mobilnya adalah mobil umum," ujarnya.


Slamet pun akan melayangkan surat kepada Pemprov DKI terkait ketentuan tersebut. Ia menilai aparat berlebihan saat menindak pengemudi mobil yang sendirian dan tak bermasker. Dia mengatakan sudah ada dokter yang terkena sanksi tersebut dan diberi hukuman sosial menyapu jalanan.


"Dulu waktu di Bogor pernah suami-istri 1 mobil di depan dihukum kan aneh, kemudian sudah diluruskan sekarang kalau 1 rumah nggak apa-apa, tapi sekarang nggak pakai masker di mobil sendiri ini apa lebay sekali terlalu kaku aparat," kata Slamet.


 


"Ada seorang dokter juga dihukum menyapu karena sendirian nggak pakai masker, maskernya ditaruh di depannya. Aparat dalam menegakkan protokol kesehatan jangan terlalu kaku mengartikan peraturan, khususnya bagi pengendara di mobil pribadi," ungkapnya.


Baca juga:
Soal 'Pakai Masker Saat Sendiri di Mobil', Satgas COVID-19 Minta Ikuti Aturan
Diberitakan sebelumnya, baru-baru ini viral cerita seorang wanita yang dikenai sanksi hanya karena menurunkan masker ke dagu. Padahal dia menyetir mobil pribadi dan tidak ada orang lain di dalamnya.


"Aku ketangkap gara-gara di mobil sendirian, terus aku karena pengap kan terus mau bernapas dikit (menurunkan masker), ditangkap dong. Dan sekarang aku berada di posko," kata wanita bernama Evani Jesslyn di video yang viral itu.


"Malah ini (di posko) sebenarnya ramai orang, mereka malah lebih-lebih lagi nggak PSBB. Dan aku yang lagi sehat, disuruh ke sini untuk duduk dan berkerumun dengan mereka semua," sambungnya.


Tak hanya itu, seorang pria sempat memprotes karena ditilang tidak mengenakan masker ketika di dalam mobil. Pria itu disetop aparat gabungan di sekitar Danau Sunter, Jakarta Utara.


Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin, menjelaskan pemakaian masker harus dilakukan sejak berada di luar rumah, tak terkecuali bagi masyarakat yang berada di kendaraan pribadi seorang diri.


"Yang kita ingatkan kepada seluruh masyarakat bahwa memang di dalam Pergub 88/2020 mengatur bahwa seluruh aktivitas kegiatan di luar rumah itu diwajibkan menggunakan masker apakah dia berkendara atau tidak berkendara," kata Arifin, yang disiarkan dalam YouTube BNPB, Kamis (17/9).


"Jadi ketika kita masuk kendaraan walaupun sendiri tetap kita gunakan masker karena dalam perjalanan kalau dia tidak menggunakan masker kita tidak tahu apakah kemudian jendela kaca mobil itu terbuka atau tidak kita tidak tahu," ungkapnya.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/09/idi-dki-heran-aparat-asal-tindak.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Wilayah Persekutuan Akan Tubuh Badan Urus Air Sendiri Kata Menteri

Wilayah Persekutuan Akan Tubuh Badan Urus Air Sendiri Kata Menteri

papar berkaitan - pada 11/9/2020 - jumlah : 591 hits
Annuar Musa berkata dengan adanya badan pengurusan air sendiri Wilayah Persekutuan boleh menguruskan konsesi air sendiri dan membeli air mentah atau memproses air PUTRAJAYA Badan pengurusan air akan diwujudkan di Wilayah Persekutuan bagi me...
Homestay Muslim Best Dan Murah Di Pantai Klebang Rasa Macam Duduk Rumah Sendiri

Homestay Muslim Best Dan Murah Di Pantai Klebang Rasa Macam Duduk Rumah Sendiri

papar berkaitan - pada 19/9/2020 - jumlah : 511 hits
Homestay Muslim Best dan Murah di Klebang Rasa Macam Duduk Rumah Sendiri l Assalamualaikum Lamanya rasa tak pergi bercuti Last bulan 11 tahun lepas masa bercuti di Port Dickson Lepas tu tak ke mana mana dah Lagi lagi sejak PKP hari tu Homes...
Bunuh Anak Sendiri Karena Susah Diajari Belajar Online Polisi Temukan Foto Foto Keji Di Ponsel Milik Ibunya

Bunuh Anak Sendiri Karena Susah Diajari Belajar Online Polisi Temukan Foto Foto Keji Di Ponsel Milik Ibunya

papar berkaitan - pada 18/9/2020 - jumlah : 306 hits
LH ibu kejam yang telah membunuh darah dagingnya sendiri hanya karena sang anak sulit diajari belajar online ternyata sangat sering melakukan tindak kekerasan terhadap korban Jejak kekejaman LH ini terungkap melalui sejumlah foto yang tersi...
Artis Kongsi Resepi Roti Bakar Sendiri Serius Sedap

Artis Kongsi Resepi Roti Bakar Sendiri Serius Sedap

papar berkaitan - pada 18/9/2020 - jumlah : 346 hits
Siapa setiap kali sarapan mesti kena ambil roti bakar Roti yang dibakar agar garing dan rangup atasnya diletakkan peanut butter almond butter garlic butter hirisan pisang atau apa sahaja buahan mengikut cita rasa masing masing Memang lazat ...
5 Bulan Berniaga Cempedak Goreng Tepi Jalan Balu Abam Berjaya Buka Kedai Sendiri

5 Bulan Berniaga Cempedak Goreng Tepi Jalan Balu Abam Berjaya Buka Kedai Sendiri

papar berkaitan - pada 18/9/2020 - jumlah : 251 hits
Selepas hampir lima bulan berniaga cempedak goreng balu kepada allahyarham pelawak terkenal Abam telah berjaya memperoleh kedainya sendiri Sebelum ini Hidayah hanya berniaga di tepi jalan sahaja cempedak goreng dan telah pun mendapat sambut...
Rba Papagomo Dikatakan Ada Syarikat Sendiri

Rba Papagomo Dikatakan Ada Syarikat Sendiri

papar berkaitan - pada 19/9/2020 - jumlah : 181 hits
Beliau dikatakan mempunyai sebuah syarikat membuat dokumentara Antara dokumentari yang pernah diterbitkan ialah berkaitan dengan helikopter Nuri yang pernah diterbitkan dalam majalah 3 beberapa tahun dahulu
Mungkin Kerana Terlalu Geram Dengan Kawannya Yang Comel Anjing Ini Hampir Sahaja Makan Kawannya Sendiri

Mungkin Kerana Terlalu Geram Dengan Kawannya Yang Comel Anjing Ini Hampir Sahaja Makan Kawannya Sendiri

papar berkaitan - pada 20/9/2020 - jumlah : 268 hits
Mungkin ramai yang melihat anjing dan kucing adalah musuh tradisi yang tidak boleh bersua muka Jika mereka bertemu ada sahaja yang mahu digaduhkan dan keadaan di rumah tidak akan pernah aman dengan pergaduhan dan pertengkaran mereka Namun b...
Pu Azman Sendiri Terkedu Bila Rakan Arwh Hantar Gambar Ini Rupanya Salah Seorang Mngsa Pernah

Pu Azman Sendiri Terkedu Bila Rakan Arwh Hantar Gambar Ini Rupanya Salah Seorang Mngsa Pernah

papar berkaitan - pada 20/9/2020 - jumlah : 1173 hits
Kisah percutian empat pelajar yang sedang menunggu majlis konvokesyen yang berakhir trag3di apabila tiga m4ti dan seorang lagi masih dirawat kerana terhidu gas karb0n mon0ksida dua hari lalu mencuri tumpuan orang ramai Kesemua empat sahabat...
Diet Suku Suku Separuh Jom Amalkan

Airasia Santan Menu Baru Harga

Koleksi Kad Pokemon Dilelong Rm330 000

Kelahi Selepas Kemalangan Lelaki Bawa Kereta Lawan Arus

Pas Dikecam Balun Polis Bukan Fahaman Ekstremis

Majlis Perkahwinan Anak Saudara

Muslims Rebuke Rais Yatim S No No To Sarawak S Proposal Of Conducting Friday Sermons In English

Yuka Kharisma Cinta Indah Buat Kanda Chord



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


15 Breathtaking Mediterranean Powder Room Ideas From Classic To Modern

Durioo Cara Daftar Subscription

A Lone Wolf Does Not Materialise Naturally

Temui Onew Di Malaysia Dalam Guess Onew Fanmeeting 2024 Pada 27 Julai 2024

168slot 168slot Biz 13 Jun 2024 168slot 168 Top 35 By Christa

Puaka Cuti Semester