Hari Terakhir Di Kota Tangerang Berkunjung Ke Alun Alun Dan Masjid Jami Kalipasir


Meski sudah diajak berkeliling ke beberapa obyek wisata yang ada di kota Tangerang, yaitu: Kuliner Laksa, Kampung Bekelir, dan Jembatan Berendeng, Blogger Borneo masih merasa penasaran dengan satu lokasi lagi yaitu masjid tertua di Tangerang.
Kalau tidak salah dengar ketika sedang berada di bis pada saat berkeliling, dari pihak Aeropolis Intiland ada mengatakan jika satu lokasi yang akan dikunjungi selain ketiga obyek wisata diatas adalah masjid tertua di kota Tangerang. Mungkin dikarenakan waktunya tidak terkejar, makanya agenda kunjungan ke masjid tersebut dibatalkan.
Begitu pulang ke Swift Inn Aeropolis Tangerang, Blogger Borneo pun langsung mencari informasi mengenai keberadaan masjid tertua di kota Tangerang tersebut. Alhamdulillah dalam waktu singkat, proses pencarian membuahkan hasil. Nama masjid tersebut adalah Masjid Jami’ Kalipasir.
WISATA KOTA TANGERANG Waktu menunjukkan pukul 4 pagi ketika Blogger Borneo terbangun karena alarm hape berbunyi dengan cukup nyaringnya. Hari ini merupakan hari terakhir di Tangerang karena jam 1 siang nanti sudah harus bergerak menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta untuk kembali ke kampung halaman tercinta.
Baca Juga: Pengalaman Menginap di Swift Inn Aeropolis Tangerang
Dan karena masih cukup pagi, maka Blogger Borneo mengagendakan terlebih dahulu berkunjung ke tempat dimana masyarakat kota Tangerang berkumpul di hari Minggu pagi. Kembali Mbah Google menjadi rujukan, dari hasil pencarian diperolehlah informasi lokasi tersebut adalah Alun-Alun Kota. Tepat jam 6 pagi Blogger Borneo meluncur menuju lokasi dengan menggunakan Abang Gojek.
Alun-Alun Kota Wisata Alun-Alun Kota Tangerang adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia. Tempat ini ramai dikunjungi masyarakat Tangerang pada hari Minggu atau libur. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini, antara lain: Senam Aerobik, Jogging, Badminton, Latihan Bola, Panjat Tebing, Basket, dan lain sebagainya.
Image: Dok. Pribadi Alun-Alun Kota Tangerang atau yang lebih dikenal dengan Alun-Alun Ahmad Yani ini letaknya sangat strategis di tengah kota. Lokasi ini sering digunakan masyarakat untuk sekedar lari pagi bahkan biasa juga digunakan untuk latihan paskibraka. Selain itu, dijadikan sebagai tempat olahraga bagi sekolah-sekolah di sekitarnya, seperti SMP N 1 Tangerang. Dan tak jarang menjadi tempat penyelenggaraan event tertentu, misalnya acara tujuh belasan.
Beberapa fasilitas yang dimiliki Alun-Alun Kota Tangerang, antara lain: Area Parkir Kendaraan, Mushola, Kamar Mandi, Tempat Istirahat, Warung Makan, Wahana Olahraga, Jogging Track, dan masih banyak lagi lainnya.
Masjid Jami Kalipasir Melihat posisi matahari sudah semakin tinggi, Blogger Borneo memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju Masjid Jami Kalipasir. Dengan ditemani driver Gojek, kami berdua melaju menembus keramaian lalu lintas di jalanan Kota Tangerang. Menurut titik lokasi di peta Google Maps, masjid tertua di Tangerang ini berada di pinggiran kawasan Pasar Lama.
Menurut informasi dari Wikipedia Indonesia, Masjid Jami Kalipasir adalah masjid tertua di Kota Tangerang dan termasuk sebagai peninggalan Kerajaan Pajajaran. Masjid ini berada di sebelah timur bantaran Sungai Cisadane, tepatnya di tengah pemukiman warga Tionghoa kelurahan Sukasari.
Image: Dok. Pribadi Jika diperhatikan dari bentuk bangunannya memiliki corak China. Masjid tertua di Tangerang ini mencerminkan kerukunan umat beragama pada masanya. Hingga kini masjid yang sudah berusia ratusan tahun tersebut masih digunakan sebagai tempat beribadah. Namun, masjid ini tidak lagi digunakan untuk salat Jumat.
Sejarah Pendirian Masjid Jami Kalipasir dibangun bersebelahan dengan Klenteng Boen Tek Bio yang saat itu sudah berdiri tegak. Masjid yang berukuran sekitar 288 meter persegi ini didirikan pada tahun 1700 oleh Tumenggung Pamit Wijaya yang berasal dari Kahuripan Bogor.
Awalnya, Tumenggung Pamit Wijaya ingin melakukan syiar Islam dari Kesultanan Cirebon ke wilayah Banten. Namun, ia singgah di Tangerang dan mendirikan sebuah masjid.
Baca Juga: Blogger Trip Wisata Kota Tangerang
Pembangunan masjid dilakukan oleh warga muslim sekitar dan dibantu oleh warga Tionghoa. Pada tahun 1712 kepengurusan masjid dilanjutkan oleh puteranya yang bernama Raden Bagus Uning Wiradilaga. Masjid ini sudah berkali-kali direnovasi, tetapi bangunannya masih bergaya Arab, Tionghoa dan Eropa.
Saat ini, hanya dua sisi arsitektur yang masih tetap utuh dipertahankan, yaitu empat tiang di dalam masjid dan kubah kecil bermotif China. Tiang tersebut terbuat dari kayu dan tampak mulai keropos sehingga harus disanggah dengan sejumlah besi.
Keunikan Masjid Jami Kalipasir Selain menjadi tempat ibadah dan syiar agama, Masjid Jami Kalipasir memiliki nilai sejarah yang tinggi. Masjid ini menjadi tempat akulturasi budaya dan saksi perjuangan anak bangsa melawan penjajah. Selain itu, dari segi bangunan, menara masjid ini mirip dengan pagoda Tiongkok. Ada juga acara arakan minitur perahu yang digelar oleh masjid ini dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad.

Arakan perahu dilakukan sebagai simbol tibanya para sesepuh Islam di Sungai Cisadane Kota Tangerang. Arakan tersebut dimulai sejak tahun 1926 dengan mengisi perahu dengan berbagai buah-buahan. Hal unik lain adalah bentuk saf yang miring dibandingkan dengan arah masjid. Bentuk saf tersebut ada sejak awal pendirian masjid. Hal ini dikarenakan jika masjid dibangun sesuai arah kiblat maka rumah di sekitar masjid akan terbongkar.
Alhamdulillah perasaan Blogger Borneo sekarang sudah lebih tenang karena keinginan untuk berkunjung ke masjid tertua di kota Tangerang telah tercapai. Melihat jam tangan, jarum pendek sudah menyentuh angka 11. Masih menyisakan 2 jam lagi sebelum jadwal menuju bandara. Tanpa pikir panjang, langsung buka aplikasi Gojek. Tak lama berselang, sang driver pun datang dan membawa Blogger Borneo kembali ke Swift Inn Aeropolis Tangerang. Sampai ketemu lagi Tangerang, Insya Allah kita akan berjumpa lagi di lain kesempatan. Amin… (DW)
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Kali_Pasir https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tangerang The post Hari Terakhir di Kota Tangerang, Berkunjung ke Alun-Alun dan Masjid Jami Kalipasir appeared first on Blogger Borneo Network.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/alun-alun-kota-dan-masjid-tertua-tangerang/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Mila Jirin Sedih Tidak Dapat Masuk Masjid Pada Hari Terakhirnya Di Makkah

Mila Jirin Sedih Tidak Dapat Masuk Masjid Pada Hari Terakhirnya Di Makkah

papar berkaitan - pada 24/1/2019 - jumlah : 405 hits
PENYANYI Mila Jirin sedih apabila tidak dapat beribadah di Masjidil Haram pada hari akhir di Makkah kerana didatangi haid Mila atau nama sebenarnya Norsyarmilla Jirin 31 memuat naik video meluahkan rasa kecewa apabila tidak dapat memasuki m...
Wartawan Lapor Pengalaman Bertemu Koperal Hasan Penjaga Masjid Al Aqsa Terakhir

Wartawan Lapor Pengalaman Bertemu Koperal Hasan Penjaga Masjid Al Aqsa Terakhir

papar berkaitan - pada 24/1/2019 - jumlah : 298 hits
Siapa sangka tentera tua berusia 90 tahun tu setinggi 2 meter tu adalah Koperal Hasan penjaga Masjid Al Aqsa yang terakhir dari Turki setia berdiri di bawah panas mentari Sebelum meninggal dunia beliau beritahu wartawan sesuatu rahsia buat ...
396 Eksemplar Tabloid Indonesia Barokah Dikirim Ke Masjid Dan Ponpes Di Kota Batu

396 Eksemplar Tabloid Indonesia Barokah Dikirim Ke Masjid Dan Ponpes Di Kota Batu

papar berkaitan - pada 25/1/2019 - jumlah : 218 hits
396 eksemplar Tabloid Indonesia Barokah disita di Kota Batu Jawa Timur Tabloid akan dikirimkan ke masjid dan Pondok pesantren tetapi sebagai langkah pencegahan dilakukan penyitaan di Kantor Pos setempat
Blogger Trip Wisata Kota Tangerang Bersama Aeropolis Intiland

Blogger Trip Wisata Kota Tangerang Bersama Aeropolis Intiland

papar berkaitan - pada 2/2/2019 - jumlah : 323 hits
Wisata Kota Tangerang Di hari pertama Blogger Borneo dan beberapa rekan blogger lainnya sampai di kawasan Aeropolis untuk menginap di salah satu fasilitas yang dimiliki yaitu pihak Intiland dan Swtf Inn langsung mengajak kami berkeliling ke...
Nervous Bila Hari Ni Dipanggil Masuk Bilik Imam Masjid Wilayah Macam Jumpa Guru Besar Rasa Dia

Nervous Bila Hari Ni Dipanggil Masuk Bilik Imam Masjid Wilayah Macam Jumpa Guru Besar Rasa Dia

papar berkaitan - pada 8/2/2019 - jumlah : 894 hits
Nervous bila hari ni dipanggil masuk bilik Imam Masjid Wilayah Macam jumpa guru besar rasa dia Boleh dikatakan hampir setiap minggu wajah artis versatil Alif Satar muncul di kaca televisyen ketika menunaikan solat Jumaat di masjid tertentu ...
7 Gambar Hari Terakhir Seniman Agung P Ramlee Yang Ramai Tidak Berkesempatan Untuk Melihatnya Lagi Sungguh Sedih

7 Gambar Hari Terakhir Seniman Agung P Ramlee Yang Ramai Tidak Berkesempatan Untuk Melihatnya Lagi Sungguh Sedih

papar berkaitan - pada 20/1/2019 - jumlah : 1150 hits
P Ramlee atau nama sebenarnya Teuku Zakaria bin Teuku Nyak Puteh dilahirkan di Pulau Pinang pada pagi Hari Raya Aidilfitri bersamaan Rabu 22 Mac 1929 Bapanya seorang ahli pelayaran yang berasal dari Lho Seumawe Acheh telah berkahwin dengan ...
Aksi Grace Natalie Sobek Amplop Di Dprd Kota Malang

Aksi Grace Natalie Sobek Amplop Di Dprd Kota Malang

papar berkaitan - pada 28/1/2019 - jumlah : 189 hits
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie melakukan aksi menyobek amplop suap di Gedung DPRD Kota Malang Aksinya itu dilakukan bersama sama para calon legislatif dan kader partai PSI Kota Malang
3 Tempat Terbaik Nak Sewa Motor Di Kota Kinabalu Sabah

3 Tempat Terbaik Nak Sewa Motor Di Kota Kinabalu Sabah

papar berkaitan - pada 28/1/2019 - jumlah : 4365 hits
Tempat Terbaik Nak Cari Sewa Motor Atau Motorbike Rental Semasa Di KK Sebenarnya kalau datang ke Kota Kinabalu anda boleh menyewa motor sama ada motorsikal gear manual ataupun motor skuter Bagi yang kurang tahu skuter ni apa benda skuter ad...
Malaysia Weighs Casino Licence To Revive Forest City

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Vivo Malaysia Memperkenalkan Inisiatif Eksklusif Untuk Pengguna Celcomdigi Di Malaysia

Meet Studio Your New Favorite Way To Develop Wordpress Locally

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Drama Projek Exit

Surah Al Ikhlas Bacaan Rumi Terjemahan

Pelepasan Cukai Sukan 2024 Senarai 103 Sukan Tersenarai

Cara Guna Cimb Dan Cara Check Status Loan Cimb

Berjalanlah Di Atas Jalan Kebenaran

Persoalannya Kenapa Nak Butthurt Dengan Cadangan Akmal