Guru Wajib Paham 9 Paradigma Baru Dari Kurikulum 2022




Kurikulum  2022 akan ditetapkan mulai tahun 2022-2024, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menimbulkan kurikulum gres selaku penyempurna dari kurikulum sebelumnya serta sebagai pendukung acara pemulihan pembelajaran merespon terjadinya loss learning di Indonesia.



Kurikulum 2022 atau kurikulum prototipe ini akan diberlakukan secara bertahap dan terbatas lewat beberapa acara sekolah penggagas dengan sekolah sekolah tertentu dan dijadikan pilihan bagi sekolah yang nantinya akan di terapkan di seluruh satuan pendidikan di Indonesia.

Sebelum nantinya kurikulum ini akan diterapkan, mari kita mengenal 9 paradigma baru dalam kurikulum 2022, sebagai citra akan implementasi kurikulum baru ini menjadi lebih terarah, tepat dan meraih tujuan pelaksanaanya. Apa saja 9 paradigma baru tersebut? Mari kita simak gosip selengkapnya yakni

1. Struktur Kurikulum Profil Pelajar Pancasila

Struktur kurikulum menganut Profil Pelajar Pancasila (PPP) yang menjadi pola bagi sekolah dalam mengembangkan mulai dari patokan isi, kriteria proses, hingga tolok ukur penilaian. Atau struktur kurikulum memakai Capaian Pembelajaran (CP), prinsip pembelajaran, dan asesmen pembelajaran.

Secara biasa struktur kurikulum 2022 berisikan acara intrakulikuler berbentukpembelajaran tatap wajah bareng guru dan acara pembelajaran proyek. Selain itu, sekolah juga diberikan kelonggaran untuk membuatkan acara kerja perhiasan yang mampu menyebarkan kompetensi siswanya, dan dalam program tersebut mampu didesain oleh sekolah sesuai dengan visi misi dan sumber daya yang ada dan tersedia dalam sekolah tersebut.

2. Istilah KI dan KD menjadi Capaian Pembelajaran (CP)

Kita sudah sangat familiar dan ketahui bareng dengan KI atau (kompetensi Inti ) dan KD (Kompetensi Dasar) merupakan kompetensi yang harus diraih oleh siswa setelah lewat proses pembelajaran.

Namun dalam kurikulum 2022  kita akan dikenalkan dengan istilah baru adalah Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan rangkaian wawasan, kemampuan dan perilaku sebagai sebuah kesatuan proses demi membangun kompetensi yang utuh bagi siswa.

Sehingga, asesmen yang nantinya dikembangkan oleh guru harus mampu mencakup  capaian pembalajaran yang telah di menetapkan sebelumnya.

3. Jumlah Jam Pelajaran Ditetapkan Pertahun

Jika dalam kurikulum sebelumnya penetapan jumlah jam pelajaran perminggu akan tetapi pada paradiga gres kurikulum 2022 akan berlawanan, jumlah pelajaran akan ditetapkan pertahun.

Sehingga sekolah mempunyai kemudahan untuk mampu mengendalikan pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. Suatu mata pelajaran mampu saja tidak diajarkan pada semester ganjil namun akan diajarkan pada semester genap atau dapat dilakukan sebaliknya.

4. Pembelajaran Berbasis Projek

Penerapan pembelajaran berbasis projek bermaksud untuk pengembangan Profil Pelajar Pancasila, yang dapat memberi kesempatan untuk belajar lewat pengalaman (experiential learning), dan mengintegrasikan kompetensi esensial yang dipelajari peserta bimbing dari banyak sekali disiplin ilmu.

Pembelajaran berbasis projek dalam Kurikulum 2022 dinilai membantu guru dalam mengembangkan soft skill siswa dan dapat menyiapkan siswa dengan pengalaman pengetahuan dan kompetensi sesuai dengan permintaan zaman. Agar bisa mampu berperan dalam lingkungannya.

5. Asesemen Bersifat Kolaboratif

Sekolah diberikan kelonggaran untuk menerapkan dan menciptakan asesmen antar mata pelajaran atau lintas mata pelajaran, misalnya berbentukasesmen sumatif dalam bentuk penialaian berbasis proyek yang didalam menampung beberapa aspek mata pelajaran sekaligus.

Pada jenjang Sekolah Dasar mampu melaksanakan paling sedikit dua kali penilaian proyek dalam setahun. Sedangkan untuk siswa SMP, Sekolah Menengan Atas/Sekolah Menengah kejuruan setidaknya dapat melakukan penilaian proyek tiga kali dalam satu tahun pelajaran.  Hal ini bertujuan selaku penguatan Profil Pelajar Pancasila.

6. Kembalinya Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Pada kurikulum sebelumnya mata pelajaran TIK dihilangkan, namun dalam kurikulum 2022 dihadirkan kembali dengan nama baru yakni Informatika yang mau diajarjan mulai jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Bagi sekolah yang belum mempunyai sumber daya atau guru informatika maka tidak perlu cemas untuk menarapkan mata pelajaran ini alasannya adalah mata pelajaran ini tidak harus diajarkan oleh guru yang berlatar belakang TIK/ Informatika, tetapi dapat diajarkan oleh guru biasa .

Hal ini didukung alasannya adalah pemerintak lewat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sudah mempersiapkan buku atau modul pembelajaran informatika yang sangat gampang dipakai dan diketahui oleh pendidik dan penerima asuh.

7. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS)

Mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pada jenjang SD kelas IV, V dan VI yang salama ini bangun sendiri, dalam kurikulum 2022 mata pelajaran ini akan diajarkan secara berbarengan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).

Hal ini bertujuan semoga akseptor latih lebih siap dalam mengikuti pembelaaran IPA dan IPS yang  terpisah pada jenjang SMP.

8. Program Peminatan di SMA Tidak Diberlakukan

Jika di kurikulum sebelumnya pada jenjang Sekolah Menengan Atas terdapat peminatan mirip IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)  dan Bahasa, dalam kurikulum 2022 ada sedikit pergeseran.



Di kelas 10 pelajar merencanakan diri untuk menentukan pilihan mata pelajaran di kelas 11. Mata pelajaran yang dipelajari serupa dengan di SMP. Dan di kelas 11 dan 12 pelajar mengikuti mata pelajaran dari Kelompok Mapel Wajib, dan memilih mata pelajaran dari kelompok MIPA, IPS, Bahasa, dan Keterampilan Vokasi sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

9.Presentasi Kelompok Kejuruan Menjadi 70%

Dalam jenjang SMK struktur lebih sederhana dengan dua golongan mata pelajaran, ialah Umum dan Kejuruan. Persentase kalangan kejuruan meningkat dari 60% ke 70%. Dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) menjadi mata pelajaran wajib minimal 6 bulan (1 semester).

Padahal kalau di kurikulum sebelumnya program PKL (Praktek Kerja Lapangan) cuma dikerjakan 2-3 bulan saja, kesempatannya dengan pelaksanaan PKL 6 bulan siswa SMK menjadi lebih siap dan kompeten untuk memasuki dunia kerja.

Demikian beberapa paradigma baru dalam kurikulum gres kurikulum prototipe ini, harapanya sebelum dilaksanakannya implementasi kurikulum ini guru-guru sudah mampu mengetahui dan memiliki citra, sehingga mampu terealisasi secara benar dan sempurna.

Selain dari 9 paradigma baru tersebut diatas, terdapat 3 bagian penting dalam kurikulum 2022 yang menjadi ciri utama dan pembeda dari kurikulum – kurikulum sebelumnya. Apa saja tiga elemen tersebut? Yuk kita simak informasinya

Yang pertama berbasis kompetensi ialah tujuannya ialah wawasan, keterampilan, dan perilaku dirangkaikan selaku satu kesatuan proses yang berkesinambungan sehingga membangun kompetensi yang utuh.

Kedua Pembelajaran fleksibel, Penyusunan capaian pembelajaran dalam fase-fase (2-3 tahun perfase), sehingga peserta asuh mempunyai peluang untuk mencar ilmu sesuai dengan tingkat pencapaian, kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajarnya. 

Dan terakhir Karakter Pancasila, sinergi antara acara pembelajaran berkala sehari-hari di kelas dengan acara nonrutin (projek) interdisipliner yang berorientasi pada pembentukan dan penguatan huruf berdasarkan kerangka Profil Pelajar Pancasila.

Dan lahirnya kurikulum prototipe ini sebagai usaha dari pemulihan pembelajaran di Indonesia setalah mengalami loss learning dapat segera diselesaikan dengan walaupun mesti secara sedikit demi sedikit, seluruhnya demi kelangsungan kualitas pendidikan dan pembelajaran kita bersama di Indonesia.

Sumber : https://naikpangkat.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://www.casmair.com/2021/12/guru-wajib-paham-9-paradigma-baru-dari.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Derma Profesi Guru Di Kurikulum 2022

Derma Profesi Guru Di Kurikulum 2022

papar berkaitan - pada 26/12/2021 - jumlah : 155 hits
Implikasi Jam Mengajar Guru dan Lineraritas Mata Pelajaran Penjelasan terkait TPG juga dijelaskan pada paparan KEMDIKBUDRISTEK terkait Penyiapan Guru dan Tenaga Kependidikan dalam Penerapan Kurikulum Prototipe Dalam paparan tersebut diteran...
Dirregident Korlantas Menhub Gelar Rakor Persiapan Pengendalian Lalin Tahun Baru 2022

Dirregident Korlantas Menhub Gelar Rakor Persiapan Pengendalian Lalin Tahun Baru 2022

papar berkaitan - pada 30/12/2021 - jumlah : 176 hits
Yusri menambahkan jalur Puncak Bogor juga menjadi salah satu titik fokus Dia menyebut kawasan Puncak akan dikosongkan dan ditutup mulai pukul 16 00 Wib dan arus lalin dialihkan ke jalur alternatif
Tahun Baru 2022

Tahun Baru 2022

papar berkaitan - pada 1/1/2022 - jumlah : 249 hits
Assalamualaikum dan Salam Ceria Aku macam biasa tak boleh tidur lagi jadi rasa nak menulis Aku baca dalam social media ramai yang kata tahun 2021 ini tahun hardship Aku sendiri tak nafikan Tahun 2021 ini dia punya perasaan kalau aku throwba...
Senarai Kedai Makan Wajib Singgah Di Kelantan Tahun 2022

Senarai Kedai Makan Wajib Singgah Di Kelantan Tahun 2022

papar berkaitan - pada 24/12/2021 - jumlah : 402 hits
Kedai Makan Wajib Singgah di Kelantan Tahun 2022 Untuk artikel kali ini saya nak kongsikan beberapa tempat makan yang korang boleh pergi sekiranya datang berkunjung ke negeri Kelantan Jadi saya harap dengan perkongsian ini dapat membantu ko...
Taktik Pengelolaan Kelas Untuk Menyongsong Kebijakan Kurikulum 2022

Taktik Pengelolaan Kelas Untuk Menyongsong Kebijakan Kurikulum 2022

papar berkaitan - pada 25/12/2021 - jumlah : 206 hits
Beberapa antisipasi yang bisa digunakan Guru sebagai seni manajemen pengelolaan kelas untuk menyongsong kebijakan kurikulum 2022 perlu dilakukan guru pada setiap jenjang pendidikan sebagai upaya untuk membuat situasi pembelajaran yang baik ...
Apel Pengamanan Natal Dan Tahun Baru 2022 Menerjunkan 8 000 Personel

Apel Pengamanan Natal Dan Tahun Baru 2022 Menerjunkan 8 000 Personel

papar berkaitan - pada 23/12/2021 - jumlah : 189 hits
Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 Menerjunkan 8 000 Personel Sebanyak delapan ribu personel gabungan diturunkan dalam melaksanakan Operasi Lilin Jaya 2021 Operasi sebagai bagian dari Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 ini akan dil...
Asyik Nak Makan Je Walaupun Baru Dah Makan Makanan Berat Ini Punca Yang Mama Wajib Tahu

Asyik Nak Makan Je Walaupun Baru Dah Makan Makanan Berat Ini Punca Yang Mama Wajib Tahu

papar berkaitan - pada 25/12/2021 - jumlah : 167 hits
Gangguan makan boleh berlaku kepada seseorang individu tanpa mereka sedari Antara gangguan pemakanan yang boleh berlaku ialah anorexia nervosa bulimia nervosa dan binge eating Anda mungkin terkejut adakah binge eating juga diklasifikasikan ...
Selamat Tahun Baru 2022 Apa Azam Di Tahun Baru

Selamat Tahun Baru 2022 Apa Azam Di Tahun Baru

papar berkaitan - pada 30/12/2021 - jumlah : 270 hits
Selamat Tahun Baru 2022 Cepatnya masa berjalan terasa dalam 2 tahun kebelakangan ni kita tak ada buat apa apa yang begitu mengesankan perasan tak Atau saya sorang je yang perasan begitu Pelbagai nikmat dan ujian yang diturunkan bertali arus...
Jokowi Menyongsong Tahun 2022 Dengan Semangat Baru Bekerja Untuk Indonesia Maju

Jokowi Menyongsong Tahun 2022 Dengan Semangat Baru Bekerja Untuk Indonesia Maju

papar berkaitan - pada 1/1/2022 - jumlah : 265 hits
Jokowi mengatakan tahun 2021 telah berlalu bersama segenap ujian bagi bangsa Indonesia Dia merinci mulai dari pandemi resesi juga ketidakpastian yang tinggi
Pesanan Buat Sang Suami

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Kisah Bekas Pekerja Kfc Dan Boikot

Parents More Involved In Autistic Children S Learning Post Pandemic

Masih Beraya

Continuous Learning

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


The Hardest Singing Show

Dato Azizul Khamis Feat Alyah Joget Celoteh Raya Chord

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta

Jpsm Mengesahkan Kegiatan Pembalakan Di Bukit Beserah Berlaku Dalam Kawasan Tanah Persendirian

2 Minute Microwave Onsen Tamago