Gema Pasbar Fair 2020 Angkat Nilai Pendidikan Sosial Keagamaan Dan Literasi


IslamicTunesNews.com – GEMA PASBAR merupakan organisasi independent yang mengedepankan nilai pendidikan, agama dan literasi yang ada di Pasaman Barat, terkhusus untuk para pelajar SMA/SMK/MA/Ponpes di Pasaman Barat. Saat ini dipimpin oleh Ketua Umum Robi Maulidi, seorang mahasiswa UIN Imam Bonjol berasal dari Sariak Kec. Luhak Nan Duo merupakan
Program GGS20 dari GEMA PASBAR Beberapa agenda GEMA PASBAR yang telah rutin dilaksanakan diantaranya BAKSOS, GGS, SEMINAR, dan beberapa agenda lain yang pelaksanaannya paling banyak ada di Pasaman Barat. GEMA FAIR 2020 merupakan kegiatan dari tindak lanjut agenda sebelumnya, yaitu GGS20, yang mana GGS20 yang diketua pelaksanai oleh Doni Suharianto mahasiswa UPI “YPTK” Padang merupakan agenda kunjungan ke sekolah-sekolah dengan memberikan sosialisasi dan motivasi. GGS20 merupakan kepanjangan dari Gema Goes to Schools 2020 di Pasaman Barat.
Beberapa anggota GEMA PASBAR. (Dok. Istimewa) GGS20 telah berhasil mengunjungi sekolah 34 sekolah se Pasaman Barat selama 1 bulan, dimulai dari tanggal 4 januari smpai 4 Februari 2020. Adapun yang terlibat sebagai pelaksana adalah para relawan (Volunteer) yang mana merupakan mahasiswa yang berasal dari Pasaman Barat dan sedang melaksanakan kuliah di Kota Padang, luar Kota Padang bahkan luar Negeri. Selama 1 bulan ini terdapat 34 sekolah yang berhasil dikunjungi dari 11 kecamatan se Pasaman Barat, berasal dari 17 jenis kampus yang berbeda, 67 Mahasiswa asal Pasaman Barat dari berbagai suku dan daerah, dan 2918 total pelajar yang terlibat sebagai peserta.
Dalam Rangkaian agenda GGS20, para volunteer akan menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh Main Committe of GGS20, yaitu Pemberian Questionnaire (Pertanyaan), Info Beasiswa, Training Motivasi, Bedah Kampus dan Jurusan, serta Mentoring dalam per kelompok untuk berdiskusi secara intens antara pelajar dan kakak-kakak mahasiswa, lalu di akhiri dengan foto bersama.
Dalam Questionnaire para volunteer menanyakan 1. Apa yang akan dilakukan setelah dari sekolah? 2. Jika lulus kuliah ingin kuliah dimana dan jurusan apa? 3. Apa motivasi? 4. Jika tidak lulus di kampus negeri, apa berniat mengambil kampus swasta? 5. Apa kendala anda untuk kuliah? 6. Apa permasalahan terbesar dilingkungan anda? Semua pertanyaan ini ditulis di selembar kertas oleh masing-masing pelajar untuk menjadi bukti secara fisik.
GEMA PASBAR Menggelar GEMA FAIR 2020 Dengan berbagai persiapan Gema Pasbar mempersiapkan agenda selanjutnya yaitu GEMA FAIR 2020 yang dipimpin oleh Real Fandi mahasiswa Pendidikan Kimia UNP 2019.
GEMA FAIR 20 yang dilaksanakan pada tanggal 1 maret 2020, di Gedung Pertemuan Pasaman Barat ini memiliki jenis kegiatan seperti Seminar Motivasi, Bedah Buku dan Bazar Buku.
Seminar Motivasi yang dimulai dengan menampilkan video dokumenter pelaksanaan GGS20 selama 1 bulan dan video motivasi Wingki Mey Hendra,S.Si mahasiswa S2/ Master Student di Gifu University Jepang yang berasal dari Simpang Tigo, Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat dan Dewi Silvia Putri Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang asal Ujunggading, Kecamatan Lembah Melingtang Kabupaten Pasaman Barat yang telah menerima 3 jenis Beasiswa dan mahasiswa yang akan menjadi delegasi untuk berangkat ke Amerika pada bulan juni ini.
Rangkaian Acara GEMA FAIR 2020 Hal ini untuk memotivasi adik-adik pelajar yang akan menjadi mahasiswa di tahun 2020 ataupun tahun selanjutnya. Karena ada beberapa kendala yang menjadi penghambat untuk para pelajar Pasaman Barat yang akan kuliah, terkhusus dipermasalahan Biaya. Motivasi yang disampaikan oleh Kak Afnesha Noveriana Chang, S.Pd, MA yang merupakan Alumnus dari S1 Pendidikan Bahasa Inggris UNP dan S2 Leeds University of United Kingdom / Inggris berasal dari Bancah Talang Batang Lingkin dan Kak Mia Audina Putri, seorang mahasiswa asal Sungai Aur, S1 Psikologi Universitas Andalas dan Delegation of Student Exchange ke Jepang, serta Seminar/Talk Show yang dimoderatori oleh Fendi Agus Syaputra merupakan mahasiswa S1 Sosiologi Universitas Andalas yang juga penerima 3 jenis beasiswa, seperti Bidikmisi, Beasiswa Kader Surau YBM BRI dan Beasiswa Insan Aksara Astra.
Kak Afnesha yang biasa disapa dengan Kak Nesa menyampaikan bahwasanya “setiap tujuan harus memiliki target yang jelas dan usaha yang maksimal, karena sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, akan terasa aneh jika tidak memiliki mimpi untuk bisa pergi ke Inggris dengan usaha sendiri”.
Kak Mia juga menambahkan bahwasannya ketika akan berusaha kita akan dihadapi dengan berbagai tantangan yang akan membuat kita jatuh, maka yang terpenting adalah kita harus selalu bangkit. Dan Bang Pen juga menutup seminar motivasi ini dengan menyampaikan “bahwa hal ini tidak akan tercapai jika kita juga hanya menargetkan nilai akademik saja, karena ada banyak hal yang bisa kita dapatkan diluar perkuliahan”.
GEMA FAIR 2020 Hadirkan Denni Meilizon Acara ini juga menampilkan bedah buku oleh Redaktur Tamu Tetap Haluan Budaya dan Sastra SKH Haluan Padang, serta seorang Ketua dari Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat yang bernama Denni Meilizon dan Abri Maijon yang mana merupakan seorang Kepala Sekolah SMP IT Al-Kahfi juga merupakan pemenang dari Lomba Tulis Buku Antalogi Hari Guru Nasional Pesan untuk Mas Nadiem.
Denni Meilizon, Redaktur Tamu Tetap Haluan Budaya dan Sastra SKH Haluan Padang, saat bedah buku di GEMA FAIR 2020. (Dok. Istimewa) Bedah buku ini yang juga dimoderatori oleh Fendi Agus Syaputra atau Bang Pen berlangsung dengan lancar dengan adanya pengarahan-pengarahan dalam mendapatkan tips dan trik untuk menulis yang disampaikan oleh masing-masing narasumber agenda Bedah Buku. Agenda ini ditutup dengan penyampaian ataupun testimoni seputar Gema Pasbar oleh Pemateri –pemateri, dapat disimpulkan bahwasannya untuk menjadi mahasiswa tidaklah hanya untuk fokus untuk perkuliahan saja, tapi juga ada pengabdian masyarakat yang bisa didapatkan di berbagai organisasi, terkhusus organisasi daerah seperti Gema Pasbar.
Harapan dari Penyelenggaraan GEMA FAIR 2020 Harapannya peranan mahasiswa berdampak penting tidak hanya difokuskan untuk permasalahan kuliah saja, tapi terdapat nilai sosial yang bersinergi untuk terjun langsung ke masyarakatnya. Dan kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk yang telah terlibat pada agenda ini, terkhusus kepada Dinas Pendidikan, Sponsor, Info Pasbar, Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat, Asosiasi Pelajar Islam (Assalam) Pasaman Barat, Panitia GEMA FAIR 2020, Pelajar Pasaman Barat dan banyak lagi yang mungkin tak dapat disebutkan satu persatu. (*)
The post GEMA PASBAR FAIR 2020 Angkat Nilai Pendidikan, Sosial Keagamaan, dan Literasi appeared first on IslamicTunesNews.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.islamictunesnews.com/gema-pasbar-fair-2020-angkat-nilai-pendidikan-sosial-keagamaan-dan-literasi/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=gema-pasbar-fair-2020-angkat-nilai-pend

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jom Senamrobik Warga Jabatan Pendidikan Negeri Johor Bil 2 2020

Jom Senamrobik Warga Jabatan Pendidikan Negeri Johor Bil 2 2020

papar berkaitan - pada 21/2/2020 - jumlah : 426 hits
Jom Senamrobik Warga Jabatan Pendidikan Negeri Johor bil 2 2020 Program rutin bulanan kali ini sekali lagi mengambil tempat di Dewan Jauhar JPN Johor 2 Februari yang lepas Sahih la makin melampau lamanya baru aku leh hapdet Kekeke Apa pun P...
Mesyuarat Jawatankuasa Maklumat Asas Pendidikan Kpm Bil 1 2020

Mesyuarat Jawatankuasa Maklumat Asas Pendidikan Kpm Bil 1 2020

papar berkaitan - pada 7/3/2020 - jumlah : 250 hits
Mesyuarat Jawatankuasa Maklumat Asas Pendidikan KPM Bil 1 2020 Dua hari awal 3 dan 4 Mac kami berkampung di Aras 8 E8 untuk mesyuarat ni Park macam biasa di parkir sebelah auditorium La ni dah pakai kad touch n go aje Pastikan baki sentiasa...
Wakil Ketua Mpr Nilai Anggaran Besar Bukan Jaminan Peningkatan Kualitas Pendidikan

Wakil Ketua Mpr Nilai Anggaran Besar Bukan Jaminan Peningkatan Kualitas Pendidikan

papar berkaitan - pada 6/3/2020 - jumlah : 101 hits
Semakin besar anggaran pendidikan ternyata semakin kompleks masalahnya namun pendidikan pun masih dikeluhkan di sana dan di sini
Jom Ramai Ramai Ke Matta Fair 2020

Jom Ramai Ramai Ke Matta Fair 2020

papar berkaitan - pada 22/2/2020 - jumlah : 462 hits
Ada tak yang tengah menunggu apa apa berita mengenai MATTA Fair tu Kalau dah kaki melancong tu mustahil la tak ada El rasa ramai je yang tengah menunggu perkhabaran mengenai MATTA Fair ni kan So El akan share sedikit info mengenai MATTA Fai...
Tawaran Biasiswa Ijazah Sarjana Muda Pendidikan 2020

Tawaran Biasiswa Ijazah Sarjana Muda Pendidikan 2020

papar berkaitan - pada 10/3/2020 - jumlah : 184 hits
Image by KPMMelalui portal Kementerian Pendidikan Malaysia bahagian Biasiswa dan Pembiayaan Kementerian Pendidikan Malaysia menawarkan program penajaan Ijazah Sarjana Muda Pendidikan bagi pelajar pelajar yang sedang mengikuti pengajian pend...
Matta Fair 2020 Bakal Berlangsung Di Pwtc

Matta Fair 2020 Bakal Berlangsung Di Pwtc

papar berkaitan - pada 25/2/2020 - jumlah : 332 hits
MATTA Fair 2020 Bakal Berlangsung di PWTC Pameran MATTA terus mendapat sambutan ramai Salah satu tajuk daripada petikan akhbar tempatan mengenai MATTA Fair yang berlangsung pada tahun lepas Gila tak ramai rekod MATTA Fair 2019 mencatatkan l...
Sensasi Lari 320 Kilometer Di Ultra Marathon Tambora Challenge 2020

Sensasi Lari 320 Kilometer Di Ultra Marathon Tambora Challenge 2020

papar berkaitan - pada 22/2/2020 - jumlah : 198 hits
Race Director Tambora Challenge Lexi Rohi menjelaskan pada bulan Juli suhu di Pulau Sumbawa dan sekitarnya akan lebih ekstrim akibat pengaruh angin musim dari Benua Australia
Dishub Dki Sebut Sudirman Thamrin Akan Diterapkan Erp Akhir Tahun 2020

Dishub Dki Sebut Sudirman Thamrin Akan Diterapkan Erp Akhir Tahun 2020

papar berkaitan - pada 22/2/2020 - jumlah : 163 hits
Tahap pertama tentu di koridor Sisingamangaraja Sudirman Thamrin kata Syafrin
Jom Run Balloon Run 2020

Jom Run Balloon Run 2020

papar berkaitan - pada 22/2/2020 - jumlah : 333 hits
Assalamualaikum Salam Sejahtera buat semua Jom Run Balloon Run 2020Shah Alam8 2 20205KM
Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Asan Lembu The Movie

Di Masjid Muhammadiyah Nurul Yakin Paus Quran Dan Sains By Dr Hm Raki

Hospital Kuala Pilah

Saya Dan Rafizi Tiada Isu Peribadi Kata Puad

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars

Hallway Wall Art Mockup For A Sophisticated Look



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Lelaki Lihat Lembaga Besar Semasa Solat Berjemaah

Tawarkan Lebih Pilihan Pembiayaan Kepada Mahasiswa

Hari Ini 2 Al Hamdulillah Padi Dalam Pasu

Menu Sahur

Terkejut Jumpa Segenggam Paku Dalam Lemang

Pemain Newcastle Tonali Dituduh Melanggar Peraturan Pertaruhan Bahasa Inggeris