Gar Itb Juga Surati Ceo Wardah Protes Beasiswa Perintis Yang Hanya Khusus Untuk Muslim




Nama Gerakan Anti Radikalisme (GAR) yang isinya adalah sejumlah alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) menuai sorotan. Musababya, GAR ini melaporkan Din Syamsuddin dan Dekan Fakultas Teknik Industri ITB ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).




 
Tak hanya itu, GAR bahkan menyurati anggota Majelis Wali Amanat (WMA) ITB periode 2019-2024 Nurhayati Subakat. Nurhayati juga merupakan pimpinan dari korporasi Paragon yang membawahi produk kosmetik Wardah.


Dalam surat yang diterima kumparan, Sabtu (13/2), GAR menyoroti soal program Beasiswa Perintis 2021 untuk mahasiswa ITB. Beasiswa itu merupakan kerja sama antara Paragon, Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman dan Rumah Amal Salman.


GAR menyoroti program Beasiswa Perintis yang sangat inklusif dan ditujukan hanya untuk agama tertentu atau hanya agama Islam saja. Hal ini membuat orang-orang berpikir bahwa Beasiswa Perintis itu dikeluarkan langsung dari ITB secara universitas.


 


Padahal, Beasiswa Perintis yang itu dikeluarkan oleh YPM Salman yang secara organisasi terpisah dengan ITB secara universitas.


"Semua pihak perlu memahami bahwa badan hukum yang bernama YPM Salman ITB adalah sebuah entitas yang terpisah dari institusi ITB. YPM Salman ITB adalah sebuah badan hukum swasta, yang independen terhadap badan hukum publik milik negara, Institut Teknologi Bandung (ITB)," demikian keterangan surat itu.


"Pencantuman syarat hanya pemeluk agama tertentu saja yang diperbolehkan untuk melamar Beasiswa Perintis 2021, telah memicu timbulnya kesan negatif tentang “beasiswa ITB” yang bersifat eksklusif serta partisan, mengandung unsur SARA. Sebagian masyarakat kemudian menjadi mengira bahwa ITB telah berubah," tulis GAR.


GAR mencatat, sudah ada proses penghapusan terhadap E-Flyer yang mencantumkan agama tertentu sebagai syarat penerima beasiswa ini. Mereka membeberkan, pada tanggal 18 Desember 2020, pada akun instagram Beasiswa Perintis, ada 154 buah postingan.


"Kemudian saat surat ini ditulis telah dilakukan penghapusan terhadap 135 buah postingan, sehingga kini tersisa hanya ada 19 buah postingan saja," tulis GAR.


Atas dasar penghapusan ini, GAR meminta penghapusan dari Nurhayati selaku MWA ITB.


"Selain itu, GAR ingin menegaskan kedudukan Nurhayati Subakat yang masih menjabat sebagai MWA ITB. Dengan dukunganya terhadap beasiswa tersebut, GAR ITB menilai Nurhayati bakal merugikan ITB sebagai institusi pendidikan," tulis dalam surat itu.


GAR mencantumkan beberapa alasan kenapa Nurhayati bisa mencoreng nama ITB. Hal tersebut berlandaskan pada jati diri dan nilai-nilai yang berlaku di ITB, yang dirumuskan dalam peraturan MWA ITB nomor 007/P/I1.MWA/2014 tentang Kode Etik ITB yang mencantumkan tentang nilai hak Asasi.


"ITB menjunjung tinggi sikap dan perilaku yang menghargai hak asasi manusia dan keberagaman yang ditunjukkan dengan mengembankan suasana kehidupan masyarakat yang saling menghormati dan toleran," tulis GAR .


Maka, GAR meminta agar Nurhayati memberikan penjelasannya terkait hal tersebut.


"Dalam hal ini GAR ITB menginginkan adanya penjelasan secara terbuka dan klarifikasi dari Ibu Nurhayati Subakat, sebagai upaya untuk mengkoreksi dampak negatif yang telah terlanjur timbul terhadap nama baik dan kredibilitas ITB, akibat dari keterlibatan korporasi Paragon pada program Beasiswa Perintis yang partisan," tutup GAR ITB. (*)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://feedproxy.google.com/~r/bagibagi/cFXc/~3/lK8w47NfHG4/gar-itb-juga-surati-ceo-wardah-protes.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Selain Din Gar Juga Laporkan Dekan Ft Industri Itb Karena Pernah Jadi Kader Pks

Selain Din Gar Juga Laporkan Dekan Ft Industri Itb Karena Pernah Jadi Kader Pks

papar berkaitan - pada 14/2/2021 - jumlah : 55 hits
Gerakan Anti Radikalisme ITB tak hanya melaporkan Din Syamsuddin ke Komisi Aparatur Sipil Negara GAR juga melaporkan seorang dekan Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Bandung Brian Yuliarto ke KASN Juru bicara GAR Shinta Madesari me...
Din Dilaporkan Sebagai Tokoh Radikal Muhammadiyah Ancam Gar Itb

Din Dilaporkan Sebagai Tokoh Radikal Muhammadiyah Ancam Gar Itb

papar berkaitan - pada 13/2/2021 - jumlah : 102 hits
Tuduhan yang disampaikan oleh kelompok Gerakan Anti Radikalisme Alumni ITB terhadap Din Syamsuddin sebagai tokoh radikal tak diterima oleh Muhammadiyah Bahkan Ketua Hukum dan HAM Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengancam GAR ITB agar seg...
Itb Tegaskan Gar Itb Bukan Bagian Dari Kampus

Itb Tegaskan Gar Itb Bukan Bagian Dari Kampus

papar berkaitan - pada 15/2/2021 - jumlah : 57 hits
Kepala Biro Humas dan Komunikasi Institut Teknologi Bandung Naomi Sianturi menegaskan elemen masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Antiradikalisme Institut Teknologi Bandung bukan organisasi resmi di bawah naungan ITB GAR ITB sendiri meru...
British Council Buka Beasiswa S2 Penuh Bidang Stem Khusus Untuk Perempuan Yang Tertarik Dengan Sains

British Council Buka Beasiswa S2 Penuh Bidang Stem Khusus Untuk Perempuan Yang Tertarik Dengan Sains

papar berkaitan - pada 17/2/2021 - jumlah : 77 hits
Program beasiswa penuh ini bisa jadi satu langkah penting dalam meningkatkan pendidikan bagi perempuan yang akan memimpin transformasi pada dekade dekade mendatang
Gar Itb Diberi Waktu Cabut Laporan Dan Minta Maaf Kepada Din Syamsuddin

Gar Itb Diberi Waktu Cabut Laporan Dan Minta Maaf Kepada Din Syamsuddin

papar berkaitan - pada 14/2/2021 - jumlah : 62 hits
Ketua Hukum dan HAM Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Razikin memberikan waktu kepada kelompok Gerakan Anti Radikalisme Alumni ITB mencabut laporan terhadap Prof Din Syamsuddin di Komisi Aparatur Sipil Negara Din Syamsuddin selaku Dosen UI...
Salah Satu Anggota Gar Itb Pelapor Din Syamsuddin Terungkap Warganet Hmm Nggak Heran

Salah Satu Anggota Gar Itb Pelapor Din Syamsuddin Terungkap Warganet Hmm Nggak Heran

papar berkaitan - pada 14/2/2021 - jumlah : 124 hits
Kelompok yang mengatasnamakan Gerakan Antiradikalisme Alumni Institut Teknologi Bandung melaporkan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Din Syamsuddin atas sejumlah tudingan GAR ITB melaporkan Din Syamsuddin ke KASN dan Badan Kepegawaian Nega...
Bagi Pan Tuduhan Gar Itb Melukai Hati Tokoh Bangsa

Bagi Pan Tuduhan Gar Itb Melukai Hati Tokoh Bangsa

papar berkaitan - pada 15/2/2021 - jumlah : 68 hits
Partai Amanat Nasional menyayangkan tuduhan Gerakan Anti Radikalisme Alumni ITB terhadap mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin yang disebut sebagai seorang yang radikal Apalagi makna radikal itu sendiri sebetulnya belum dipahami ...
Pemuda Muhammadiyah Ke Gar Itb Jangan Ganggu Pak Din

Pemuda Muhammadiyah Ke Gar Itb Jangan Ganggu Pak Din

papar berkaitan - pada 14/2/2021 - jumlah : 93 hits
Ketua Hukum dan HAM Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Razikin mengatakan tuduhan radikalisme terhadap Din Syamsuddin merupakan hal yang mengada ngada Menurutnya laporan yang dilayangan Gerakan Anti Radikalisme Alumni ITB itu juga bisa memi...
Terungkap Jubir Jokowi Fadjroel Rachman Aktif Di Gar Itb Yang Laporkan Din

Terungkap Jubir Jokowi Fadjroel Rachman Aktif Di Gar Itb Yang Laporkan Din

papar berkaitan - pada 15/2/2021 - jumlah : 64 hits
Anggota GAR ITB Nelson Napitupulu mengatakan Jubir Presiden Jokowi saat ini Fadjroel Rachman masih aktif di GAR ITB hingga saat ini Fadjroel ikut di diskusi awal pembentukan Anggota Gerakan Anti Radikalisme Institut Teknologi Bandung Nelson...
Lama Sangat Duduk Rumah Gara Gara Pkp Terkejut Ini Perubahan Pada Man Raja Lawak Buat Ramai Yang Tak Sangka

Akta Laksana Perintah Kawalan Pergerakan Di Lanjut Mulai 2 Ogos Hingga 31 Disember 2021

Ustaz Salafi Mencabut Fatwanya Jamaah Tablig Sesat Minta Maaf

The Home Design Features Gaining Popularity In Niagara

Lengkapkan Perlindungan Takaful Anda

5 Laptop Terbaik Harga Bawah Rm1500 Untuk Tahun 2021 Sesuai Untuk Pelajar

The Agong Shall Act In Accordance With The Advice Of The Cabinet Or Minister

Wakil Scarlett Johansson Gelar Kenyataan Balas Disney Isu Black Widow Satu Serangan



Senarai Pingat Sukan Olimpik Yang Pernah Dimenangi Malaysia

Biodata Ideen Azman Peserta Finalis Hero Remaja 2021

Benarkah Kepintaran Bekas Pesakit Covid 19 Akan Menurun

Apakah Maksud Sebenar Perkataan Caprice

Biodata Belle Al Yahya Founder Bella Ammara Isteri Carl Samsudin Khalif


Blog On The Experience Of Climbing Mt Kinabalu

The Entire Climb Of Mount Kinabalu In 4 Minutes

Earthquake At Mount Kinabalu

Panoramic Photo Of Mount Kinabalu

Larangan Jangan Bernikah Dengan 6 Jenis Perempuan

Diceraikan Suami Selepas 2 Minggu Bersalin Wanita Tertekan Cuba Terjun Bangunan