Gaji Pns Tni Polri Dan Karyawan Swasta Dipotong 2 5 Persen Mulai 2021 Apa Alasannya


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui gaji PNS TNI dan Polri dipotong sebesar 2,5 persen.
Tidak hanya gaji PNS TNI dan Polri yang dipotong 2,5 persen, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) juga menyetujui gaji karyawan swasta dipotong.
Keputusan Jokowi soal pemotongan gaji PNS TNI dan Polri sebesar 2,5 persen ini akan dimulai pada Januari 2021 mendatang.
Pemotongan gaji terhadap PNS TNI, Polri dan karyawan swasta ini rupanya digunakan untuk iuran Tapera.
Sikap pemerintah terhadap kebijakan pemotongan gaji untuk Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera ini dianggap seperti anjing menggonggong kafilah berlalu.
Meski menimbulkan pro dan kontra, nyatanya pemerintah tetap memberlakukan pemotongan gaji sebesar 2,5 persen untuk Tapera mulai Januari 2021.
Berikut adalah penjelasan iuran Tapera yang mengharuskan Gaji PNS dan karyawan swasta dipotong 2,5 persen per bulan.
Melansir dari Kompas.com, Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat pada 20 Mei 2020 lalu.
Di dalam beleid tersebut dijelaskan, mulai tahun 2021, Badan Penyelenggara Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) sudah bisa mulai memungut iuran untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Untuk tahap berikutnya, badan tersebut juga bakal memungut iuran kepada anggota TNI/Polri serta pegawai swasta dan pekerja mandiri.
Besaran iuran yang dibayarkan yaitu 2,5 persen dari gaji per bulan, sementara 0,5 persen iuran itu akan dibebankan kepada pemberi kerja.
Lalu, akan digunakan untuk apa uang hasil iuran tersebut?
Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana Tapera Gatut Subadio menjelaskan, BP Tapera bakal memanfaatkan dana iuran ke dalam tiga hal yakni dana pemupukan, dana pemanfaatan, dan dana cadangan.
Untuk pemupukan, BP Tapera bakal menginvetasikan dana iuran tersebut ke beberapa instrumen dengan skema kontrak investasi kolektif (KIK).
“Kita mengelola dengan model kontrak investasi.
Simpanan peserta akan diinvestasikan di pasar modal maupun pasar uang dengan pola kontrak investasi,” jelas Gatut dalam video conference, Jumat 5 Juni 2020.
Dana Bisa Diambil Setelah Pensiun
Dilansir dari GridHot.Id, sebelum menjadi BP Tapera, Bapertarum-PNS memiliki sekitar 6,7 juta orang peserta, baik PNS aktif maupun yang telah pensiun, dengan dana kelolaan Rp 12 triliun.
Saat masih bernama Bapertarum, lembaga ini mengumpulkan uang dari PNS dengan memotong gaji setiap bulan sehingga uang di Bapertarum PNS pada dasarnya adalah uang PNS dan harus dikembalikan kepada mereka.
Kepesertaan di BP Tapera akan berakhir jika pekerja sudah pensiun yakni usia 58 tahun.
Nantinya setelah pensiun, peserta bisa mendapatkan dana simpanannya beserta hasil dari dana pengembangan yang ditempatkan di deposito bank, surat utang pemerintah, dan investasi lainnya.
Menteri Keuangan, Menteri PUPR, Menteri Ketenagakerjaan, dan anggota independen. Komite itu diketuai Menteri PUPR.
Dikutip dari Antara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan atau PPDPP menyebut aplikasi Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang) dan Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (Sikasep) dapat menjadi “big data” bagi Tapera.
Menurut Direktur Utama PPDPP Kementerian PUPR Arief Sabaruddin, pihaknya berharap juga pengembang-pengembang mendapatkan bantuan PSU yang perumahannya terdaftar dalam aplikasi Sikumbang dan Sikasep.
Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pihaknya juga sudah banyak berbicara dengan teman-teman Ditjen Perumahan agar semua pembangunan perumahan di Indonesia, termasuk rumah susun, rumah khusus dan rumah swadaya semuanya didaftarkan ke dalam aplikasi Sikasep agar nanti dapat terlihat petanya.
Direktur Utama PPDPP itu juga menyampaikan bahwa sangat mudah untuk berkoordinasi dengan teman-teman di Ditjen Perumahan Kementerian PUPR terkait mengintegrasikan data-data perumahan ke dalam kedua aplikasi tersebut karena datanya tersedia, dan aplikasi ini nanti sudah berbasis teknologi GPS.
Sumber: tribunnews.com
The post Gaji PNS TNI Polri dan Karyawan Swasta Dipotong 2,5 Persen Mulai 2021, Apa Alasannya first appeared on islamidia.com.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/gaji-pns-tni-polri-dan-karyawan-swasta-dipotong-25-persen-mulai-2021-apa-alasannya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sultan Hb X Putuskan Ump Diy 2021 Naik 3 54 Persen Jadi Rp1 7650 000

Sultan Hb X Putuskan Ump Diy 2021 Naik 3 54 Persen Jadi Rp1 7650 000

papar berkaitan - pada 1/11/2020 - jumlah : 174 hits
Pemda DIY memutuskan menaikkan Upah Minimum Propinsi sebesar 3 54 persen dari UMP tahun sebelumnya Keputusan naiknya UMP sebesar 3 54 persen ini ditandai dengan dikeluarkannya SK Gubernur DIY dengan nomor nomor 319 KEP 2020
Dewan Rakyat Bersidang 27 Hari Mulai 2 Nov Belanjawan 2021 Dibentang 6 Nov

Dewan Rakyat Bersidang 27 Hari Mulai 2 Nov Belanjawan 2021 Dibentang 6 Nov

papar berkaitan - pada 17/10/2020 - jumlah : 270 hits
PETALING JAYA Dewan Rakyat akan bersidang semula selama 27 hari mulai 2 Nov hingga 23 Dis ini dengan Belanjawan 2021 akan dibentangkan pada 4 petang 6 Nov Bagaimanapun Setiausaha Bahagian Komunikasi Korporat Dewan Rakyat Mohd Nor Aswadi Md ...
Sabah Kekal Di Liga Super 2021

Sabah Kekal Di Liga Super 2021

papar berkaitan - pada 29/10/2020 - jumlah : 417 hits
Sabah tetap kekal sebagai pasukan Liga Super bagi musim 2021 dan tiada hukuman dikenakan kepada mereka berhubung isu ini KURNIAWAN TERIMA KEPUTUSAN DENGAN HATI TERBUKA Ketua jurulatih Sabah Kurniawan Dwi Yulianto menerima dengan hati terbuk...
Let S Talk Before Tabling Budget 2021 Pakatan Urges Muhyiddin

Let S Talk Before Tabling Budget 2021 Pakatan Urges Muhyiddin

papar berkaitan - pada 29/10/2020 - jumlah : 257 hits
Pakatan Harapan has urged Prime Minister Tan Sri Muhyiddin Yassin to discuss the Budget 2021 with the coalition before tabling it on Nov 6 The Pakatan presidential council agrees with the King that it is important and serious for Budget 202...
Listen To The King Stop Squabbling And Support Budget 2021 Mps Told

Listen To The King Stop Squabbling And Support Budget 2021 Mps Told

papar berkaitan - pada 29/10/2020 - jumlah : 251 hits
All Members of Parliament must answer the Yang di Pertuan Agong s call to stop squabbling and focus on the people by supporting Budget 2021 Alliance For Safe Community chairman Tan Sri Lee Lam Thye said that His Majesty s advice was very ap...
Ahli Parlimen Bebas Matang Bahas Belanjawan 2021

Ahli Parlimen Bebas Matang Bahas Belanjawan 2021

papar berkaitan - pada 29/10/2020 - jumlah : 273 hits
Perbahasan Belanjawan 2021 perlu dilakukan secara matang dan bebas di Dewan Rakyat Ahli Parlimen Pasir Gudang Hassan Abdul Karim berkata institusi Parlimen perlu dibenar memainkan peranan semak dan imbang kepada kerajaan semasa terutama dal...
Belanjawan 2021 Keadilan Hayati Titah Nasihat Agong

Belanjawan 2021 Keadilan Hayati Titah Nasihat Agong

papar berkaitan - pada 29/10/2020 - jumlah : 267 hits
KEADILAN menjunjung kasih dan menghayati titah nasihat Yang di Pertuan Agong yang mahu kebajikan rakyat diutamakan dalam Belanjawan 2021 yang akan dibentang di Parlimen bulan depan Setiausaha Agung KEADILAN Saifuddin Nasution Ismail berkata...
Harapan Urges Pm To Discuss Budget 2021 With Opposition

Harapan Urges Pm To Discuss Budget 2021 With Opposition

papar berkaitan - pada 30/10/2020 - jumlah : 248 hits
The Pakatan Harapan presidential council in a statement today urged Prime Minister Muhyiddin Yassin to immediately begin discussions with the opposition on Budget 2021 which is set to be tabled on Nov 6 This comes after a meeting concerning...
Standby Guys Pengurangan Subsidi Petrol Bakal Bermula

Imf Menyokong Prakiraan Pertumbuhan Kdnk Malaysia Pada 2024 Kepada 4 4

Ultimate Guide To Ghibli Park

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Afidavit Zahid Mungkin Jejas Hubungan Dengan Anwar

Sustainable Weekend Villa By Kanopea Architecture Studio And T3 Architects In Vietnam

Pengasas Pbrs Joseph Kurup Meninggal Dunia



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Tips For Achieving Your Saving Goals

Gunung Ruang Meletus Ini Senarai Penerbangan Mas Airasia Yang Dibatalkan

The Spark Of Innovation

Lirik Lagu Hidupku Sebelum Mati Kunto Aji

Doa 12 Pintu Pembuka Pintu Rezeki Segala Kebaikan

Daun Kelor Mujarab Untuk Diebetes Fahami 15 Khasiatnya