Empat Personel Sabyan Gambus Keluar Ada Apa Dengan Nissa Sabyan


Nissa Sabyan, Vokalis Sabyan Gambus. (Dok. Istimewa)Keluarnya personel pada sebuah grup musik adalah sesuatu yang alamiah dan dapat terjadi pada grup musik baru maupun yang populer. Karena hal ini kerap terjadi dan dilatari penyebab yang beragam.

Keluar empat personel grup musik Sabyan Gambus; Anissa Rahman, Tubagus, Deni, dan Ega tentu membuat para penggemarnya terkejut, apalagi terjadi di saat popularitas grup ini tengah melejit. Terbukti pada tahun 2018, keyword Nissa Sabyan memperoleh rating tertinggi di mesin pencarian Google.

Seperti yang kita ketahui, salah satu pemicu dari melejitnya nama grup musik Sabyan Gambus di blantika musik Indonesia adalah sejak Nissa Sabyan menjadi salah seorang vokalisnya. Usia belia dengan penampilan menarik, serta vokalnya yang merdu, membuat para pecinta musik jadi terpukau, sehingga melejitkan karya lagu gambus yang dibawakannya, seperti; Deen Assalam, Ya Habibal Qolbi, Ya Jamalu, Rohman ya Rohman, dan lainnya.

Jamak orang menginterpretasikan bahwa keberadaan Nissa di Sabyan Gambus membuat redup nama para personel lainnya pada grup tersebut. Nissa Sabyan sangat dielu-elukan oleh para penggemar, sementara personel lain tak sepopuler dirinya. Tapi, interpretasi tersebut ada kelirunya, karena sejatinya setiap personel pada sebuah grup musik sama-sama punya peranan penting. Popularitas Nissa Sabyan yang melebihi para personel lainnya bukanlah katalisator dari keluarnya empat orang personel grup gambus tersebut.

Meskipun keinginan untuk bersolo karir bisa saja jadi alasan yang terkesan dangkal, namun ini adalah wayout dari kegagalan untuk tetap bertahan di grup musik yang telah susah payah mereka bangun secara bersama-sama.

Mengkomparasikan penyebab antara grup musik baru dengan grup populer ketika ada personelnya yang keluar ada sedikit perbedaan. Bagi grup musik baru biasanya disebabkan oleh terjadinya kegamangan diulahkan oleh kebutuhan hidup. Namun bagi grup musik populer lebih pada idealisme dalam bermusik.

Lebih dalam kita menyelami akar penyebabnya dari keluarnya personel pada sebuah grup musik popular akan berujung pada psikologis dari jiwa seorang seniman.

Begini. Setelah mencurahkan perasaan, ide, ajakan pada sebuah karya lagu, seorang seniman itu akan butuh pengakuan. Baik pengakuan terhadap karya yang ditulis maupun pada dirinya sebagai seorang seniman yang sukses. Wajar saja jika setiap personel pada sebuah grup musik punya porsi yang sama dalam mengaktualisasikan diri.

Bertahannya para personel pada sebuah grup musik memang tidak mudah untuk diwujudkan, namun bukan pula berarti tidak mungkin. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan;

1. Rasa Kekeluargaan

Rasa kekeluargaan yang tinggi antara sesama personel akan mampu mengikis aktualisasi diri, karena yang tertanam adalah rasa memiliki yang sama pada kesuksesan yang diraih. Setiap personel adalah sebagai tiang dan bendera pada grup musiknya. Bagaimana nama seorang personel akan dapat berkibar tinggi jika tak ada tiangnya. Dan apalah gunanya sebuah tiang jika tak ada benderanya.

2. Rangkulan Management

Keberadaan management sangat vital untuk mempertahankan solidaritas sebuah grup musik. Karena harus mampu menjadi buhul erat untuk membuat para personel agar tidak tercerai-berai. Manager adalah bapak bagi para personel, yang mesti arif dan bijaksana. Karena sebagai sesama manusia, wajar jika terjadi friksi dalam berinteraksi sosial. Management harus punya ikatan emosional yang kuat dengan tiap personel.

3. Intensitas Komunikasi

Penerapan forum komunikasi internal secara terjadwal akan membuat inspirasi, dan asumsi jadi terwadahi. Aktualisasi diri akan memperoleh tempat, dan asumsi tidak akan berkembang menjadi agitasi negatif.

4. Rasa Memiliki

Di saat rasa memiliki itu ada, setiap personil tidak akan mau meninggalkan grupnya. Baik rasa memiliki pada grup yang telah dibangun bersama, dan juga rasa memiliki pada sesama personil.

Mengkaji keluarnya empat personel grup nasyid Sabyan Gambus kita hanya mampu bermain di ruang asumsi. Bagaimanapun tentu mereka punya alasan kuat untuk meninggalkan grup musiknya yang tengah melejit. Keputusan yang diambil tentu adalah yang terbaik. Tidak ada yang bisa disalahkan sehingga semua ini berlaku.

Meskipun belum sekarang, suatu saat nanti kebersamaan yang pernah mereka jalin untuk meraih kesuksesan akan memanggil-manggil hati mereka untuk ingin kembali. Ketika persoalan mereda, kelak rindu itu akan berat untuk ditanggungkan. Wallahu a'lam bish-shawabi.
(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli – Reporter IslamicTunesNews)

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://news.islamictunes.net/2019/06/empat-personel-sabyan-gambus-keluar-ada.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ikhlas Projek Baru Gandingan Dato Sri Siti Nurhaliza Nissa Sabyan Dan Taufik Batisah

Ikhlas Projek Baru Gandingan Dato Sri Siti Nurhaliza Nissa Sabyan Dan Taufik Batisah

papar berkaitan - pada 11/6/2019 - jumlah : 644 hits
Jarang kita dapat lihat artis dari 3 buah negara bregabung dalam stu lagu Kalau ada pun mungkin kadang kadang jer Tapi kali ini Dato Sri Siti Nurhaliza dari Malaysia Nissa Sabyan dari Indonesia dan Taufik Batisah dari Singapura muncul denga...
Bila Dah Kahwin Sibuk Nak Keluar Lepak Jangan Kahwin Kalau Nak Jadi King

Bila Dah Kahwin Sibuk Nak Keluar Lepak Jangan Kahwin Kalau Nak Jadi King

papar berkaitan - pada 20/6/2019 - jumlah : 361 hits
Resam berumah tangga ni kena ada tolak ansur kena banyak bersabar Tak kira siapa lebih tua tak kira siapa lebih kaya Yang kahwin kita brother bukan umur bukan duit Baca Selanjutnya Yang mana baru nak dirikan masjid nak langsungkan perkahwin...
Avengers End Game Bakal Keluar Dengan Adegan Tambahan

Avengers End Game Bakal Keluar Dengan Adegan Tambahan

papar berkaitan - pada 20/6/2019 - jumlah : 174 hits
Tidak disangkal lagi kehebatan filem Avengers Endgame sememangnya meninggalkan kesan buat peminat peminat filem adiwira Marvel Mana tidaknya filem ini merupakan satu penantian hampir sepuluh tahun buat peminat peminat Marvel Cinematic Unive...
Rosmah Mansor Diarah Keluar Tidak Dibenarkan Ikuti Kes Perbicaraan Najib

Rosmah Mansor Diarah Keluar Tidak Dibenarkan Ikuti Kes Perbicaraan Najib

papar berkaitan - pada 19/6/2019 - jumlah : 249 hits
Isteri bekas perdana menteri Datin Seri Rosmah Mansor diarah keluar daripada mengikuti kes perbicaraan suaminya Datuk Seri Najib Tun Razak bagi pertuduhan kes SRC International Sdn Bhd melibatkan dana bernilai RM42 juta di Mahkamah Tinggi s...
Gigi Susu Belum Goyang Gigi Kekal Dah Keluar

Gigi Susu Belum Goyang Gigi Kekal Dah Keluar

papar berkaitan - pada 20/6/2019 - jumlah : 389 hits
Gigi Susu Belum Goyang Gigi Kekal Dah Keluar 10 June 2019 malam ni Umi ngan abah bawak Akif ke Klinik Gigi Klinik biasa yang selalu kami pergi Klinik Pergigian Syarifah di Kemaman Terengganu Akif cakap ada gigi tumbuh kat gusi atas bila Umi...
Berang Dibebel Ibu Lelaki Campak Bayinya Keluar Dari Tingkap Tingkat 6

Berang Dibebel Ibu Lelaki Campak Bayinya Keluar Dari Tingkap Tingkat 6

papar berkaitan - pada 18/6/2019 - jumlah : 223 hits
The ReporterPolis menahan seorang lelaki di China selepas bayinya berusia satu tahun maut akibat terjatuh dari tingkat enam Jumaat lalu Suspek Zhang 29 didakwa membuang anaknya dari tingkat di rumahnya Dazhou Sichuan selepas bertengkar meng...
Uri Lambat Keluar Masa Bersalin Hari Ke 6 Ibu Tumpah Darah Tak Sedarkan Diri

Uri Lambat Keluar Masa Bersalin Hari Ke 6 Ibu Tumpah Darah Tak Sedarkan Diri

papar berkaitan - pada 17/6/2019 - jumlah : 760 hits
Uri lambat keluar masa bersalin Hari ke 6 ibu tumpah darah sehingga tak sedarkan diri Cemasnya situasi nyawa bagaikan di hujung tanduk adalah merupakan selaput dan saluran yang berkembang seiring dengan perkembangan si manja Adakalanya kesu...
Siri Baru Need For Speed Akan Keluar Pada 2019

Siri Baru Need For Speed Akan Keluar Pada 2019

papar berkaitan - pada 17/6/2019 - jumlah : 329 hits
EA sedang menghasilkan permainan Need For Speed baru dan mengesahkan permainan ini akan dikeluarkan pada tahun 2019 Walaubagaimanapun permainan ini tidak didedahkan semasa showcase EA Play di E3 Menurut wakil EA iaitu Ben Wake 2019 merupaka...
Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Di Masjid Muhammadiyah Nurul Yakin Paus Quran Dan Sains By Dr Hm Raki

Hospital Kuala Pilah

Asan Lembu The Movie

Wan Ji Najib Dapat Layanan Sangat Istimewa Di Penjara

Potong Ikan Keluar Api

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Doa Doa Dalam Bulan Ramadan Yang Boleh Kita Amalkan

Mangkuk Correle 2024

Diy Toy For Toddler

Peristiwa Nuzul Al Quran Dan Bekalan Air

Swaylin Bechuanka Nuan Chord

Sanusi Henti Retorik Kxp Tumpu Projek Loji Rawatan Air