Doa Malam Nisfu Sya Ban Dan Anjuran Membaca Surah Yasin


Salah satu malam yang paling dinanti dan diagungkan oleh umat Islam adalah Malam Nisfu Sya’ban (15 Syaban).
Waktu ini juga disebut dengan Lailatul Baro’ah artinya malam pengampunan dosa, malam berdoa dan malam pembebasan, saat semua buku amal ibadah manusia ditutup dan diganti dengan lembaran baru.
Tahun ini nisfu sya’ban akan jatuh pada Rabu, 8 April 2020.
Menurut Imam Asy Syafii, doa yang dikabulkan oleh Allah SWT pada 5 malam, yaitu malam Jumat, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab, dan malam Nisfu Syaban.
Rasulullah SAW bersabda: “Allah Ta’ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban. Dan Allah Ta’ala mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain.” (HR At-Thabrani dari Muadz bin Jabbal radhiallahu ‘anhu).
Pada malam Nisfu Sya’ban umat Islam dianjurkan membaca Surah Yasin sebanyak tiga kali, berzikir, berdoa sebanyak-banyaknya hingga amalan baik lainnya karena buku amalan mereka (umat Islam) akan ditutup.
Dikutip dari laman alhabibahmadnoveljindan.org, Selasa (7/4/2020), Pengasuh Ponpes al-Hawthah al-Jindaniyah, Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan mengatakan, membaca Surah Yasin tiga kali dan zikir bersama-sama pada malam Nisfu Sya’ban merupakan perkara yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
“Malam nisfu sya’ban adalah malam yang mulia di sisi Allah Subhanahu wa ta’ala serta malam yang penuh dengan keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Banyak diriwayatkan dari hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa shahbihi wasallam yang menyebutkan tentang keistimewaan dan kemuliaan malam nisfu syaban,” kata Habib Jindan.
Lebih lanjut, membaca Surah Yasin pada malam tersebut memang sangat dianjurkan karena merupakan bagian dari ibadah saat waktu-waktu terakhir ditutupnya buku catatan lama dan akan diganti dengan yang baru.
“Sebagaimana juga pembacaan Surat Yasin tiga kali merupakan amal ibadah yang ketika membacanya dan kemudian bertawassul kepada Allah SWT dengan berkat pembacaan ayat suci Al-Qur’an, amal ibadah yang kita lakukan ini agar Allah memanjangkan umur,” tuturnya.
Berikut ini adalah doa ketika malam nisfu syaban tiba;
اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ “Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan. Sungguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus:
“Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab. Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau.”
Sumber: okezone.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/doa-malam-nisfu-syaban-dan-anjuran-membaca-surah-yasin/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Malam Nisfu Sya Ban Yuk Baca Surah Yasin 3 Kali Dan Raih Keutamaannya

Malam Nisfu Sya Ban Yuk Baca Surah Yasin 3 Kali Dan Raih Keutamaannya

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 43 hits
Umat Islam dianjurkan membaca Surah Yasin tiga kali pada malam Nisfu Sya ban yang jatuh pada Rabu malam Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam Ustadz Ainul Yaqin mengatakan amalan ini mengundang berkah yang berlimpah dari Allah SWT...
Tata Cara Dan Doa Sholat Taubat Di Malam Nisfu Sya Ban 8 April 2020 Malam Pengampunan Dosa

Tata Cara Dan Doa Sholat Taubat Di Malam Nisfu Sya Ban 8 April 2020 Malam Pengampunan Dosa

papar berkaitan - pada 9/4/2020 - jumlah : 50 hits
Berikut tata cara dan doa salat Taubat di malam nisfu sya ban 8 April 2020 malam penganpunan dosa Salat taubat adalah salah satu salat sunnah untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa Sholat taubat menjadi amalan nisfu sya ban y...
Begini Doa Malam Nisfu Sya Ban Perbanyak 3 Amalan Sunnah Ini Untuk Mendapatkan Ampunan

Begini Doa Malam Nisfu Sya Ban Perbanyak 3 Amalan Sunnah Ini Untuk Mendapatkan Ampunan

papar berkaitan - pada 9/4/2020 - jumlah : 76 hits
Malam Nisfu Syakban tingkatkan amalan memohon pengampunan kepada Allah SWT Setidaknya ada tiga amalan yang baik dilakukan pada malam Nisfu Syaban Tiga amalan ini disarikan dari kitab Madza fi Sya ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki An...
Doa Yasin Adab Kelebihan Membaca Surah Yasin

Doa Yasin Adab Kelebihan Membaca Surah Yasin

papar berkaitan - pada 2/4/2020 - jumlah : 124 hits
Ini adalah panduan lengkap Doa Yasin Panduan ini merangkumi beberapa topik Tatacara membaca surah Yasin Doa Yasin beserta maksud Adab sesama membaca Yasin Kelebihan mengamalkan Yasin Jika anda memerlukan panduan lengkap berkaitan Yasin maka...
Selain Puasa Ini 3 Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Malam Nisfu Sya Ban

Selain Puasa Ini 3 Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Malam Nisfu Sya Ban

papar berkaitan - pada 6/4/2020 - jumlah : 18 hits
Ada amalan lain yang bisa dilakukan selain berpuasa adalah membaca doa Jangan ragu untuk banyak membaca doa pada malam Nisfu Sya ban karena telah dijelaskan bahwa Allah SWT akan menjawab setiap doa umatnya pada malam malam tersebut
Malam Nisfu Syaaban Allah Mendengar Doa Kita Tanpa Hijab

Malam Nisfu Syaaban Allah Mendengar Doa Kita Tanpa Hijab

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 105 hits
Malam Nisfu Syaaban Allah Mendengar Doa Kita Tanpa Hijab Alangkah beruntungnya jika kita tergolong dalam golongan hambaNya yang terpilih terbuka pintu hati untuk memanfaatkan malam nisfu syaaban ini Malam di mana segala doa termakbul tanpa ...
Pintu Langit Terbuka Doa Termakbul Jangan Lepaskan Peluang Untuk Minta Segala Hajat Kita Di Malam Nisfu Syaban

Pintu Langit Terbuka Doa Termakbul Jangan Lepaskan Peluang Untuk Minta Segala Hajat Kita Di Malam Nisfu Syaban

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 63 hits
Pada 8 April bersamaan 14 syaban malam di mana yang di panggil Nisfu Syaban Luangkan masa kita bersama keluarga dengan menghayati malam nisfu syaban ini agar seluruh umatNya dihindari virus yang menular Nisfu syaaban bermaksud separuh darip...
Doa Agar Panjang Umur Selama Bulan Rajab Dan Sya Ban

Doa Agar Panjang Umur Selama Bulan Rajab Dan Sya Ban

papar berkaitan - pada 3/4/2020 - jumlah : 85 hits
Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang mulia diantara 4 bulan yang lain Ketika masuk Bulan Rajab umat Islam dianjurkan untuk memohon keberkahan hidup kepada Allah SWT Mereka dianjurkan untuk memohon panjang umur selama bulan Rajab agar da...
Tun M Arah Saya Kurangkan Keyakinan Rakyat Terhadap Dap

Berapa Kali Perlu Mandi Sehari Untuk Kulit Kekal Sihat Ikuti Penjelasan Ini

Tular Rakaman Terbaru Insiden George Floyd Dakwa Tiga Pegawai Polis Tindih Lelaki Itu

Dr Mahathir Meroyan Selepas Di Pecat Ppbm Arahkan Orang Luar Ppbm Pecat Suk

Hiburan Belanja Isteri Dan Keluarga Sedekah Paling Besar Nilainya Ustaz Ebit Lew Hadiahkan Audi R8 Untuk Isteri

Gurita Dumbo Unik Hidup 23000 Kaki Di Dasar Laut Paling Dalam Berjaya Dirakam

Bila Sami Pun Kena Saman

Acid Reflux Diet Nhs Pdf



Info Dan Sinopsis Filem Town Mall Adaptasi Novel

Biodata Instafamous Coki Danish Daniel Bintang TikTok Yang Viral

Kisah Kuda Trojan Mungkin Sekadar Hoax Era Tamadun Yunani

6 Selebriti Wanita Ini Berkahwin Dengan Jejaka Muda Jurang Usia Sehingga 26 Tahun

5 Motor Lejen Kegemaran Anak Muda Satu Masa Dulu


Namecard Flyers Sticker Murah

Penelitian Tahajjud Perkuat Sistem Imunitas Tubuh

Ingin Tampil Gaya Di Hari Lebaran Nasib Tragis Anak Kecil Yang Dipakaikan Cincin Orang Tuanya

Lagenda Nang Nak

Covid 19 M Sia Hopes To Break Infection Chain Not Long From Now Health Dg

Pengunjung Dilarang Menjerit Amp Perlu Sentiasa Tutup Mulut Bila Naik Rollercoaster