Begini Doa Malam Nisfu Sya Ban Perbanyak 3 Amalan Sunnah Ini Untuk Mendapatkan Ampunan


Malam Nisfu Syakban tingkatkan amalan memohon pengampunan kepada Allah SWT.
Setidaknya ada tiga amalan yang baik dilakukan pada malam Nisfu Syaban.
Tiga amalan ini disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.
Antara lain, memperbanyak berdoa, membaca dua kalimat syahadat dan zikir.
Malam Nisfu Syaban 1441 H jatuh pada hari Rabu malam (8/4/2020) atau malam Kamis.
Malam Nisfu Syaban memiliki keistimewaan. Karena itu umat Islam dianjurkan banyak beribadah untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.
Berikut ini tiga amalan yang disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.
1. Memperbanyak Doa
Anjuran ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,
ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi)
Berikut ini doa malam Nisfu Syaban dalam Bahasa Arab lengkap artinya:
اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ ALLAAHUMMA YAA DZAL MANNI WALAA YUMANNU ALAIKA YAA DZAL JALAALI WAL IKRAAM, YAA DZATH THAULI WAL IN AAM, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, DHAHRUL LAAJIIN, WA JAARUL MUSTAJIIRIIN, WA AMAANUL KHAA IFIIN, ALLAAHUMMA IN KUNTA KATABTA NII INDAKA FII UMMIL KITAABI SYAQIYYAN AW MAHRUUMAN AW MATHRUUDAN AW MUQTARRAN ALAYYA FIR RIZQI, FAMHULLAA HUMMA BI FADLLIKA SYAQAAWATII WA HIRMAANII WA THARDII WAQ TITAARI RIZQII WA ATS-BITNII INDAKA FII UMMIL KITAABI SAIIDAN MARZUUQAN MUWAFFAQALLIL KHAIRAAT.
FA INNAKA QULTA WA QAULUKAL HAQQU FII KITAABIKAL MUNAZZALI ALAA NABIYYIKAL MURSALI, YAMHUL LAAHUMAA YASYAA U WA YUTSBITU WA INDAHUU UMMUL KITAAB. ILAAHII BITTAJALLIL AADHAMI FII LAILATIN NISHFI MIN SYAHRI SYABAANIL MUKARRAMIL LATII YUFRAQU FIIHAA KULLU AMRIN HAKIIM WA YUBRAM, ISHRIF ANNII MINAL BALAA I MAA ALAMU WA MAA LAA ALAM WA ANTA ALLAAMUL GHUYUUBI BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIIN.
Artinya:
“Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan.
Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan.
Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisimu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan.
Sungguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakiNya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.
Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui.
Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan solawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau. Amin”
2. Membaca Dua Kalimat Syahadat Sebanyak-banyaknya
Dua kalimat syahadat termasuk kalimat mulia. Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun terlebih lagi pada malam nisfu Sya’ban. Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan,
‎وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة “لا إله إلا الله محمد رسول الله”
Artinya,
“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”
3. Memperbanyak Istighfar atau Berzikir
Tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Itulah manusia. Kesehariannya bergelimang dosa.
Namun kendati manusia berdosa, Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun.
Karenanya, meminta ampunan (istighfar) sangat dianjurkan terlebih lagi di malam nisfu Sya’ban. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan
‎الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم Artinya, “Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits..
Bacaan Dzikir:
Astaghfirulloh al Adzim ( 100x ) Tahmid & Takbir. ( 100 x) Sholawat Nabi. ( 100x ) Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/begini-doa-malam-nisfu-syaban-perbanyak-3-amalan-sunnah-ini-untuk-mendapatkan-ampunan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Selain Puasa Ini 3 Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Malam Nisfu Sya Ban

Selain Puasa Ini 3 Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Malam Nisfu Sya Ban

papar berkaitan - pada 6/4/2020 - jumlah : 160 hits
Ada amalan lain yang bisa dilakukan selain berpuasa adalah membaca doa Jangan ragu untuk banyak membaca doa pada malam Nisfu Sya ban karena telah dijelaskan bahwa Allah SWT akan menjawab setiap doa umatnya pada malam malam tersebut
Tata Cara Dan Doa Sholat Taubat Di Malam Nisfu Sya Ban 8 April 2020 Malam Pengampunan Dosa

Tata Cara Dan Doa Sholat Taubat Di Malam Nisfu Sya Ban 8 April 2020 Malam Pengampunan Dosa

papar berkaitan - pada 9/4/2020 - jumlah : 234 hits
Berikut tata cara dan doa salat Taubat di malam nisfu sya ban 8 April 2020 malam penganpunan dosa Salat taubat adalah salah satu salat sunnah untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa Sholat taubat menjadi amalan nisfu sya ban y...
Doa Malam Nisfu Sya Ban Dan Anjuran Membaca Surah Yasin

Doa Malam Nisfu Sya Ban Dan Anjuran Membaca Surah Yasin

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 446 hits
Salah satu malam yang paling dinanti dan diagungkan oleh umat Islam adalah Malam Nisfu Sya ban Waktu ini juga disebut dengan Lailatul Baro ah artinya malam pengampunan dosa malam berdoa dan malam pembebasan saat semua buku amal ibadah manus...
Malam Nisfu Sya Ban Yuk Baca Surah Yasin 3 Kali Dan Raih Keutamaannya

Malam Nisfu Sya Ban Yuk Baca Surah Yasin 3 Kali Dan Raih Keutamaannya

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 195 hits
Umat Islam dianjurkan membaca Surah Yasin tiga kali pada malam Nisfu Sya ban yang jatuh pada Rabu malam Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam Ustadz Ainul Yaqin mengatakan amalan ini mengundang berkah yang berlimpah dari Allah SWT...
Amalan Rasulullah Di Bulan Sya Ban Puasa Sholat Malam Hingga I Tikaf

Amalan Rasulullah Di Bulan Sya Ban Puasa Sholat Malam Hingga I Tikaf

papar berkaitan - pada 29/3/2020 - jumlah : 236 hits
Sya ban merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu tunggu oleh umat Islam selain bulan Rajab Ramadhan dan Syawal Sebab bulan tersebut penuh ampunan Tak heran jika Muslim dan Muslimat meningkatkan ibadah mereka pada waktu tersebut Nabi ...
Malam Nisfu Syaban Kelebihan Doa Amalan Yang Digalakkan

Malam Nisfu Syaban Kelebihan Doa Amalan Yang Digalakkan

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 357 hits
Malam Nisfu Sya ban adalah merupakan antara malam yang mempunyai kelebihan dan keistimewaan Ini kerana padanya terdapat keampunan dan penerimaan doa daripada Allah bagi yang memohon
Doa Agar Panjang Umur Selama Bulan Rajab Dan Sya Ban

Doa Agar Panjang Umur Selama Bulan Rajab Dan Sya Ban

papar berkaitan - pada 3/4/2020 - jumlah : 257 hits
Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang mulia diantara 4 bulan yang lain Ketika masuk Bulan Rajab umat Islam dianjurkan untuk memohon keberkahan hidup kepada Allah SWT Mereka dianjurkan untuk memohon panjang umur selama bulan Rajab agar da...
Malam Nisfu Syaaban Allah Mendengar Doa Kita Tanpa Hijab

Malam Nisfu Syaaban Allah Mendengar Doa Kita Tanpa Hijab

papar berkaitan - pada 8/4/2020 - jumlah : 536 hits
Malam Nisfu Syaaban Allah Mendengar Doa Kita Tanpa Hijab Alangkah beruntungnya jika kita tergolong dalam golongan hambaNya yang terpilih terbuka pintu hati untuk memanfaatkan malam nisfu syaaban ini Malam di mana segala doa termakbul tanpa ...
Nasi Briyani Kukus Padu Sedap Uii Percuma Ayam Briyani Untuk Ibu Mengandung Patutla Ramai Beratur Beli

Nak Rasa Cromboloni Sedap Boleh Ke Flour Crown Jitra

Aku Ceraikan Isteri Ikut Kehendak Dia Sebab Dia Tak Pandai Buat Air Ikut Tekak Keturunan Kami

Nostalgia Bedak Sejuk

Buah Ciku 10 Khasiat Pelbagai Jenis Penyakit

Adik Ipar Nak Tumpang Rumah Kemudian Datang Lagi Sorang Akhirnya Kami Laki Bini Dah Kurus Kering

Kempen Pn Dijangka Menggila Selepas Usaha Serang Kerajaan Tak Berhasil

Stop The Drip Stay Warm A Guide To Oil Tank Replacement Services



5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard


Calon Bersatu Prk Kkb Tidak Dapat Sokongan Parti Pas

Unveiling The Efficiency Of Delta 8 Gummies An Extensive Guideline

Sayur Kucai Dan Taugeh Untuk Makan Tengah Hari

Adira Suhaimi Kasih Chord

Bila Duit Nak Masuk

Dumbing Down Our Education System Via Politicians And Theocrats