Daftar Keistimewaan Bulan Rajab 1440 H Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Khalid Basalamah Jelaskan Ini


Daftar Keistimewaan Bulan Rajab 1440 H, Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Khalid Basalamah Jelaskan Ini
Sebentar lagi umat Islam bakal memasuki bulan Rajab 1440 H, tepatnya pada Jumat (8/3/2019).
Dalam kalender Hijriyah (kalender Islami), bulan Rajab ini termasuk satu dari empat bulan mulia.
Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah video ceramahnya, tak ada ketentuan khusus disebutkan dalam Alquran atau hadis Nabi Muhammad tentang amalan di bulan Rajab ini.
“Hadis Rasulullah tentang keutamaan bulan Rajab sahih, tetapi tak ada disebutkan tentang amalan khususnya. Cuma disebutkan secara umum yaitu berpuasalah di bulan-bulan haram. Haram di sini berarti mulia, berasal dari kata Bahasa Arab, yaitu hurum, berarti kehormatan, mulia. Jadi bulan-bulan haram itu artinya adalah bulan-bulan mulia,” jelasnya.
Bulan haram dalan Islam ada empat, yaitu Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.
“Sesuai hadis tersebut, disebutkan anjuran agar kita berpuasa di bulan-bulan ini. Jadi, khusus Rajab tak ada dijelaskan apa saja amalan khususnya karena di hadis ini penjelasannya secara umum tak mengkhususkan ke Rajab,” tambahnya.
Selama Rajab, selain berpuasa, kita bisa menghiasinya dengan amalan-amalan baik lainnya jika mau. Misalnya, berzikir, membaca Alquran, bersedekah dan sebagainya.

Selain itu, ada lagi keistimewaan lainnya dari Rajab menurut Ustadz Khalid Basalamah.
Di sebuah video ceramahnya, dia menjelaskan tentang tafsir Surah Attaubah ayat 36 yang menjelaskan tentang larangan Allah berbuat maksiat di bulan-bulan haram ini.
“Artinya, itulah ajaran agama yang lurus, janganlah kalian menzalimi diri kalian di bulan-bulan mulia ini,” ujarnya menyitir terjemahan ayat tersebut.
Imam Qurtubi dalam sebuah tafsirnya tentang ayat ini menjelaskan bahwa siapa pun yang berbuat maksiat atau menzalimi dirinya di empat bulan mulia ini akan mendapatkan dosa yang berlipat ganda.
Demikian pula jika kita berbuat baik, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda pula.
“Dan ini disepakati pula oleh ulama-ulama tafsir lainnya,” tambahnya.
Di antara empat bulan istimewa ini hanya Zulhijjah dan Muharram yang ada amalan khususnya, yaitu di Zulhijjah ada puasa Arafah tanggal sembilan, tanggal sepuluhnya ada Hari Raya Iduladha dan tanggal 11,12 dan 13-nya ada hari Tasyrik.
Kemudian di Muharram ada puasa Tasua dan Asyura pada tanggal sembilan dan sepuluhnya. Nah, kalau bulan Rajab tak ada ini, hanya disuruh banyak-banyak berbuat baik dan ganjarannya akan dilipatgandakan,” jelasnya

Amalan Bulan Rajab
Jelang bulan Rajab 1440 H, simak 6 amalan baik di Bulan Haram, mulai dari puasa hingga beristigfar.
Bulan Rajab 1440 H akan jatuh pada 8 Maret 2019 yang artinya sebentar lagi kita akan memasuki bulan ke-7 dalam kalender Hijriyah.
Bulan Rajab dikategorikan sebagai bulan haram (bulan mulia) selain bulan ramadhan bersama Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram.
Karena kemuliannya itu pula, umat muslim seyogyanya memperbanyak amalan-amalan di bulan ini.
Melansir artikel Tribun Jogja dengan judul Enam Amalan Mulia di Bulan Rajab berikut ibadah yang bisa dilakukan :
1. Memperbanyak Sayyidul Istighfar
Umat muslim dianjurkan untuk banyak memohon ampun atas dosa-dosanya di bulan Rajab.
Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca sayyidul istighfar saat pagi dan sore.
Barang siapa yang membaca ini dan meninggal, maka ia masuk surga. Adapun bacaan sayyidul istighfar adalah:
اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”
2. Berpuasa
Beberapa berpendapat bahwa hadits yang meriwayatkan puasa di bulan Rajab adalah dhaif, sehingga bila dilakukan adalah bid’ah.
Namun ada pula yang berpendapat bahwa puasa Rajab hukumnya sunah, bila dilaksanakan di waktu-waktu yang tidak dilarang.
Seperti TribunJogja.com kutip dari Tebu Ireng Online, ada beberapa riwayat yang menerangkan keutamaan puasa Rajab.
Puasa tanggal 1 Rajab sama dengan menghapus dosa 3 tahun. Puasa tanggal 2 sama dengan menghapus dosa 2 tahun. Puasa tanggal 3 sama dengan menghapus dosa 1 tahun. Adapun niat puasa Rajab adalah sebagai berikut:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta’alaa.
3. Memperbanyak Doa
Saat memasuki bulan Rajab, Rasulullah SAW membaca doa ini:
اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ وَاَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ
Allohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’banaa wa ballighnaa romadhonaa
Artinya:
“Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon.”
4. Membaca Istighfar Rajab
Banyak di antara kita mungkin masih sedikit asing dengan bacaan Istighfar Rajab.
Namun bila membaca setidaknya dua atau empat kali Istighfar Rajab di dalam hidupnya, niscaya Allah akan mengampuni dosanya, meskipun ditetapkan akan masuk neraka.
5. Bacaan Terakhir Bulan Rajab
Di hari Jumat terakhir bulan Rajab saat khotib salat jumat duduk di antara dua khutbah, maka seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa ini sebanyak 35 kali:
اَحْمَدُ رَسُوْلُ اللّٰهِ ، مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللّٰهِ × ٣٥ Bila membaca doa tersebut, insyaallah sakunya tidak akan sepi dari uang, asalkan diiringi dengan usaha yang sungguh-sungguh.
Istighosah di Irhami Centre Dihadiri Ribuan Jamaah. (banjarmasinpost.co.id/herliansyah)
6. Doa Pagi dan Sore
Setelah salat Subuh dan Maghrib, hendaknya seorang muslim membaca doa ini sebanyak 70 kali sambil mengangkat tangan, agar terhindar dari api neraka.
ربِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ Itulah amalan-amalan baik di bulan Rajab untuk menambah pundi-pundi pahala kita.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/daftar-keistimewaan-bulan-rajab-1440-h-ustadz-abdul-somad-dan-ustadz-khalid-basalamah-jelaskan-ini/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Analisis Ustadz Abdul Somad Amerika Akan Punah Angka Kematian Tertinggi Adalah Amerika

Analisis Ustadz Abdul Somad Amerika Akan Punah Angka Kematian Tertinggi Adalah Amerika

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 228 hits
Amerika akan punah dengan sendirinya Hal ini disebabkan salah satunya karena angka bunuh diri di Amerika paling tinggi Di sana orang stres sedikit bunuh diri Tentara yang pulang dari tugas bunuh diri Mereka stres tak bisa mengalahkan kaum m...
Suami Yang Tak Punya Rasa Cemburu Ibarat Babi Ustadz Abdul Somad

Suami Yang Tak Punya Rasa Cemburu Ibarat Babi Ustadz Abdul Somad

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 425 hits
Video kajian Islam kali ini membahas tentang suami yang tak punya rasa cemburu Ustadz Abdul Somad mengibaratkan naluri suami yang normal itu ibarat ayam Ketika ada yang mendekati ayam betinanya maka ia akan melakukan perlawanan hingga salah...
Pelaku Lgbt Adalah Penggemar Lubang Kotoran Ustadz Abdul Somad

Pelaku Lgbt Adalah Penggemar Lubang Kotoran Ustadz Abdul Somad

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 228 hits
Ceramah ustadz Abdul Somad tentang LGBT memang cukup banyak Satu kajian di bawah ini menunjukkan bahwa kepedulian Ustadz Somad kepada umat sangat tinggi Demi mencegah menjamurnya virus LGBT Ustadz Somad sampai menggunakan bahasa yang begitu...
Fakta Bedanya Orang Jerman Dengan Orang Indonesia Ustadz Abdul Somad

Fakta Bedanya Orang Jerman Dengan Orang Indonesia Ustadz Abdul Somad

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 208 hits
Video kajian Islam kali ini membahas tentang fakta orang Jerman dan orang Indonesia Orang Jerman mayoritas enggan melahirkan Bahkan sampai pemerintahnya membuat kebijakan yang mendukung mereka memiliki anak Setiap anak yang lahir akan disek...
Mendebat Lgbt Yang Katanya Takdir Dari Allah Ustadz Abdul Somad

Mendebat Lgbt Yang Katanya Takdir Dari Allah Ustadz Abdul Somad

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 234 hits
Video kajian Islam kali ini membahas tentang klaim LGBT yang mengaku itu takdir dari Allah Padahal sejatinya LGBT itu penyakit yang menular Semakin lama bergaul dengan orang semacam itu maka lama lama tertular Oleh karena itu salah jika mer...
Bulan Rajab 1440 H Mulai Pada Jumat 8 Maret 2019 Ini 6 Amalan Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Bulan Rajab 1440 H Mulai Pada Jumat 8 Maret 2019 Ini 6 Amalan Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

papar berkaitan - pada 4/3/2019 - jumlah : 632 hits
Jelang bulan Rajab 1440 H simak 6 amalan baik di Bulan Haram mulai dari puasa hingga beristigfar Bulan Rajab 1440 H akan jatuh pada 8 Maret 2019 yang artinya sebentar lagi kita akan memasuki bulan ke 7 dalam kalender Hijriyah Bulan Rajab di...
Kalau Masuk Islam Dosanya Jadi Nol Ustadz Abdul Somad

Kalau Masuk Islam Dosanya Jadi Nol Ustadz Abdul Somad

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 231 hits
Video kajian Islam kali ini membahas tentang seorang yang hendak masuk Islam Tak sedikit muallaf yang mendapatkan ujian amat berat Begitulah nikmatnya hidayah Allah memberikan ia ujian berat untuk menguji seberapa besar kemauannya untuk hij...
Ceramah Ngakak Kejadian Lucu Saat B4nci Diruqyah Ustadz Abdul Somad

Ceramah Ngakak Kejadian Lucu Saat B4nci Diruqyah Ustadz Abdul Somad

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 249 hits
Ustadz Abdul Somad bercerita bahwa ada kejadian lucu saat ruqyah banci Ternyata salah satu penyebab orang menjadi banci adalah jin Ketika jin sudah menggoda manusia memang tidak tanggung tanggung Kejadian lucu dan bikin ngakak ini diceritak...
1 Rajab 1440 H Ini Hukum Puasa Rajab Doa Dan Niat Puasa Di Bulan Rajab

1 Rajab 1440 H Ini Hukum Puasa Rajab Doa Dan Niat Puasa Di Bulan Rajab

papar berkaitan - pada 7/3/2019 - jumlah : 351 hits
Jumat 8 Maret 2019 masuk awal bulan Rajab atau 1 Rajab 1440 Hijriyah Memasuki 1 Rajab bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT tidak ada anjuran amalan khusus yang harus dikerjakan Menurut Buya Yahya dilansir Al Bahjah TV yang diunggah 11 Maret...
Irma Hasmie Enggan Komen Status Perkahwinan Apa Yang Penting Allah Jaga Hati Fikiran Kami

Salah Besar Kalau Kembali Kepada Quran Dan Sunnah Saja Tambah Ulil Amri

Panduan Dan Cara Atasi Sembelit Bagi Dewasa Kanak Kanak Dan Selepas Bersalin

Cheah Liek Hou

Adapting To Consumer Behavior

Mcmc S Police Report Against Writer Murray Hunter Is High Handed And Has A Chilling Effect On Freedom Of Speech

Keluarga Berang Terima Kiriman Jenazah Individu Lain

Kenyataan Wan Rosdy Bakar Semangat Penyokong Pakatan Harapan Di Prk Dun Kuala Kubu Bharu



5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Racun Rihanna Slot Samarinda TV3


Family Camping Journey Kami Repeat Lagi Camping 3h2m Di Dusun Pak Abu Campsite

Papagomo Ditahan Aibkan Agong

Tergamak Petik Al Quran Kaki Fitnah Dipanggil Pejuang Rakyat

Normani S Legs And Feet In Tights 5

Jadwal Puasa Sunnah Mei 2024

Wanita Maut Ditikam 30 Kali Di Sepanyol