Cara Mendaftarkan Hak Merek Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah


Cara Mendaftarkan Hak Merek – Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis, mendaftarkan Hak Merek atau Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Sebab, merek merupakan aset paling dasar dari sebuah bisnis atau bisnis.
Apalagi jika bisnis yang Anda jalankan bergerak di bidang kreatif, maka hak merek lebih mendesak atau mendesak untuk diurus. Dengan kepemilikan HAKI ini maka bisnis yang Anda jalankan memang akan terhindar dari penyalahgunaan merek oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab lainnya. Tapi bagaimana caranya mendaftar HAKI untuk UMKM ini? Berikut penjelasannya.
Cara Mendaftarkan Hak Merek Langkah awal pendaftaran HAKI atau hak merek bagi UMKM berdasarkan informasi dari situs resmi umkmindonesia.id adalah dengan mengajukan permohonan ke instansi terkait. Instansi terkait dalam hal ini adalah Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, SKDP Provinsi yang membidangi KUMKM atau SKDP Kabupaten / Kota yang membidangi KUMKM.
Blogger Borneo sendiri sudah melakukan proses pendaftaran merek untuk salah satu UMKM dari Kabupaten Sanggau yang bergerak dibidang usaha distributor daging beku dan produsen bakso frozen halal pertama di Kalimantan Barat yaitu Borneofood Indotama.
Lengkapi Dokumen Persyaratan Saat mengajukan atau mendaftarkan HKI, pastikan Anda juga telah membawa dokumen yang dipersyaratkan. Beberapa file atau dokumen yang diperlukan untuk mendaftar IPR antara lain:
Formulir pendaftaran Surat pernyataan tentang kepemilikan merek yang telah disadap dan distempel Fotokopi NPWP dan KTP Nama dan label merek Tandai etiket atau tandai contoh dalam aplikasi merek dagang Sertifikat pendaftaran UMKM dari Kementerian Koperasi dan UKM. Nanti file dan dokumen yang Anda bawa akan langsung dicek. Jika nantinya persyaratan dinyatakan lengkap, permohonan juga akan diajukan ke Direktorat Jenderal HKI untuk pendaftaran hak merek.
Dalam Pasal 2 ayat (3) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, dijelaskan bahwa merek yang dilindungi terdiri atas tanda berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk dua dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari dua atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.
Proses registrasi ini juga akan melibatkan langsung Direktorat Jenderal HKI Kementerian Hukum dan HAM. Namun jika persyaratan dirasa belum terpenuhi, maka pelaku UMKM wajib mengoreksi permohonannya.
Registrasi online Untuk mengajukan pendaftaran merek tersebut saat ini Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) telah membuka layanan online. Untuk melakukan pendaftaran HKI secara online, Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi Brand atau Portal DJKI di Play Store atau AppStore.
Setelah itu Anda bisa memesan nomor pembayaran atau kode billing dari simpaki.dgip.go.id dan langsung mengisi kolom yang tersedia. Setelah itu Anda harus melakukan pembayaran dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.
Selanjutnya, masuk ke aplikasi Merek Dagang atau Portal DGIP untuk memasukkan data pada aplikasi merek dagang. Setelah semua data dimasukkan, kirimkan data lamaran online. Nanti data kiriman Anda akan di print oleh petugas. Anda dapat mencetak data yang diberikan atau diserahkan sendiri. Selanjutnya tinggal menunggu proses dan arahan dari petugas.

Biaya pendaftaran HAKI Tarif atau biaya pendaftaran hak merek ini bervariasi tergantung pada jenis atau kategori usaha yang dijalankan, apakah itu UMKM atau umum. Besaran tarif yang ada sendiri sudah diatur dalam PP No 28 Tahun 2019.
Berdasarkan PP ini terlihat bahwa besaran biaya pendaftaran hak merek bagi UMKM sekitar Rp. 500.000 jika dilakukan secara online dan Rp. 600.000 jika dilakukan secara manual atau offline. Sedangkan untuk masyarakat umum, pendaftaran HKI ditetapkan sebesar Rp. 1,8 juta online dan Rp. 2 juta secara manual atau offline.
Catatan:
Untuk mendapatkan fasilitas biaya pendaftaran merek murah untuk UMKM maka harus dilampirkan Surat Keterangan UMKM yang dikeluarkan oleh dinas yang berkaitan dengan UMKM dan Surat Pernyataan UMKM yang dibuat sendiri oleh pemilik usaha (tanda tangan diatas materai). Pembaruan Hak Merek Dagang Perlu juga dicatat bahwa hak merek dagang atau hak kekayaan intelektual ini memiliki jangka waktu 10 tahun. Sehingga ketika melewati masa tersebut Anda harus memperpanjangnya dengan biaya Rp1 juta jika dilakukan secara online dan Rp1,2 juta offline untuk UMKM. Untuk bisnis pada umumnya, biaya pembaruan merek ini adalah Rp. 2,25 juta online dan Rp. 2,5 juta secara manual atau offline. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/cara-mendaftarkan-hak-merek-untuk-umkm/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pm Usaha Pulihkan Felda Penting Untuk Kembalikan Hak Peneroka

Pm Usaha Pulihkan Felda Penting Untuk Kembalikan Hak Peneroka

papar berkaitan - pada 14/12/2020 - jumlah : 228 hits
Kerajaan Perikatan Nasional menyifatkan usaha memulihkan kembali Felda sebagai langkah penting dalam mengembalikan semula hak lebih dua juta peneroka agensi itu Perdana Menteri Muhyiddin Yassin berkata apabila kerajaan PN mengambil alih tam...
Habislah Rosak Kulit Si Kecil Ni Jangan Takut Guna Cara Ini Untuk Lindungi Mereka

Habislah Rosak Kulit Si Kecil Ni Jangan Takut Guna Cara Ini Untuk Lindungi Mereka

papar berkaitan - pada 20/12/2020 - jumlah : 261 hits
Sebagai ibu bapa kita sangat mengambil berat dan memastikan anak anak kita sentiasa dalam keadaan yang baik Ini termasuklah memastikan kulit anak kita bersih sihat dan selesa untuk mereka Tetapi ada perkara yang membimbangkan kita ketika an...
Kawal Keamanan Siber Usaha Kecil Bssn Lindungi Ukm Lewat Paman Kami

Kawal Keamanan Siber Usaha Kecil Bssn Lindungi Ukm Lewat Paman Kami

papar berkaitan - pada 15/12/2020 - jumlah : 141 hits
Usaha Kecil dan Menengah merupakan pilar ekonomi nasional yang sangat penting dan akan menjadi tumpuan masa depan ekonomi Indonesia
Mendidik Anak Kecil Dengan Nilai Kasih Sayang Cara Rasulullah S A W

Mendidik Anak Kecil Dengan Nilai Kasih Sayang Cara Rasulullah S A W

papar berkaitan - pada 17/12/2020 - jumlah : 340 hits
Melayari bahtera perkahwinan melibatkan penyatuan 2 insan yang berbeza untuk Penting dari awal sekali pembinaan rumah tangga supaya suami dan isteri tahu tugas dan peranan masing masing dalam memastikan rumahtangga yang dibina penuh ceria d...
Kejagung Polri Bentuk Tim Kecil Usut Korupsi Asabri Begini Cara Kerjanya

Kejagung Polri Bentuk Tim Kecil Usut Korupsi Asabri Begini Cara Kerjanya

papar berkaitan - pada 31/12/2020 - jumlah : 235 hits
Ali mengatakan tim kecil yang sudah dibentuk untuk saat ini masih menunggu materi hasil penyidikan atas dugaan korupsi asuransi pelat merah tersebut
Mengenal Buyer S Remorse Yang Sering Muncul Habis Belanja Ada Tips Khusus Dan Cara Menghindarinya

Mengenal Buyer S Remorse Yang Sering Muncul Habis Belanja Ada Tips Khusus Dan Cara Menghindarinya

papar berkaitan - pada 14/12/2020 - jumlah : 249 hits
Terlebih lagi sewaktu Harbolnas kemarin siapa aja nih yang banyak menyesal setelah kalap belanja
Cara Simpan Taugeh Dalam Peti Sejuk Agar Tahan Lama Dan Kekal Segar

Cara Simpan Taugeh Dalam Peti Sejuk Agar Tahan Lama Dan Kekal Segar

papar berkaitan - pada 14/12/2020 - jumlah : 1064 hits
Assalamualaikum Good Afternoon Cara simpan sayur taugeh agar tahan lama dan masih segar Anak anak dan suami Fiza cukup suka makan sayur taugeh sampaikan masak mee goreng pun masukkan juga sayur taugeh Pendek kata tak sah kalau tak membeli t...
Cara Manfaatkan Premium Starter Kit Young Living Untuk Kegunaan Keluarga

Cara Manfaatkan Premium Starter Kit Young Living Untuk Kegunaan Keluarga

papar berkaitan - pada 14/12/2020 - jumlah : 1255 hits
Assalamualaikum Dah lama sangat Nora tidak bersiaran Sibuk dengan urusan harian sampai tiada masa untuk jengah blog sendiri apatah lagi blog kawan kawan Hari ni saja Nora nak share tentang Essential Oil dari Young Living Bagi Nora masih ram...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

Wordless Wenesday 115 Diy Baju Kurung Lama

Kelam Kabut Semua Buat Sendiri Daler Yusof Kongsi Pengalaman Urus Isteri Pertama Kali Berpantang Di Malaysia



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Bulan Yang Sibuk

Repair Kereta Terus Ke Rumah Anda Untuk Penduduk Di Sekitar Kuantan

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Apakah Semua Musik Itu Haram

Motivating Remote Teams

Mengenali Ciri Individu Toksik Tempat Kerja Toksik