Cara Mencegah Akun Whatsapp Dibajak Oleh Orang Lain



Cara Mencegah Akun Whatsapp Dibajak Oleh Orang Lain - WhatsApp adalah salah satu instant messenger yang pertumbuhannya paling cepat dibandingkan yang lain, bahkan sebenarnya termasuk yang tertinggi dibandingin media sosial yang lain.
Karena jumlah penggunanya pun meningkat hingga menembus angka 1,5 miliar per Februari 2018 menurut Mark Zuckerberg, kamu harus berhati-hati dengan masalah keamanan yang bakal menghantui.
Tentu pihak WhatsApp sudah menyediakan beberapa fitur kemanan secara default, seperti enkripsi end-to-end, yaitu ketika pesan yang dikirim akan dienkripsi dan hanya bisa dibaca oleh si penerima. Tapi selain itu, kamu juga perlu mengetahui cara mencegah akun WhatsApp dibajak.
Walaupun kamu udah berhati-hati untuk tidak membagikan nomor hape atau email sembarangan, tapi kamu juga perlu untuk mengantisipasinya supaya kamu nggak perlu khawatir lagi.


Cara Mencegah Akun Whatsapp Dibajak
1. Selalu Cek Enkripsi jika sedang Membahas Hal-Hal Sensitif, Penting Atau Rahasia.
Walaupun WhatsApp sudah menggunakan enkripsi end-to-end secara default, tapi ada kalanya kamu harus selalu melakukan pengecekan ulang. Ini adalah kebiasaan yang baik kalo kamu mau berbagi informasi yang sensitif dan penting seperti nomor kartu kredit.
Untuk mengecek enkripsi ini, mulai percakapan seperti biasa dengan seseorang. Di chat window, tap nama temanmu, lalu pilih "Encryption".
2. Nyalakan Notifikasi KeamananKetika ada laptop atau hape baru yang mengakses suatu chat, kode keamanan baru akan tercipta antara dua hape. Nah, WhatsApp bisa mengirim notifikasi kalo kode keamanan itu berubah.
Untuk mengaktifkan notifikasi ini, pergi ke WhatsApp > Setting > Account > Security > Show Security Notifications, lalu nyalakan fiturnya.
3. Nyalakan Two-Step VerificationKalo hapemu sudah support, sebaiknya kamu menggunakan two factor authentication (2FA). Ini akan membuat WhatsApp ngirim password secara periodik ke kamu, dan kamu memastikan data kamu nggak diakses oleh orang lain.
Untuk menggunakan 2FA, masuk ke Menu > Setting > Account > Two-Step Verification > Enable. Ikuti langkah ini untuk menghasilkan 6 digit kode yang sebaiknya gampang kamu ingat. Jangan lupa tambahkan email kamu, jaga-jaga kalo kamu lupa. 
Pengecekan secara periodik ini siatnya acak, jadi beda dengan password untuk nge-lock chat kamu. Tapi sebenarnya tujuan dari 2FA adalah untuk menghentikan seseorang mengakses akun WA kamu tanpa sepengetahuan kamu.
4. Kamu Tidak Bisa Melindungi Aplikasi WhatsApp Dengan Kata Sandi. Karena itu Manfaatkan 2FA dan Smartphone Lock Dengan Maksimal.
Sayangnya, tidak ada cara untuk mengunci aplikasi WhatsApp dengan kata sandi. Bahkan pihak WhatsApp sendiri sudah merekomendasikan untuk menggunakan pengunci Third-Party untuk Wa.
Di iPhone, kamu tidak bisa melindungi WA kamu, karena apple memang tidak mengizinkannya, baiknya dengan passcode atau Touch ID. Karena itu, manfaatkan pin 2FA dan smartphone lock supaya tidak ada yang iseng membuka akun WA kamu.
5. Matikan Cloud Backup (Kalo Kamu Memang Lebih Peduli Dengan Keamanan)

Enkripsi end-to-end memang cukup aman, tapi ada sedikit celah, yaitu pada fitur back up chat WA ke Google Drive atau iCloud. Jadi, ketika kamu install ulang WA, kamu bisa mendapatkan chat lama kamu, tapi backup-nya tidak terenkripsi.
Untuk mematikan backup Cloud secara otomatis, lakukan beberapa cara berikut :
Untuk iPhone : Masuk ke WhatsApp > Setting > Chats > Chat Backup > Auto Backup > Off.Untuk Android : Masuk ke WhatsApp > Menu > Setting > Chats > Chat Backup > Backup to Google Drive > Never.
6. Hati-Hati Dengan Penipuan Berupa Kiriman Pesan Yang Memancingmu Untuk Mengklik Link Yang Ada
Namanya juga instant messenger, berarti kamu juga bakal mendapatkan scam di WhatsApp. Karena itu, kamu tidak boleh sampai tertipu supaya tidak terkena.
Salah satu penipuan yang paling sering adalah soal cara mendapatkan WhatsApp versi premium atau akun WA yang akan expired. Intinya, kamu diminta untuk membayar sejumlah uang supaya bisa tetap menggunakannya, padahal WhatsApp sudah dikonfirmasi akan gratis selamanya.
7. Lindungi Pprivasi Kamu di WhatsApp
WhatsApp bukan instant messenger yang paling bisa menjaga privasi, tapi setidaknya kamu bisa mengaturnya, masuk ke Setting > Account > Privacy untuk melakukan pengaturan.
Kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat "Last Seen", foto profil, "About", status, dan lokasi kamu secara live. Kamu juga bisa mematikan Read Receipts, jadi tanda centang biru juga tidak akan terlihat.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/2019/01/cara-mencegah-akun-whatsapp-dibajak.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+wendyandriyan/BeeB+(Blog+Wendy)

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
4 Cara Nak Balas Kebaikan Orang Lain

4 Cara Nak Balas Kebaikan Orang Lain

papar berkaitan - pada 10/1/2019 - jumlah : 606 hits
Pepatah Melayu mengatakan Orang memberi kita merasaOrang berbudi kita berbahasaPepatah ni selari dengan saranan Islam Iaitu membalas kebaikan yang orang pernah buat kat kita Tapi Kalau kita buat kebaikan kat orang janganlah harapkan balasan...
Cara Buat Duit Online Dengan Menjual Produk Orang Lain

Cara Buat Duit Online Dengan Menjual Produk Orang Lain

papar berkaitan - pada 4/1/2019 - jumlah : 467 hits
Masih ramai lagi yang tak tahu cara untuk buat duit secara online melalui platform media seperti blog instagram dan facebook Mungkin anda dah rancang untuk buat duit dengan berniaga secara online tapi masalah yang timbul apabila anda tak ta...
Saya Dihina Dan Diejek Oleh Banduan Lain Sehingga Jatuh Sakit Pemandu Teksi Aniaya Kucing Sampai Mati Dipenjara 2 Tahun

Saya Dihina Dan Diejek Oleh Banduan Lain Sehingga Jatuh Sakit Pemandu Teksi Aniaya Kucing Sampai Mati Dipenjara 2 Tahun

papar berkaitan - pada 17/1/2019 - jumlah : 282 hits
Pemandu teksi yang didakwa menganiaya seekor kucing betina yang bunting dengan memasukkannya ke dalam mesin pengering pakaian di kedai dobi layan diri September lalu dijatuhkan hukuman penjara dua tahun oleh Mahkamah Sesyen Selayang Hakim R...
Bidik Artis Lain Polisi Sita Akun Medsos Vanessa Angel Avriella Shaqqila

Bidik Artis Lain Polisi Sita Akun Medsos Vanessa Angel Avriella Shaqqila

papar berkaitan - pada 6/1/2019 - jumlah : 266 hits
Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur menyita akun media sosial milik dua artis Vanessa Angel dan Avriella Shaqqila yang terseret kasus prostitusi online di Surabaya Penyitaan dilakukan untuk mengungkap keterlibatan artis lain
Bagaimana Cara Membaca Mesej Whatsapp Yang Telah Dipadam

Bagaimana Cara Membaca Mesej Whatsapp Yang Telah Dipadam

papar berkaitan - pada 11/1/2019 - jumlah : 301 hits
Kita sering menyesal apabila memadam mesej WhatsApp sama ada secara sengaja atau tak sengaja sedangkan mesej itu cukup penting atau berguna untuk disimpan kerana pengguna diberi pilihan untuk memadam mesej tertentu dalam ruangan chat atau r...
Cara Claim Insuran Jika Dilanggar Oleh Kenderaan Buruk Atau Langgar Lari

Cara Claim Insuran Jika Dilanggar Oleh Kenderaan Buruk Atau Langgar Lari

papar berkaitan - pada 9/1/2019 - jumlah : 276 hits
Kalau kita cedera dilanggar dengan kenderaan yang takde insurans Pastu owner kenderaan tu pulak tak nak bayar Dia kata bukan salah dia Adoi dah la cedera Takkan kena keluar duit sendiri masuk hospital Tak adil la bukan salah kita Kat mana k...
Cara Menjadi Suami Dan Ayah Yang Baik Oleh Ebit Liew

Cara Menjadi Suami Dan Ayah Yang Baik Oleh Ebit Liew

papar berkaitan - pada 9/1/2019 - jumlah : 411 hits
Sebak di airport tadi jumpa beberapa orang dapat berkongsi nasihat Ada seorang abang ini baik sangat orangnya Beliau menangis tanya soalan bagaimana ingin menjadi suami dan ayah yang baik Beliau menangis bantu saya ustaz Saya ingin bawa ist...
Tabungan Terbaik Itu Adalah Memerlakukan Orang Lain Dengan Cara Terbaik

Tabungan Terbaik Itu Adalah Memerlakukan Orang Lain Dengan Cara Terbaik

papar berkaitan - pada 30/12/2018 - jumlah : 268 hits
Alkisah seorang anak laki laki bekerja sebagai pelayan di keluarga kaya Keluarga kaya itu memberinya tempat tinggal makanan dan uang setiap hari untuk minum teh atau makanan ringan Anak laki laki ini setelah menyelesaikan pekerjaan paginya ...
Kenali Dan Ketahui Cara Mencegah Batu Karang

Kenali Dan Ketahui Cara Mencegah Batu Karang

papar berkaitan - pada 10/1/2019 - jumlah : 640 hits
Kenali dan Ketahui Cara Mencegah Batu Karang Hypercalciuria adalah salah satu punca yang lain menyebabkan penghasilan batu karang Hypercalciuria bermaksud seseorang itu mempunyai kandungan kalsium yang banyak dalam air kencing Ia boleh dise...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Malayia S Forex Trading Landscape Opportunities And Challenges

Gsk Raya Open House Dan Minggu Imunisasi Sedunia

Tukar Kanta Mata Untuk Melihat Seni Politik Anwar

The Dab 1a A Limited Edition Electric Production Motorcycle From France

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk



Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023


Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

Ukraine Approaching Total Collapse

Police Probe Chaos Incident Outside Mosque In Penang

Budaya Pot Luck Jimat Kos Makanan Lebih Banyak Pilihan

Vivo Malaysia Memperkenalkan Inisiatif Eksklusif Untuk Pengguna Celcomdigi Di Malaysia

Meet Studio Your New Favorite Way To Develop Wordpress Locally