Cara Membuat Ram Single Channel Menjadi Dual Channel


Cara membuat RAM Single Channel menjadi Dual Channel pada komputer sebenarnya cukup mudah. Hanya saja mengingat harga RAM yang cukup mahal dan kurangnya slot pada motherboard untuk menambahkan RAM baru, membuat beberapa orang lebih memilih bertahan dengan Single channel.
Menggunakan RAM Dual Channel pada komputer sebenarnya tidak terlalu penting untuk orang yang tidak benar-benar membutuhkannya, karena dengan Single Channle pun komputer masih bisa dijalankan.

Hanya saja, sebagai perangkat keras yang ikut andil membantu memproses data agar sistem komputer dapat berjalan dengan cepat, lebih dari satu RAM sangat dibutuhkan, bahkan diwajibkan.

RAM atau biasa kita kenal sebagai Random Access Memory sendiri memiliki pengertian sebagai media penyimpanan sementara dari berbagai intruksi pada komputer. Dengan kata lain, apapun yang dikerjakan pada komputer seperti membuka program, akan langsung hilang atau tertutup pada saat komputer dimatikan.



Selain menjadi media penyimpanan, RAM juga berfungsi sebagai media pemrosesan data yang membantu kinerja processor agar mengoptimalkan penggunaan komputer atau laptop menjadi lebih cepat.
RAM sendiri bisa digunakan hanya satu keping saja (single channel). Akan tetapi seiring meningkatnya kebutuhan pengguna yang menginginkan kinerja lebih dari komputer, maka saat ini RAM bisa digunakan dengan dua keping (dual channel) atau bahkan empat keping RAM (Quad Channel).
Lalu sebenarnya apa itu single channel dan dual channel pada RAM? Mana yang lebih baik untuk digunakan? Berikut adalah ulasannya.
Pengertian RAM Single Channel dan Dual ChannelDari namanya saja sudah sudah bisa kita ketahui kalo Single Channel adalah satu keping RAM yang dipasangkan pada komputer. Jadi, komputer hanya mengandalkan satu memori dalam mendukung pemrosesan datanya.
Sedangkan Dual Channel adalah dua keping RAM yang dipasangkan dalam komputer, sehingga pemrosesan data pada komputer dilakukan oleh dua memory yang akan bekerja secara bersamaan.
Berdasarkan penggunaannya, RAM Dual Channel jauh lebih baik karena ada dua memori yang mendukung kinerja komputer dengan dua kali bandwidth memori. Sekalipun masing-masing RAM memiliki kapasitas yang kecil, masih lebih baik dibandingkan hanya menggunakan satu keping RAM dengan kapasitas yang besar.
Misalkan:


Komputer A menggunakan 1 keping RAM dengan kapasitas 4GB (4GB x 1)Komputer B menggunakan 2 keping RAM dengan kapasitas 4GB (2GB x 2).
Dalam hal ini tentunya komputer B jauh lebih bertenaga, terutama dalam menjalankan program-program berat atau menjalankan sesuatu secara bersamaan (multitasking).
Yah meskipun saat ini RAM 4GB sudah dirasa kurang mencukupi, tapi dengan bantuan Dual Channel ini membuatnya sedikit lebih optimal.
Dalam beberapa kasus, ada juga komputer yang bekerja sangat baik tanpa menggunakan Dual Channel.
Hal itu tergantung dari kebutuhan kita sebagai pengguna terhadap penggunaan komputer itu sendiri, serta dukungan perangkat lainnya seperti processor dan media penyimpanan seperti SSD juga dapat membuat RAM Dual Channel menjadi sangat powerfull kinerjanya.

Cara Mengubah RAM Single Channel Menjadi Dual ChannelPada dasarnya, untuk mengubah RAM single channel menjadi dual channel adalah cukup dengan menambahkan satu keping RAM lagi apabila sebelumnya kamu sudah menggunakan satu keping RAM.
Meskipun begitu jangan terburu-buru menambahkannya, ada beberapa hal berikut ini yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan dua keping RAM.
1. Pastikan Motherboard Support Dual Channel RAM
Syarat utama menggunakan RAM dual channel adalah dengan memastikan apakah motherboard yang digunakan oleh komputer atau laptop memiliki dua slot RAM. Jika memilikinya, maka kamu bisa menambahkannya. Jika tidak, maka satu-satunya cara adalah dengan menggantinya.
2. Perhatikan Jenis RAM Yang Digunakan


Karena ada banyak sekali jenis-jenis RAM yang berbeda, maka yang harus kamu perhatikan adalah menggunakan jenis RAM yang sama. Misalkan pada RAM satu kamu menggunakan DDR4, maka pada RAM kedua kamu harus menggunakan DDR4 juga.
Kapasitasnya dan merk berbedapun tidak masalah, yang terpenting jenisnya sama. Mau Pasang 2GB (dua keping 1 GB), 4GB (dua keping 2 GB), atau 8GB (satu keping RAM 6GB + satu keping 2GB). Tapi, alangkah baiknya menggunakan jenis dan kapasitas RAM yang sama.
3. Memilih Kecepatan RAM Yang Sesuai

Kecepatan yang berbeda akan membuat RAM tidak berjalan semestinya, dan bahkan bisa menyebabkan error seperti komputer tidak mau booting. Kecepatan RAM harus disesuaikan dengan kecepatan maksimum yang ditawarkan oleh motherboard dan processor.
Misalkan RAM yang kamu beli memiliki kecepatan 2666Mhz akan tetapi motherboard hanya sanggup membaca pada kecepatan 2400MHz. Maka yang terjadi biasanya kecepatan RAM akan menurun dan mengikuti kecepatan yang telah ditentukan yaitu 2400MHz.
Kamu bisa mengecek kecepatan maksimum terlebih dahulu yang bisa dijalankan pada motherboard atau processor sebelum membeli RAM baru atau mengikuti kecepatan pada RAM pertama yang sudah kamu gunakan sebelumnya.
4. Perhatikan Kapasitas RAM Yang Bisa DigunakanAgar RAM dapat digunakan dengan baik dan tidak sia-sia, pastikan kamu mengetahui berapa kapasitas RAM yang bisa digunakan pada suatu motherboard.
Jika motherboard hanya mendukung kapasitas maksimal 16 GB saja, maka penggunaan 32 GB akan percuma karena hanya nilai maksimal yang terbaca dan digunakan.
Akhir KataPoint yang bisa diambil dalam artikel ini adalah untuk membuat RAM single channel menjadi dual chanel adalah dengan cara membeli dua keping RAM atau memasang dua keping RAM ke dalam komputer dengan beberapa hal yang harus diperhatikan seperti penjelasan diatas.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/2021/03/cara-membuat-ram-dual-channel.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Membuat Jagung Cheese Bersama Kelapa Parut

Cara Membuat Jagung Cheese Bersama Kelapa Parut

papar berkaitan - pada 17/8/2021 - jumlah : 441 hits
Assalamualaikum dan salam sejahtera Petang tadi CCL ada berkongsikan entri berkaitan beli jagung di tepi jalan Kalau korang belum bca boleh la terjah entri semula Sambil sambil tu tinggal la seciput dua ciput komen Hehe Jagung yang dah siap...
Tips Petua Cara Membuat Aloe Vera Gel Homemade

Tips Petua Cara Membuat Aloe Vera Gel Homemade

papar berkaitan - pada 18/8/2021 - jumlah : 299 hits
AssalamualaikumTips Petua Cara Membuat Aloe Vera Gel Homemade Tips kali ini aku nak kongsi cara bagaimana nak buat aloe vera gel homemade Aku suka try benda benda homemade nie Sebab lately dah tak berapa nak yakin dengan apa yang ada dipasa...
Cara Membuat Grup Diskusi Di Blog Atau Forum Diskusi Online

Cara Membuat Grup Diskusi Di Blog Atau Forum Diskusi Online

papar berkaitan - pada 21/8/2021 - jumlah : 350 hits
POSTINGAN cara membuat grup diskusi di blog ini permintaan pengunjung di kolom komentar Request ini sudah dijawab juga Grup diskusi blog berupa Grup Facebook atau Forum Google Tentu saja grup Facebook dan Forum Google bukan yang dimaksudkan...
Mengenal Apa Itu Ram Quad Channel Beserta Kelebihannya

Mengenal Apa Itu Ram Quad Channel Beserta Kelebihannya

papar berkaitan - pada 19/8/2021 - jumlah : 226 hits
Pasti diantara kamu ada yang pernah denger istilah Quad Channel dalam komputer sampai akhirnya kamu bertanya tanya sebenarnya apa itu RAM Quad Channel Seberapa pentingkah dalam komputer
15 Cara Elegan Mengubah Kegagalan Menjadi Keberhasilan

15 Cara Elegan Mengubah Kegagalan Menjadi Keberhasilan

papar berkaitan - pada 9/8/2021 - jumlah : 256 hits
Saat Anda tak berhasil meraih sesuatu yang Anda dambakan berbagai emosi negatif akan menguasai kepala Anda Belum lagi Anda juga jadi malu bertemu dengan orang lain Namun kegagalan sesungguhnya adalah sesuatu yang normal terjadi pada manusia...
Kementrian Agama Resmi Mengganti Buku Nikah Fisik Menjadi Digital Begini Cara Mendapatkannya

Kementrian Agama Resmi Mengganti Buku Nikah Fisik Menjadi Digital Begini Cara Mendapatkannya

papar berkaitan - pada 10/8/2021 - jumlah : 248 hits
Kemenag resmi menghentikan penerbitan kartu nikah fisik menjadi kartu nikah digital Semoga urusan birokrasi yang pakai kartu nikah nantinya nggak lagi dimintai fotocopy nya ya
Cara Membuat Daftar Isi Di Postingan Blog Table Of Content Untuk Blogger

Cara Membuat Daftar Isi Di Postingan Blog Table Of Content Untuk Blogger

papar berkaitan - pada 11/8/2021 - jumlah : 304 hits
Daftar Isi adalah fitur dalam postingan atau artikel berisi subjudul tulisan Berikut ini Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dalam Postingan Blog TOC ini mendukung SEO blog Di blog selfhosted WordPress daftar isi dalam postingan sangat mudah d...
10 Cara Menjadi Pintar

10 Cara Menjadi Pintar

papar berkaitan - pada 19/8/2021 - jumlah : 233 hits
Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran Materi yang banyak bukan masalah Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif 1 Belaj...
Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Backstabbing Drama In The Opposition Pas Sabotaging Bersatu By Attacking Chinese Vernacular Schools

Two In Five Malaysians Might Quit If Required To Work More In Office Randstad

Umno Explores Every Means Possible To Free Najib

Lumira Di Eka Heights Kehidupan Bermakna Yang Dinantikan

Calon Bersatu Prk Kkb Tunggang Isu Kematian Teoh Beng Hock

Bonus R 5000 Jogue Ca A T Queis Onlin

Lumira Eka Heights Seremban Perumahan Gaya Hidup Moden



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


Senarai Plaza Tol Boleh Bayar Gunakan Kad Debit

Penyerang Sasar Muka Tapi Faisal Sempat Elak

Senarai Lagu English Terbaru 2024

5 Tips Mudah Rumah Sentiasa Kemas Walaupun Ada Anak Kecil

Samsung Knox Vault Ciri Keselamatan Wajib Untuk Semua Pemilik Telefon Pintar

Kempen Ramadan Dan Raya 2024 Kuskop Mari Beli Lokal Kembali Lagi