Cara Membuat Piramida Penduduk Menggunakan Excel


 
1. Carilah data kependudukan di suatu wilayah (kota/kabupaten, provinsi, atau negara).

(Gambar 1) Data berupa angka interval kelompok umur atau usia, jumlah penduduk laki-laki, jumlah penduduk perempuan, dan jumlah penduduk tanpa tanda baca titik, koma, atau spasi
2. Salin data kelompok umur, jumalh penduduk laki-laki, dan jumlah penduduk perempuan ke kolom di sampingnya untuk data pembuatan piramida penduduk. Jumlah penduduk keseluruhan tidak perlu disalin di kolom sampingnya.

(Gambar 2) Supaya dapat dibuat grafik piramida penduduk, maka jumlah penduduk laki-laki harus diberi tanda minus agar berada di sisi kiri grafik. Caranya adalah menggunakan rumus "=-" masukkan rumus di kolom jumlah penduduk laki-laki "=-B6" dimana kolom B6 adalah data jumlah penduduk laki-lakinya kemudian enter dan tarik hingga bawah.
3. Untuk mengubah data kelompok usia yang otomatis menjadi tanggal dapat menggunakan cara tekan tombol CTRL+A di tabel yang baru dibuat untuk memblok semua data dan tekan CTRL+1 dan pilih teks lalu tekan OK.

(Gambar 3) Bisa juga dengan blok semua data kemudian klik kanan pilih Format Cell > number > catagory teks dan tekan OK maka data akan berubah menjadi angka. Setelah berubah silahkan ketik manual datanya misalnya 05-Sep akan berubah menjadi 44459 maka ketik menjadi 5-9.
4. Lengkapi tabel data yang baru dengan keterangan kelompok umur, laki-laki, dan perempuan sebelum membuat grafik piramida penduduk. Blok data yang akan dibuat grafik kemudian klik insert dan pilih stacked bar.

(Gambar 4) Membuat grafik piramida penduduk dengan pilihan stacked bar
5. Piramida penduduk beradasarkan data telah muncul untuk kemudian disesuaikan tata letak, bentuk, warna, judul, dan informasi di dalamnya.

(Gambar 5) Agar semua data kelompok umur dapat tercantum dalam piramida penduduk, maka piramida penduduk harus diperbesar dengan cara drag sesesuai dengan perbesaran yang diinginkan. Untuk memindahkan data kelompok umur ke sisi kiri, caranya adalah klik kanan pilih format axis.

(Gambar 6) Setelah format axis diklik, maka akan muncul kotak dialog seperti di atas. Pilih labels (ada di bawah) dan pilih label position low. Keterangan kelompok umur akan pindah ke sisi kiri piramida penduduk.

(Gambar 7) Angka jumlah penduduk laki-laki masih minus, sehingga harus diubah menjadi plus dengan cara klik kanan pilih format axis. Setelah kotak dialog format axis muncul, pilih number (paling bawah), pilih categorynya menjadi custom, akan muncul type dan format code. Ubah format kode dengan cara menghapus tanda koma dan minus. Klik Add.

(Gambar 8) Data jumlah penduduk laki-laki menjadi plus karena tanda minus dihapus dan penulisan angka menjadi rapih karena tanda koma dihapus menjadi spasi.
(Gambar 9) Untuk memperbesar grafik batang dapat dilakukan dengan cara klik batangnya maka akan ada tanda titik-titik seperti di atas. Pilih series option dengan ikon grafik dan ubah gap width sesuai yang diinginkan misalnya 10%. Maka hasilnya akan langsung ditampilkan seperti di atas.

(Gambar 10) Mengubah warna grafik sesuai dengan keinginan, tapi biasanya sih biru, oren, merah muda, atau merah. Caranya adalah klik grafik yang akan diubah sehingga muncul tanda titik-titik seperti di atas. Pilih fill dan pilih tumpahan minyak  berwarna sesuai warna yang kamu inginkan. Pilih warna yang akan digunakan pada pilihan custom agar pilihan warna bervariasi. Jika sudah klik OK. Warna akan berubah.
(Gambar 11) Terakhir adalah mengedit judul piramida dengan mengklik judul dan edit ditulis secara manual sesuai dengan judul data yang digunakan untuk membuat piramida penduduk tersebut. 
6. Memindahkan piramida penduduk yang sudah rapih ke Word dengan cara klik piramida secara keseluruhan sehingga membentuk titik seperti berikut:

(Gambar 12) Klik kanan dan pilih copy

(Gambar 13) Buka halaman baru Word untuk tempat menyalin piramida penduduk. Jika sudah terbuka tekan CTRL+V sehingga piramida akan tersalin di Word. Data piramida di dalam Excel harap disimpan dan jangan dihapus. Jika dihapus, makan piramida akan berubah atau hilang.


TERIMA KASIH
SEMOGA DAPAT MEMBANTU KAMU MENGERJAKAN TUGAS

UTAMAKAN SARAPAN










Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://fastrans22.blogspot.com/2021/01/cara-membuat-piramida-penduduk.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Membuat Rekening Mandiri Tabungan Atm

Cara Membuat Rekening Mandiri Tabungan Atm

papar berkaitan - pada 22/1/2021 - jumlah : 315 hits
Cara Membuat Rekening Mandiri Tabungan ATM Apakah kamu sudah memiliki penghasilan sendiri dengan menjadi pegawai atau karyawan di sebuah perusahaan pasti tiap bulan kamu dapat gajian biasanya gaji tersebut tidak diberikan secara tunai melai...
Cara Mudah Menghapus Virus Komputer Menggunakan Avast

Cara Mudah Menghapus Virus Komputer Menggunakan Avast

papar berkaitan - pada 11/1/2021 - jumlah : 289 hits
Gambar Avast AntivirusAvast merupakan aplikasi antivirus yang didirikan sejak tahun 1988 oleh Ceko eduard dan Pavel baudis Pada waktu itu komputer dunia sedang terancam oleh virus wina Kemudian kedua profesor tersebut akhirnya bekerja keras...
6 Cara Membuat Pahala Melalui Facebook Atau Laman Sosial Lain

6 Cara Membuat Pahala Melalui Facebook Atau Laman Sosial Lain

papar berkaitan - pada 13/1/2021 - jumlah : 361 hits
6 Cara Membuat Pahala Melalui Facebook di mana ada laptop dan internet di situ ada Facebook Begitulah hebatnya fenomena Facebook yang melanda dunia hari ini Beberapa tahun lepas sewaktu saya Klik link untuk bacaan selanjutnya
5 Cara Membuat Teman Kesal

5 Cara Membuat Teman Kesal

papar berkaitan - pada 21/1/2021 - jumlah : 291 hits
Sebagai manusia sangat wajar jika benci atau merasa kesal terhadap tindakan seseorang Dan mungkin saja teman kita akan merasa kesal jika kita melakukan beberapa tindakan ini 1 Main HP saat ia This is a content summary only Visit my website ...
Cara Membuat Mencipta Check In Sendiri Di Facebook

Cara Membuat Mencipta Check In Sendiri Di Facebook

papar berkaitan - pada 27/1/2021 - jumlah : 282 hits
Cara Membuat Check In Sendiri Di FacebookAssalamualaikum dan salam sejahtera Kali ini saya akan berkongsi dengan anda semua cara membuat mencipta check in sendiri di Facebook Tentu anda pernah lihat wall facebok rakan rakan anda yang secara...
Cara Buat Roti Kastard Menggunakan Kuali Memang Sedap

Cara Buat Roti Kastard Menggunakan Kuali Memang Sedap

papar berkaitan - pada 8/1/2021 - jumlah : 292 hits
Anda suka makan roti Jika ya resipi Roti Kastard sedap perkongsian saudari Nita nvoo Daniels ni antara yang boleh dicuba Memang enak kalau dapat makan panas panas Malah inti kastard tu juga boleh digantikan dengan keju mozzarella atau apa a...
Membuat Library Export Excel Di Codeigniter

Membuat Library Export Excel Di Codeigniter

papar berkaitan - pada 14/1/2021 - jumlah : 198 hits
Lagi belajar membuat Library untuk Export ke Excel Kok bikin di github kan banyak yang sudah jadi Entahlah mungkin lagi males saja nyarinya atau library yang ada di luar sana terlalu kompleks Lah kalau library yang di luar sana terlalu komp...
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Paypal

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Paypal

papar berkaitan - pada 12/1/2021 - jumlah : 444 hits
Paypal merupakan salah satu sistem pembayaran yang popular dan dipercayai untuk menjalankan sebarang transaksi duit secara online Penggunaannya sangat meluas terutamanya apabila melibatkan transaksi mata wang asing dengan mata wang negara k...
Cara Post Blog Menggunakan Android

Cara Post Blog Menggunakan Android

papar berkaitan - pada 27/1/2021 - jumlah : 148 hits
Assalamualaikum dan salam sejahtera Entri kali ini adalah berkenaan cara post blog menggunakan android Disebabkan peredaran zaman begitu pantas dan gadjet semakin canggih setiap hari maka para blogger juga tidak ketinggalan dalam mengikuti ...
Malaysia Weighs Casino Licence To Revive Forest City

High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Selepas Menjadi Penumpang Umno Bakal Terkubur Pada Pru16

Tak Cukup Tangan Caprice Terkejut Terima Lebih 900 Aduan Baru

Benci Kesalahan Jangan Benci Orang Yang Salah Ig Ibu Lesap Aisyah Aziz Kongsi Quote Nasihat

Apa Yang Perlu Anda Tahu Tentang Penstrukturan Semula Kwsp 2024

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899

Masdo Perih Jerih Chord