Birding Bandung Woodpecker


Burung Pelatuk (woodpecker)
WOODPECECKER BURUNG PELATUK. Siapa yang tidak kenal sama burung pelatuk, semua orang tahu burung yang selalu melubangi pohon, dan flem kartunya sering tayang di TV, dia bersarang di lubang pohon yang sudah rapuh, burung pelatuk ini sekarang jarang kita jumpai, tapi kali ini keberuntunganku sangat bagus, sehingga tidak butuh waktu lama aku menemukanya.
Seperti biasanya, kali ini aku berangkat birding sore hari, setelah solat lohor, saya pun berangkat mencoba keberuntungan,  iseng berjalan menelusuri pingiran Kompleks dimana kami tinggal, kebetulan ada hutan kecil, bukan hutan mungkin, kebun jati tapi sangat rapat, seolah seperti hutan, kebun serta sungai besar Citarum.

Lihat juga Video dan Suara Burung Pelatuk (woodpecker)




Walau pembuka bidikanku adalah burung cinenen atau prenjak, sedang sibuk melompat diantara dahan dan ranting pohon selong, yang berdekatan dengan pohon sukun yang cukup tua kelihatannya, pada bagian atas terdapat dahan kering. Saat asyik memperhatikan burung prenjak, mata ini tidak sengaja melihat si burung pelatuk hingap di dahan pohon sukun, terlihat sibuk mematuk seakan mencari serangga atau ulat yang berada di dahan-dahan sukun.

Burung Pelatuk (woodpecker)
Kameraku beralih keburung langka itu, mendekat mengendap-endap untuk mendekat dan mendapatkan gambar yang cukup jelas, saat itu si pelatuk sendiri, sampai beberapa lama, burung pelatuk pergi, akupun mulai beralih, kebayang senagnya, dalam satu tempat ada beberapa jenis burung, dari prenjak, pipit, tekukur, dan Kingfisher (burung rajaudang) dan burung pelatuk. Kingfisher ...? kenapa ada disini! mungkin jawabanya harusku cari lain waktu.
Kali ini burung Woodpecker yang menjadi buruan utamaku walau sirajaudang sering menganggu, terbang melintas, tetapi aku tidak hiraukan, sekian lama terus mencari ternyata ada sepasang burung pelatuk ini, seakan sedang memadu kasih, terbang kesanah kemari dan saya pun sangat sulit untuk mengambil gambarnya, dengan lensa tele yang terbatas.


Burung Pelatuk (woodpecker)
Habitat:Burung ini tidak hanya di daerah Hutan dataran rendah saja, tetapi hutan pegunungan dan hutan, dan pingiran sungai serta perkebunan pingiran desa, yang ditumbuhi pohon lebat, serta pohon jati.


Konon Endemik ini umum burung Pelatuk Filipina yang terkecil di Dunia, ternyata di Bandung juga ada burung ini. Dan saya temukan merayap di sisi cabang pohon rapuh, terkadang berpasangan, dan sendiri.
Panjang tubuh Si Burung Pelatuk.
Antara 13-14 cm. panjang tubuhnya. Burung Jantan memiliki dahi coklat gelap saat berkerut, putih dan hitam di sisi kepala, dari depan samapai  belakang mata, blorok kehitaman pada pungung dan pada dada warna kusam.

Suaranya Sedikit tergagap gagap, "pilt-pilt-pilt-pilt-pilt", cepat dan keras. Menu makannya serangga, kebanyakan semut, serta belatung dan larva. Berkicau berpasangan, musim kawin antara bulan Februari hingga Agustus.
Salam Pagi Berkicau berharap biarkan burung ini hidup di habitatnya, berkembangbiak dengan alam. Januari 2018 ditemukan di Bandung Selatan.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://pagiberkico.blogspot.com/2018/01/birding-bandung-woodpecker-dendrocopos.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Raja Udang Birding Bandung

Raja Udang Birding Bandung

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 179 hits
Raja Udang PekakakSabtu pagi Bandung selatan udara cukup dingin disambut mentari pagi menjadi hangat Seperti biasa kameraku selalu kubawa kemana pun aku pergi cukup untuk belajar akan fotografi motor segera kunyalakan beberapa menit untuk d...
Birding Bandung Indonesia Burung Kingfisher

Birding Bandung Indonesia Burung Kingfisher

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 112 hits
Kingfisher Burung Cekakak bersama Pagi Berkicau Burung pekakak atau Rajaudang burung ini sangat gesit dan peka terhadap manusia sunguh sangat sulit untuk mendekatinya apalagi mengambil gambarnya butuh kesabaran yang besar agar burung ini ma...
Cabe Cabean Di Kota Kecil Birding Bandung

Cabe Cabean Di Kota Kecil Birding Bandung

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 123 hits
Burung Cabe cabean Kamade jawa JantanPagi di Desa Petunjungan jam 05 30 udara terasa hangat ketika itu musim kemarau saat dimana petani sedang menikmati hari yang mengembirakan karena panennya sangat melimpah dan harganya cukup lumayan Breb...
Birding Bandung Nikon D3200 Dengan Lensa Tele 70 300

Birding Bandung Nikon D3200 Dengan Lensa Tele 70 300

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 156 hits
Burung cici padi menjadi sahabat baruku untuk menyalurkan hobi yang menjadikan kesenangan dan pengalaman yang mengasyikan diantara sibuknya pekerjaan menjadikan akhirpekan penuh warna belajar berfotografi di alam mengamati alam sekitar dan ...
Gerombolan Motor Bacok Warga Di Flyover Pasopati Bandung

Gerombolan Motor Bacok Warga Di Flyover Pasopati Bandung

papar berkaitan - pada 17/3/2023 - jumlah : 374 hits
Gerombolan tersebut mengacungkan senjata tajam memaksa korban menyerahkan motor ponsel dan dompet Permintaan itu pun ditolak Tiba tiba langsung diserang
Video Warga Ngamuk Acara Ranca Upas Adventure Rusak Tanaman Langka Di Bandung

Video Warga Ngamuk Acara Ranca Upas Adventure Rusak Tanaman Langka Di Bandung

papar berkaitan - pada 9/3/2023 - jumlah : 79 hits
Apalagi kawasan tersebut banyak ditanami bunga Edelweis Rawa salah satu tanaman langka dan dilindungi
Kim Kardashian Salah Tag Akun Instagram Malah Nyasar Ke Warganet Asal Bandung Hatur Nuhun

Kim Kardashian Salah Tag Akun Instagram Malah Nyasar Ke Warganet Asal Bandung Hatur Nuhun

papar berkaitan - pada 17/3/2023 - jumlah : 78 hits
Aksi salah mention itu bikin warganet Bandung ini speechless Kira kira kapan Mbak Kim nyadar kalau dia salah ngetag akun ya
Birding Lensa Tamron Af70 300

Birding Lensa Tamron Af70 300

papar berkaitan - pada 20/3/2023 - jumlah : 89 hits
Pagi berkicau hari ini cuaca sangat cerah setelah seminggu berturut turut bumi di guyur hujan dari pagi hingga malam Tapi hari ini dunia tampak cerah tanah mengeluarkan uapnya setelah terkena sinar matahari pagi Burung Perkutut takhentinya ...
Help Shape Ai With Malaysian Values Says Anwar

Gaji Mei 2024 Tarikh Pembayaran Gaji Penjawat Awam

Friendly Fire Between Umno Youth Head And Bersatu Counterpart Opens A Can Of Worms

Nasi Briyani Kukus Padu Sedap Uii Percuma Ayam Briyani Untuk Ibu Mengandung Patutla Ramai Beratur Beli

Perjalanan Mendapat Haji Yang Mabrur

Nostalgia Bedak Sejuk

Moto Distracto Steady Garage Customizes The New Honda Motocompacto

Negeri Sembilan Akan Menaikan Gaji Penjawat Awam



5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard


Nak Rasa Cromboloni Sedap Boleh Ke Flour Crown Jitra

Don T Wait For A Leak Proactive Planning For Oil Tank Replacement

Stop The Drip Stay Warm A Guide To Oil Tank Replacement Services

Kelantan Kereta Rumah Ditembak Suspek Diburu Polis

Kempen Pn Dijangka Menggila Selepas Usaha Serang Kerajaan Tak Berhasil

Orang Bukan Melayu Tak Boleh Terima Perikatan Nasional