Bermula Dari Smule Dashsmunsyid Lestarikan Musik Tradisi Lewat Nasyid


Para personel grup nasyid Dashsmunsyid. (Dok. Istimewa)Nyanyian merupakan salah satu media yang digunakan oleh para ulama pembawa Islam untuk masuk di Indonesia. Karena lagu adalah media yang efektif dalam menyampaikan syariat Islam pada masyarakat. Hingga saat ini, lagu tetap menjadi media dakwah bagi banyak ulama, nyanyian tersebut saat ini lebih akrab kita kenal dengan sebutan nasyid.

Para ulama pembawa Islam tersebut menggunakan musik tradisi yang sudah berkembang di daerah jaulahnya, agar Islam makin mudah diterima oleh adat dan kebudayaan setempat. Sebagai upaya dalam menyampaikan syariat Islam dan pelestarian musik tradisi yang telah mengakar bagi masyarakat, grup vokal Dashsmunsyid asal Kota Bandung merilis lagu terbarunya yang berjudul Ramadhan Kembali pada hari Rabu 5 Juni 2019 di IslamicTunes, salah satu digital music store dunia. 

Para personel grup nasyid Dashsmunsyid. (Dok. Istimewa)“Kami ingin menyajikan karya yang easy listening, tapi tetap bisa mengangkat akar budaya untuk semua kalangan, terutama generasimuda milenial yang mungkin sudah menganggap musik tradisional adalah musik kuno yang ketinggalan jaman. Dengan memasukkan unsur seni tradisional angklung dari Jawabarat yang sudah dikenal dunia sebagai warisan budaya tradisional Indonesia, menjadi sumber inspirasi tersendiri bagi kami untuk mengenalkan secara lebih modern dalam unsur musik nasyid, karena member Dashsmunsyid berasal dari beragam kota, suku serta budaya. Tidak tertutup kemungkinan pada next project kami akan memasukkan unsur musik tradisional dari daerah lain,” kata Djanuarhand, salah seorang Panel di grup nasyid Dashsmunsyid, saat diwawancarai, Selasa 11/6/2019. 
Para personel grup nasyid Dashsmunsyid saat acara gathering akbar. (Dok. Istimewa)Djanuar mengatakan, “Lagu Ramadhan Kembali adalah lagu ke dua kami, covering lagu milik Justice Voice. Pesan lagu ini agar kita sebagai seorang muslim yang sangat merindukan hadirnya bulan suci hendaknya. Menyambut Ramadhan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan, sebagai bentuk taqwa dan keimanan terhadap Allah yang dituangkan dalam bentuk syair nasyid ajakan. Untuk lagu pertama yang pernah kami rilis berjudul ‘Satu Hari di Hari Raya’ featuring dengan Suby Ina.”

“Dashsmunsyid didirikan pada tanggal 20 Januari 2016 oleh 4 orang dari kota yang berbeda, yakni; Surabaya, Bandung, Cianjur dan Gorontalo, berawal dari aplikasi bernyanyi Smule. Dashsmunsyid berasal dari inisial nama pendiri awal Djanu Asep Saeful Hafiz, huruf S yang berarti Smule, awal dari pertemuan kami, dan munsyid yang berarti orang yang bernyanyi nasyid. Selanjutnya member yang berkarya merilis lagu disebut Dashmunsyid, tanpa S,” kata Djanuar. 
Para personel ikhwan grup nasyid Dashsmunsyid. (Dok. Istimewa)Djanuar juga mengatakan bahwa untuk talent ikhwan, saat ini Dashsmunsyid didukung oleh para personel; Agus Al ghuffie, Aden Zeno, Denny Abdul halim, Hamzah, dan Sony Munandar. Sedangkan untuk talent akhwatnya; Evi Nur Aprianti, Liznida, Nisa Nurhidayah, dan Upi Yuliana.

Lebih lanjut Djanuar mengatakan, “Kami ingin Dashsmunsyid terus menelurkan karya-karya yang easylistening dan bisa diperdengarkan kapanpun dan cocok untuk suasana apapun walaupun tidak di bulan Ramadhan. Menjadikan komunitas ini sebagai komunitas yang membawa dampak positif dengan berbagai program kemanusiaan dan program keagamaan seperti; tahsin setiap malam hari via group call, penggalangan dana kemanusiaan untuk bencana darurat atau bencana nasional, membuat program kakak asuh sebagai wujud kepedulian kami terhadap pendidikan dan kesejahteraan sekitar, mengadakan DASH Berbagi, bagi takjil, bantuan alat tulis sekolah, dan lainnya. Juga mengadakan event berupa kuis dan lomba bernyanyi nasyid, dengan tujuan untuk lebih memasyarakatkan lagu-lagu bernuansa islami.” 
Para personel grup nasyid Dashsmunsyid saat melaksanakan program kemanusiaan. (Dok. Istimewa)“Dashsmunsyid ingin selalu konsisten untuk berkarya, mengajak member-member yang mau dan memiliki semangat, waktu, dana, dan kemauan untuk berkarya real dalam bentuk single atau cover resmi, dan memiliki jadwal siaran tetap dan program yang banyak dari radio online yang selama ini sudah mengudara pada tiap hari jumat dan sabtu, dengan program unggulan Dunia Nasyid, program untuk mengupas tuntas munsyid-munsyid di Tanahair dan luar Indonesia dengan profil dan karya-karyanya. Juga ada program Cover by Request, program dimana kita akan putarkan hasil rekaman lagu di Smule sesuai request member beserta salam-salamnya. Dipandu dengan penyiar DASH yakni Kang zeno, Teh Evi, Kang Gun, Kang Hafiz, Kang Rei, Kang Ipul, Kang Hamzah, dan lainnya, yang jadwal siarannya masih random,” kata Djanuar. 
Para personel ikhwan grup nasyid Dashsmunsyid. (Dok. Istimewa)Seperti yang dikatakan Djanuar, ”Tujuan utama dari berdirinya Dashsmunsyid adalah untuk membumikan musik nasyid dan religi, sehingga tidak hanya di bulan Ramadhan saja musik-musik nasyid dan religi ini diputar dan didengar. Tapi juga setiap saat bisa kita nikmati syair-syair indah khas nasyid dengan konsistensi karya dari Dashsmunsyid baik cover maupun single. Konsep Dashsmunsyid adalah menjadi wadah bagi teman-teman semua yang suka, baik suka bernyanyi atau suka mendengarkan lagu-lagu nasyid, religi untuk sama-sama berkarya dan berkomunitas menjalin silaturahmi dengan teman-teman lain dari seluruh Indonesia, bisa juga dari luar Indonesia yang memiliki minat yang sama.”

“Sesuai dengan tagline komunitas kami, bersyiar lewat syair, Dashsmunsyid hadir degan lagu religi dan nasyid untuk bersyiar melalui lagu. Semoga karya-karya lagu kami tidak hanya enak didengar tapi juga memiliki pesan dan makna yang mendalam untuk menjadi pengingat kami semua agar menjadi pribadi yang lebih baik,” kata Djanuar sebelum menutup wawancara.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli - Reporter IslamicTunesNews)

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://news.islamictunes.net/2019/06/berawal-dari-smule-dashsmunsyid.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Lewat Kek Pemerintah Bakal Undang Dosen Asing Mengajar Di Indonesia

Lewat Kek Pemerintah Bakal Undang Dosen Asing Mengajar Di Indonesia

papar berkaitan - pada 10/6/2019 - jumlah : 190 hits
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan pemerintah berencana membuat KEK dalam bidang jasa KEK tersebut terdiri dari KEK pendidikan KEK ekonomi kreatif dan KEK kesehatan
Lewat Kopi Wanita Ini Berhasil Jadi Miliarder Dalam Waktu 20 Bulan

Lewat Kopi Wanita Ini Berhasil Jadi Miliarder Dalam Waktu 20 Bulan

papar berkaitan - pada 9/6/2019 - jumlah : 293 hits
Jenny Zhiya Qian yang berhasil menjadi miliarder baru di China melalui bisnis kopi dengan nama Luckin Coffee Bahkan Qian bisa menjadi miliarder hanya dalam kurun waktu kurang dari 20 bulan
Dari Solo Kembali Ke Jakarta Iman Pilih Lewat Garut Biar Merasakan Macet

Dari Solo Kembali Ke Jakarta Iman Pilih Lewat Garut Biar Merasakan Macet

papar berkaitan - pada 9/6/2019 - jumlah : 156 hits
Arus kendaraan terus meningkat di jalur selatan Malangbong Limbangan sejak siang hingga sore membuat kemacetan lalulintas di jalur tak terhindarkan Untuk mengurai kendaraan dari arah Malangbong menuju Limbangan sampai Bandung polisi memberl...
Canggihnya Rumah Baru Atta Halilintar Lampu Saja Diatur Lewat Handphone

Canggihnya Rumah Baru Atta Halilintar Lampu Saja Diatur Lewat Handphone

papar berkaitan - pada 8/6/2019 - jumlah : 279 hits
Tak bisa dipungkiri lagi kepopuleran Atta Halilintar sebagai Youtuber kini semakin dikenal masyarakat luas Hal itu juga tentunya semakin menambah pundi pundi penghasilan yang didapatkan oleh pria 24 tahun tersebut
Baru 81 Persen Pemudik Kembali Lewat Tol Jakarta Cikampek

Baru 81 Persen Pemudik Kembali Lewat Tol Jakarta Cikampek

papar berkaitan - pada 12/6/2019 - jumlah : 180 hits
Baru 81 Persen Pemudik Kembali Lewat Tol Jakarta Cikampek Kementerian Perhubungan atas rekomendasi dari Polri memperpanjang jadwal operasi kendaraan dengan sumbu tiga atau lebih sampai 12 Juni tengah malam sepanjang ruas jalan tol Jakarta S...
Kisah Jajan Pasar Mbah Satinem Dari Jogja Yang Mendunia Lewat Street Food Nya Netflix

Kisah Jajan Pasar Mbah Satinem Dari Jogja Yang Mendunia Lewat Street Food Nya Netflix

papar berkaitan - pada 16/6/2019 - jumlah : 275 hits
Saya menghidupi 10 orang ada 3 anak dan 7 cucu dari jualan jajan pasar ujar Mbah Satinem
Jangan Lalu Jalan Jemaluang Jika Malam Sudah Lewat

Jangan Lalu Jalan Jemaluang Jika Malam Sudah Lewat

papar berkaitan - pada 14/6/2019 - jumlah : 928 hits
JANGAN LALU JALAN JEMALUANG JIKA MALAM SUDAH LEWATKisah ni dah lama berlaku lbh kurang 3 tahun lalu Sy pernah post kisah ni dahulu Tetapi tak mengapalah sy nk kongsi cerita dgn sahabat group PJ
The Evolution Of Adult Entertainment

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Pm Akan Umum Sspa Terbaik Pernah Diperkenalkan Kerajaan

Prof As Dakwa Tak Selamat Kunjungi Malaysia Selepas Sebar Propaganda Sokong Zionis

Apabila Sang Profesor Datang Melawat



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

World Bank Report Says Malaysian Children Not Learning Enough In Schools

Zus Ice Watermelon Latte

Gnabry Akan Kembali Sane Diragui Untuk Perlawanan Bayern Dengan Real Madrid

Sarah Yasmine Kenalan Saya Anna Jobling

Dendam Rupanya Babak Chacha Maembong Jasmin Hamid Ganyang Ruhainies Buat Netizen Puas