Belajar Bahasa Inggris Present Perfect Continuous Tense


Ketika kita mempelajari bahasa Inggris, tentu kita memang tidak akan jauh dari materi yang satu ini, apalagi kalau bukan materi Tense. Pada artikel kali ini, Lister.co.id akan mempelajari dan memahami tentang Present Perfect Continuous Tense, yang merupakan variasi lain dari Present Tense. Apa yang membedakan Tenses ini dengan variasi Present Tense lainnya? Sebelum bertambah pusing, yuk, kita bahas bersama!
Present Perfect Continuous Tense Present Perfect Continuous Tense digunakan untuk menyatakan tindakan atau peristiwa yang telah dimulai di masa lalu dan masih berlanjut saat ini. Tenses ini juga dapat digunakan untuk menceritakan kejadian yang dimulai dimasa lalu dan baru saja selesai.
Dalam kalimat Present Perfect Continous, terdapat ciri yaitu adanya informasi waktu seperti “since 1990, for four hours, five years ago, since two months ago, for 10 years, dan lain-lain”. Keterangan waktu tersebut yang merupakan salah satu ciri utama dari Present Perfect Continous Tense karena Tense ini menunjukkan kapan suatu tindakan atau suatu peristiwa itu terjadi.
Rumus Present Perfect Continuous Tense Kalimat Present Perfect Continuous Tense terbentuk oleh auxiliary verb have atau has, been dan present participle (-ing). Kata have digunakan untuk subjek singular I, you, dan subject plural seperti: plural pronoun (seperti: they, we), plural noun (seperti: boys, men), dan compound subject dengan kata hubung “and” (seperti: you and I, Tom and Jack); sedangkan has untuk singular subject seperti: third person singular pronoun (seperti: he, she, it) dan singular noun (seperti: Tom, man).
Secara umum Present Perfect Continuous Tense hanya terjadi pada aksi yang berupa dynamic verb, tidak stative verb karena umumnya hanya dynamic verb yang memiliki bentuk continuous.
Perhatikan rumus dari Present Perfect Continuous Tense di bawah ini, yang terbagi ke dalam tiga jenis kalimat, yaitu kalimat positif (affirmative), kalimat negative dan kalimat tanya (interrogative).
(+) Bentuk Kalimat Positif (Affirmative)
Subject + has / have + been + verb-ing
Contoh :
They have been working together in the chocolate company since 2010. (Mereka sudah bekerja bersama di perusahaan cokelat sejak tahun 2010.)
Andy has been working as an accountant at that company for five years. (Andy telah bekerja sebagai akuntan di perusahaan tersebut selama lima tahun.)
(-) Bentuk Kalimat Negative
Subject + has / have + not + been + verb-ing
Contoh :
Today is so hot. It has not been raining for a week. (Hari ini sangat panas. Sudah satu minggu tidak turun hujan.)
I have not been living in America since two years ago. (Saya sudah tidak lagi tinggal di Amerika sejak dua tahun yang lalu.)
(?) Bentuk Kalimat Tanya (Interrogative)
Has/have + subject + been + verb-ing?
Contoh :
Have you been eating this chicken soup for an hour? (Apakah kamu sudah memakan sup ayam ini selama satu jam?)
Has he been playing basketball at the school yard for two hours? (Apakah kamu sudah bermain bola basket di lapangan sekolah selama dua jam?)
Fungsi dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Present Perfect Continuous Tense berfungsi untuk menunjukkan suatu aksi atau kejadian yang telah selesai pada suatu titik di masa lampau (past), kemudian diikuti relevansinya dengan kondisi saat ini (present). Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense
The construction labors are very thirsty since they have been removing the scaffoldings. (Pekerja konstruksi merasa sangat haus karena mereka telah memindahkan perancah.)
Diana feels full as she’s been eating a half of the tart. (Diana merasa kenyang karena dia telah  memakan separuh kue tart.)
Present Perfect Continuous Tense digunakan untuk menunjukkan suatu aksi atau peristiwa yang baru saja selesai. Biasanya menggunakan kata keterangan (adverb) just. Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense :
It has just been snowing in Hongkong. You will need a sweater to go outside. (Baru saja turun salju di Hongkong. Kamu akan membutuhkan jaket jika ingin keluar rumah.)
We had just submitting the monthly report to the Director. (Kami baru saja menyerahkan laporan bulanan kepada Direktur.)
Present Perfect Continuous Tense yang digunakan untuk menunjukkan suatu aksi atau kejadian yang telah dimulai di masa lampau dan berlanjut sampai sekarang. Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense :
I’ve been driving a car through the heavy for an hour. I got stucked. (Saya telah sedang mengendarai mobil menembus hujan deras ini selama satu jam. Saya terjebak.)
The passangers have been waiting for the next train at the waiting lounge since this morning. (Para penumpang telah menunggu kereta berikutnya di ruang tunggu sejak pagi ini.)
Selain itu, Present Perfect Continuous juga dapat digunakan tanpa penggunaan kata keterangan waktu. Akan tetapi, keterangan waktu tersebut diganti dengan kata “lately”, dan “recently”. Penggunaan kata “lately”dan “recently” di perlukan untuk memperjelas atau menegaskan kalimat. Contoh kalimat Present Perfect Continuous Tense :
Recently, I have been feeling very exhausted. (Akhir-akhir ini, saya merasa sangat kelelahan.)
She has been watching Korean drama series too much lately. (Dia sudah menonton serial drama Korea terlalu banyak belakangan ini.)
Wh- Question Present Perfect Continuous Tense Dari penjelasan sebelumnya, kita mempelajari tentang penggunaan Present Perfect Continuous Tense dalam kalimat positif, negative dan interrogative. Lalu, bagaimana penggunaan tense jenis ini pada kalimat dengan WH-Question?
Berikut beberapa rumus wh- question (pertanyaan yang dimulai dengan what, where, when, why, which, who, whose, atau how) dengan present perfect continuous tense yang dibentuk dari auxiliary verb “have/has+been” dan verb-ing (present participle).
Kalimat Positif (+) Kalimat Interogatif (?) S + have/has + been + present participle menanyakan object What/Who + have/has + S + been + present participle
menanyakan adverb How long /Where/Why + have/has + S + been + present participle
 
Contoh Kalimat Wh- Question dengan Present Perfect Continuous Tense
What have they been doing for the last hour? (Apa yang telah mereka lakukan selama satu jam terakhir?)
Where has he been working during the past five years? (Dimana dia bekerja selama lima tahun belakangan ini?)
Itu tadi penjelasan mengenai pengertian, rumus, fungsi hingga contoh kalimat yang menggunakan Present Perfect Continuous Tense. Semoga membantu kamu dalam memahami Tense yang satu ini ya. Jangan lupa untuk terus berlatih membuat kalimat dengan menggunakan Tenses ini agar kamu lebih mahir dan nggak bingung lagi ketika menemukan dan mempelajari variasi Tenses yang lainnya. Selamat belajar! (ADV)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/belajar-bahasa-inggris-present-perfect-continuous-tense/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=belajar-bahasa-inggris-present-perfect-continuous-tense

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Buasir Otak Tv Ragam Budak Belajar Simpulan Bahasa

Buasir Otak Tv Ragam Budak Belajar Simpulan Bahasa

papar berkaitan - pada 29/9/2020 - jumlah : 526 hits
Macam macam ragam bila cikgu Bahasa Melayu ajar murid tentang Simpulan Bahasa Jom tonton video animasi ini
Jokowi Ujug Ujug Didukung Jadi Sekjen Pbb Netizen Syarat Minimal Bahasa Inggris Harus Lancar

Jokowi Ujug Ujug Didukung Jadi Sekjen Pbb Netizen Syarat Minimal Bahasa Inggris Harus Lancar

papar berkaitan - pada 26/9/2020 - jumlah : 220 hits
Pro kontra netizen dalam menanggapi pidato Presiden Joko Widodo di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa ke 75 semakin riuh Point penting pidato Jokowi yang meminta PBB berbenah diri menjadi perdebatan krusial Netizen yang disebut ...
Mulai Bahasa Inggris Dasar Untuk Pemula

Mulai Bahasa Inggris Dasar Untuk Pemula

papar berkaitan - pada 6/10/2020 - jumlah : 236 hits
Bahasa inggris memang penting untuk dipelajari dan sangat dibutuhkan untuk masa depan setuju kan Bagi pemula belajar bahasa inggris memang cukup rumit dan kadangtidak tahu harus dimulai darimana Ada baiknya kamu pelajari bahasa inggris bena...
Tips Memilih Tes Bahasa Inggris Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Tes Bahasa Inggris Sesuai Kebutuhan

papar berkaitan - pada 6/10/2020 - jumlah : 277 hits
Mengapa TOEFL Penting Ujian TOEFL memainkan peran yang sangat penting bagi siswa guru petugas penerimaan dan universitas karena ini adalah salah satu standar kemahiran bahasa Inggris yang paling diakui secara luas Hampir semua institusi pen...
Tips Menjadi Guru Bahasa Inggris Online

Tips Menjadi Guru Bahasa Inggris Online

papar berkaitan - pada 5/10/2020 - jumlah : 222 hits
Pikirkan tentang mengajar bahasa Inggris dan Anda mungkin langsung membayangkan berdiri di depan kelas pelajar asing di tempat yang jauh Tetapi ada ribuan orang yang mengajar bahasa Inggris kepada siswa internasional dari website belajar ba...
Buku Bunyi Panduan Sebutan Bahasa Inggeris Untuk Berani Speaking

Buku Bunyi Panduan Sebutan Bahasa Inggeris Untuk Berani Speaking

papar berkaitan - pada 25/9/2020 - jumlah : 309 hits
BUKU BUNYI adalah fasa merakam sebutan perkataan dan contoh ayat Terdapat 200 perkataan Bahasa Inggeris yang mungkin menimbulkan kekeliruan terhadap para pelajar terutama dari segi sebutan Contohnya allow Boleh jadi sebutan untuk allow swal...
Selesa Jadi Guru Bahasa Inggeris Tasha Manshahar Kini Bersara Menyanyi

Selesa Jadi Guru Bahasa Inggeris Tasha Manshahar Kini Bersara Menyanyi

papar berkaitan - pada 23/9/2020 - jumlah : 568 hits
Penyanyi Tasha Manshahar yang bakatnya mula dikesan menerusi laman YouTube itu kini akui tempoh lima tahun sudah cukup untuknya menimba pengalaman dalam dunia seni if console log els
Isu Bahasa Mandarin Sprm Runtuhkan Jati Diri Rakyat Malaysia

Isu Bahasa Mandarin Sprm Runtuhkan Jati Diri Rakyat Malaysia

papar berkaitan - pada 22/9/2020 - jumlah : 350 hits
Pergerakan Wira Parti Bumiputra Perkasa Malaysia hari ini mendesak Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia menarik balik penggunaan bahasa Mandarin dalam portal rasminya Ketua Pergerakan PUTRA Nasrul Ali Hassan Abdul Latiff berkata tindakan ...
Menang Pertandingan Panitia Bahasa Arab Dan Pendidikan Islam

Menang Pertandingan Panitia Bahasa Arab Dan Pendidikan Islam

papar berkaitan - pada 22/9/2020 - jumlah : 714 hits
AssalammualaikumAlhamdulillah rezeki wani kali ni dia menang Johan untuk panitia arab dan pendidikan islam gembira dia sempena minggu pusat sumber ni empat panitia dia menang walau hadiah hanya sekeping sijil dan pencil box tetap buat dia e...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Honor Pad 9 Tablet Terbaik Untuk Berhibur Dan Kerja Mula Dijual Seluruh Negara Pada 28 Mac

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali

Sesi Tukar Duit Raya Di Maybank



7 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo

Biodata Abdul Qawiy Aro Qawiyaro Personaliti TikTok Islamik


Restoran Rebung 2 Di Putrajaya

Effective Email Marketing Strategies

Konsert Melly Friends Kuala Lumpur 2024

Terbukti Pasukan Terengganu Berkualiti

Asan Lembu The Movie

Flavour Mushroom Dadah Baru Kegilaan Remaja Ini Kesan Buruknya